Doa Khotmil Quran; Allahummarhamna bil Quran, Doa Cita-cita Termulia

88 views
Allahummarna bil Quran doa khatam Quran
Pixabay.com

Sejak kecil, saya bercita-cita untuk menjadi penghafal Al Quran meskipun sampai saat ini cita-cita tersebut belum tercapai. Diri terkadang masih malas-malasan, lidah mudah kelu atau alasan-alasan lainnya yang saya sengaja.

Allahummarhamna bil Quran….

Dari hari ke hari, bulan ke bulan sampai tahun ke tahun saya masih sempat untuk berdoa agar Allah mengabulkan permintaan saya yang satu ini. Tak peduli sampai kapan saya berdoa, namun pengharapan tak pernah putus.

Allahummarhamna bil Quran….

Bukan karena ingin sesuatu yang nyantai, menurut saya, pilihan seseorang untuk meghafal Al Quran adalah pilihan ‘terberat” dan terdisiplin. Bayangkan saja, sebagai penghafal Al Quran, seseorang dituntut untuk menggembleng dirinya sendiri.

Allahummarhamna bil Quran….

Di sepertiga malam harus sudah bangun, sholat malam lalu menghafal dilanjutkan dengan rutinitas sholat berjamaah lalu murojaah dan murojaah lagi. Saya yakin, tanpa komitmen yang tinggi dan kedisplinan hanya akan berhenti di tengah jalan.

Allahummarhamna bil Quran….

Rutinitas di atas baru sekedar bagaimana menjaga hafalan Al Quran, selebihnya seorang penghafal Al Quran dituntut untuk mengamalkan isi kandungan Al Quran. Setiap yang berkomitmen dengan Al Quran dituntut untuk memberikan akhlakhul karimah bagi semesta alam.

Allahummarhamna bil Quran….

Bukan itu saja, sebagai penghafal Al Quran, tak terlepas untuk mengajarkannya kepada semua orang. Baik melalui pengajian maupun pembelajaran membaca Al Quran.

Antara Menghafal Al Quran dengan Pilihan Lainnya

Khotmil Quran Allahummarna bil Quran
Khotmil Quran Allahummarna bil Quran

Allahummarhamna bil Quran….

Sebelum menemukan jodoh hidup yang sebenar-benarnya, ada kalanya kita menemukan yang kurang tepat terlebih dahulu hingga akhirnya kita yakin dengan pilihan yang kita yakini.

Allahummarhamna bil Quran….

Sepanjang perjalanan hidup saya, tidak ada yang lebih membuat sibuk daripada menghafal Al Quran. Dalam artian, sesibuk apapun manusia dengan pekerjaan-pekerjaannya masih tetap sibuk dengan penghafal Al Quran.

Allahummarhamna bil Quran….

Penghafal Al Quran laksana Al Quran yang berjalan; ia benar-benar hidup menurut panduan Al Quran. Dan di sepengalaman hidup saya, tak ada pilihan yang membuat ikhlas semua manusia selain menghafal Al Quran.

Allahummarhamna bil Quran….

Dengan menghafal Al Quran, semua manusia bahkan semesta akan ikhlas sebab itulah pilihan besar turut merealisasikan janji Allah menjaga kemurnian Al Quran.

Doa Khotmil Quran; Allahummarhamna bil Quran

Arti Allahummarhamna bil Quran

Allahummarna bil Quran
Allahummarna bil Quran

Arti dari Allahummarhamna bil Quran itu sendiri adalah “Ya Allah rahmatilah kami dengan Al Quran”. Doa ini merupakan wujud pengharapan manusia kepada Tuhan-Nya agar dengan Al Quran, pertolongan Allah akan datang. Lebih lengkapnya sebagai berikut;

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamna bilquran. Waj‘alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj‘alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panutan, cahaya, dan petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Quran ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu dan anugrahkan kepadaku kesempatan untuk membacanya tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam.”

Anda pun bisa membaca doa khotmil Quran sebagai berikut:

Doa Khotmil Quran
Doa Khotmil Quran

أَللّهُمَّ نَوِّرْ قُـلُوْبَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ زَیِّـنْ أَخْلَاقَـنَا بـِالْقُـرْآن وَ أَصْلِـحْ اُمُورَنـــَا بِالْقُـرْآن، وَأشْـفِ مَرْضَانـَا بـِالْقـُـرْآن وَ اَدِّ دُیُـوْنَـنَـا بِالْقُـرْآن، وَ فـَرِّجْ هُمُوْمَنـَا بـِالْقُـرْآن وَ اغْـفِرْ لِمُوْتـَانَـا بِالْقُـرْآن، وَ سَلِّمْ مُسَافِـرِیْنـَا بِالْقـُـرْآن وَ احْفَظْ إِمَامَ زَمَانِـنَا بِالْقُـرْآن، وَعَجِّل فَرَجَ إِمَامِنَا بِالْقُـرْآن وَ أحْفَظْ عُلَـمَائَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أکْشِـفْ کُـرُوْبَنــَا بِالقُـرْآن وَ أحْـفَـظْ قَـائِدَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أنْصُـرْ جُـیـُوْشَنَا بِالْقُـرْآن وَ أرْحَـمْ إِمـَامَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أرْحَـمْ شُهَـدَاءَنـَا بِالْقُـرْآن وَ نَجِـّنـَا مِـنَ النـَّارِ بِالْقُـرْآن، وَ أدْخِـلْنـَا فِي الْجَـنـَّةِ بِالْقُـرْآن أَللّهُمَّ أجْعَلِ الْقُـرْآنَ لَنـَا فِي الدُّنْیـَا قَـَرِیْنـًا وَ فِي ألْقَـبْرِمُـوْنِـسًـا وَ أَنِـیْسًـا وَ عَلَی الصِّرَاتِ نُـوْرًا وَ دَلِیْلًا وَ فِي ألْجَنـَّةِ رَفِـیْقـًا وَ شَفِـیْقـًا بِرَحْمَتِـكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْـن

Artinya : Ya Allah, sinarilah hati kami dengan Al Quran dan hiasilah akhlak kami dengan Al Quran. Perbaikilah urusan kami dengan Al Quran dan sembuhkanlah penyakit kami dengan Al Quran.

Tunaikanlah hutang kami dengan Al Quran dan hilangkanlah kegelisahan kami dengan Al Quran. Ampunilah orang-orang kami yang telah wafat dengan Al Quran dan berilah keselamatan para musafir kami dengan Al Quran.

Jagalah imam jaman kami dengan Al Quran dan segerakanlah kemunculannya dengan Al Quran. Jagalah ulama kami dengan Al Quran dan hilangkanlah kesusahan hati kami dengan Al Quran.

Jagalah pemimpin kami dengan Al Quran dan tolonglah tentara kami dengan Al Quran. Rahmatilah imam kami dengan Al Quran dan rahmatilah para syahid kami dengan Al Quran.

Selamatkanlah kami dari neraka dengan Al Quran dan masukkanlah kami ke surga dengan Al Quran. Ya Allah, jadikanlah Al Quran sahabat di dunia penenteram serta teman penghangat kami di dalam kubur cahaya dan petunjuk di atas shirat teman dan penyayang kami di surga.

Dengan rahmat-Mu, wahai Dia Yang Maha Pengasih di atas semua pengasih.

Pilihan doa selanjutnya, Anda juga bisa membaca doa khotmil Quran sebagai berikut;

Doa Khotmil Quran Doa Khatam Quran
Doa Khotmil Quran Doa Khatam Quran

گلام قديم لا يمل سماعهتنزه عن قول وفعل ونية به أشتفی من کل داء ونوره دليل لقلبی عند جهلی وحيرتی فيا رب متعنی بسر حروفه ونوربه قلبی وسمعی ومقلتی ويارب يافتاح إفتح قلوبنا وفهم به قلبی علوم الشريعة وصل وسلم ياإلهی لمنذر عدد حروف بالقرآن والسورة

Al Quran adalah kalamullah yang qadim yang tidak ada kebosanan untuk didengarkan. Yang disucikan dari ucapan, perbuatan dan kehendak.

Dengan Al quran itu aku minta kesembuhan dari segala penyakit dan cahaya Al Quran. Itu menjadi petunjuk hatiku ketika aku dalam kebodohan dan kebingungan.

Wahai Tuhanku, anugerahilah aku dengan rahasia di dalam huruf Al Quran Dan berilah cahaya dihatiku, pendengaran dan mataku berkat Al Quran.

Tuhanku yang Maha pembuka, bukakanlah hati kami dan fahamkanlah hati ini dengannya ilmu-ilmu syariat. Berilah sholawat serta salam ya Tuhanku kepada penyeru (Nabi Muhammad saw) sebanyak huruf huruf Al Quran dan surat~surat.

Tiga doa di atas bisa Anda panjatkan untuk doa khotmil Quran. Semoga kita senantiasa diberikan kesetiaan kepada Al Quran, baik dalam hal membaca, mengamalkan ataupun dalam hal mengajarkannya. Aammmiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *