Kandungan Minuman Sehat bagi Tubuh

1 min read

Kandungan Minuman Sehat bagi Tubuh

Kandungan Minuman Sehat bagi Tubuh

Inilah Kandungan Minuman Sehat yang Menyehatkan Tubuh. Untuk menjaga tubuh agar tetap stabil, manusia perlu minum sebanyak 8 gelas air putih per hari. Kestabilan tersebut dikarenakan cairan yang masuk ke dalam tubuh selalu diserap dan dikeluarkan melalui beragam sistem metabolism tubuh. Jika tidak berjalan secara teratur, maka keseimbangan tubuh menjadi terganggu.

Minuman sehat sebenarnya tidak hanya air putih saja. Manusia dengan rasa bosan dan ingin sekaligus mendapatkan khasiat, menjadikan banyak eksperimen keseahatan yang dapat mengatasi hal tersebut. Termasuk dalam upaya memvariasi banyak minuman yang menyehatkan dan banyak nutrisi yang dikandung. Jika air putih, maka kandungan yang didapatkan hanya berupa mineral yang ada dalam air putih. Kecuali dalam kemasan olah.

Nah, mineral yang tidak banyak dalam air putih akan sangat baik diikuti minuman yang menyehatkan. Sebab sifat air putih yang membersihkan, maka dengan meminum minuman bernutrisi akan menambah kebaikan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini minuman yang juga menyehatkan bagi tubuh.

Teh Jahe

Minuman teh jahe merupakan minuman sehat dengan banyak khasiat di balik dua bahan yang bercampur. Teh yang sebenarnya memiliki zat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari zat karsinogen, apalagi jenis teh hijau. Jika ditambahkan dengan jahe, yang sudah terkenal sebagai rempah masakan, dapat lebih menyehatkan.

Jahe terkenal dengan khasiatnya yang menghangatkan tubuh. Tetapi tidak hanya itu saja, ada kandungan phenolic untuk mengatasi masalah pencernaan seperti gejala iritasi gastrointestinal, kontraksi perut, stimulasi air liur.  Mengonsumsi jahe dengan meminumnya juga membantu Anda dalam melegakan tenggorokan dan rasa mual. Minuman sehat ini dapat Anda konsumsi berkala saat pagi hari.

Cokelat

Minuman yang menyehatkan berikutnya ialah cokelat panas. Cokelat yang sangat sering dijadikan bahan dalam pembuatan kue ini, juga termasuk daftar minuman kesehatan. Sebab di balik warnanya yang gelap, dan rasa yang pahit (untuk olahan asli cokelat yang belum bercampur gula) tersimpan khasiat yang menyehatkan.

Mengonsumsi cokelat sebagai daftar minuman sehat, dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Di antaranya zat flafonoit yang ada dalam cokelat bersifat antioksidan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, menurut studi yang dilakukan oleh University of Texas di Austin pernah menemukan bahwa cokelat yang rendah lemak  dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama bagian otot.

Jus Buah

Dengan namanya saja, Anda sudah tahu bahwa jenis minuman yang berasal dari buah jelas menyehatkan. Sebab selain menyenangkan diminum karena rasanya yang menyegarkan, jus buah juga memiliki vitamin serta mineral bawaan yang tidak hilang saat diolah sebagai minuman. Kecuali dalam beberapa produk minuman, rasa buah yang terkandung mungkin telah hilang khasiatnya.

Di antara jenis buah yang dapat Anda konsumsi sebagai minuman sehat ialah buah yang memiliki warna cerah dan cenderung berair. Sebab hal tersebut akan sangat membantu mana yang baik untuk dikonsumsi.

Jus Sayur

Jika ada jus buah, maka ada jus sayur. Jus sayur memiliki khasiat yang sama dengan jus buah. Tetapi dari segi rasa mungkin Anda perlu memilahnya lagi untuk benar-benar menjadikannya jus. Selain itu, tidak semua jenis sayur dapat dijadikan jus. Sebab jus yang diolah dalam memiliki rasa yang berbeda, dan harus menambahkan gula sebagai perisa  sebagaimana jus buah.

Beberapa sayur yang dapat Anda minu mberupa sayuran yang berbentuk buah, memiliki tekstur berair juga. Seperti  tomat buah dan kale. Keduanya dapat dijadikan jus.

Itulah beberapa jenis minuman sehat yang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh di samping air putih setiap hari. Baca sekalian tentang Cara Mengatasi Asam Lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *