Pengertian Globalisasi di Era Teknologi

198 views

Pengertian Globalisasi

Pengertian globalisasi secara umum adalah adanya proses integrasi oleh dunia terhadap aspek-aspek yang mengalami kemajuan. Hal ini karena pertukaran pandangan dunia, pemikiran yang dimiliki orang di duni, ataupun produk yang sedang hits dan kemajuan kebudayaan yang lain.

Di dalam sebuah kehidupan ada kemajuan yang semakin bertambah jumlahnya. Terkadang kemajuan itu merambah dalam proses kehidupan yang mempengaruhi kehidupanmu pula. Kalian sebagai makhluk yang hidup di era modern ini memang tidak bisa menghindari. Untuk itu mari kita berusaha menyaring mana yang termasuk kemajuam yang bernilai positif maupun negatif.

Era globalisasi yang kini sedang merambah tinggi adalah pada bidang teknologi, baik itu teknologi informasi ataupun teknologi mesin. Apa itu kemajuan teknologi informasi dan mesin? Mari kita simak dalam penjelasan di bawah ini.

Globalisasi Terhadap Kemajuan Teknologi Informasi

Sesuai dengan pengertian globalisasi, yakni sebuah integrasi mengenai cara pandang atau pandangan dunia terhadap produk dan kemajuan teknologi terhadap kehidupan yang semakin maju pula, maka globalisasi terhadap teknologi informasi akan terdampak pada penggunanya. Setiap individu akan mengalami kemajuan yang berbeda-beda namun saling berlomba. Maksudnya adalah mereka dalam hal kemajuan teknologi, tidak akan bisa menghindari harus mengikuti trend.

Hal ini dicontohkan pada teknologi informasi berupa HP yang dimiliki setial masyarakat. Dahulu, orang yang dapat memegang dan memiliki HP hanya orang yang mampu dalam hal finansial. Namun sekarang, tukang becak pun telah memiliki HP bahkan bisa membeli yang canggih. Kenapa kok seperti itu? Ini adalah sebuah tuntutan. Dahulu orang yang memegang HP hanya pengusaha kaya, dengan nomor telkomsel untuk alat berdagangnya. Lah sekarang tukang becak juga butuh HP untuk komunikasi dengan penumpangnya.

Globalisasi Terhadap Kemajuan Teknologi Mesin

Jika HP saja bisa butuh yang canggih dan gonta-ganti, bisa jadi mesin juga butuh demikian. Sebuah pabrik atau perusahaan dituntut untuk produksi barang dengan jumlah banyak dan kualitas yang memadai, untuk mengimbangi hal tersebut sebuah perusahaan harus memiliki alat yang canggih dan banyak. Di dalam perusahaan, kita membutuhkan alat yang semakin canggih karena semua sudah mengikuti zamannya.

Orang-orang terdahulu menggunakan kerbau atau sapi untuk membajak sawah. Hal ini masih dilaksanakan tapi intensitasnya jarang. Ada tapi hanya sawah yang milik perorangan, itu pun jarang. Ada tapi sangat sedikit sekali, meskipun perorangan, meraka banyak yang menggunakan traktor. Hal ini sesuai dengan kemajuan zaman, begitu juga dengan pabrik yang mengolah sawah.

Mereka semua jelas berlomba menggunakan mesin yang lebih canggih guna memenuhi kebutuhan pasar yang semakin melunjak. Dahulu ekspor jarang, kini semakin banyak. Dengan jumlah yang semakin banyak dan permintaan. Untuk ekspor semakin banyak pula, maka cara untuk berproduksi semakin canggih pula. Untuk itu, penambahan alat produksi juga semakin penting. Peralatan yang canggih dengan produksi yang cepat merupakan bentuk propesional sebuah perusahaan. Hal ini juga merupakan faktor kenapa perusahaan membutuhkan alat yang canggih.

Demikian artikel yang dapat dijelaskan mengenai pengertian globalisasi dan globalisasi yang terjadi di dalam kehidupan. Dengan adanya kecanggihan baik dalam kecanggihan teknologi berupa teknologi informasi maupun teknologi mesin sangat mempengaruhi kemajuan yang ada di dunia ini. Semoga artikel ini dapat membantu pembacanya. Agar dapat mengikuti kemajuan dan tidak tertutup untuk mengikuti kamajuan agar tidak ketinggalan zaman dan semakin menjadi manusia yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *