Fadhilah Silaturahmi Beserta Hadist dan Dalilnya

1.954 views

Fadhilah Silaturahmi

Silaturahmi merupakan amalan yang mampu mempererat hubungan persaudaraan. Selain itu fadhilah silaturahmi banyak yang bisa Anda rasakan. Selain membuat keluarga merasa senang, silaturahmi ini juga bisa mewujudkan sebuah ukhuwah islamiyah.

Fadhilah yang bisa Didapatkan saat Silaturahmi

Silaturahmi merupakan salah satu wujud kasih sayang yang mampu merekatkan hubungan persaudaraan. Fadhilah menyambung tali silaturahmi sendiri juga sudah banyak dijelaskan didalam Al-Quran. Sebagai salah satu wujudnya adalah dengan mengunjungi salah satu sanak keluarga.

Bukan hanya keluarga, silaturahmi juga bisa dilakukan terhadap teman ataupun orang-orang disekitar. Sama seperti menjalin relasi, dengan terus menjalin ikatan seperti ini akan memudahkan seseorang ketika membutuhkan pertolongan.

Tidak bisa dipungkiri sebagai mahluk sosial, menjalin hubungan terhadap sesama sudah seharusnya dilakukan. Dengan terus menjalin tali silaturahmi seseorang akan terhindar dari kesendirian dan juga perasaan sepi.

Silaturahmi yang Haram

Disisi lain memutuskan tali silaturahmi adalah haram hukumnya bagi setiap manusia. Apalagi jika sampai menimbulkan perpecahan di antara keluarga. Hal ini tentunya sangat bertentangan sekali dengan ajaran agama.

Setiap manusia pasti hidup secara berdampingan, mereka membutuhkan keluarga, teman bahkan pasangan. Keutamaan menjalin tali silaturahmi bukan hanya dapat dirasakan didunia melainkan juga di akhirat kelak nantinya.

Silaturahmi juga merupakan salah satu momen dimana seseorang bisa menjalin kerukunan. Ketika seseorang bertikai, mempunyai kesalahan ataupun perasaan mengganjal, dengan jalinan silaturahmi ini bisa dijadikan sebagai momen untuk saling memaafkan.

Fadhilah Menyambung Tali Silaturahmi

Silaturahmi merupakan suatu hubungan kekerabatan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik berupa harta, pertolongan atau bahkan hanya sekedar kunjungan. Silaturahmi ini juga merupakan salah satu bentuk kasih sayang dan juga rasa peduli terhadap sesama saudara.

Ada banyak sekali fadhilah silaturahmi yang secara tidak langsung Anda sadari. Selain untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, silaturahmi ini juga merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Beberapa fadhilah silaturahmi yang bisa Anda dapatkan antara lain;

1. Merupakan Bentuk Keimanan kepada Allah SWT

Merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan, silaturahmi bukan hanya untuk mendekatkan seseorang dengan keluarga ataupun saudara, tetapi dengan menjalin tali silaturahmi seperti ini juga merupakan bentuk tanda-tanda keimanan manusia kepada Allah SWT.

Dengan semakin berkembangnya zaman, menjalin silaturahmi sudah tidak sulit untuk dilakukan. Dengan menggunakan telepon genggam komunikasi bisa dengan mudah Anda lakukan sehingga jarak jauh yang memisahkan bukan lagi menjadi suatu penghalang.

2. Dipanjangkan Umurnya serta Diluaskan Rezekinya

Seseorang yang senantiasa menjaga hubungan tali silaturahmi terhadap sesama, maka Allah menjanjikan untuk mereka umur yang panjang dan juga rezeki yang lapang. Dengan terus mengikat rasa persaudaraan hati Anda juga akan tetap merasa senang.

Disisi lain fadhilah menjalin silaturahmi juga hampir mirip seperti membangun relasi, semakin banyak teman dan saudara yang Anda miliki, maka akan semakin banyak pula orang-orang yang membantu meringankan beban disaat kesulitan.

3. Tetap Terhubung dengan Allah SWT.

Allah membenci orang-orang yang memutuskan hubungan persaudaraannya, maka tidak heran jika memutuskan tali silaturahmi adalah haram hukumnya. Allah tidak akan segan menutup pintu surga untuknya bahkan sekalipun melaknatnya.

Sebagai sesama manusia yang hidup didunia, tidak ada hal satupun yang pantas untuk disombongkan. Pada akhirnya semua akan berakhir ditempat yang sama dan tidak ada lagi pertolongan kecuali dari Allah SWT.

4. Mendapat Jaminan Surga dan Dijauhkan dari Siksa Neraka

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa fadhilah silaturahmi Allah memberikan jaminan surga bagi mereka yang menyembah Allah tanpa menyekutukan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan juga menjalin tali silaturahmi.

Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa menjalin tali silaturahmi memang merupakan salah satu hal penting yang bahkan Allah memuliakan orang-orang yang melakukannya dan untuk orang-orang yang memutuskannya sesungguhnya Allah sangat membenci mereka.

Hadits Fadhilah Silaturahmi

Silaturahmi tidak hanya dilakukan ketika hari raya besar saja. ketika mempunyai waktu luang Anda bisa sesekali berkunjung ke tempat sanak saudara. Karena menjalin dan menghubungkan tali silaturahmi merupakan salah satu cara menggandakan kebaikan dan juga keberkahan.

Hadist yang menjelaskan tentang fadhilah silaturahmi juga sangat banyak sekali. Untuk memberikan kejelasan dan juga sebagai bukti bahwa ikatan tali silaturahmi sangat penting untuk setiap manusia yang hidup didunia. Diantara hadist tersebut adalah;

1. Hadits Fadhilah Silaturahmi sebagai Bentuk Keimanan kepada Allah SWT

2. Hadits Fadhilah Silaturahmi tentang Allah akan Memanjangkan Umurnya dan Meluaskan Rezekinya

3. Hadits Fadhilah Silaturahmi Seseorang akan Selalu Terhubung dengan Allah SWT

4. Hadits Fadhilah Silaturahmi tentang Allah Akan Menjaminkan Surga dan Menjauhkan dari Siksa Neraka

Fadhilah Dan Keutamaan Silaturahmi

Setiap perbuatan baik pasti ada fadhilah dan juga keutamaannya. Silaturahmi merupakan salah satu perbuatan terpuji yang dianjurkan oleh ajaran agama. Fadhilah dan keutamaan silaturahmi sendiri juga sangat banyak sekali. Diantaranya ada;

1. Merupakan Bentuk Rasa Taat Kepada Allah SWT

Menjalin tali silaturahmi merupakan perintah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Orang yang taat kepada Allah merupakan orang-orang yang menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Hal ini juga merupakan salah satu keutamaan dan fadhilah dari silaturahmi itu sendiri.

Tidak ada ruginya bagi seseorang yang menjalin tali silaturahmi terhadap sesama saudara, selain untuk menambah teman, Allah juga menyayangi mereka bahkan memberikan jaminan surga dan dijauhkan dari siksaan api neraka.

2. Mendapatkan Pahalanya Sama Seperti Memerdekakan Budak

Orang yang memerdekakan budak akan dijauhkan oleh Allah dari siksa api neraka disetiap jengkal anggota tubuhnya. Hal ini juga merupakan fadhilah dan keutamaan dari silaturahmi yang mana seseorang yang menjaga tali silaturahminya akan mendapatkan pahala yang sama.

Silaturahmi juga bukan merupakan hal yang sulit, bisa dimulai dari keluarga, kerabat dekat, teman dan juga tetangga. Silaturahmi bisa dalam bentuk kunjungan, menanyakan kabar, menghadiri undangan dan mengucapkan selamat ketika mendapatkan suatu kebaikan.

3. Bersedekah Kepada Keluarga Sendiri Tidak Sama seperti Orang Lain

Mengunjungi sanak keluarga dan bersedekah merupakan salah satu perbuatan yang mulia dan memiliki manfaat yang besar. Bersedekah kepada anggota keluarga lebih diutamakan daripada bersedekah kepada orang lain dan disinyalir mampu menghindari dari perbuatan riya.

Selain merupakan perbuatan yang mulia, bersedekah kepada anggota keluarga juga mampu memperkuat hubungan silaturahmi secara tidak langsung. Ketika keluarga Anda merasa senang maka hati juga akan terasa lebih tenang.

Dalil Fadhilah Dan Keutamaan Silaturahmi

Tidak ada ruginya bagi seseorang yang mau menjaga ikatan silaturahminya. Selain menambah keluarga dan juga teman, fadhilah silaturahmi juga merupakan perbuatan yang banyak akan pahala. Hal ini juga dibuktikan didalam beberapa ayat Al-Quran dan juga hadits. Diantaranya seperti berikut ini:

1. Dalil Keutamaan Silaturahmi Yang Merupakan Bentuk Rasa Taat Kepada Allah SWT.

2. Hadits Keutamaan Silaturahmi Yang Pahalanya Sama Seperti Memerdekakan Budak

3. Hadits Keutamaan Silaturahmi tentang Bersedekah Kepada Keluarga Sendiri tidak Sama Seperti Sedekah Terhadap Orang Lain

Banyak fadhilah silaturahmi yang bisa diperoleh saat menjalankannya. Baik fadhilah secara langsung ataupun fadhilah tidak langsung. Saat melakukan silaturahmi tentunya harus dengan hati yang ikhlas karena Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *