12 Keutamaan Membaca Surat Yasin

22 views

Mengambil 12 Hikmah dari Mendengarkan MP3 Surat Yasin

Jika membaca Alquran melibatkan mata, otak, mulut dan telinga juga hati, maka mendengarkan bacaan Alquran tidak perlu melibatkan mata dan sedikit melibatkan mulut dan hanya perlu mengoptimalkan telinga, otak, dan jantung. Selain membaca, ternyata mendengarkan ayat alquran juga sangat bermanfaat, salah satunya adalah dengan mendengarkan MP3 surat Yasin. Lalu apa keutamaan dari surat Yasin dan mengapa kita perlu mendengarnya?

Keutamaan Surat Yasin

Surah Yasin mengandung banyak kebaikan termasuk kebangkitan dan penghakiman. Baca Surah Yasin di setiap awal dan akhir setiap hari, Pastikan Anda membacanya dengan pengetahuan dan pemahaman.

Surah Yasin adalah surat ke 36 di Al-Quran yang terdiri dari 83 ayat. Surat Yasin adalah salah satu Surat Al-Qur’an yang dikagumi dan diturunkan kepada Nabi Muhammad di Mekah. Arti sebenarnya atau nyata dari kata “Yasin” hanya diketahui oleh Allah saja.

Jika seseorang ingin mencari pengampunan atas dosa-dosanya dari Allah SWT membaca Surat Yasin setiap hari, Allah pasti akan mengampuni dosa-dosanya.

Surah Yasin adalah Surah yang sangat diberkahi yang memiliki banyak manfaat dan kebaikan. Beberapa dari kebaikan ini adalah sebagai berikut :

  1. “Segala sesuatu memiliki jantung, dan jantung Al-Quran adalah Surah Yasin. Saya akan senang hati itu berada di hati setiap orang dari umat saya.” (Tafsir-al-Sabuni Vol.2)
  2. “Siapa pun yang membaca Surah Yasin sekali, Allah akan mencatat pahala membaca Quran sepuluh kali.” (Tirmidzi) “
  3. “Jika ada yang membacakan Yasin di awal hari, kebutuhannya akan terpenuhi.”
  4. “Siapa pun yang membaca Surah Yasin pada malam hari meminta pengampunan Allah, Allah akan memaafkannya.” (Ibn Hibban, Darimi 3283-A)
  5. “Siapa pun yang membaca surat Yasin pada awal hari, maka ia akan berada dalam kemudahan dan kebaikan sampai malam hari. Dan siapa pun yang membacakannya dalam malam hari, maka dia akan merasa tenang dan baik sampai pagi berikutnya “.
  6. “Jika ada yang membacakan Yasin untuk kesenangan Allah, dosa-dosa masa lalunya akan diampuni; jadi bacalah pada mereka yang sekarat.” (Baihaqi)
  7. Hadis Ataa bin Abi Ribaah (Radhiyallahu Anhu) mengatakan bahwa Nabi Muhammad (SAW) telah mengatakan, “Siapa pun yang membaca Surah Yasin pada awal hari, semua kebutuhannya untuk hari itu akan terpenuhi.”
  8. Menurut satu hadits, “jika ada yang membaca Surah Yasin setiap malam dan kemudian mati, mereka akan mati sebagai syahid”
  9. Meredakan kematian, Nabi kita tercinta Muhammad SAW bersabda, “Bacalah Surat Yasin pada mereka yang mati.” (Sunan Abi Dawud)
  10. Menurut sebuah hadits, “jika seseorang membaca Surah Yasin dan Surah As-Saaffat pada hari Jumat dan memohon sesuatu kepada Allah, maka doa mereka dikabulkan.”
  11. Surah Yasin juga dikenal sebagai “Raafi’ah Khaafidhah.” Dengan kata lain, apa yang meninggikan status orang-orang beriman dan menurunkan derajat orang-orang kafir.
  12. Menurut Riwayat, Nabi Muhammad (SAW) berkata, “Hatiku menginginkan Surah Yasin harus ada di hati setiap umatku.” Jadi, pastikan Anda menghafal Surah Yasin untuk mengumpulkan manfaatnya.

Ayat terakhir dari Surah Yasin diterjemahkan sebagai, “Maka Dimuliakanlah Dia dan Yang Mahatinggi di atas segalanya yang mereka persekutukan dengan-Nya, dan di Tangan Siapa adalah kuasa segala sesuatu, dan kepada-Nya engkau akan dikembalikan.”

Maqri (Rahmatullah Alaihi) berkata, “Jika Surah Yasin dibaca oleh orang yang takut pada penguasa atau musuh, orang akan menghilangkan rasa takut ini.”

Jika ingin menghafalkan surat Yasin, maka dengarkan secara online atau MP3 surat Yasin yang indah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *