Lasik Mata; Selangkah Menuju Dunia Yang Lebih Cerah

640 views

 

Lasik Mata KMN

LASIK MATA — Mata adalah anugerah tak terhingga dari Yang Maha Kuasa. Penglihatan kita merupakan harta berharga yang harus dijaga kesehatannya. Sedih sekali bukan, jika penglihatan kita semakin terganggu dan kemampuannya menurun. Sementara tanpa penglihatan yang baik akan ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan.

Sejak anak-anak kita sudah diajarkan untuk menjaga kesehatan mata, misalnya dengan cara:

  • Memakan makanan yang kaya vitamin A dan betakaroten. Misalnya wortel, berry, Bayam, dan rimbang.
  • Tidak membaca dalam ruangan yang remang-remang, atau membaca dengan jarak yang sangat dekat.
  • Membatasi screen time. Terutama pada anak-anak yang hobi menonton, bermain game di gawai atau komputer. Screen time yang terlalu lama akan membuat mata lelah dan otot mata berkurang kemampuannya.
  • Rutin melakukan senam mata atau relaksasi otot mata jika mata sudah terlalu lama bekerja. Misalnya saat di kantor, setelah tiga puluh menit bekerja dengan komputer, maka alihkan pandangan pada benda yang terletak jauh dan berwarna hijau selama satu menit.

Walau begitu, rutinitas sehari-hari tidak disadari dapat memicu gangguan pada mata. Misalnya kebiasaan bekerja berjam-jam dengan komputer atau menonton televisi dengan jarak yang sangat dekat. Seringkali gangguan tersebut terasa justru setelah parah dan sangat mengganggu.

Cukup banyak masalah kesehatan mata yang bisa dialami. Beberapa macam gangguan pada mata yang sering dijumpai misalnya:

  • Miopi atau rabun jauh, penderitanya akan kesulitan melihat objek yang jauh dengan jelas.
  • Hipermetropi atau rabun dekat, kebalikan dari miopia.
  • Strabismus atau mata juling. Hal ini terjadi karena ada gangguan pada lensa mata dan biasanya diderita sejak kecil.
  • Silindris atau gangguan mata yang menyebabkan penderitanya tidak bisa membedakan garis vertikal dan horizontal.
  • Glaukoma. Berupa pandangan yang kabur dan berkurangnya lebar penglihatan karena saluran cairan air mata terhambat.
  • Ablasio. Berupa lepasnya retina dari epitel pigmen retina, sehingga penderitanya akan mengalami penglihatan yang menurun, benda-benda terlihat melayang, dan ada kilatan cahaya.
  • Blefantis. Adalah radang pada kelopak mata karena produksi minyak yang berlebihan. Tidak diketahui penyebab penyakit ini. Penderita akan merasa matanya perih, merah, panas, gatal, hingga kwlopak mata yang terluka dan bengkak.
  • Iridosiklitis. Penyakit mata yang terjadi karena gigi yang berlubang, dan sering diabaikan. Mata akan terlihat merah namun tidak ada kotoran mata yang terlihat. Penderita juga merasa nyeri, dan ada bintik-bintik hitam yang melayang pada pandangannya.
  • Katarak. Merupakan masalah mata yang banyak terjadi. Berupa kerusakan lensa mata yang menyebabkan lensa berselaput, rabun, dan kerja hingga tidak bisa ditembus cahaya.

Pengertian Lasik Mata

Untuk masalah pada lensa mata, selain diatasi dengan kaca mata atau lensa kontak, dapat juga di sembuhkan dengan metode lasik mata. Lasik adalah metode operasi menggunakan laser untuk memperbaiki penglihatan pasien.

Dengan kata lain pembedahan laser untuk memperbaiki penglihatan dengan membentuk kembali kornea mata. Cara ini sangat populer dan banyak diminati karena hasilnya yang memuaskan. Lasik mata sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1997.

Teknologi lasik terus berkembang sejak awal dikenal di Indonesia. Ada dua metode pembedahan yaitu metode konvensional menggunakan pisau khusus yang disebut microkeratome dan metode laser yang disebut juga bladeless lasik atau Intralasik. Cara ini menggunakan laser yang lebih akurat untuk membuka dan membentuk flap.

Bladeless lasik sendiri ada beberapa jenisnya. Misalnya z-lasik, presbyLasik, hingga Wavefront-guided laaik. Masing-masing tipe pembedahan tergantung pada kondisi masing-masing calon pasien. Dari masing-masing metode, perbedaan jenisnya terdapat pada cara dibukanya lapisan kornea atau flap

Tujuan Lasik Mata

Lasik mata berguna untuk mengoreksi kerusakan lensa mata. Dengan metode ini, kesalahan bias cahaya dapat diperbaiki. Dengan lasik mata, cahaya yang jatuh pada kornea akan terfokus pada retina. Akhirnya penglihatan akan kembali normal. Pasien pun terbebas dari ketergantungan terhadap kaca mata dan lensa kontak.

Pada pasien miopia, lasik mata berfungsi untuk meratakan kornea mata yang terlalu melengkung. Sementara pada penderita hipermetropi atau rabun dekat, berfungsi sebaliknya. Metode ini juga berguna untuk memperbaiki kornea yang tidak beraturan pada penderita astigmatisme.

Mengenal Prosedur Operasi LASIK Mata dari Awal hingga Tindakan Lanjutan

Dalam praktik operasi lasik mata ini prosedurnya dimulai dari tahapan sebelum operasi,  disaat operasi, dan sesudah operasi. Prosedurnya bisa tidak sama di antara satu pasien dengan lainnya. Dibawah ini adalah gambara prosedur lasik mata secara keseluruhan, antara lain:

Prosedur Lasik Mata

  1. Tahapan Pemeriksaan Awal

Calon kandidat Lasik awalnya harus memaparkan riwayat medis dan kondisi matanya dulu, beserta obat-obatan apa saja yang sedang digunakan. Ini penting sekali, terlebih bila calon operasi memiliki riwayat alergi obat tertentu. Setidanya, untuk bisa melewati tahapan permiksaan awal, kandidat harus berusia lebih dari 18 tahun, matanya sehat dan penglihatannya stabil, tidak sedang hamil atau menyusui, dan tidak sedang terkena diabetes.

  • Melakukan Pemeriksaan secara Menyeluruh

Pemeriksaan secara menyeluruh ini meliputi pemeriksaan refraksi dan pengukuran tekanan intraokular. Pemeriksaan refraksi ini memiliki 2 jenis pemeriksaan. Yaitu autorefraksi (menggunakan mesin khusus) dan pemeriksaan refraksi manual. Sedangkan untuk pengukuran tekanan intraokular ini digunakan untuk memeriksa tonometry non kontak. Sehingga, didapatkan hasil pertimbangan apakah pasien harus melakukan lasik atau tidak.

  • Pemeriksaan Komprehensif untuk Pra Lasik

Setelah menjalani pemeriksaan awal, Anda harus melakukan pemeriksaan secara komprehensif lagi sebelum melakukan lasik. Yaitu:

  1. Topografi kornea.
  2. Pemeriksaan terhadap produksi air mata.
  3. Pengukuran terhadap ketebalan kornea.
  4. Specular micorscope untuk melihat adanya gangguan dalam kornea.
  5. Menjalani pemeriksaan di laboratorium.
  6. Melakukan pemeriksaan mata fisik.
  • Prosedur Menjalani Operasi Lasik

Untuk prosedurnya sendiri meliputi sebagai berikut ini:

  • Pasien diminta duduk dan akan diberi obat bius berbentuk tetes mata. Setelah itu, mata dibersihkan dan dipasang alat khusus untuk membuka bagian kelopak mata saat operasi dilakukan.
  • Saat obat bius bekerja, dokter mulai membuka lapisan kornea memakai laser atau menggunakan pisau microkeratome.
  • Disinilah pasien bisa melihat tahapan ini, meskipun dengan keburaman yang tidak sama.
  • Sesudah flat dibuat, kemudian akan dilipat untuk menyingkap korena yang telah dibentuk menggunakan laser. Proses ini setidaknya bisa memakan 10 sampai 40 detik. Ini tergantung dari teknologinya.
  • Setelah itu, laser akan diposisikan di atas mata pasien.
  • Pasien diminta melihat arah cahaya supaya pandangannya tidak sampai bergerak kemana-mana. Dengan begitu, prosesnya bisa membentuk kornea dengan mudah.
  • Setelah laser selesai, dokter akan memposisikan kembali flap yang melekat sendiri dibagian lapisan strombus. Kini operasi lasik telah selesai. Lamanya prosedur operasi lasik ini biasanya tidak sampai 20 menit
  •  
  • Tindakan Lanjutan setelah Operasi Lasik

Setelah menjalani lasik itu mata memang bisa langsung digunakan. Karena nantinya dokter akan memberi obat berupa tetes mata yang dapat dipakai sebelum pulang dari klinik mata atau rumah sakit. Beberapa jam kemudian setelah operasi, pasien biasanya akan merasakan penglihatan yang sedikit berkabut dan terkadang ada juga yang merasa gatal. Ini normal karena mata sedang beradaptasi.

Kemudian, dokter akan membuat jadwal untuk check up 1 hari setelah lasik untuk melihat perkembangan proses penyembuhan mata. Selanjutnya, beberapa minggu atau bulan kemudian akan dilakukan check up kembali.  Disini pula akan dijelaskan apa saja yang bisa dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama kurun waktu tertentu sesudah operasi lasik. Yang pasti, untuk proses penyembuhan dengan prosedur lasik itu tidak sama untuk setiap pasien. Ada yang cepat dalam hitungan hari, ada juga yang sampai 2 minggu baru merasakan hasilnya.

Resiko Lasik Mata

Secara umum, operasi lasik mata sangat efektif. Lasik mata juga sangat populer karena minim rasa sakit dan tidak memerlukan jahitan. Anestesi yang diberikan pada pasien melalui tetes mata dan bukannya suntikan, menjadikan operasi ini bisa dijalani dengan nyaman. Waktunya juga singkat saja, sekitar lima belas menit. Metode ini sangat cocok pada penderita miopi dan hipermetropi, dimana kebanyakan pasien puas dengan hasilnya dan tidak lagi memerlukan kaca mata atau lensa kontak.


Namun sebagaimana metode pengobatan lainnya, lasik mata juga bisa menimbulkan beberapa resiko.  Di antaranya keluhan mata kering pada beberapa bulan pertama setelah operasi. Karena itu obat tetes mata harus selalu digunakan pada jangka waktu tertentu agar mata tidak kering dan perih. Resiko yang terjadi lainnya seperti keluhan sensitivitas terhadap cahaya yang berlebihan, masalah penglihatan di malam hari, terdapat lingkaran cahaya pada penglihatan, atau otot mata yang tertarik hingga mata terlihat melotot.


Operasi lasik mata melibatkan kornea dalam pembedahan, sehingga resiko permanen dapat saja terjadi. Ada kalanya lapisan kornea terlipat atau terjadi penipisan kornea. Bahkan bisa saja terjadi infeksi kornea yang tentunya harus ditindaklanjuti secara intensif.

Walau hasilnya memuaskan, bahkan bisa langsung dirasakan dalam hitungan hari, metode bedah rawat jalan ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sementara sebagian besar asuransi tidak menanggung metode ini, termasuk BPJS Kesehatan sehingga Anda harus menyiapkan biaya sendiri jika ingin melakukan operasi lasik mata. Biaya bedah berbeda-beda untuk tiap daerah dan rumah sakit yang menjalankan. Perkiraan biaya untuk pembedahan satu mata antara delapan hingga sebelas juta, dan antara tiga puluh hingga tiga puluh delapan juta untuk dua mata.

Adapun efek samping pasca operasi, dapat diminimalisir dengan melakukan perawatan yang baik dan teratur. Untuk mengurangi terjadinya resiko yang disebut di atas, sebaiknya perawatan dilakukan selama 3-6 bulan. Jangan lupa untuk melakukan hal-hal berikut setelah menjalani operasi tersebut:

  • Jangan memakai make up apapun pada mata selama 2 minggu.
  • Jangan melakukan olahraga apapun selama 3 hari setelah operasi.
  • Jangan melakukan kegiatan berat atau olahraga berat selama 1 bulan pasca operasi.
  • Selalu gunakan pelindung mata yang diberikan dokter di malam hari selama 1 bulan.
  • Jangan berenang, berendam di jacuzzi, atau mandi dengan air panas selama 2 bulan pasca operasi.
  • Jangan lupa untuk tetap menggunakan tetes mata secara berkala agar mata tidak terasa kering, perih dan tidak nyaman.
  • Jangan tergoda untuk mengucek mata walau terasa gatal. Mengucek dapat mengantar kumendan ke dalam mata dan menyebabkan infeksi.
  • Jika terjadi masalah pada mata seperti mata merah, gatal, perih, berair, atau kotoran mata keluar, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi. Jangan tergoda untuk mengatasi sendiri masalah tersebut dengan menggunakan obat mata yang dijual bebas misalnya. Dikhawatirkan kondisi mata akan semakin parah.

Perlu diketahui juga, bahwa tidak sesuai orang bisa menjalani prosedur bedah laser ini. Beberapa pasien yang ditolak biasanya adalah mereka yang berusia di bawah delapan belas tahun, ibu yang sedang hamil dan atau menyusui, pasien dengan komplikasi penyakit tertentu, dan pasien dengan kondisi mata yang tidak stabil. Karenanya, konsultasi mendalam dengan dokter mata sebelum melakukan prosedur operasi sangat dibutuhkan.

Sebelum melakukan operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan intensif, meliputi pemeriksaan kelopak mata, konjungtiva, produksi air mata, kontur kornea, dan permukaan kornea yang  diperiksa dengan alat OPD, saraf mata, retina, dan ukuran kaca mata yang dipakai. Semua data tersebut diolah dalam komputer untuk ditentukan bisa tidaknya pasien mengikuti proses bedah.


Hal ini sangat penting dilakukan, karena ada beberapa kondisi yang akan semakin parah jika dipaksa untuk mengikuti proses bedah. Misalnya kondisi mata kering, yang bisa semakin parah. Atau jika pasien memiliki penyakit tertentu, dokter juga akan mempertimbangkan boleh tidaknya pasien mengikuti prosedur bedah.

Kondisi pasca bedah juga harus diamati secara berkala. Bila kondisi minus atau plus mata masih bertambah, maka bisa jadi beberapa tahun setelah operasi penglihatan akan terganggu kembali. Untuk hal ini dokter akan melakukan tindakan sesuai kondisi pasien.

Pada akhirnya, pilihan ada di tangan pasien. Metode lasik mata yang memerlukan biaya lumayan tinggi namun hasilnya memuaskan dengan keberhasilan yang tinggi pula, atau metode pengobatan lainnya. Bisa dikatakan metode ini merupakan batu loncatan besar dalam teknologi pengobatan. Selain hasil yang bagus dan bisa didapat dalam waktu singkat, persentasi keberhasilan operasi laser ini juga tinggi.

KMN EyeCare; Layanan Terbaik untuk Mata Anda

Setelah mengetahui apa pengertian lasik mata, ada baiknya pula Anda tahu klinik mata mana yang bisa menjadi rujukan sekaligus mumpuni dalam bidangnya.

Tak diragukan lagi, saatnya Anda menyerahkan ikhtiar kesehatan mata Anda di KMN EyeCare. KMN EyeCare merupakan pusat pengobatan segala jenis keluhan penyakit mata meliputi retina, katarak, lasik , mata kering dan lain sebagainya.

Ditunjang oleh ahli-ahli spesialis mata, ditambah pengalaman bertahun-tahun dalam menangani keluhan kesehatan mata, KMN EyeCare juga tidak ketinggalan untuk menghadirkan teknologi terdepan demi layanan kesehatan mata yang memuaskan.

Serba-serbi Layanan Lasik Mata dan Promonya

Testimoni Lasik Mata KMN

Ada beberapa layanan yang ditawarkan untuk program operasi lasik mata lengkap dengan promonya. Di bawah ini adalah beberapa layanan lasik mata yang sayang untuk dilewatkan, antara lain:

1. Memberikan Layanan yang Berkualitas Berstandar Internasional

KMN EyeCare adalah jaringan rumah sakit mata yang terbesar di Indonesia. Kami bersungguh-sungguh untuk memberikan layanan mata yang berkualitas dan terbaik dikelasnya. Dimana di tempat ini pula kami siap memberikan suasana yang nyaman dan harga yang bersahabat. Visi kami merupakan panutan layanan kesehatan yang berstandar internasional.

Sedangkan misinya adalah untuk mengobati dan melayani pasien dengan kualitas yang terbaik dan dilakukan oleh pakar profesional yang handal dibidangnya. Jadi, kami selalu mengupayakan memberikan semua yang terbaik untuk semua orang dari sebelum proses pengobatan dan operasi, selama operasi, hingga setelah melakukan pengobatan.

2. Memberi Layanan yang Terpadu Berteknologi Tinggi

Hanya disinilah dilengkapi tim dokter mata yang profesional, lengkap dengan teknologi terbaiknya. Ada teknologi diagnostik, pengobatan, beserta metode operasi terbaru dibidang kesehatan mata.

3. Layanan Pengobatan Bervariasi

Di tempat ini melayani pengobatan berbentuk layanan rawat jalan, layanan rawat inap untuk pasien yang akan melakukan operasi, dan jug layanan rawat dalam waktu 1 hari. Sehingga, Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Melayani Pemilihan Lensa Kontak & Kacamata Terbaik

Jika selama ini Anda bingung bagaimana cara memilih kacamata dan lensa kontak sesuai kebutuhan, disinilah kami siap membantu Anda. Tidak hanya 2 itu saja, kami juga melayani pemilihan bingkai kacamata yang berasal dari perancang ternama. Sehingga, penampilan Anda akan terlihat tetap fashionable jika menggunakan produk dari kami.

5. Dilengkapi dengan Event yang Menarik

Supaya bisa lebih dekat dengan apra pasien dalam menyampaikan semua informasi penting dibidang kesehatan mata, maka disinilah juga kerap memberikan layanan berbentuk event tertentu. Sehingga, hal inilah yang kemudian membuat kami sering dijadikan sebagai panutan oleh banyak orang.

6. Memberikan Fasilitas Terlengkap Sepanjang Masa

Kami siap memberikan informasi selengkapnya selama proses diagnosis sampai dengan pengobatan. karena itulah kami siap memberikan layanan terbaik kepada pasien supaya bisa mendapatkan penglihatan yang tajam dan lebih baik. Maka dari itulah, supaya perawatannya lebih nyaman, seperti yang Anda harapkan, disini pula juga tersedia layanan berupa fasilitas seperti di bawah ini:

  • Dilengkapi dengan peralatan diagnostik dan metode operasi yang terbaru.
  • Dilengkapi dengan laboratorium dan farmasi terlengkap.
  • Dilengkapi dengan call center yang selalu online.
  • Dilengkapi dengan layanan berbentuk sistem perjanjian bersama dokter yang terstruktur dan sistematis dengan baik.
  • Dilengkapi dengan ruang tunggu yang lengkap dengan play ground, snack bar, dan wifi super cepat.
  • Dilengkapi dengan layanan optik untuk mencari lensa kontak dan kacamata.
  • Dilengkapi dengan layanan mushola.

Promo Layanan Lasik Mata

Jika dibandingkan menggunakan layanan lasik satu mata yang senilai Rp 14.000.000, – , maka akan lebih terjangkau jika menggunakan layanan lasik mata untuk 2 mata. Yaitu, sebesar Rp 28.000.000, – . Dengan biaya pemeriksaan menyeluruh mencapai Rp 5.700.000, -. Itupun sudah termasuk biaya untuk konsultasi dokter dan administrasi.

Jadi, Jika harusnya membayar senilai Rp 33.700.000, – untuk layanan itu saja. Namun dengan adanya promo di bulan ini, biaya layanan lasik mata untuk 2 mata sebesar Rp 33.700.000, – itupun sudah termasuk biaya pemeriksaan penunjangnya. Sehingga, jauh lebih hemat.

Berbagai tokoh negeri ini, sebut saja Merry Riana pun turut menjadi bagian dari KMN EyeCare dengan mensosialisasikan KMN EyeCare sebagai klinik yang memiliki tingkat kepuasan 98%. Jika Merry Riana saja merawat kesehatan mata di KMN EyeCare, kini giliran Anda untuk membuktikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *