Beberapa Hadits Tentang Kesehatan dalam Agama Islam

160 views

Hadits Tentang Kesehatan

Kesehatan memanglah penting. Dengan tubuh yang sehat, seseorang akan leluasa dalam melakukan aktivitasnya. Banyak hadits tentang kesehatan yang menerangkan bahwa Anda harus hidup sehat. Baik kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani.

Perintah Islam untuk Menjaga Kesehatan

Seseorang orang tentunya tidak ingin mengalami sakit yang berkepanjangan. Namun, setiap orang pasti pernah mengalami sakit walaupun gejala ringan. Beberapa hal untuk menjaga kesehatan dalam Islam juga telah diatur sebagai mana mestinya. Berikut ulasannya:

1. Jika Sakit maka Berobatlah

Sakit tidak akan sembuh jika dibiarkan saja. Dengan berbagai macam cara, tentunya harus dilakukan agar sembuh. Salah satunya adalah membeli obat atau pergi ke dokter terdekat. Hal ini merupakan ikhtiar untuk menyembuhkan penyakit yang diderita.

Hadist tentang kesehatan dalam Islam ini memberitahukan kepada Anda untuk tetap sabar menghadapi penyakit yang diderita. Karena Allah menjamin setiap penyakit pasti ada obatnya. Baik obat dari dokter ataupun obat secara alami.

Namun saat berobat, harus memperhatikan kandungan di dalam obat. Obat yang digunakan tentunya harus terbuat dari barang yang halal dan bersih. Tidak ada salahnya bertanya dahulu apa saja kandungan di dalam obat tersebut.

2. Makan dan Minum Secukupnya

Dalam Islam diajarkan bahwa Anda harus makan dan minum secukupnya. Makan-makanan yang berlebihan akan mengakibatkan hal yang tidak baik bagi tubuh. Seperti mengantuk dan malas kerja. Larangan makan secara berlebihan sudah diatur dalam hadits tentang kesehatan.

Makan secukupnya bukan berarti tidak boleh kenyang. Namun, harus memperhatikan porsi makan yang teratur. Karena porsi makan yang tidak teratur bisa menyebabkan penyakit maag dan penyakit lambung lainnya. Hal sepele seperti inipun sudah diatur dalam ajaran agama Islam.

Seseorang yang makan secukupnya cenderung memiliki tubuh yang sehat. Karena tubuh tidak menjadi gemuk dan tidak banyak lemak yang menempel. Sehingga aktivitas akan menjadi mudah dan lancar. Seseorang yang memiliki pola makan teratur lebih rajin dari pada yang berlebihan.

3. Jangan Meniup Makanan Atau Minuman

Apakah Anda suka meniup makanan atau minuman yang masih panas? Jika masih, berhentilah mulai sekarang. Dalam Islam, banyak contoh hadits tentang kesehatan yang menerangkan hal tersebut. Tiupan yang keluar dari mulut merupakan udara yang tidak sehat.

Udara tersebut tercampur oleh karbon dioksida yang cenderung memiliki zat racun berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda harus berhenti memakan makanan apalagi dalam keadaan panas. Jika makanan panas, gunakanlah alat untuk menginginkannya.

Untuk mengatasi hal ini bisa mendiamkannya selama beberapa menit sebelum memakannya. Makanan yang panas juga dapat merusak karang gigi, jika hal ini terjadi gigi akan berlubang dan menyebabkan gusi bengkak.

4. Perintah Cuci Tangan

Dengan mencuci tangan, maka akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyebabkan tubuh Anda lemas. Jika hal tersebut terjadi, harus berobat dan mencegahnya terulang kembali. Dengan begitu, tidak akan terkena penyakit yang sama.

Anda tidak perlu khawatir jika tangan yang kotor menyebabkan penyakit. Hadist tentang kesehatan dan kebersihan menerangkan bahwa Allah akan menyembuhkan segala macam penyakit jika seseorang itu mau berusaha.

5. Berkhitan

Berkhitan merupakan kewajiban bagi semua laki-laki dalam Islam. Dengan melakukan khitan maka kesehatan akan lebih terjaga. Orang yang tidak melakukan khitan maka beberapa kotoran akan tertinggal di ujung dari kemaluan.

Kotoran tersebut bisa menyebabkan bakteri yang mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Orang yang melakukan khitan cenderung lebih sehat dan nyaman. Baik sehat secara jasmani ataupun sehat secara rohani. Terutama bagi orang yang sudah dewasa.

Perintah berkhitan sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim. Jangan khawatir, saat ini teknologi sudah canggih sehingga tidak akan merasakan sakit saat melakukan khitan. Banyak hadits tentang kesehatan yang membicarakan tentang keuntungan khitan.

6. Perintah Untuk Menjaga Hati

Hati terbuat dari segumpal darah. Jika hati baik sluruh tubuh juga akan baik. Hal ini dikarenakan darah mengalir ke seluruh tubuh. Kebaikan ini bisa diartikan dalam hal jasmani dan rohani. Hati yang baik, rohani juga ikut baik pula.

Hadits diatas merupakan hadits tentang kesehatan jasmani dan rohani yang dikhususkan untuk hati. Hati dalam hal jasmani akan mempengaruhi kinerja tubuh. Jika kinerja hati berkurang, bisa jadi tubuh tidak sehat dan akan sakit-sakitan.

Dalam hal rohani hari berfungsi untuk menjaga diri dari beberapa sifat yang tidak diinginkan. Mulai dari sombong, takabur, musyrik dan masih banyak penyakit hati lainnya. Perlu kiranya Anda menghindari hal-hal yang dapat mengotori hati.

7. Anjuran Berolahraga

Oleh raga juga dianjurkan dalam Islam. Dengan olahraga yang rutin, tubuh akan menjadi lebih sehat lagi. Saat melakukan olah raga tentunya harus memperhatikan tata cara yang benar agar mendapat hasil yang maksimal. Olah raga sesuai ajaran Islam antara lain, berenang, memanah dan berkuda.

8. Larangan Berobat dengan Hal yang Kotor

Terkadang banyak orang yang berpendapat bahwa beberapa benda kotor dapat menyembuhkan penyakit. Misalnya saja jus cacing. Anda harus melihat bagaimana obat tersebut dibuat. Jika sekiranya haram maka jauhilah.

9. Larangan Meminta Kesembuhan Selain Allah

Saat sakit tentunya harus berobat ke dokter. Namun, Anda tidak boleh menganggap bahwa obat yang telah menyembuhkan. Sesungguhnya Allah yang memberikan kesembuhan tersebut. selain itu, jika berobat ke pada dukun maka hukumnya haram.

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

Ada banyak ayat Al-Quran dan hadist tentang kesehatan yang membicarakan tantang kesehatan. Diantara ayat tersebut tentunya terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan. Anda juga bisa melakukan hal mudah ini, diantaranya:

1. Makan sayuran

Sayuran merupakan makanan yang tinggi akan serat. Dengan mengkonsumsi sayuran yang banyak maka tubuh akan sehat. Sebaliknya, jika orang hanya makan-makanan cepat saji tubuh akan terasa lemas dan tidak berdaya.

2. Konsumsi Vitamin

Mengkonsumsi vitamin merupakan hal yang baik. Namun, lebih baik lagi jika vitamin tersebut Anda dapatkan secara alami. Buah-buahan merupakan penghasil vitamin terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup adalah hal yang harus Anda lakukan. Asalkan jangan kebanyakan tidur. Beberapa hadits tentang kesehatan mengatakan bahwa tidur yang berlebih akan menyebabkan malas dan cenderung lesu.

4. Kelola Stres Anda

Stres merupakan gejala yang sering kalau dirasakan oleh seseorang. Banyak penyebab stres, diantaranya, kerjaan yang menumpuk, banyak masalah dan lain sebagainya. Penawar dari stres yang paling mujarab adalah dengan membaca Al-Quran.

5. Hindari Alkohol

Di dalam Islam meminum alkohol adalah perbuatan dosa. Alkohol termasuk minuman yang diharamkan dalam agama Islam. Orang yang meminum alkohol cenderung tempramental dan cepat marah. Banyak keburukan yang terjadi akibat orang banyak minum alkohol.

Anda tentunya harus memahami hadits tentang kesehatan. Sehingga akan paham tentang kesehatan jasmani dan kesehatan rohani. Selain itu, dapat mengantisipasi apa saja yang tidak diperbolehkan. Dengan begitu, kesehatan akan terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *