Study in Serbia; Beasiswa Kuliah di Tempat Lahirnya Peradaban Pertama Eropa

305 views
Study in Serbia; Beasiswa Kuliah di Tempat Peradaban Pertama Eropa
Pixabay.com

Pada tahun 2012, saya mendapat kabar gembira karena mendapat notifikasi memperoleh beasiswa pemerintah Serbia di bawah tajuk program “World in Serbia”. Penerima beasiswa Serbia tahun 2012 tidak hanya saya tapi juga 2 orang teman yang lain, yaitu: Sabriana Jayaputri dan Willyam Noveri.

Saya mendaftar beasiswa pemerintah Serbia karena keinginan kuat saya dalam menuntut ilmu sangat besar, namun kemampuan finansial saya yang pas-pasan, maka mendapatkan beasiswa menjadi satu-satunya cara. Ketika mendapat beasiswa Serbia, jujur saya tidak tahu menahu apapun mengenai negara tersebut, namun sekarang saya tahu banyak hal mengenai Negara Serbia.

Ini pun bisa menjadi tips untuk teman-teman yang lain jika berminat mendaftar beasiswa Serbia, teman-teman pasti tahu sendiri bahwa setiap tahun kompetisi untuk mendapatkan beasiswa semakin meningkat, saingannya tidak hanya 1 atau 2 orang saja, tapi seluruh Indonesia.

Jika teman-teman susah menembus beasiswa mainstream seperti: AMINEF, DAAD, ADS, KGSP, Erasmus Mundus, dan beasiswa bergengsi lain, maka mendaftar beasiswa Serbia bisa menjadi alternatif, saya tidak bicara bahwa tingkat kompetisi untuk mendaftar beasiswa ini rendah, namun selalu bisa dicoba, siapa tahu rezeki kalian menuntut ilmu bisa jatuh ke negara Serbia ini.  Dalam tulisan ini, saya akan mengulik tuntas satu per satu tentang negara Serbia, suasana akademik jika menuntut ilmu di sana, dan lain-lain.

Sekilas tentang Serbia

Study in Serbia; Beasiswa Kuliah di Tempat Peradaban Pertama Eropa

Serbia atau secara resmi disebut Republik Serbia merupakan salah satu negara ex-Yugoslavia yang beribukota di Beograd (nama dalam bahasa Inggrisnya adalah Belgrade). Pada tahun 2003 hingga 2006, Serbia masih bergabung dengan Montenegro di bawah nama Uni Negara Serbia dan Montenegro. Pada tahun 2006, Uni negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaannya dan secara resmi Serbia menjadi negara sendiri, sama halnya dengan Montenegro.

Secara geografis, lokasi Serbia berada di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara yang berbatasan langsung dengan Hungaria di sisi Utara, Bulgaria dan Romania di sisi Timur, Makedonia di sisi selatan dan Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, serta Montenegro di sisi Barat. Sedangkan Albania juga termasuk negara yang berbatasan langsung dengan Serbia di sisi Tenggara melalui Kosovo, wilayah di Serbia yang masih dipersengketakan.

Iklim di Serbia menggambarkan karakter iklim utara yang sejuk namun lembab saat musim panas. Selain iklim utara, iklim benua juga turut memberikan cuaca dingin dengan curah hujan yang bervariasi di setiap bagian wilayah Serbia termasuk turunnya hujan salju.

Sedangkan karakter bangsa Serbia terutama masyarakat mudanya sangat bangga terhadap negaranya dan mulai lebih terbuka dalam menerima budaya asing yang masuk. Pada umumnya, masyarakat Serbia tidak suka dan tidak ingin kekerasan akibat perang terulang kembali, maka sedikit demi sedikit pengaruh asing mulai mereka terima. Meskipun pada kenyataannya masih terdapat masyarakat Serbia yang tidak menyukai kehadiran orang asing, namun jumlahnya terbilang sangat kecil.

Mengapa Kuliah Serbia?

Beasiswa S2 Serbia

Pertanyaan fundamental yang susah-susah gampang untuk dijawab. Mengapa Serbia? Karena Serbia adalah salah satu negara di Eropa Tengah yang memiliki kualitas pendidikan tidak kalah dengan negara lainnya. Namun, ketika bertemu seseorang yang pernah atau sedang melanjutkan studi di sana, pasti banyak orang bertanya-tanya, mengapa Serbia?

One thought on “Study in Serbia; Beasiswa Kuliah di Tempat Lahirnya Peradaban Pertama Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *