Adab Terhadap Guru yang Harus Dilakukan Setiap Hari

307 views

Guru merupakan sosok yang wajib untuk dihormati. Karena semua orang di dunia ini bisa sukses karena bimbingan seorang guru. Adab terhadap guru tentunya harus dilakukan setiap harinya. Baik saat di sekolah ataupun saat di tempat umum.

Bagaimana Adab Terhadap Guru dalam Islam?

Islam mengajarkan untuk memuliakan guru. Karena guru merupakan sosok yang memberikan ilmunya secara ikhlas demi mendidik semua orang. Kesabaran, ketabahan dan ketelatenan guru tidak ada yang menyamainya. Terutama saat pelajaran belajar mengajar.

Hadits diatas merupakan contoh adab terhadap guru menurut Islam. Bahkan Rasulullah memerintahkan semua orang untuk memuliakannya. Tidak ada orang pintar tanpa perjuangan guru yang telah mendidiknya.

Untuk menghormati seorang guru, tentunya Anda harus melakukan hal yang baik saat bertemu. Jangan sungkan untuk menyapa ataupun memberikan sesuatu untuknya.

Adab Dengan Guru Saat di Sekolah

Saat di sekolahan tentunya harus memperhatikan apa saja yang dikatakan guru selama hal itu baik. Pelajaran yang di sampaikan hendaknya dicerna dengan baik. Jika tidak paham hendaklah bertanya dengan tutur kata yang lembut.

Anak jaman sekarang ada yang tidak tahu tentang adab terhadap guru di sekolah. Beberapa waktu lalu ada kasus murid memukuli gurunya. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak terpuji. Perlu kiranya menghindari perkara semacam itu.

Beberapa Contoh Adab Terhadap Guru

Saat bertemu dengan guru tentunya Anda harus melakukan hal terpuji agar beliau merasa dihargai. Dalam kehidupan sehari hari, harus menjalankan adab yang tepat saat berjumpa dengan guru. Baik guru sekarang ataupun guru yang lalu. Berikut ulasan contoh adab terhadap guru:

1. Tidak Mencari Kesalahan Guru

Saat melakukan kegiatan Anda tidak boleh mencari kesalahan guru. Namun, jika mendapati guru yang salah maka ingatkanlah dengan baik dan tidak kasar. Karena setiap orang wajar kalau memiliki kesalahan, baik disengaja ataupun tidak.

2. Tidak Menjelekkannya Guru

Adab terhadap guru berikutnya adalah tidak menjelekannya. Guru merupakan sosok yang memberi kira pelajaran sehingga mengenal berbagai macam hal. Oleh karena itu, jangan sekali-kali menjelekkannya. Karena hal ini akan berakibat tidak barokahnya ilmu yang telah dimiliki.

3. Mendoakannya Guru dengan Ikhlas

Doakanlah guru dengan baik. misalnya saja ilmu yang manfaat, panjang umur ataupun diberikan banyak rezeki. Doa terbilang perkara yang sepele. Namun, dengan kekuatan doa Allah akan meningkatkan derajat umatnya.

Hadits adab terhadap guru menerangkan bahwa Anda diharuskan kita memuliakan guru. Dengan medoakan yang terbaik, secara tidak langsung membuat guru lebih mulia. Usahakan mendoakan guru setiap harinya. Agar beliau merasa tenang dan lebih baik lagi dalam mengajar.

4. Mengambil Manfaat Kebaikan Guru

Setiap kali Anda bertemu dengan guru hendaklah bertanya apa saja yang belum diketahui. Sehingga akan bertambah wawasan yang dimiliki. Banyak manfaat yang bisa diambil dari keteladanan guru. Mulai dari sikap, pelilaku ataupun kebiasaan baik yang lain.

5. Menjaga Adab Berbicara

Saat berbicara dengan guru, hendaknya menjaga tutur kata agar terlihat baik. Suara yang keluar tidak boleh terlalu keras. Usahakan lembut dan tidak membuat beliau sakit hati. Karena doa seorang guru lebih didengar oleh Allah SWT.

6. Taat Kepada Guru

Mentaati perintah guru berarti Anda telah menjalankan salah satu adab dengan baik. Namun, pastikan bahwa apa yang dilakukan guru tersebut merupakan perbuatan yang terpuji. Taat dalam ajaran Islam mempunyai arti bahwa seseorang tersebut menjalankan perintah yang baik.

7. Bertutur Katalah dengan Lemah Lembut

Jangan sekali-kali membentak guru. Jika Anda lakukan, Allah akan memberikan dosa yang besar. Hal ini bisa berakibat rezeki yang susah ataupun hidup yang kurang barokah. Perlu kiranya, mengontrol tutur kata yang keluar dari mulut setiap saat.

8. Meminta Izin Ketika Tidak Hadir Sekolah

Saat tidak masuk sekolah ataupun kuliah. Diharuskan untuk meminta izin terlebih dahulu. Jika sakit maka mintalah keterangan pada bidan ataupun puskesmas. Dengan begitu, guru akan merasa lebih dihormati dan lebih sopan.

9. Memberi Salam Kepada Guru

Berilah salam kepada guru. Karena hal ini merupakan adab terhadap guru. Baik di sekolahan ataupun di jalan saat berjumpa. Usahakan menyapanya terlebih dahulu. Karena sosok guru merupakan sosok yang harus dihormati. Di manapun Anda bertemu.

10. Memberi Perhatian Besar dalam Pengajaran Guru

Saat guru menjelaskan di depan kelas. Hendaknya diperhatikan dengan baik. Jangan sampai ramai sendiri dan tidak memperhatikan apa yang telah diajarkan. Karena setiap ilmu yang diberikan oleh guru merupakan berkah yang baik untuk Anda.

11. Rendah Hati Dihadapan Guru

Di depan guru hendaknya bersikap rendah hati. Merasa bahwa guru lebih mulia dari pada diri sendiri. Sehingga, tutur kata juga akan terjaga dengan baik. Hatipun akan tenang. Semakin baik hati, semakin baik pula perilaku seseorang tersebut.

Ayat adab terhadap guru di atas menerangkah bahwa penting kiranya memuliakan guru ataupun orang yang lebih tua. Cara memuliakan orang tentunya berbeda beda. Rendah hati merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan.

12. Menaati, Mematuhi, Melakukan Perintah Guru

Perintah guru seperti apa yang harus dilakukan? Tentunya perintah yang baik dan mentaati norma yang berlaku di masyarakat. Walaupun jarang sekali guru yang menjerumuskan muridnya ke dalam bahaya. Baik di sekolahan, ataupun ditempat umum.

13. Memperhatikan Pelajaran Ketika Guru

Saat melakukan pelajaran tentunya harus memperhatikan apa saja yang diucapkan oleh guru. Jangan sampai ramai sendiri saat guru menerangkan pelajaran yang berlangsung. Seseorang yang memperhatikan guru. Ilmunya akan lebih bermanfaat.

Ayat ini menerangkan bahwa saat pelajaran dilaksanakan, namun tidak mengetahui apa yang diajarkan diharuskan untuk bertanya. Peribahasa mengatakan, jika Anda malu bertanya maka akan sesat dijalan. Jangan malu untuk bertanya. Karena bertanya adalah gerbangnya ilmu.

14. Tidak Berjalan di Depan Guru

Dengan tidak berjalan di depan guru, berarti Anda telah menghormatinya. Seseorang akan terlihat lebih sopan jika berjalan dibelakang guru. Jika terpaksa harus meminta izin terlebih dahulu, kemudian baru lewat di depannya.

Apa Saja Manfaat Menjalankan Adab Terhadap Guru?

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakukan beberapa adab terhadap guru. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan baik secara langsung atau tidak langsung. Beberapa manfaat yang sering di dapatkan adalah bertambahnya ilmu.

Dengan memperhatikan apa saja yang diajarkan, ilmu akan bertambah. Selain itu, hidup akan lebih barokah. Karena orang yang menjaga adab, akan didoakan secara tidak langsung oleh guru tersebut melalui kata-kata yang terucap.

Manfaat lainnya adalah mudah dalam segala urusan. Saat Anda menghadapi kesulitan, pastinya seorang guru memberikan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Dengan begitu, akan menemukan jalan keluar setiap masalah yang dihadapi.

Setiap hari tentunya Anda harus mengamalkan apa saja adab terhadap guru. Baik dalam lingkungan sekolah ataupun lingkungan umum lainnya. Semakin baik adab maka guru tersebut akan memberikan yang terbaik pastinya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *