Tips Anti Ngantuk saat Kuliah Online, Bekerja depan Monitor atau Webinar

2 views

Tips Anti Ngantuk saat Kuliah Online, Bekerja depan Monitor atau Webinar

Tips Anti Ngantuk saat Kuliah Online, Bekerja depan Monitor atau Webinar (Gambar: Pixabay/mathey)

Saya yakin sering diantara anda baik yang kuliah ataupun bekerja di depan laptop seringkali harus dihadapkan dengan mata lelah atau ngantuk. Bahkan ujung-ujungnya anda bisa tidur di depan komputer atau laptop anda saking ngantuknya.

Hal ini sering dialami oleh kita karena pada dasarnya tubuh kita merespon ketidaknyamanan tersebut. Jadi ya wajar kalau ada yang sampai tertidur karena tubuh akan menyesuaikan atau beradaptasi lagi dengan kondisi kita.

Namun bagi anda yang keseringan ngantuk, hal ini mungkin bisa jadi masalah serius. Bukan karena terkena syndrom tertentu atau sakit, bukan, tapi ya karena keseringan di depan layar monitor. Sejak fajar menyingsing di pagi hari sampai tengah malam mungkin anda masih saja ubek di depan komputer atau laptop anda.

Hal ini juga sering dialami oleh saya sendiri. Nah maka dari itu saya mencoba membagi tips anti ngantuk, terutama saat anda harus kuliah online, bekerja dari rumah atau work from home ataupun webinar.

Tips Anti Ngantuk saat Kuliah Online, Bekerja depan Monitor atau Webinar

Oke, tips ini sebetulnya bisa dikatakan campuran antara yang pernah saya baca, saya praktekkan, pengalaman orang sampai pengalaman diri sendiri. Sebagai gambaran, saya ini kalau bekerja di depan laptop bisa dikatakan cukup betah.

Saya bisa menatap layar monitor entah itu laptop, komputer PC, dan smartphone sampai 8 sampai 10 jam sehari dengan catatan saya istirahat per dua sampai tiga jam sekali. Saya kira sama lah dengan kalau anda main game komputer atau internetan. Berikut ini tipsnya:

  1. Olahraga Ringan Dulu

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/Free Photos)

Ini merupakan cara yang mudah dilakukan baik diluar maupun didalam rumah. Terutama jika saya punya agenda di depan komputer lebih dari 8 jam dalam sehari. Biasanya pagi hari habis subuh atau sebelum makan, saya manfaatkan sebentar untuk olah tubuh.

Apa saja olahraganya? Tidak perlu berat-berat, yang penting cukup untuk meregangkan otot atau sekedar bikin badan tidak terasa kaku apalagi loyo. Olahraga yang saya lakukan biasanya berkisar antara lari di tempat, sepedaan, pemanasan ringan ala pemain bola atau lari di depan rumah jika ingin lebih.

Tidak perlu sampai capek atau berkeringat banyak, cukup 15 menitan saja sudah lumayan biar tidak ngantuk. Kenapa? Karena kalau anda capek ya ujung-ujungnya malah ngantuk karena dehidrasi. Jadi mending yang ringan-ringan saja.

Bisa juga jika anda gemar melakukan yoga, lompat tali, badminton, atau tenis meja dengan teman kos anda sebelum kuliah online. Intinya lakukan saja peregangan otot supaya enak ketika harus duduk berjam-jam di depan layar komputer.

Jika anda bisa bela diri macam pencak silat atau kung-fu boleh juga, tapi laptopnya jangan sampai ketendang ya. Hehehe…

 

  1. Atur Brightness Layar Komputer

Atur Brigtness Komputer

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/Monoar_CGI_Artis)

Mengantuk saat kuliah online bisa juga disebabkan oleh faktor yang sebetulnya internal pada device digital anda. Satu ini contohnya, pernahkah kalian lihat berapa tingkat kecerahan laptop/komputer anda?

Saya kebetulan adalah orang yang tahan kalau di depan laptop lama. Namun seringkali ngantuk juga. Selidik punya selidik ternyata brightness di laptop saya menyumbang faktor ngantuk itu. Sebagai gambaran, laptop saya itu masih Windows 8 dengan tingkat kecerahan rendah nyaris gelap.

Rendah nyaris gelap itu kalau ada sinar matahari yang masuk ke ruangan, jelas tidak kelihatan. Nah ini juga bisa bikin ngantuk. Kenapa? Karena mata anda juga akan menyesuaikan dengan sinar laptop yang masuk ke retina mata. Walhasil mata anda bisa jadi ikutan redup dan membuat mata anda seperti lelah.

So, kalau anda memang ngantuk saat kuliah online mendingan atur tingkat kecerahan layar komputer anda. Tak perlu secerah mungkin atau cerah maksimal, namun sesuaikan dengan kamar atau ruangan kuliah anda saja. Naikkan sedikit sampai anda merasa bahwa kecerahannya cukup (sekitar 50% saja sudah lebih dari cukup).

Hal ini juga berlaku apabila anda melakukan kuliah menggunakan smartphone atau tablet anda. Atur secerah mata anda menerima cahaya agar tidak terlalu sakit.

 

  1. Pakai Headset ketimbang Speaker Laptop

Pakai Headset

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/Sammy-Williams)

Kalau yang satu ini mungkin berbeda-beda tiap orang. Namun jika anda menginginkan kuliah online dengan suara berkualitas cara satu ini bisa dicoba selain untuk menghilangkan kantuk.

Kenapa pakai headset? Bukannya mengeraskan suara laptop juga tidak bikin ngantuk? Iya, tapi itu kalau speaker laptop atau komputernya memang bagus.

Ada beberapa laptop atau komputer yang speaker-nya suka bikin toxic. Misalnya seperti masih kurang keras padahal udah full volume-nya atau kalau kemasukan air, magnet atau apapun yang mengganggu suaranya.

Akan lebih merepotkan lagi jika anda sudah capek dan tiba-tiba sound laptop anda kemresek (ada noise-nya). Tentu pakai headset lebih baik dan jelas lebih terdengar. Selain itu headset bisa juga membuat anda lebih memperhatikan perkuliahan dengan lebih jelas.

Karena suara dosen atau teman anda ketika kuliah online jadi langsung dikirim ke gendang telinga anda. Ini justru berfungsi baik ketika anda mulai merasakan kantuk ketika kuliah ataupun bekerja. Jika anda tetap bersikeras memakai speaker, akan lebih baik jika anda memakai speaker aktif eksternal.

 

  1. Tidur Cukup

Tidur Cukup

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/ddimitrova)

Jika anda termasuk kaum rebahan yang lebih sering mager ketimbang beraktivitas, mungkin cara ini bisa dimaksimalkan. Tapi ingat, saat kuliah ya jangan sampai ketiduran karena saking mager-nya.

Ketika mata sering digunakan untuk menatap layar komputer atau hape, sering kita mengalami mata lelah. Dalam beberapa kasus ada juga yang lalu matanya muncul kantung mata berwarna hitam. Padahal mungkin kita tidak sedang begadang atau tidur kemalaman.

Hal ini penyebabnya banyak, mulai dari kurang asupan gizi (kebanyakan kalori), terlalu sering menatap laptop, atau juga tubuh kita kurang cairan. Walhasil tidak ada proteksi maksimal dan muncullah kantung mata itu, selain faktor begadang tadi.

Nah, maka dari itulah tidur cukup itu perlu untuk dilakukan agar mata anda mendapatkan istirahat supaya tidak ngantuk. Minimal delapan jam sehari itu cukup. Sehabis menatap laptop disarankan juga untuk tidur sebentar 15-30 menit apabila tidak ada perkuliahan, agar mata tetap dalam kondisi sehat dan menghilangkan rasa ngantuk.

 

  1. Ngemil dan Minum Cukup(an)

Tips Anti Ngantuk - Ngemil

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/ponce-photography)

Tips yang satu ini bisa dicoba dikala kuliah online berubah jadi gabut. Sebetulnya tidak masalah jika anda ngantuk di tengah kuliah atau webinar dan anda mencoba makan sesuatu.

Hanya saja yang patut harus diperhatikan adalah porsi ngemil dan minumnya. Karena kebanyakan ngemil itu sama saja makan besar secara tidak sadar. Apalagi kalau makanan ngemilnya enak macam pop corn, singkong jagung, kentang goreng dan sebagainya. Intinya jangan kebanyakan.

Minum juga sama pentingnya, hanya saja lakukan dengan porsi yang cukup pula. Sekiranya minum ya ketika ngantuk atau haus. Kenapa? Karena dua kondisi tersebutlah ketika tubuh kekurangan cairan. Jadi kalau minum dan makan harus seimbang apalagi ngemil.

Ngemil dalam jumlah banyak sebenarnya tidak disarankan selama kuliah online, itu sama saja menumpuk lemak yang seharusnya menambah energi dalam porsi yang cukup. Kalau tidak terserap, ya numpuk. Jadi ya bisa ngantuk karena kebanyakan makan, sama saja toh?

Tapi memang sih teman ngantuk itu harus disuplai biar tidak ngantuk dan kuliah online jadi asik. Asal nggak keasyikan ngemil aja, hehehe…

 

  1. Hindari Tempat Tidur

Tips Anti Ngantuk - Hindari Tempat Tidur

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/Free-Photos)

Nah ini yang agak susah bagi mahasiswa dimanapun mereka berada. Lha gimana? Mau di rumah, di kos, atau ruangan manapun pasti ada saja “senjata” untuk tidur mulai dari kasur, bantal, guling, piyama dan boneka. Lah ini mau kuliah apa tidur?

Tapi saya yakin semua pasti sepakat, mau namanya work from home ataupun study from home itu kalau sudah di kamar ada tempat tidurnya pasti cuma bikin ngantuk. Jelas, lha wong fasilitas sudah tersedia. Bisa buat tidur atau minimal buat rebahan sejenak melepas penat.

Sebetulnya tempat tidur bukan masalah kok jika kalian sedang kuliah atau bekerja online. Akan tetapi kalau memang ada tempat atau ruangan lain yang bisa digunakan. Itu lebih reccomended daripada harus melihat tempat tidur dan sedikit-sedikit pengen rebahan karena ngantuk.

Kalau memang tidak ada alternatif lain, sebisa mungkin jangan dekat apalagi sering melihat tempat tidur. Lebih baik jika anda atur meja dan laptop anda di arah yang berlawanan dengan tempat tidur. Kedengarannya seperti sugestif, tapi setidaknya ada usaha untuk menghindari hal yang tidak perlu tersebut.

 

  1. Pindah Tempat Luar Ruangan

Luar Ruangan

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/Elena1957)

Ini adalah alternatif lain jika tidak ada ruangan yang proper atau ingin menghindari ngantuk berlebihan yang bikin toxic. Area terbuka banyak menyediakan alternatif tempat yang enak untuk bekerja dan kuliah online.

Selain itu area terbuka sangat cocok bagi anda yang hobi berpetualang namun tidak bisa jauh-jauh. Cara ini juga cukup manjur bagi anda yang mudah bosan di dalam kos atau kamar. Karena di luar ruangan jauh lebih indah untuk dipandang daripada harus melihat putihnya tembok.

Namun perhatikan juga cuacanya. Apabila terlalu panas pastikan tempat yang anda gunakan kuliah online, bekerja ataupun webinar ada payungnya semacam atap. Sebab saya yakin anda bisa membedakan antara kuliah online dengan menjemur baju. Hahaha…

Ya logikanya, siapa yang mau kuliah online sambil berjemur? Atau webinar sambil panas-panasan? Oh ya perhatikan juga hujan atau tidak. Karena saat ini sudah memasuki musim penghujan. Anda tidak mau kan kalau harus kuliah online sambil hujan-hujanan?

Bisa juga anda ke sawah, gunung, bukit atau tempat manapun yang membuat bukan hanya ngantuk yang hilang namun pikiran juga jadi segar kembali. Atau jika anda sekedar melepas penat, anda bisa keluar sebentar untuk menghirup nafas segar.

 

  1. Cuci Muka

Tips Anti Ngantuk- Cuci Muka

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/StockSnap)

Tips satu ini sebetulnya cukup umum dilakukan ketika ngantuk. Namun selama pandemi Covid-19 ini, sepertinya hal ini juga harusnya disarankan secara medis. Sebagaimana cuci tangan, dan pakai masker, cuci muka juga punya manfaat berkelanjutan.

Kenapa? Karena cuci muka juga bukan hanya menyegarkan wajah dan menghilangkan kantuk, namun juga dapat menghilangkan kotoran dan virus sebagaimana cuci tangan. Namanya muka pasti kotor meskipun anda mungkin menggunakan masker sepanjang hari. Apalagi jika anda sering keluar menggunakan sepeda atau motor.

Ketika anda sudah mulai mengantuk, ada baiknya ada cuci muka baik dengan air maupun sabun. Akan lebih baik jika menggunakan air yang hangat supaya lebih nyaman. Setelah itu agar tidak terlihat seperti mandi keringat, usaplah muka anda dengan handuk.

Muka anda juga tidak akan kelihatan baru saja tidur dengan cara ini. Apalagi kalau anda belum mandi, itu tidak akan kelihatan sekali. Percayalah, hehehe…

 

  1. Mencatat

Tips Anti Ngantuk - Mencatat

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/StartupStockPhotos)

Bagi kalian yang suka mencatat perkuliahan tidak perlu untuk baca bagian ini. Hehehe… Jelas karena kegiatan satu ini jelas tidak akan membuat kalian mengantuk karena bakal konsentrasi dengan perkuliahan.

Masalahnya adalah, apa yang mau dicatat supaya tidak ngantuk?. Gampang, catat saja bagian-bagian penting pas kuliah dan webinar. Selain tidak bikin ngantuk, kegiatan ini jelas faedahnya, yaitu dapat ilmu.

Hanya saja mungkin ada baiknya ketika mencatat jangan sampai membuat anda lelah. Perlu istirahat sejenak ketika menulis. Kalau yang ini memang agak tidak mudah karena butuh “pengalaman” ketika mengatur apa yang mau dicatat.

Namun kalian jadinya tidak rugi ketika kuliah dan tidak bikin ngantuk karena ada kegiatan yang setidaknya bisa dikerjakan.

 

  1. Minum Kopi atau Teh Hangat

Tips Anti Ngantuk - Minum Kopi atau Teh

Tips Anti Ngantuk (Gambar: Pixabay/Foundry)

Bisa dibilang ini adalah cara mujarab anti ngantuk-ngantuk club apabila anda sering mengantuk ketika belajar dan bekerja secara online. Cara satu ini juga merupakan cara terenak dari seluruh cara diatas, selain ngemil tentunya.

Namun pastikan anda memang dalam kondisi butuh, bukan karena ingin. Karena meminum kopi terlalu sering juga tidak bagus untuk kesehatan. Pastikan minum ketika memang butuh. Ada teman saya biasanya ia minum tiga kali seminggu itu menurutnya sudah maksimal. Apalagi kalau mengerjakan tugas kemalaman.

Karena jika kebanyakan, anda ujung-ujungnya malah susah untuk tidur. Bisa juga jantung anda berdebar cepat sepanjang waktu. Kalau sudah begitu harus diperhatikan bahwa anda over cafein alias kebanyak ngopi.

Jika ingin aman, bisa juga anda menyeduh teh hangat sebagai kawan anti ngantuk. Kenapa? Karena teh juga punya kafein, namun dalam porsi yang lebih rendah ketimbang kopi. Teh hitam biasanya memiliki kafein yang cukup tinggi diantara teh lainnya, so mungkin cocok bagi anda yang tengah mengurangi kopi.

Bisa juga jika anda menyukai kopi susu itu juga sama baiknya. Intinya sesuaikan saja dengan kebutuhan anda agar tidak mudah mengantuk.

 

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan ketika anda mengantuk karena harus kuliah online, sedang webinar atau bekerja dari rumah. Kira-kira nih, apalagi yang kurang? Atau anda punya tips juga? Kirim di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *