Hadits Tentang Kebersihan Sebagian dari Iman, Apakah Anda Sudah Paham?

90 views

Kebersihan Sebagian dari Iman

Kebersihan tentunya harus dijaga. Apalagi kalau kebersihan tersebut adalah kebersihan diri. Semua hadits tentang kebersihan sebagian dari iman menerangkan tentang pentingnya kebersihan. Sehingga harus menjaga kebersihan saat melakukan berbagai macam pekerjaan sehari-hari.

Pengertian Kebersihan Sebagian dari Iman

Saat Anda melakukan aktivitas tentunya harus memperhatikan kebersihan. Baik kebersihan pakaian ataupun kebersihan yang lainnya. Dalam Islam kebersihan selalu diutamakan. Apalagi dalam menjalankan ibadah.

Dari hadits kebersihan sebagian dari iman Hr. Muslim diatas Anda akan paham betapa pentingnya kebersihan dalam diri. Dengan begitu akan memperhatikan perilaku saat melakukan kegiatan sehari-hari. Baik dalam memakai pakaian ataupun melakukan kegiatan lainnya.

Seseorang yang kotor cenderung dijauhi. Salah satu faktor penyebabnya adalah bau yang ditimbulkan. Bau yang tidak enak akan menimbulkan prasangka buruk. Dengan begitu, orang cenderung tidak mau mendekat dan menjauhinya.

Beberapa Contoh Perbuatan yang Mencerminkan Kebersihan Sebagian dari Iman

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya banyak perbuatan yang harus diperhatikan. Salah satunya untuk menjaga kebersihan. Secara tidak sengaja Anda pastinya melakukan beberapa hal tersebut. Berikut beberapa kegiatan untuk menjaga kebersihan:

1. Memotong Bulu Kemaluan

Bulu kemaluan yang panjang akan membuat beberapa bakteri menempel di dalamnya. Bau menyengat juga ditimbulkan oleh bulu yang panjang. Perlu kiranya Anda memotong bulu tersebut minimal sebulan sekali. Sehingga tidak akan tumbuh sampai panjang.

Bulu kemaluan yang bersih cenderung terlihat rapi. Walaupun bulu tersebut tidak kelihatan dari pandangan orang lain, Anda harus memotongnya secara rutin. Untuk suami istri, bulu kemaluan yang rapi akan meningkatkan keharmonisan dalam keluarga.

2. Berkhitan

Dalam Islam berkhitan wajib bagi seorang laki-laki yang sudah baligh. Dengan berkhitan, seseorang akan sudah mengamalkan hadits tentang kebersihan sebagian dari iman. Karena kotoran tidak akan tertinggal di kemaluan.

Berkhitan merupakan salah satu penjelasan hadits tentang kebersihan sebagian dari iman. Mungkin saat ini tidak terdapat anak yang tidak khitan. Bahkan non muslimpun melakukan khitan karena mereka mengetahui bahwa itu merupakan pembersihan kemaluan yang menyehatkan.

Dengan melakukan khitan maka akan membuang najis yang tertinggal di ujung kemaluan. Namun, Anda harus mencuci kemaluan setiap buang air.

3. Memotong Kumis

Kenapa harus memotong kumis? Hal ini dikarenakan ada kotoran yang tertinggal saat bernapas. Dikhawatirkan akan terhisap ke dalam hidung. Seseorang yang mencukur kumis akan lebih lega dalam melakukan pernapasan.

Lain halnya dengan jenggot, dalam ajaran Islam memelihara jenggot merupakan hal yang sunah. Hal ini telah diajarkan oleh nabi. Jari potonglah kumis Anda dan panjangkanlah jenggotnya. Saat memotong gunakan pisau yang tajam, agar bersih 100%.

4. Mencabut Bulu Ketiak

Bulu ketiak yang lebat akan mengakibatkan bau yang menyengat. Anda harus memotongnya secara rutin. Hal ini selain mengurangi bau, juga membuat bersih ketiak tersebut. Jika ketik masih bau, Anda harus menggunakan pewangi yang sesuai.

Memberikan harum-haruman pada ketiak akan menjadikan lebih percaya diri saat melakukan berbagai macam aktivitas dalam kehidupan. Oleh karena itu, Anda harus rajin mencukur bulu ketiak, sekurang-kurangnya satu bulan sekali.

5. Memotong Kuku

Kuku yang panjang akan menjadi sarang kuman dan kotoran. Anda harus melakukan pemotongan secara berkala. Pemotongan kuku sesuai dengan panjang kuku. Karena setiap orang memiliki pertumbuhan kuku yang tidak sama.

Kuku yang menjadi sarang bakteri bis membuat infeksi. Efek dari infeksi tersebut adalah jari mengembang dan terdapat nanah di dalamnya. Potonglah kuku untuk melakukan pencegahan tersebut. Gunakan pemotong yang tajam agar hasil maksimal.

6. Mencuci Pakaian

Pakaian yang bersih akan membuat nyaman dan orang yang melihatnya juga merasa senang. Cuci bersih pakaian yang digunakan dengan sabun. Jangan sampai bekas noda tertinggal di pakaian yang di cuci. Jika perlu rendamlah terlebih dahulu.

Hadits tentang kebersihan sebagian dari iman diatas mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari keimanan. Perlu kiranya Anda membersihkan pakaian yang dipakai setiap harinya. Dengan begitu tidak akan menumpuk sampai banyak dan menyebabkan kotoran lainnya.

7. Mandi Setiap Hari

Salah satu kumpulan hadits tentang kebersihan sebagian dari iman menjelaskan tentang pentingnya mandi. Setiap kita beraktivitas akan mengakibatkan badan kotor. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan badan setiap harinya.

Dalam Islam terdapat mandi besar. Aturan mandi ini juga lain dengan mandi biasa. Mandi besar mengharuskan Anda melakukan keramas dan berniat. Semua bagian dalam tubuh harus terkena air sampai rata.

8. Mengkonsumsi Makan Bersih dan Halal

Makanan halal tentunya harus Anda konsumsi setiap harinya. Selain halal harus diperhatikan tingkat kebersihannya. Dengan begitu, tidak ada kuman ataupun bakteri yang bersarang di dalam makanan tersebut.

9. Menyapu Halaman Rumah

Halaman yang bersih juga merupakan kebersihan yang harus dijaga. Jika halaman bersih tentunya akan sedap dipandang. Baik diri sendiri ataupun orang yang bertamu ke rumah.

10. Menggunakan Pakaian yang Bersih Ketika Melakukan Sholat

Solat merupakan ibadah yang wajib dilakukan setiap harinya oleh umat Islam. Saat melakukan sholat tentunya harus menggunakan pakaian yang bersih. Selain bersih Anda juga harus memperhatikan kesucian pakaian tersebut.

11. Membersihkan Rumah

Rumah merupakan tempat dimana kita berteduh. Dengan rumah yang bersih, kenyamanan akan bertambah. Sehingga akan betah berlama-lama di dalamnya. Baik sendiri ataupun dengan keluarga bahkan jika ada tamu.

Kebersihan Lahiriyah

Kebersihan lahiriyah tentunya harus diperhatikan. Ayat tentang kebersihan sebagian dari iman mengatakan bahwa kebersihan harus dijaga.

Berikut beberapa kebersihan lahiriyah yang harus diperhatikan:

1. Kebersihan Badan

Menjaga kebersihan badan tentunya merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Diantaranya adalah mandi, gosok gigi, mencukur bulu dan masih banyak lagi. hal tersebut tentunya harus Anda lakukan setiap harinya agar tubuh bersih dan harum.

2. Kebersihan Makanan

Makanan yang Anda makan tentunya harus dijaga kebersihannya. Baik mencuci ataupun mengupas kulitnya. Hindari makanan yang basi, memasaklah secukupnya. Jangan biarkan makanan tersebut mubadzir, karena Allah tidak menyukai perbuatan yang sia-sia.

3. Kebersihan Pakaian

Pakaian yang bersih tentunya akan membuat Anda lebih percaya diri. Pakaian bersih tidak harus mahal. karena pakaian yang mahal belum tentu terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang sewajarnya. Dan jangan terlalu mencolok.

4. Kebersihan Lingkungan

Hadits tentang kebersihan sebagian dari iman juga menyinggung tentang kebersihan lingkungan. Lingkungan yang Anda tempati tentunya harus bersih. Ajaran Islam selalu menekankan untuk melakukan kebersihan. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi bibit penyakit.

Kebersihan Hati atau Batinniyah

Hari yang bersih akan mendapatkan ketenangan yang haqiqi. Tidak ada kata dengki, iri dan sombong kepada sesama manusia. Perwujudan dari sikap inilah yang membuat ukhuwah Islamiyah lebih terjaga setiap harinya.

Kebersihan Harta

Jika Anda memiliki harta yang berlebih, perlu kiranya melakukan zakat. Dengan begitu, harta akan menjadi bersih. Karena sebagian dari harta yang dimiliki adalah hak orang yang membutuhkan. Jika sudah sesuai nisab, maka wajib melalukan zakat sesuai dengan ketentuan.

Saat Anda membaca hadits tentang kebersihan sebagian dari iman tentunya harus memperhatikan keabsahan dari hadits tersebut. jangan sampai mendapatkan hadits palsu dengan sanad yang tidak jelas. Dengan hadits yang jelas, maka akan mendapatkan pemahaman yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *