Contoh Latar Belakang tentang Film Azab

165 views

Contoh Latar Belakang tentang Film Azab

Islam adalah agama tauhid yang di dalamnya mengandung banyak ajaran baik kehidupan di dunia maupun akhirat (mengajarkan bagaimana hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, hubungan manusia dengan sesama, dan hubungan manusia dengan makhluk lain). Salah satunya melaui tayangan film azab.

Islam adalah agama penyempurna dari agama-agama sebelumnya. Secara histori, perjalanan Rasulullah dalam menyampaikan ajaran Islam (dakwah) itu ada fase-fasenya dan sangat panjang perjalanannya. Pada era masyarakat era informasi komunikasi saat ini pun, Islam yang merupakan agama dakwah senantiasa menugaskan umatnya untuk melakukan internalisasi, difusi transformasi, dan aktualisasi ajaran Islam kepada seluruh umat manusia, agar manusia bisa mencapai keselamatan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirant nanti.

Kemudian dapat di katakan bahwa, aktifitas dakwah sangat di butuhkan dalam upaya memasyarakatkan ajaran Islam. Dan dengan dakwah Islam dapat di ketahui, di hayati serta di amalkan oleh manusia dari generasi ke generasi.

Perkembangan dakwah baik sebagai aktivitas maupun ilmu tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi komunikasi, dan karena pengaruh teknologi pula komunikasi juga bisa berbentuk sebagai media dakwah atau menjadi sebuah kegiatan dakwah yang memiliki perspektif baru dalam kaitannya dengan teknologi komunikasi dan informasi.

Indonesia telah memasuki era informasi komunikasi, sehingga peranan teknologi media komunikasi perlu untuk diadopsi untuk dapat mencapai maksimalitas dari tujuan dakwah, maka kemudian sangat perlu untuk melakukan komunikasi yang efektif, dan agar bisa melakukan komunikasi yang efektif maka setiap orang di tuntut untuk mampu menguasai keilmuan komunikasi baik secara praktis maupun secara teoritis.

Sehingga untuk menyampaikan pesan dakwah pada saat ini tidak hanya dapat dilakukan melalui, Radio, Internet, dan media cetak saja, namun film juga tepat untuk dijadikan proses dalam menyampaikan pesan dakwah, sehingga dakwah juga dapat di lakukan dengan menggunakan film yang di tayangkan melalui bioskop maupun di TV, karena film dapat memberikan pengaruh yang besar pada jiwa manusia.

Dalam tulisan ini, penulis mencoba menganalisan bagaimana sang sutradara menampilkan pesan dakwah di film azab yang berjudu “Kain Kafan Menghitam dan Jenajah Tersedot Lumpur karena Menjual Kerupuk Kulit dari Limbah Sepatu” di program Indosiar yaitu “film azab” dengan memakai analisis wacana yang di cetuskan oleh Teun A Van Dijk, dan di mana Van Dijk disini melihat dan memahami sebuah wacana terhadap pesan komunikasi dengan melalui enam unsur yaitu : dari segi tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retorisnya.

RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah dalam paper ini yaitu:

  1. Apa itu film?
  2. Apa itu dakwah?
  3. Bagaimana film dimanfaatkan sebagai media dakwah?
  4. Apa study case yang berkaitan dengan film sebagai sarana dakwah?

TUJUAN

Tujuan dari paper ini yaitu:

  1. Untuk mengetahui tentang film.
  2. Untuk mengetahui tentang dakwah.
  3. Untuk mengetahui tentang film dimanfaatkan sebagai media dakwah.
  4. Untuk mengetahui tentang study case yang berkaitan dengan film sebagai sarana dakwah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *