Berkuliah di 10 Universitas Terbaik di Turki; Negerinya Puncak Permadani

7.867 views

Univeritas Terbaik di Turki — Negeri yang satu ini sebenarnya sudah lama menjalin kontak dengan kita sejak abad 16. Pernah menjadi salah satu kekuatan dunia ketika dipimpin oleh kekaisaran Byzantium yang Kristen Ortodoks alias Kristen Timur, saingan kekaisaran Romawi alias Kristen Barat/Kristen Katholik.

Kuliah di Turki di Universitas terbaik di Turki
pixabay.com

Dilanjutkan oleh dinasti Utsmaniyah atau lebih dikenal dengan dinasti Ottoman yang berideologikan Islam pada abad ke 14 oleh Sultan Mehmed II atau lebih kondang dengan nama Muhammad Al-Fatih, sang penakluk Konstantinopel. Ya, pada era Sultan Mehmed II inilah ia berhasil mewujudkan ambisinya menguasai daratan Anatolia dan Bohemia.

Pada era Sultan Sulaiman “yang hebat” (disebut juga Sulaiman “The Great” oleh Barat) justru lebih luas lagi hingga dapat menyatukan tiga benua sekaligus, benua Eropa disisi Timur dan Selatan, Asia Barat dan Afrika bagian Utara. Jadilah paragraf ini pelajaran sejarah yang mungkin tidak ada habisnya, hehehe…

Saya sendiri lebih suka menyebut negeri ini sebagai negerinya para Sufi. Banyak para penyair, pujangga, dan persaudaraan dzikir atau lebih dikenal dengan nama “Tarekat” lahir di sini.

Maestro Sufi yang terkenang sepanjang zaman sekelas Maulana Jalaluddin Rumi dan Tarian Sema warisannya itu (Tari yang sebenarnya dzikir dengan memutar badan mirip pergerakan atom dalam ilmu sains, Red) masih jadi ciri khas dan ikon utama negeri ini. Saya jadi kangen syahdunya lirik-lirik para Sufi dari sana, hehehe…

10 Universitas Terbaik di Turki

kampus dan universitas terbaik di Turki
pixabay.com

Nah, berbicara soal Turki saat ini bisa dibilang termasuk dalam kategori negara maju. Sejak era Kemalisme setelah Perang Dunia I hingga saat ini banyak kemajuan yang membuat Turki termasuk salah satu kekuatan yang layak diperhitungkan dari sisi ekonomi, militer dan pastinya ilmu pengetahuan. Tidak kalah dengan negara-negara Eropa lainnya.

Beberapa peringkat universitasnya bisa dikatakan head to head dengan Turki (terutama di peringkat 100-500 ke atas versi Webometrics, Red). Ini juga yang menjadi alasan kenapa di Jerman banyak imigran Turki bermukim disana.

Sistemnya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan universitas di Eropa. Hanya saja, bahasa pengantarnya tidak murni bahasa Turki. Beberapa universitas di Turki menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pembelajarannya. Nah jadi bagi mahasiswa asing yang hendak berkuliah disini jadi lebih nyaman, sekalipun untuk bahasa sehari-hari tetap menggunakan bahasa Turki.

Bagaimana soal beasiswanya? Jangan khawatir, pemerintah Turki termasuk loyal soal ini. Setiap tahun mereka memiliki program beasiswa bernama Bursları. Beasiswa ini khusus diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin belajar kesana.

Itulah gambaran negerinya para Sufi tersebut. Jadi langsung saja kita melangkah ke 10 Universitas terbaik di Turki versi Webometrics dan sejumlah sumber lain.

1. Middle East Technical University (Orta Doğu Teknik Universitesi)

Universitas terbaik di Turki Middle East Technical University (Orta Doğu Teknik Universitesi)
https://news.ius.edu.ba

Kita langsung menuju ibukota Turki, yaitu Ankara. Saya sebetulnya agak bingung dengan penamaan universitas ini. Mengingat Turki bukanlah negara Timur Tengah dan lebih dikenal dengan daratan Anatolia atau Rumelia. Kok bisa ya namanya Middle East ?

Ternyata begini ceritanya kawan, universitas yang berdiri di tahun 1956 ini merupakan hasil pengembangan pendidikan di Turki dengan sejumlah negara-negara Balkan, Kaukasus dan khususnya Timur Tengah. Itulah mengapa namanya mencomot istilah “Middle East”.

Universitas ini didesain untuk mencetak mahasiswa yang bergelut di dunia sains maupun ilmu sosial. Karena berbasis pengembangan pendidikan, maka tak heran universitas yang berdiri di ibukota Turki ini terkenal paling selektif dalam penerimaan mahasiswanya.

Meskipun terkenal paling selektif di Turki, universitas ini punya mahasiswa yang terbilang banyak. Ada sekitar 31.000 mahasiswa yang berkuliah disini. Terdapat lima fakultas dengan ratusan jurusan yang menaungi keilmuan sains terapan, ilmu sosial, seni, ekonomi, edukasi dan arsitektur.

Universitas terbaik di Turki ini juga menjadi universitas yang paling banyak berkontribusi pada sejumlah proyek di benua Eropa. Jadi reputasinya juga dikenal di Eropa dan salah satu yang terbaik di benua tersebut. Pada tahun 2015, universitas ini menduduki peringkat 85 dunia versi Times Higher Education World Rankings. Wow!

Alumninya kebanyakan merupakan ilmuwan dan tercatat beberapa diantaranya mengajar di universitas beken baik di Eropa maupun Amerika. Sangat cocok bagi anda yang ingin jadi akademisi terkemuka berkelas dunia. Hehehe….

2. Istanbul Techincal University (İstanbul Teknık Üniversitesi)

Universitas terbaik di Turki Istanbul Techincal University (İstanbul Teknık Üniversitesi)
Pinterest.com

Universitas yang satu ini berada di kota Istanbul atau yang lebih terkenal dengan “Konstantinapolis” di masa kekaisaran Byzantium dahulu kala. Tepatnya di distrik Sarıyer (Istanbul bagian Eropa, Red), Perguruan tinggi ini dikenal dengan universitas teknik ketiga tertua di dunia dan rumah bagi paham Kemalisme. Jadi reputasinya jangan dipertanyakan lagi.

Perguruan tinggi berbasis teknik ini berdiri pada tahun 1773 atau tepat ketika dinasti Ottoman diperintah oleh Sultan Mustafa III. Nama awalnya adalah Mühendishane-i Bahr-i Hümayun atau dalam bahasa Indonesia disebut juga sekolah kesultanan teknik angkatan laut. Agak berbeda ya dengan universitas di Eropa yang bernafaskan agama, filsafat atau kedokteran di pendirian pertamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *