ENTREPRENEUR

Tali Lanyard; Pengertian dan Pilihan Desain Terapik

Beberapa orang pasti masih asing dengan apa itu tali lanyard sekaligus kegunaannya. Alat ini banyak digunakan oleh para pekerja kantoran atau panitia sebuah event untuk menempatkan id card ke dalamnya sehingga tidak mudah jatuh. Tentu hal ini memudahkan agar menghindari kehilangan.

Apa Itu Tali Lanyard?

Tali lanyard merupakan tali yang berguna sebagai tempat untuk menggantungkan id card atau kartu identitas bagi karyawan, pekerja, anggota komunitas atau panitia acara sehingga berfungsi menjadi tanda pengenal. Alat ini akan memudahkan penggunanya agar tidak mudah lupa atau bahkan hilang.

Tidak hanya digunakan menempatkan id card saja, tali lanyard juga biasa digunakan untuk menggantungkan handphone yang nantinya akan digantungkan pada leher penggunanya. Mengingat bahwa fungsinya beragam maka membuat bentuk dan desainnya juga tersedia dalam banyak warna.

Tali lanyard juga bisa diartikan sebagai alat untuk menggantungkan barang bagi penggunanya yang umumnya berukuran kecil sehingga rawan jatuh seperti HP dan id card. Bahannya biasanya akan memakai polyester agar tidak mudah rusak. Kebanyakan ditemukan di instansi pemerintah atau event.

Asal Usul dari Tali Lanyard

Tali lanyard ini awalnya ditemukan tepatnya di abad ke 19 dengan bentuk kabel. Kegunaanya di saat itu yakni untuk mengamankan senjata perang berupa pisau Jack. Sementara di tahun 1933, alat tersebut dihapus sehingga tidak lagi digunakan.

Semenjak penghapusan pisau Jack sebagai senjata, tali lanyard berganti fungsi menjadi penghias pakaian, tali pedang dan juga gantungan peluit. Selanjutnya di tahun 1950, anak-anak sering memakainya untuk mainan di kawasan Amerika. Bentuknya pun semakin berkembang dan beragam.

Seiring berjalannya waktu, tali lanyard tidak hanya digunakan untuk pelengkap identitas saja namun juga sebagai branding dari sebuah perusahaan. Banyak dari mereka akan mencetak logo instansi dimana nantinya dapat digunakan oleh para pekerja dan karyawan sebagai rasa kebanggaan tersendiri

Pilihan Desain dari Tali Lanyard

Salah satu percetakan tali lanyard id card Lanyarkilat menyebutkan bahwa umumnya desain tali lanyard terdiri dari dua jenis berdasarkan cara pembuatannya yaitu printing dan sablon. Keduanya memiliki tampilan hasil akhir yang berbeda sehingga pengguna pun bisa menyesuaikan berdasarkan selera masing-masing. Berikut beberapa pilihan desainnya:

  1. Lanyard Printing

Lanyard printing merupakan tali yang dicetak dengan memanfaatkan teknologi khusus printers salon. Kelebihannya yakni mampu menghasilkan desain beragam warna dan lebih awet ketika digunakan dalam waktu lama. Pengguna bisa memesan sesuai keinginan atau kebutuhan event masing-masing.

Tidak hanya itu saja, hasil dari lanyard printing juga lebih halus dan tampilan komposisi warnanya juga terlihat menarik. Jadi jangan heran jika harganya memang mahal daripada jenis lainnya karena menggunakan teknologi printer khusus untuk mencetaknya.

  1. Lanyard Sablon

Lanyard sablon adalah tali identitas yang diberi warna dengan menggunakan teknik sablon. Keuntungan dari metode ini adalah harganya relatif terjangkau. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan akan memilihnya ketika memerlukan dalam jumlah banyak misalnya biro umroh dan haji.

Tentunya dibalik harga yang murah, lanyard sablon ini memiliki kekurangan tersendiri. Sayangnya, warnanya mudah sekali pudar jika digunakan dalam waktu lama. Penggunaan warna pun hanya satu atau dua saja sehingga tidak bervariasi dan membatasi para pemesan ketika membuatnya.

  1. Lanyard dengan Nama Instansi dan Semboyan

Berpindah dari cara pembuatannya, desain lanyard seperti ini umum digunakan oleh banyak perusahaan. Biasanya kantor seperti ini akan menyematkan nama instansi ketika mencetaknya, biasanya bisa berupa universitas, koperasi, komunitas atau bahkan hanya organisasi di kampus.

Tidak lupa juga sebagian dari mereka juga menyematkan semboyan atau jargon sesuai dengan instansi yang didirikan. Hal ini menjadi kebangaan tersendiri sehingga anggota pun akan merasa bangga atau memiliki semangat bagi dirinya ketika mengenakan identitas sekaligus tali lanyard tersebut.

  1. Lanyard dengan Logo Event

Tidak hanya mengenakan id card panitia saja, beberapa event organizer memesan tali lanyard untuk membedakan siapa yang memiliki tugas dari acara tersebut dengan para warga lainnya. Kebanyakan dari mereka akan menyematkan logo sesuai selera masing-masing.

Biasanya acara seperti ini bisa berupa konser musik, jalan santai atau pameran. Kebanyakan event akan diadakan dalam skala besar sehingga perlu mengundang banyak orang. Hal in pun menjadi alasan bagi mereka untuk menggunakan tali lanyard dalam jenis printing dan bukan metode sablon.

  1. Lanyard dengan Banyak Ikon

Bagi sebagian orang yang cenderung tertarik pada desain cukup meriah, mereka akan mendesain tali lanyard dengan banyak ikon di dalamnya. Biasanya rancangan seperti ini biasa disematkan pada acara besar dan terkesan menyenangkan seperti colour run, balap sepeda, maraton dan lainnya.

Misalnya saja jika sebuah acara yang diadakan dalam bidang sosial, maka mereka bisa menggunakan beberapa ikon sesuai dengan tema event tersebut. Hal ini memang dapat disesuaikan oleh masing-masing selera pemiliknya jadi Anda pun kemungkinan akan secara bebas menentukan desainnya.

  1. Lanyard dengan Motif Geometri

Lain halnya dengan poin sebelumnya, desain yang satu ini justru cenderung disukai oleh orang-orang dimana mereka menyukai tampilan lebih minimalis. Salah satu rekomendasinya yaitu rancangan dibuat menggunakan warna hitam lalu dilengkapi garis-garis miring berwarna putih tanpa adanya logo.

Ada juga rekomendasi desain lainnya dimana Anda bisa menggunakan bentuk segitiga bergaris pada tali lanyard. Gunakan warna-warna yang cenderung kontras serta tambahan garis-garis vertikal di dalamnya sehingga tidak begitu terlihat monoton dan tampak lebih berwarna.

  1. Lanyard dengan Pattern Tumbuhan

Desain tali lanyard memang tersedia sangat beragam. Salah satunya yakni dengan adanya pattern tumbuhan seperti dedaunan atau ranting kayu. Tentu saja rancangan seperti ini lebih cocok digunakan pada event yang memang terkesan colorful, ceria dan juga menyenangkan.

Sebut saja jalan santai, perayaan hari ulang tahun atau wedding organizer. Banyak pihak WO yang akan mendesain tali lanyard dengan tambahan ikon tersebut. Nantinya penggunaan warna pastel lebih cocok digunakan karena menyesuaikan pada gambar di atasnya.

  1. Lanyard dengan Ikon Kartun

Salah satu desain ini memang cukup menarik, pasalnya tali lanyard didesain menggunakan ikon kartun. Tentu saja hal ini terdengar tidak biasa. Umumnya penggunaan rancangan ini pun akan disesuaikan pada acara yang sedang diadakan, misalnya ketika sekumpulan anak-anak mengikuti sebuah event.

Siswa SD yang sedang mengikuti acara wisata ke sebuah museum atau kebun binatang, bisa saja dipasangkan tali lanyard ini sebagai tanda pengenal mereka sehingga dapat dengan mudah dikenali ketika berada jauh dari rombongan. Ikon kartun yang bisa dipilih misalnya pac man dan monster inc.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian serta beberapa rekomendasi desain dari tali lanyard. Alat ini tidak hanya digunakan untuk tanda pengenal saja melainkan juga sebagai penunjang penampilan lantaran tersedia banyak sekali pilihannya. Namun untuk mendapatkannya, Anda juga harus mencari penjual yang menyediakan barang berkualitas. 

 

Recent Posts

Coba Baca 5 Ayat Ini Ketika Kamu Lelah Bekerja

Ayat Al-Qur’an tentang lelah menjadi berkah seringkali menjadi obat bagi setiap muslim ketika merasa down.…

9 jam ago

10 Website Nonton Film Online Terbaik 2021

Aktivitas menonton film, seakan sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak digemari masyarakat saat…

2 hari ago

10 Film Horor Terbaik di Indonesia

Dari banyaknya jenis genre film yang ada, horor merupakan genre yang paling memiliki banyak penggemarnya.…

2 hari ago

Jenis Font Tulisan Paling Populer 2021

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat kegiatan tulis menulis sudah tergantikan dengan mengetik. Penggunaan…

7 hari ago

Keuntungan Tinggal di Kost Eksklusif Jakarta Pusat

Siapa yang tidak mengenal kota besar yang satu ini? Berbagai gedung pencakar langit yang megah…

2 minggu ago

3 Daerah Penghasil Batik Terbesar di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan karya seni, salah satunya adalah batik. Batik adalah…

2 minggu ago