Ayat Tentang Kebersihan dalam Islam

Ayat Tentang Kebersihan

Kebersihan tentunya harus dijaga, baik kebersihan jasmani ataupun kebersihan rohani. Dalam Islam dianjurkan untuk hidup yang bersih. Banyak ayat tentang kebersihan yang menerangkan hal tersebut. Pahami keterangannya, lalu amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan dalam Islam

Kebersihan dalam Islam sangat diutamakan. Kebersihan dari segala jenis kotoran yang dianggap kotor dan najis. Penting kiranya menjaga kebersihan, apalagi saat Anda akan melakukan sholat. Jika tidak bersih, sholatpun tidak sempurna.

Ayat Al-Quran tentang kebersihan di atas menerangkan bahwa setiap orang muslim wajib menjaga kebersihannya. Apalagi saat melakukan ibadah. Kebersihan bukan hanya pada pakaian dan badan. Namun juga meliputi kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Orang yang menjaga kebersihannya akan dijaga oleh Allah pada hari kiamat nanti. Dalam Islam, semua kebersihan telah diatur, mulai dari kebersihan badan, pakaian ataupun kebersihan lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan kesusahan untuk membersihkannya.

Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan juga harus dijaga. Karena lingkungan yang bersih akan membuat nyaman orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, lingkungan yang bersih akan terhindar dalam berbagai macam penyakit. Hidup akan lebih sehat.

Kebersihan lingkungan meliputi beberapa tempat. Seperti, halaman, rumah dan tempat lain disekitar. Jika punya hewan peliharaan tentunya harus membersihkan kandang setiap harinya. Jadi bau tersebut tidak menyengat dan tidak mengganggu orang disekitar.

Tidak Mengotori Tempat Ibadah

Saat melakukan ibadah tentunya harus memperhatikan tata cara yang telah diajarkan dalam Islam. Baik dari kebersihan badan pakaian ataupun kebersihan tempat yang digunakan. Tempat yang bersih akan membuat ibadah menjadi sah dan khusuk.

Ayat tentang kebersihan diri di atas merupakan petunjuk saat ingin melakukan ibadah. Sebelum sholat tentunya seorang muslim harus berwudhu. Berwudhu merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan sholat.

Memelihara Kebersihan Merupakan Kebaikan

Seseorang yang menjaga kebersihan, maka orang tersebut sudah melakukan kebaikan. Dengan dijaganya kebersihan, orang disekitar akan merasa nyaman saat berada di dekatnya. Sebaliknya, orang akan menjauh jika di dekatnya ada orang yang berpenampilan kotor.

Tingkat kebersihan seseorang tentunya berbeda beda. Namun, setiap kebersihan pasti memiliki patokan umumnya. Mulai dari kerapian, penampilan dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan parfum untuk menambah bau wangi pada diri.

Jangan Mengotori Tempat Umum

Tempat umum merupakan tempat yang vital. Ayat tentang kebersihan menerangkan bahwa Anda tidak boleh mengotori tempat umum. Hal ini dikarenakan banyak orang yang lalu-lalang atau singgah di sana. Jika tempat tersebut kotor, maka orang tidak akan merasa nyaman.

Kebersihan lingkungan tentunya menjadi kewajiban semua orang. Apalagi orang yang datang ke tempat itu. Anda tidak boleh membuang kotoran sesuka hati. Untuk menjaga kebersihan buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan.

Manfaat Menjaga Kebersihan

Ada banyak manfaat saat Anda menjaga kebersihan. Baik manfaat langsung ataupun manfaat tidak langsung. Baik manfaat untuk diri sendiri ataupun manfaat untuk orang lain. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dengan menjaga kebersihan:

1. Terhindar dari Penyakit

Orang yang hidup bersih cenderung terhindar dari penyakit. Karena penyakit menyebar dari berbagai bakteri yang ada dalam kotoran. Terutama kotoran yang ada di badan ataupun kotoran yang ada di pakaian. Oleh karena itu, Anda harus mandi setiap hari.

Gejala penyakit tidak harus berat. Lingkungan yang kurang bersih bisa menyebabkan beberapa penyakit ringan, diantaranya, flu, batuk ataupun bersin-bersin. Penting kiranya menjaga kebersihan agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu harus mengkonsumsi makanan yang bervitamin,

2. Semakin Khusuk Ibadah

menjaga kebersihan tentunya diwajibakan saat Anda melaksanakan ibadah. Terutama ibadah sholat. Baik sholat dirumah ataupun sholat secara berjamaah di masjid. Pakaian yang kotor bisa jadi membuat sholat tidak sah apalagi badan yang kotor. Berikut ulasan ayat tentang kebersihan ibadah:

Kutipan ayat untuk kebersihan di atas tentunya menerangkan bahwa saat melakukan ibadah tidak boleh dengan keadaan kotor. Baik kotor pikiran ataupun kotor padan. Apalagi kalau terkena minuman keras, tentunya sholat tidak akan sah.

3. Lingkungan Menjadi Bersih

Lingkungan yang bersih merupakan kebersihan yang harus dijaga. Kebersihan lingkungan akan mengakibatkan udara disekitar menjadi sejuk. Karena tidak ada kotoran dan sampah yang menumpuk di tempat tersebut.

4. Menambah Percaya Diri

Orang yang menjaga kebersihan tentunya akan lebih percaya diri. Karena saat bergaul dengan orang lain tidak akan merasa terkucilkan. Lain halnya dengan orang yang berpakaian kotor, mereka akan cenderung minder saat ingin bercanda gurau.

Untuk menjaga kebersihan tersebut tentunya Anda harus melakukan beberapa cara dan patokan dalam menjaga kebersihan. Banyak ayat tentang kebersihan sebagian dari iman yang membahas tentang tata cara yang tepat untuk membersihkan diri sendiri.

5. Hati Menjadi Tenang

Jika Anda membaca tentang ayat tentang kebersihan hati tentunya sudah paham dengan isinya. Kebersihan membuat hati menjadi senang. Karena orang yang melakukan kebersihan tidak akan merasa jenuh dan beban dalam kehidupan.

Hari yang bersih tentunya akan menghindarkan dari sifat sombong, iri, dengki dan takabur. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan hal yang membuat hati terjaga kebersihannya. Misalnya saja, sholat malam, puasa ataupun melakukan zakat dan shodaqoh.

6. Harta Menjadi Barokah

Kebersihan harta tentunya harus Anda perhatikan. Kebersihan ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan zakat. Bila nisab telah mencapai batas minimal Anda diharuskan melakukan zakat untuk membersihkan harta tersebut.

Seseorang yang melakukan zakat cenderung akan dimudahkan dalam melakukan sebuah usaha. Bisa jadi usaha orang tersebut bertambah besar dan memiliki laba yang banyak. Jangan takut miskin saat melakukan zakat.

7. Pikiran Tidak Bimbang

Kebersihan juga mempengaruhi pikiran. Jika tempat terlalu kotor bisa jadi pikiran akan semakin bertambah banyak. Karena tempat yang kotor membuat orang kesusahan dalam berfikir. Anda harus rutin membersihkan tempat tinggal setiap harinya.

Hal ini sangat berpengaruh untuk Anda yang bekerja di rumah setiap harinya. Tempat yang bersih akan memudahkan dalam memikirkan sebuah jalan keluar untuk memberikan sebuah solusi. Dengan begitu, akan keluar ide-ide cemerlang.

8. Lebih Optimis

Orang yang bersih cenderung lebih optimis dalam melakukan pekerjaan. Apalagi kalau kebersihan tersebut menyangkut kebersihan diri, baik pakaian ataupun badan. Saat bertemu orang lain, seseorang yang berpakaian rapi tentunya akan lebih optimis.

Sikap optimis tentunya akan menambah semangat dan motivasi dalam menjalani kehidupan. Tentunya sikap ini tidak serta merta muncul dalam diri. Namun, Anda harus menjalankan dengan ikhlas dan istiqomah setiap harinya.

9. Cepat Menemukan Pasangan Hidup

Bagi yang jomblo, kebersihan memiliki manfaat yang lebih. Akan lebih mudah dalam mencari jodoh. Orang di dekat Anda akan merasa nyaman dengan kebersihan diri yang dilakukan. Dengan begitu, akan mudah menarik lawan jenis yang disukai.

Kebersihan padan dan pakaian merupakan hal utama saat Anda melakukan pendekatan dengan lawan jenis tersebut.

Ulasan ayat tentang kebersihan tentunya akan membantu Anda dalam menjaga kebersihan setiap harinya. Dengan kebersihan yang terjaga, hidup akan lebih maksimal dan tertata dengan baik. Oleh karena itu, menjaga kebersihan hukumnya wajib.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *