Bagaimana Keutamaan Menjenguk Orang Sakit?

309 views

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Orang sakit cenderung membutuhkan perhatian khusus. Apalagi kalau orang sakit tersebut masih saudara ataupun tetangga. Namun, Anda tidak boleh membeda-bedakan dalam menjenguk orang sakit. Dalam Islam sudah dijabarkan tentang keutamaan menjenguk orang sakit.

Beberapa Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Orang yang sakit tentunya akan merasa senang jika Anda mengunjunginya. Apalagi kalau orang tersebut diberi bantuan moral berupa semangat dalam hidupnya. Berikut beberapa hal yang keutamaan saat menjenguk orang yang sedang sakit:

1. Memperoleh Doa Malaikat

Saat menjenguk orang sakit tentunya ada malaikat yang mencatat amal baik. Malaikat akan mencatat amal yang dilakukan saat mengunjungi orang sakit. Namun, Anda harus memberi doa terbaik bagi orang tersebut agar cepat disembuhkan.

Hadits keutamaan menjenguk orang sakit di atas tentunya akan menjadikan Anda memiliki derajat yang lebih. Bahkan sampai tujuh puluh malaikat ikut mendoakan. Dengan begitu, kebaikan yang berlimpah senantiasa didapatkan.

Malaikat ini mengikuti perjalanan sampai pulang ke rumah. Setiap perjalanan yang dilakukan tentunya mendapatkan berkah yang tidak ternilai harganya.

2. Waktu Untuk Bersyukur

Keutamaan menjenguk orang sakit berikutnya adalah, akan merasa bersyukur karena diberi tubuh yang sehat. Baik kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani. Dengan begitu, tidak ada halangan suatu apapun untuk melakukan aktivitas setiap harinya.

Bersyukur kepada Allah tentunya harus dilakukan setiap saat. Karena kesehatan memang mahal harganya. Tidak bisa dibeli dengan apapun. Bayangkan saja jika menderita sakit gigi, walaupun tidak terlihat dari luar tapi sakitnya luar biasa.

Setiap Anda melihat orang sakit tentunya akan melakukan instrospeksi diri. Sehingga akan lebih berhati-hati saat menjalankan kehidupan agar tetap sehat dalam jangka waktu yang lama. Kehidupanpun akan menjadi indah.

3. Mendapat Kebun Surga

Kebun surga yang didapat tentunya diberikan Allah setelah meninggal nantinya. Suatu kemuliaan yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Saking pentingnya menjenguk orang sakit, sampai-sampai Allah SWT memberikan balasan yang luar biasa.

Hadits tentang keutamaan menjenguk orang sakit di atas menerangkan bahwa, seseorang yang menjenguk orang yang sakit akan dapat berjalan di taman surga. Taman tersebut dipenuhi dengan berbagai macam kenikmatan. Tentunya Anda akan merasakan kenikmatan tiada tara.

4. Membuahkan Pahala Dari Allah

Memberikan kesenangan kepada seseorang akan membuahkan pahala yang berlimpah. Karena menjenguk orang sakit merupakan kebaikan. Namun, harus ikhlas dan tidak boleh memikirkan sesuatu yang terlarang.

Sesuatu yang diniati dengan baik akan menjadikan perbuatan tersebut baik pula. Saat menjenguk orang yang sakit Anda harus mendoakannya agar cepat sembuh. Jika orang itu membutuhkan bantuan, maka tolonglah dengan hati ikhlas dan karena Allah.

5. Mengingatkan Akhirat

Saat menjenguk orang sakit, secara tidak langsung akan ingat kepada akhirat. Dikarenakan Anda akan berfikir bahwa hidup hanya sementara. Sehingga, akan lebih banyak berdoa karena umur semakin lama semakin berkurang.

Hadits keutamaan menjenguk orang sakit dalam Islam di atas menerangkan bahwa harus menjenguk orang sakit tersebut. Jika sampai meninggal, antarkanlah sampai ke makam. Sehingga, keluarga orang yang meninggal juga merasa ringan.

Menjenguk orang meninggal tentunya suatu kewajiban bagi umat Islam. Alangkah baiknya saat menjenguk membawa beberapa makanan atau bahan pokok lainnya agar keluarga yang ditinggalkan mendapat sedikit keringanan.

6. Jaminan Kebaikan Allah

Allah menjamin setiap kebaikan yang dilakukan saat menjenguk orang yang sakit. Baik kebaikan dunia ataupun kebaikan akhirat. Untuk kebaikan dunia, akan dilancarkan segala urusan baik usaha ataupun pekerjaan. Bisa juga hal yang lainnya.

Untuk kebaikan akhirat, akan mendapatkan beberapa kenikmatan dan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Jadi, tidak perlu khawatir akan nikmat yang diberikan. Karena nikmat Allah tidak terbatas jumlahnya.

7. Kelancaran Urusan Dunia

Beberapa hadits tentang keutamaan menjenguk orang sakit mengatakan bahwa, setiap urusan di dunia akan dilancarkan oleh Allah. Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena Allah sudah menjamin rezeki masing-masing hambanya.

Apa Saja yang Diperlukan Orang Sakit?

Adab dan keutamaan menjenguk orang sakit mengharuskan Anda untuk menolong dan membantu ketika ada orang tersebut. Dengan melakukannya bisa jadi beban orang yang sakit akan menjadi ringan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu orang yang sakit:

1. Semangat

Orang sakit cenderung lesu dan pasrah dengan keadaan. Oleh karena itu, Anda harus memberikan semangat yang lebih agar mereka kuat menjalani hidupnya sampai sembuh. Pemberian semangat bisa berbentuk motivasi ataupun kata-kata yang mendukung.

2. Obat

Anda juga bisa memberikan obat yang dibutuhkan oleh orang tersebut. Namun, harus tahu terlebih dahulu penyakit yang diderita. Untuk obat bisa dibeli di apotek terdekat. Sehingga, beban orang sakit akan lebih ringan.

3. Bantuan Uang

Jika orang yang sakit kekurangan dana, Anda bisa menolongnya dengan memberikan pinjaman terlebih dahulu. Karena tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk berobat ketika sakit. Walaupun sedikit, bantuan tersebut sangat berguna untuk penderita.

Manfaat Menjenguk Orang Sakit

Ada beberapa manfaat dari keutamaan menjenguk orang sakit yang bisa didapatkan. Manfaat ini sangat berguna bagi diri sendiri. Baik di dunia maupun manfaat di akhirat. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Lebih Bersyukur

Dengan menjenguk orang sakit, maka Anda akan lebih bersyukur dengan apa yang telah dimiliki. Bersyukur karena diberi sehat dan bisa melakukan kegiatan tanpa ada halangan apapun. Rasa syukur tersebut perlu di wujudkan dengan berdoa selalu kepada Allah.

2. Menghargai Kesehatan

Jika Anda mengunjungi orang yang sakit tertentu akan lebih menghargai kesehatan yang dimiliki. Kesehatan merupakan hal yang tidak bisa dibeli dengan apapun itu. Baik harta, emas ataupun berlian. Salah satu cara menghargai adalah dengan menjaga kesehatan dengan maksimal.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Mendekatkan diri kepada Allah merupakan manfaat dan keutamaan menjenguk orang sakit. Dengan melakukan hal ini, maka akan lebih bersyukur kepada Allah dengan kesehatan yang dimiliki.

4. Timbulnya Rasa Kemanusiaan

Hubungan yang baik harus dijaga dengan sesama manusia. Tentunya akan merasa kasihan melihat saudara yang sakit. Anda harus memberikan pertolongan sebisa mungkin. Selain itu, doakan yang terbaik untuk kesembuhannya.

5. Pola Hidup Teratur

Dengan menjenguk orang sakit maka akan meningkatkan antisipasi pada hal yang tidak berguna. Pola hidup lebih teratur dan tertata. Hal ini dikarenakan, Anda tidak menginginkan hal yang sama terjadi dalam kehidupan.

6. Rajin Beribadah

Setelah menjenguk orang sakit, tentunya akan lebih baik lagi dalam beribadah. Secara tidak langsung Anda merasa menjadi makhluk yang paling lemah. Perlu kiranya meminta pertolongan Allah untuk menjaga kesehatan dengan cara meningkatkan porsi ibadah.

Semua hal positif akan didapatkan saat menjenguk orang sakit. Keutamaan menjenguk orang sakit tentunya akan Anda rasakan secara langsung. Dengan begitu, akan lebih mawas diri dan antisipasi dari beberapa faktor yang menyebabkan sakit berkepanjangan.

One thought on “Bagaimana Keutamaan Menjenguk Orang Sakit?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *