Info Jual Beli Barang Kost Jogja Bagi Calon Mahasiswa Baru

7 min read

Info Jual Beli Barang Kost

Info Jual Beli Barang Kost

Info Jual Beli Barang Kost Jogja — Jogjakarta pun dikenal sebagai kawasan yang sarat akan kependidikan. Banyak universitas terbaik di Jogja maupun institusi pendidikan yang bisa kalian pilih ketika selesai masa sekolah menengah. Mendekati masa peralihan semester, dari genap ke ganjil, tentu membuat banyak orang, khususnya siswa dan mahasiswa kerepotan.

Kerepotan juga dirasakan para lulusan SMA atau SMK terbaru. Dimana memungkinkan mereka yang ingin lanjut ke jenjang kuliah harus menentukan kampus dan akan ngekost dimana. Maka dari itu butuh kecermatan selama mencari kost yang tepat. Lokasinya cukup dengan area kampus, rumah makan, tempat jual beli barang kost Jogja, dan lain sebagainya.

Tips Mencari Indekos di Jogjakarta Bagi Calon Mahasiswa

Bagi kalian yang baru lulus SMA pasti dibuat ribet dengan urusan mencari universitas swasta maupun universitas negeri idaman. Selain itu, ketika sudah diterima perguruan tinggi juga repot dalam mencari indekos yang dekat dengan kampus. Akan lebih susah lagi jika di tanah rantau tujuan, kalian tidak memiliki rekan atau saudara untuk membantu mencarikan indekos. Maka dari itu, kami memberikan tips cara menentukan indekos bagi kalian yang baru diterima kuliah.

  • Cari Teman atau Kakak Kelas yang Kuliah di Kampus Sama

Opsi jika kalian tidak memiliki saudara di sekitar tempat kuliah adalah dengan mencari tahu teman ataupun kakak kelas yang kuliah di universitas sama. Adanya kakak kelas akan memudahkan kalian dalam mencari indekos. Mereka sudah cukup hafal dengan lokasi-lokasi di sekitar kampus. Ditambah mereka bisa mengajak kalian ke pusat jual beli barang kost Jogja untuk melengkapi kebutuhan selama tinggal di indekos.

  • Cobalah untuk Datang ke Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa

Apabila kalian mendadak dalam mencari indekos, daripada pusing dan bingung alangkah baiknya memberanikan diri datang ke gedung kegiatan mahasiswa. Di gedung tersebut pasti ada senior-senior yang suka rela membantu kalian dalam mengatasi masalah. Baik memberikan tumpangan sementara bahkan memberikan bantuan mencarikan indekos.

  • Manfaatkan Media Sosial

Masalah cari kost akan mudah disiasati ketika kalian menjelajah ke jejaring media sosial. Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan aplikasi pesan Whatsapp menjadi alternatif terbaik untuk mencari kos di Jogjakarta. Di sana kalian bisa mencari tahu mengenai suasana, harga, dan fasilitas dari setiap indekos yang ditawarkan. Jika beruntung, kalian bisa mendapatkan rekomendasi tempat jual beli barang kost Jogja untuk cari tambahan perabotan kost.

Begitu juga dengan mahasiswa yang sudah menikmati masa-masa kuliah, dimana memerlukan persiapan selama peralihan semester. Acapkali peralihan semester membuat mereka menentukan keputusam tetap lanjut di indekos lama atau mencari indekos baru. Jika memutuskan untuk pindah indekos maka kalian diminta untuk menentukan apakah suasana dari tempat baru cukup nyaman, aman, dan sesuai dengan selera atau tidak.

Ternyata memang tidak mudah menentukan indekos. Apalagi jika kalian mempunyai barang-barang dalam jumlah yang lumayan banyak. Ada beberapa opsi yang bisa kalian lakukan, seperti jual beli barang kost Jogja atau tetap membawa barang-barang tersebut ke indekos yang baru. Karena barang-barang yang sudah tidak lagi digukana bisa dijual dahulu, setelah itu membeli barang yang baru.

Pindahan dan Cari Barang di Jual Beli Barang Kost Jogja

Pada kesempatan kali ini kami membagikan pembahasan tentang tips mencari indekos baru bagi kalian calon mahasiswa maupun yang ingin pindahan. Silahkan perhatikan penjelasan yang kami tuliskan agar nantinya tidak ada masalah selama acara pindahan.

  • Mengelompokkan Daftar Barang yang Ingin kalian Bawa dari Rumah

Bagi kalian yang baru diterima kuliah di universitas jauh dari rumah, maka diperlukan ketelitian selama menentukan barang bawaan. Pastinya selama pindah ke kota untuk melanjutkan jenjang pendidikan kalian tidak bisa membawa barang dalam jumlah banyak. Nah, sebelum memilih dan menentukan barang yang ingin dibawa, langkah yang tidak kalah penting yang kudu kalian lakukan adalah membuat daftar barang tersebut.

Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mengelompokkan barang sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Misalnya, kebutuhan untuk kegiatan belajar seperti meja lipat, lampu belajar, bolpoin, dan lain sebagainya. Kemudian barang yang berkaitan dengan hobi, seperti gitar, alat lukis, buku bacaan, dan lain sebagainya.

Ingat juga pakaian tertentu yang perlu kalian bawa. Pakaian tersebut bisa berupa pakaian pesta, pakaian berenang, dan pakaian yang digunakan di momen-momen penting lainnya. Kalaupun ada beberapa barang-barang yang tidak butuh dibawa, bisa mencari di tempat jual beli barang kost Jogja.

Dengan membuat daftar barang yang akan di bawa maka kalian bisa melihat barang mana lebih prioritas atau lebih penting. Mengingat indekos yang akan kalian jadikan “rumah baru” dengan ukuran yang kecil, membawa barang terlalu berlebihan pun bisa menyebabkan luas ruangan indekos (kamar) terasa sempit. Di samping itu, untuk membawa barang yang banyak pun akan ribet, terlebih jarak dari rumah ke universitas mencapai ratusan kilometer.

  • Kalian Harus Memperhatikan Barang yang akan Dibawa ke Indekos Baru

Sebelum kalian mengemasi barang yang akan dibawa ke indekos, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan pengecekan ke setiap barang. Misalnya, kalian ingin membawa printer, maka pastikan terlebih dahulu keadaannya yang siap pakai sebelum dibawa. Akan sangat menyebalkan ketika barang-barang penting yang akan kalian bawa dari rumah maupun dari indekos lama malah tidak berfungsi. Jika terlanjur terbawa dan isi kamar indekos sudah penuh sesak, opsi terbaik mungkin ke pusat jual beli barang kost Jogja, yang memungkinkan menerima barang second.

  • Membersihkan Setiap Barang yang Hendak Dibawa

Supaya lebih mudah ketika kalian pindah indekos, sebaiknya semua barang yang akan kalian bawa dalam keadaan bersih dan stereil dari kuman maupun  debu. Alasannya, selama kalian membawa barang tersebut tidak berdampak buruk pada diri kalian sendiri. Misalnya, salah satu barang yang dibawa berdebu dan hendak kalian bawa menggunakan sepeda motor.

Tentu menyebabkan debu tersebut menyebar dan kalian maupun orang lain tanpa sadar menghirupnya. Begitu juga dengan bantal, sprei, kasur, dan barang lain. Jika kotor dan sudah kalian bawa ke indekos baru, maka kegiatan selanjutnya adalah bersih-bersih. Padahal tenaga kalian sudah berkurang banyak selama mengangkut beberapa barang tadi.

  • Ketika Pindah Indekos Kenakan Pakaian yang Tepat

Membawa barang dalam jumlah yang banyak, belum lagi jalanan macet, hingga terik matahari yang membuat gerah. Merupakan tantangan untuk kalian ketika sedang wira-wiri pindahan Indekos. Belum lagi kalian mengenakai pakaian yang berlebihan, misalnya untuk perempuan mengenakan rok panjang, atau pria mengenakan celana ketat, yang membuat ruang gerak terbatas dalam membawa barang-barang. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kalian mengenakan pakaian tepat, misalnya pakainan longgar agar kondisi tubuh tidak mudah gerah, dan gerak lebih fleksibel.

  • Mencari Kawan yang Satu Tujuan agar Bisa Mengangkut Barang Bersama-sama

Poin ini berlaku untuk pindahan indekos dari rumah maupun dari indekos lama. Mencari kawan yang satu tujuan bahkan satu indekos akan memudahkan kalian dalam membawa barang secara bergantian. Namun, jika ingin menggunakan poin ini sebaiknya kemasi barang-barang dan beri tkalian agar tidak keliru.

  • Mencari Bantuan Kawan yang Memiliki Kendaraan Roda Empat

Bisa jadi poin ini yang paling menguntungkan karena kalian tidak perlu keluar banyak uang untuk sewa mobil dan sewa supir. kalian hanya perlu mengganti uang bensin dan menraktir kawan yang bersedia menjadi supir dadakan untuk acara pindahan indekos. Dengan cara ini kalian tidak memakan banyak waktu untuk wira-wira memindahkan barang.

  • Memisahkan Barang yang Mudah Pecah

Memang sering kali ada kejadian di luar kendali ketika sedang pindahan. Yaitu piring dan gelas yang kami satukan dengan barang lain pecah. Kejadian tersebut memang tidak terlalu memusingkan karena barang-barang yang pecah bisa dibuang. Bisa mencari alternatif untuk mengganti piring dan gelas yang pecah dengan mengunjungi pusat jual beli barang kost Jogja.

Namun, kejadian tersebut sebaiknya diminimalisir dengan cara jangan membawa barang-barang mudah pecah. Karena sangat beresiko. Lebih baik kalau kalian bisa mencari belakangan di  pusat jual beli barang kost Jogja.

  • Mengelempokkan Barang Berdasarkan Jenis dan Kegunaan

Masalah sering dialami bagi orang baru pindah indekos yaiu sering lupa atau kehilangan barang yang letaknnya entah ke mana. Nah, ini ada tips yang patut untuk kalian lakukan. Yaitu dengan mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan di satu tempat. Kalaupun tidak muat, kalian bisa mengelompokkan di kardus atau tempat lain.

Misalnya, berkas skripsi, maka kalian harus mencari barang yang relevan dengan skripsi, misalnya buku sebagai bahan analisis, bolpoin, dan lain sebagainya. Langkah itu dimaksudkan agar sesudah sampai di indekos yang baru dan kalian siap beres-beres, maka tidak akan mengalami kejadian kehilangan atau lupa posisi barang tersebut.

Tips Menentukan Indekos yang Tepat di Jogja

Info Jual Beli Barang Kost jogja

Selama pindah indekos, baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa lama, poin-poin di atas cukup penting. Sesudah memberikan penjelasan tentang tips pindah indekos, maka ini akan dijelaskan informasi yang tidak kalah penting. Informasi tersebut tentang memilih indekos yang sesuai dengan selera dan keinginan kalian.

Alasan memilih indekos untuk bisa memberikan rasa nyaman karena indekos bisa disebut sebagai rumah kedua selama merantau. Tentu jika kalian terlanjur pindah indekos dan ternyata tidak sesuai dengan keinginan, selain tidak nyaman, kalian akan dibuat ribet sendiri dengan harus cari indekos lagi yang lebih baik. Oleh karena itu, silakan simak informasi ini untuk kepentingan dan kenyamanan bersama.

  • Sesuaikan dengan Anggaran Dana

Setiap indekos pasti memiliki harga yang bervariasi. Harga tersebut ditentukan berdasarkan luas kamar, fasilitas, maupun lokasi. Banyak anggapan yang mengatakan jika indekos dekat dengan kampus harga dibanderol pun lebih mahal.

Nah, jika kalian memiliki anggaran terbatas dan tidak mencukupi untuk menyewa kamar indekos di dekat kampus, ada baiknya kalian mencari indekos yang tidak jauh-jauh amat. Sesuai dengan anggaran biaya. Jika kalian orang yang pantang menyerah, bisa saja mencari indekos dekat kampus dengan harga yang lebih murah. Namun, usaha tersebut memakan waktu yang lumayan lama.

  • Menentukan Fasilitas yang Ditawarkan

Seperti yang kami katakan di poin pertama tadi, bahwa harga kamar indekos pun disesuaikan dengan fasilitas. Fasilitas macam meja belajar, lemari, kasur, bantal-guling, dan lain sebagainya merupakan fasilitas wajar dengan harga yang relatif murah. Apabila kalian menginginkan fasilitas tambahan, seperti kamar mandi dalam, adanya Wi-Fi, hingga AC, maka harga yang dikeluarkan lebih besar.

  • Jaminan Keamanan

Mungkin kalian sudah tahu jika tingkat kriminalitas di area kampus cukup tinggi karena banyak pendatang yang tinggal di setiap indekos. Oleh karena itu, sebelum kalian memutuskan memilih indekos, pastikan bertanya ke pihak pengelola, baik pemilik atau pihak pemasaran, apakah di lokasi indekos keamanan terjamin. Sangat merugikan ketika lingkungan indekos kalian tidak aman dan rawan terhadap pencurian. Oh iya, pastikan juga fasilitas berupa gerbang dan CCTV sebagai jaminan keamanan indekos yang kalian huni.

  • Pastikan Ketersediaan Air dan Listrik

Masalah air dan listrik merupakan hal yang tidak bisa lepas dri kehidupan kita sehari-hari. Termasuk sebagai seorang perantau yang hidup di indekos. Nah, masalah yang paling sering dialami oleh penghuni indekos adalah ketersediaan air di musim kemarau. Makin padatnya suatu daerah, maka makin kecil ruang resapan air. Inilah yang harus kalian tanyakan terlebih dahulu kepada pemiliki indekos. Apakah ketersediaan air sangat mencukupi ketika musim kemarau tiba. Apakah ketersediaan air yang ada di indekos menggunakan sumur sintetis atau dari pihak lain.

Selanjutnya soal listrik. Banyaknya penghuni indekos dengan barang-barang elektronik yang dibawa akan menjadi masalah jika tidak diimbangi dengan daya listrik yang mencukupi. Untuk itu, sebelum memastikan memilih indekos kalian harus mempertimbangkan berapa banyak penghuni, kondisi air, dan listrik agar ke depannya tidak ada masalah lain yang membuat kalian tidak nyaman.

  • Lingkungan yang Nyaman

Kenyamanan menjadi bagian penting selama kalian indekos. kalian harus memastikan lingkungan di sekitar indekos bisa menjamin kenyamanan atau tidak. Kenyamanan dimaknai oleh banyak hal, mulai dari kondisi rumah yang sejuk, tidak ramai/berisik, dan lain sebagainya. Jika kalian mahasiswa tingkat akhir atau tidak suka dengan keramaian, membutuhkan lingkungan yang mendukung, seperti terhindar dari polusi suara. Namun, selama indekos pun kalian harus memperhatikan para penghuni lainnya, apakah kegiatan mereka mengganggu atau tidak.

  • Perhatikan Batasan Jam Malam

Bagi kalian yang baru pertama kali indekos mungkin belum paham betul tentang batasan jam malam. Di setiap indekos mempunyai aturan berbeda-beda mengenai jam malam. Yang paling sering ditemukan adalah indekos puteri, mayoritas jam malam pukul 22.00 hingga 23.00. Jam malam ini dimaksudkan supaya setiap penghuni sudah ada di indekos sebelum waktu tersebut karena gerbang akan dikunci.

Kalaupun kalian pulang laurt malam atau lebih dari jam malam yang ditentukan, maka kalian harus meminta tolong penghuni lain untuk membukakan pintu. Adanya batasan jam malam sebenarnya bukan membatasi kegiatan kalian di luar, seperti rapat komunitas, organisasi, dan lain sebagainya. Adanya batasan malam dimaksudkan agar ada jaminan keamanan bagi penghuni yang membawa barang-barang berharga, seperti kendaraan bermotor, laptop, dan lainnya.

Nah, ketika mencari indekos ada baiknya kalian menanyakan poin ini agar nantinya tidak ada permasalahan yang membuat kalian ribet sendiri. Kalaupun kalian sering pulang kelewat malam, di atas pukup 00.00, ada empat opsi. kaliankan kunci gerbang, meminta tolong penghuni lain untuk membukakan pintu, lompat gerbang jika penghuni lainnya sudah tidur, dan cari indekos lain yang tidak ada batasan jam malam. Bagaimana, sudah kalian tentukan empat pilihan tersebut?

Berbekal informasi ini akan memudahkan kalian dalam memutuskan pindah indekos yang sesuai dengan keinginan.. Sekian saja penjelasan ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang bingung mencari rekomendasi kos di Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Assalamualaikum. ACADEMIC INDONESIA siap melayani konsultasi
Powered by