Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Kontrol Makanan

1 min read

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Kontrol Makanan

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Kontrol Makanan

Tahukah Anda cara Mengatasi Asam Lambung dengan Kontrol Makanan? Sobat pernah merasakan perut sakit karena naiknya asam lambung? Telat makan dan perlu untuk segera mengonsumsi makanan. Tapi takut memakan makanan yang justru membuat perut semakin melilit. Kami punya solusinya.

Nah, di sini kami akan mengulas tentang cara mengatasi asam lambung dan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi ketika maag datang.

Pertama, dengan memasukkan air hangat ke dalam botol kemudian digunakan untuk mengompres perut Anda. Air hangat akan memberikan ion positif kepada perut Anda sehingga dapat meredakan rasa sakit.

Kedua, Anda dapat mengikat perut Anda dengan tali yang lumayan kencang. Namun, tidak terlalu kencang, sehingga Anda masih bisa bernapas lega. Mengikat bagian perut ini dapat mengurangi rasa sakit yang dirasa. Seperti Rasulullah pernah mencontohkan kepada Asma binti Abu Bakar untuk mengikat perutnya dengan kain yang diberi batu ketika Ia kelaparan. Nah, langkah ini juga dapat meredakan sakit asam lambung.

Ketiga, segera konsumsi makanan yang bisa dimakan untuk melancarkan pencernaan kembali. Nah, makanan apa saja yang dapat dikonsumsi saat asam lambung?

Sayuran

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula. Sayuran juga dapat membantu mengurangi asam lambung. Sayuran yang dapat dipilih untuk cara mengatasi asam lambung adalah kacang hijau, brokoli, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kentang, dan mentimun. Ketika Anda mengalami asam lambung dan hendak makan sebaiknya mengonsumsi sayuran.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami. Jahe dapat juga menjadi pengobatan alami untuk perut mulas. Jahe juga untuk mengatasi permasalahan pencernaan lainnya, seperti asam lambung. Anda dapat menambahkan irisan jahe ke dalam resep minuman teh Anda untuk mengurangi gejala asam lambung.

Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan berupa gandum utuh yang kaya akan sumber serat. Oatmeal juga dapat menyerap asam di lambung, sehingga dapat mengurangi rasa sakit Anda. Sediakan oatmeal setiap hari, supaya ketika asam lambung Anda naik, Anda dapat dengan cepat mengonsumsinya. Oatmeal juga dapat menjadi sarapan yang tepat bagi Anda yang sedang diet.

Daging Tanpa Lemak dan Makanan Laut

Makanan enak lainnya yang dapat mengurangi asam lambung adalah daging tanpa lemak dan makanan laut. Daging tanpa lemak contohnya seperti ayam, kalkun, dan lain sebagainya. Sedangkan makanan laut seperti berbagai jenis ikan. Nah, agar lebih sehat dalam mengolah daging dan ikan tersebut, cobalah untuk memasak dengan cara direbus atau dipanggang.

Putih Telur

Putih telur adalah pilihan makanan yang mudah didapat dan mudah diolah. Putih telur kaya akan protein, sehingga dapat menyeimbangkan kembali asam lambung yang naik. Berbeda dengan kuning telur, yang mempunyai lemak tinggi dan dapat memicu gejala refleks pada pencernaan. Sebaiknya pisahkan keduanya. Ambil putih telurnya saja untuk meredakan asam lambung Anda.

Lemak Sehat

Lemak sehat terdapat pada alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans yang terdapat pada minyak yang biasa Anda gunakan. Gantilah dengan lemak sehat tak jenuh yang terdapat pada makanan di atas. Tidak hanya sehat, lemak tak jenuh ini juga dapat meredakan sakit asam lambung Anda.

Nah, itulah cara mengatasi asam lambung dan makanan yang dapat dikonsumsi saat datang asam lambung. Jaga kesehatan Anda, selamat mencoba. Klik untuk baca Cara Atasi Ketiak Gatal.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *