Terlambat Mendaftar Beasiswa LPDP 2021? Tenang, Masih Ada Gelombang Kedua

 

Terlambat Mendaftar Beasiswa LPDP 2021 (Gambar: LPDP)

Pendaftaran beasiswa LPDP 2021 Gelombang 1 telah resmi ditutup pada hari ini, Jum’at (4 Juni 2021) untuk semua kategori. Bahkan untuk pendaftar reguler, itu saja sudah diperpanjang oleh pihak LPDP kemarin. Namun jika anda ingin mendaftar hari ini, masih ada waktu bagi anda untuk mendaftar beasiswa unggulan ini sebelum tanggal tersebut.

Mungkin ada sebagian dari anda yang sudah terlambat untuk mendaftar beasiswa LPDP ini pada gelombang pertama. Terutama bagi anda yang belum memiliki LoA (Letter of Acceptance), tentu sangat tidak diuntungkan akan hal ini. Selain harus menunggu surat tersebut keluar, kemungkinannya adalah anda baru bisa masuk perkuliahan di semester mendatang atau tepatnya awal 2022.

Bahkan saat ini mulai dilakukan pemberkasan administrasi dan mulai tahapan selanjutnya, yaitu tes dan wawancara. Tentu saja waktu yang dibutuhkan untuk mendaftar hanya tersisa untuk kategori afirmasi dan targeted saja yang bisa mendaftar.

Terlambat Daftar Beasiswa LPDP: Sekilas Gelombang Kedua

Namun, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Mengutip dari situs beasiswa LPDP, pada awal Agustus nanti, LPDP akan membuka kembali membuka pendaftaran beasiswa ini. Jika tidak ada perubahan, Pendaftaran gelombang kedua beasiswa LPDP ini direncanakan akan dibuka tanggal 1 sampai 8 Agustus 2021 mendatang.

Jadi sebetulnya dengan waktu yang masih lama tersebut, anda bisa memanfaatkan waktu dengan leluasa termasuk untuk melengkapi persyaratan. Barangkali anda masih memiliki beberapa persyaratan yang belum fix, anda masih bisa melengkapinya. Bahkan jika anda masih kurang persyaratan krusial seperti hasil skor penguasaan bahasa asing, anda masih punya waktu untuk memperbaiki skor. Jelasnya masih ada waktu untuk mendaftar di bulan Agustus mendatang.

Namun patut untuk diperhatikan, bahwa waktu pendaftaran gelombang kedua terbilang lebih pendek jika dibandingkan dengan gelombang pertama. Ini dikarenakan gelombang kedua ini memang diperuntukkan bagi calon penerima yang masih menunggu LoA keluar. Pendaftaran gelombang kedua ini juga diperuntukkan bagi calon penerima beasiswa yang akan memulai studinya di awal tahun 2022. Jadi dengan kata lain jika anda mendaftar beasiswa LPDP ini pada gelombang kedua, maka anda akan berkuliah pada semester genap.

Mengapa begitu? Mengutip dari situs LPDP, proses seleksi akan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember 2021. Jadi meski waktu pendaftarannya tidak panjang, namun proses seleksi dan wawancaranya dilaksanakan sepanjang pertengahan sampai akhir tahun ini.

Notabene tidak mungkin anda tiba-tiba dapat beasiswa dan langsung bisa kuliah di bulan September. Selain itu ada jeda waktu pembayaran dan transfer beasiswa yang harus dipenuhi juga. Inilah sehingga anda setidaknya memulai perkuliahan di bulan Januari atau Februari 2022 mendatang.

Jadi, Persiapkan Segalanya Mulai dari Sekarang!

Jadi, mumpung masih ada waktu anda manfaatkan saja dua bulan ini untuk melengkapi persyaratan yang masih dirasa kurang. Anda juga masih punya waktu untuk berlatih wawancara dan lain sebagainya yang juga menjadi syarat utama.

Satu hal penting lainnya adalah jangan terlambat untuk mendaftar beasiswa LPDP di gelombang kedua ini karena singkatnya waktu. Jadi persiapkan semua persyaratan pada dua bulan ini selagi anda bisa melakukannya!