20 Aplikasi Pendidikan Terbaru Tahun 2020

477 views

Aplikasi Pendidikan

Untuk menambah kecerdasan putra-putri Anda, bisa disajikan dengan media yang menarik dari sebuah smartphone. Setidaknya, ada 20 aplikasi pendidikan dengan suguhan visual menarik serta tidak membosankan. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar bagi semua generasi di era millenial ini.

Rekomendasi 20 Aplikasi Terbaru Tentang Pendidikan

Dunia pendidikan terus saja mengalami kemajuan, didukung dengan teknologi yang mumpuni banyak platform dan startup yang terus mengembangkan berbagai jenis aplikasi. Mulai aplikasi mudah kunci hingga aplikasi keyboard yang bisa dimanfaatkan kapan dan di mana saja. Untuk lebih lengkapnya, berikut rekomendasi terbarunya dari Epressreleases:

  1. Aplikasi Pendidikan Ruang Guru

aplikasi pendidikan ruangguru

Ruangguru merupakan sebuah aplikasi yang memberikan fitur lengkap untuk mendukung kegiatan bimbingan belajar. Dengan aplikasi ini, siswa bisa belajar mandiri secara online melalui sebuah video yang dilengkapi dengan latihan soal, try out dan les privat dan bisa diakses dimana saja.

Aplikasi ini juga menawarkan bimbingan belajar untuk berbagai jenjang, baik tingkat SD, SMP ataupun SMA. Semua materi pelajarannya sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional dan didukung oleh tutor professional sehingga memudahkan siswa untuk memahami poin utamanya.

Selain itu, video dalam ruang guru juga bisa diunduh, dengan begitu siswa bisa mudah belajar saat berulangkali menontonnya. Untuk fitur soal latihan, pengguna bisa mencoba puluhan soal yang disediakan dan hasilnya akan langsung keluar lengkap beserta penjelasan rincinya.

  1. Duolingo

Aplikasi Pendidikan Duolingo

Duolingo merupakan sebuah aplikasi yang mempermudah pengguna untuk belajar bahasa asing. Bukan hanya bahasa inggris saja, melalui platform satu ini Anda juga bisa belajar Bahasa Jerman, Spanyol, China, Jepang dan lain-lain.

Dilengkapi dengan fitur “friend”, pengguna bisa dengan mudah berkomunikasi dengan teman yang memfollownya. Fitur tersebut juga bisa digunakan untuk membandingkan score Anda dengan score teman lainnya.

Untuk bisa membeli berbagai item yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, sudah disediakan fitur “Toko Duolingo”. Namun, Anda harus mengerjakan soal sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan lingot atau mata uang di dalamnya.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan item “heart refill”, yang bisa digunakan untuk menambah satu nyawa secara otomatis saat Anda salah menjawab sebuah tes. Serta ada pula fitur lainnya, sebagai tambahan outfit untuk avatar yang sedang gunakan.

  1. Apps Quizlet

Aplikasi Pendidikan Quizlet

Quizlet merupakan sebuah aplikasi pendidikan yang bisa digunakan secara gratis ataupun dengan melakukan pembayaran. Untuk versi gratis, pengguna hanya bisa menambahkan isian berupa teks. Sedangkan versi berbayar, ada fitur plus untuk menambahkan gambar ataupun rekaman suara.

Aplikasi satu ini sangat cocok digunakan oleh seorang guru untuk meningkatkan kosa kata peserta didiknya.

Namun demikian, Quizlet juga dapat mendukung self-direct learning, khususnya untuk para siswa. Mereka bisa memanfaatkan satu set kartu yang telah dibuat sebagai latihan penulisan ejaan yang benar, game mencocokkan, tes pilihan ganda dan lain sebagainya.

Dalam satu set Quizlet, terdiri dari beberapa tahapan pembelajaran. Tahap tersebut diawali dengan “Learn”, dimana siswa akan dikenalkan dengan kosakata lengkap dengan gambar, pengertian dan suara. Kemudian, diakhiri dengan test sesuai materi yang telah dipelajari sebelumnya.

  1. Quipper

Aplikasi Pendidikan Quipper

Untuk solusi belajar online yang lebih mudah, Quipper bisa menjadi salah satu aplikasi yang patut untuk dipertimbangkan. Di sini pengguna bisa belajar melalui video animasi yang sudah dibekali dengan latihan soal terlengkap dan didukung Super Teacher berkualitas di Quipper Videos.

Selain itu, juga menyediakan ribuan konten video pelajaran dan berbagai jenis latihan yang sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional. Dimana semua materinya lengkap dan bisa digunakan untuk persiapan ujian regular sekolah, UN SMP, UN SMA dan juga SBMPTN.

Pengguna juga bisa berkonsultasi langsung dengan tutor untuk menanyakan berbagai soal pelajaran dan meminta bimbingan untuk rencana akademis kedepannya. Bahkan, Quipper juga menyediakan layanan “Quipper School” yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas dari guru secara online.

  1. Aplikasi Pembelajaran Zenius

Aplikasi Pendidikan Zenius

Salah satu dari 20 aplikasi terbaru tentang pendidikan berikutnya yaitu Zenius. Platform ini resmi meluncurkan aplikasi yang bisa diakes dengan mudah melalui smarthphone kesayangan Anda. Hebatnya, memiliki ribuan materi dan video pembelajaran mulai dari tingkat SD hingga ke jenjang SMA.

Zenius App tidak hanya menyediakan materi belajar saja, tetapi juga memberikan berbagai soal ujian baik ujian sekolah, ujian nasional, hingga ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Dengan demikian, siswa bisa lebih praktis belajar tanpa perlu menggunakan banyak buku pelajaran.

Zenius App sendiri telah bekerja sama dengan para tutor dan pengajar untuk membuat konten yang berkualitas dan relevan dengan materi pendidikan yang sekarang. Dengan testimony memuaskan dari jutaan orang yang telah menggunakannya, platform ini menjadi pilihan yang bisa digunakan untuk persiapan menghadapi berbagai ujian di sekolahan.

  1. Apps Photomath

Jika dahulu pelajaran matematika dianggap hal yang paling rumit dan membosankan, dengan adanya Photomath ini menjadikanmu lebih mudah dalam mengerjakannya. Namun, gunakan aplikasi ini saat tertentu saja. Jika terus menerus memakainya, bisa tercipta rasa malas yang berlebih.

Cara kerjanya yaitu, pengguna cukup memotret soal matematika yang sedang dikerjakan, kemudian Photomath akan secara otomatis menampilkan jawabannya. Ini merupakan sebuah cara instan yang bisa digunakan untuk Anda yang sudah pasrah saat mencari hasil akhirnya.

Untuk jawaban yang lebih detail, pengguna cukup klik pada soal matematika yang telah diproses oleh Photomath. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman khusus, dimana sudah dijabarkan dengan lengkap langkah demi langkah cara untuk menyelesaikannya.

  1. Peak

Peak merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melatih otak dengan cara yang menyenangkan. Di sini pengguna akan disediakan berbagai teka teki menantang yang harus diselsaikan dengan pemikiran kritis. Sehingga akan melatih pengguna untuk terus belajar lebih aktif lagi.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mencoba lebih dari 45 permainan yang bisa digunakan untuk mengasah memori, memusatkan fokus perhatian, kritis dalam memecahkan masalah, menguji mental, mengendalikan control emosi dan lain-lain.

Sisi menarik lainnya, juga bisa dimainkan secara offline, sehingga mudah digunakan meskipun di tempat minim sinyal. Dengan adanya fitur pelatihan otak kognitif, game ini mempunyai tingkat kesulitan yang bisa diatur oleh para penggunanya.

  1. Edmodo

Dikalangan para guru, Edmodo merupakan salah satu platform yang paling terkenal, dengan aplikasi ini mereka bisa dengan mudah berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Selain itu, guru juga bisa membagikan berbagai content video, teks serta pekerjaan ruman secara online kepada siswanya.

Dengan menggunakan aplikasi Edmodo ini, pasti membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar baik di dalam ataupun di luar kelas. Selain itu, terdapat fitur yang mendukung kolaborasi antar siswa dan memungkinkan guru memberikan feedback secara individual kepada mereka.

Aplikasi Edmod ini memang dirancang dengan fokus kepada gurunya, karena siswa dan orang tua hanya bisa masuk ke dalam kelas pembelajaran jika mendapat undangan dari Admin. Namun demikian, tidak dipungut biaya apapun saat menggunakannya, sehingga kegiatan belajar bisa lebih dimaksimalkan.

  1. Ayo Belajar Membaca

Aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membantu anak mulai belajar membaca. Dengan cara yang menyenangkan, mereka akan lebih mudah mengenali berbagai huruf dan menghafal cara membacanya. Bahkan, anak akan mendapat nilai edukasi pada game memori dan juga puzzle gambar.

Dalam aplikasi ini, pengguna juga bisa menambahkan suara yang membuat proses belajar akan terasa lebih hidup dan menyenangkan. Selain itu, dilengkapi dengan modul latihan anak yang bisa diajarkan untuk menyelesaikan berbagai macam soal latihan.

Selain itu, dalam permainan puzzle gambar ataupun game memory, orang tua bisa mengubah gambarnya dengan menggunakan koleksi pribadi. Sehingga, anak akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan berbagai challenge dalam setiap permainan yang telah disediakan.

  1. Aplikasi Pendidikan Quizizz

Untuk membuat kuis yang interaktif, aplikasi Quizizz bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakannya, guru bisa membuat soal dengan beberapa pilihan jawaban termasuk juga bisa ditambahkan beberapa gambar di latar belakang pertanyaannya.

Untuk mengerjakannya, peserta harus memasukkan kode yang dibagikan oleh pembuat soal. Kelebihan dari Quizizz ini yaitu, siswa tidak dapat mencotek jawaban teman lainnya karena soal yang diberikan sudah melalui sistem pengacakan.

Selain itu, guru juga bisa memberi feedback langsung kepada peserta didiknya. Dilengkapi dengan grafik perkembangan, guru dan siswa dapat dengan mudah mengetahui hasil prestasi belajar dari waktu ke waktu. Sehingga akan memotivasi mereka untuk menjadi lebih maju.

  1. Aplikasi Pembelajaran Classdojo

ClassDojo merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat kelas virtual. Dengan aplikasi ini, orang tua, guru dan siswa bisa berkomunikasi satu sama lain seperti di dalam kelas. Maka dari itu, mereka bisa bersama-sama mengawasi jalannya proses pembelajaran.

Aplikasi ini bisa diakses gratis dan dapat digunakan oleh pihak sekolah, guru, siswa dan orang tua. Terdapat juga fitur menarik yang akan menampilkan statistik laporan mengenai perkembangan belajar siswa yang cukup mudah untuk dipahami.

  1. Udemy

Udemy merupakan sebuah marketplace global yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Untuk bisa mengakses semua fiturnya, pengguna diharuskan membayar guna mendapatkan akun premiumkannya. Di dalamnya, telah disediakan materi lengkap beserta kurikulumnya.

Melalui kursus online ini, pengguna juga akan mendapatkan sertifikat di akhir pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini juga menjamin uang kembali jika dirasa kursus yang diterima tidak berkualitas dan hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan keinginan.

  1. Kelas Kita

Selanjutnya ada juga aplikasi KelasKita, di sini pengguna bisa dengan mudah menggunakan fitur pembelajaran dari berbagai bidang mulai dari pemrograman, desain grafis, otomotif, bahasa, agama, robotik, jaringan komputer dan lain sebagainya.

Di salamnya, ada fitur media sosial yang memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Terdapat juga berbagai kategori yang didasarkan pada tingkat study, mula dari jenjang SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dan semua bisa diakses gratis tanpa pungutan biaya.

  1. Cake

Cake merupakan sebuah aplikasi belajar bahasa inggris yang bisa diakses secara gratis. Di dalamnya terdapat berbagai video dengan percakapan dalam Bahasa Inggris yang singkat. Ditambah dengan subtitle berbahasa Indonesia, pengguna juga bisa dengan mudah tahu mengenai maksudnya.

Aplikasi ini juga menyediakan pelatihan dalam hal speaking dan dibantu dengan pembicara asli atau native speaker. Bahkan, pengguna bisa merekam suara mereka kemudian mengecek langsung tentang pelafalannya, setelah itu akan mendapatkan feedback langsung untuk pengoreksiannya.

  1. Belajar Huruf dan Angka

Untuk menarik minat belajar anak, aplikasi Belajar Huruf dan Angka ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan terbaik. Dengannya, anak akan diajak bermain bersama dan dibantu untuk mengenal berbagai huruf dan juga angka. Ada lebih dari 50 gambar menarik yang tidak akan membuat anak bosan.

Terdapat juga berbagai modul latihan untuk lebih mengenal huruf dan angka, sehingga aplikasi ini bisa digunakan untuk membantu anak hingga mereka menguasai seluruh materi. Agar tidak monoton, orang tua juga bisa menambahkan pilihan musik background dengan berbagai lagu anak Indonesia.

  1. Cerebrum

Cerebrum merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai video untuk pembelajaran dari berbagai jenjang, mulai dari SD, SMP hingga SMA. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyiapkan rangkuman materi yang dibuat sebaik mungkin hingga siswa mudah memahaminya.

Terdapat juga berbagai fitur menarik yang sangat membantu pengguna, yaitu seperti CereOut untuk simulasi ujian berbasis komputer, CereCall untuk menayangkan soal yang kurang paham, Cerejur untuk mengetahui informasi tentang jurusan dan juga Cerefo untuk memperoleh informasi seputar sains dan ilmu pengetahuan.

  1. Edutore

Edutore merupakan sebuah aplikasi offline yang dikembangkan oleh Gramedia. Hadirnya platform ini akan membuat belajar menjadi lebih praktis, mudah dan menyenangkan. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat berbagai konten dari buku-buku pilihan.

Karena sistemnya offline, Anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimanapun mereka berada. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pembahasan soal yang membuat pengguna bisa lebih mudah mengetahui jawaban dari soal tersulit sekalipun.

  1. Math Trick

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan rumus rumit matematika, maka aplikasi ini bisa digunakan untuk menemukan solusinya. Math Trick merupakan sebuah aplikasi yang di dalamnya terdapat berbagai trik dan juga rumus lengkap.

Tidak hanya menyediakan rumus yang rumit dan sederhana saja, tetapi aplikasi ini juga memberikan trik khusus untuk menyelesaikan beragam soal penjumlahan dengan cara yang mudah dalam waktu cepat. Tersedia pula 15 level yang terdiri dari skor atau nilai mulai dari 0 sampai 650 ke atas.

  1. Aplikasi Pembelajaran Belajar Peta Indonesia

Bagi siswa yang menyukai pelajaran geografi, aplikasi Belajar Peta Indonesia ini sangat cocok digunakan. Terlebih untuk mengenal wilayah geografis indonesia dengan cara yang menyenangkan. Di dalamnya, juga terdapat berbagai fitur menarik dan bisa diakses gratis tanpa pungutan biaya apapun.

Untuk melatih sejauh mana kemampuan siswa, telah disediakan berbagai soal latihan yang bisa diselsaikan dengan cara tebak-tebakan. Seperti menebak ibukota provinsi, tebak kabupaten dan juga tebak perbatasan. Bahkan, semuanya dilengkapi dengan gambar-gambar penunjang.

  1. Aplikasi Pendidikan Kids Learning Game

Game yang satu ini sangat cocok digunakan untuk melatih kemampuan balita. Terdapat tiga fitur yang bisa digunakan untuk bermain dan juga belajar bersama. Seperti game memory, game otak dan juga game untuk melatih kemampuan dalam hal menggambar.

Dalam game memori, anak akan melakukan latihan dengan cara mencocokkan. Sedangkan untuk game otak, mereka akan belajar mencoba menemukan berbagai item dengan benar. Terakhir, pada permainan menggambar, mereka akan dibiarkan melukiskan berbagai kreatifitasnya.

Dua puluh aplikasi terbaru tentang pendidikan tadi menjadi bukti semakin mudahnya akses belajar bagi setiap kalangan. Tidak melulu yang harus membayar mahal, tetapi sejumlah aplikasi juga bisa dinikmati gratis dengan berbagai fitur dan layanan yang menguntungkan. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk malas-malasan dalam hal belajar. Tunggu apa lagi, cobalah sekarang..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *