Fungsi dan Manfaat Skor Kredit bagi Bank dan Nasabah

1 min read

Fungsi dan Manfaat Skor Kredit bagi Bank dan Nasabah

Fungsi dan Manfaat Skor Kredit bagi Bank dan Nasabah

Saat ini Anda memiliki rekening pribadi di salah satu bank, atau pernah mengajukan aplikasi keuangan apapun jenisnya? Ternyata di balik itu semua Anda juga sudah tercatat memiliki skor kredit. Fungsi skor kredit adalah untuk membantu pihak bank menilai nasabah terkait  kemampuan mengatur pinjaman yang didapat nantinya. Maka dari itu, untuk mendapatkan penilaian yang baik, maka Anda harus disiplin dalam membayar sesuai dengan ketentuan.

Apa sih dari Fungsi Skor Kredit?

Adanya skor kredit sangat menguntungkan baik bagi pihak bank maupun nasabah. Bank dapat menghindari risiko kredit macet. Yaitu keadaan di mana nasabah tidak sanggup membayar tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Jika ada banyak nasabah yang pinjamannya tidak terbayarkan, bank bisa mengalami kerugian. Seperti yang kita ketahui jika salah satu sumber pendapatan bank berasal dari bunga pinjaman. Jika kredit dari para nasabah macet, maka operasional bank dapat terganggu.

Itulah mengapa bank sangat berhati-hati dalam menganalisa nasabah yang akan mendapatkan pembiayaan. Jika skor kreditnya tinggi maka mudah mendapatkan persetujuan. Begitu juga sebaliknya, jika nasabah masuk dalam kategori kredit macet. Maka kemungkinan bank memberikan pinjaman sangat kecil. Sebagian besar malah ditolak sebelum skor tersebut dipulihkan menjadi normal.

Apa Manfaat Skor Kredit?

Memulihkan skor kredit pun bukan perkara yang mudah, apalagi jika Anda masuk dalam kategori blacklist. Untuk memperbaiki hal itu, Anda harus melakukan pelunasan kemudian melaporkan bukti-bukti pelunasan ke bank yang bersangkutan agar meninjau kembali skor kredit Anda. Prosesnya kadang memakan waktu berbulan-bulan bahkan sampai lebih dari dua tahun. Belum lagi negosiasi terkait denda keterlambatan dan lain sebagainya.

Sebaiknya memang sejak awal membayar pinjaman sesuai dengan ketentuan yang disepakati. Perlu Anda ketahui jika skor kredit bisa digunakan untuk mengelompokkan Anda dalam beberapa kategori sesuai dengan reputasi. Seperti lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, hingga macet. Telat sedikit saja, di bulan berikutnya Anda mungkin sudah masuk kategori Dalam Perhatian Khusus.  Jika begitu segera lakukan pembayaran sampai tidak ada tagihan yang menunggak. Sehingga skormu dapat kembali normal dan stabil.

Manfaatnya jika Anda memiliki skor kredit yang tinggi dan stabil dari waktu ke waktu adalah kemudahan dalam mengajukan pinjaman di masa mendatang. Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana, tinggal menghubungi bank dan pengajuan Anda akan segera diproses. Karena sekali lagi, sumber pendapatan bank juga berasal dari bunga pinjaman nasabah.

Informasi mengenai skor kredit Anda bisa didapatkan dari lembaga yang memiliki kewenangan seperti Otoritas Jasa Keuangan atau Bank Indonesia. Meski begitu, nantinya Anda juga bisa mengaksesnya secara online melalui halaman CekAja.com. Tips-tips seputar skor kredit tersedia di halaman https://www.cekaja.com/kredit/news/128735-pinjaman-ditolak-yuk-perbaiki-skor-kredit-anda.htmlPerhatikan skor kredit Anda dan ikuti tips-tips dari CekAja untuk mempermudah mendapatkan kredit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Assalamualaikum. ACADEMIC INDONESIA siap melayani konsultasi
Powered by