10 Universitas Terbaik di Singapura yang Tepat Direkomendasikan Untuk Anda

Universitas Terbaik di Singapura — Seperti negeri Tasmanian Devil alias Australia yang juga tetangga kita, Singapura adalah salah satu negeri tetangga yang punya sistem pendidikan terbaik.

universitas terbaik di singapura
Singapura

Malah, konon menurut survei terakhir yang dilakukan, Singapura punya kualitas pendidikan setara Finlandia dan Israel, serta masuk 10 besar kualitas pendidikan terbaik di dunia menurut beberapa survei. Mencengangkan walaupun sebenarnya tidak mengherankan. Mengingat negeri Merlion ini pendidikannya baik karena disokong ekonomi yang kuat pula.

Ada sedikit lelucon tentang negara ini. Rasanya penulis pernah mendengar Pak BJ Habibie pernah berkata, “Singapura tidak lebih dari setitik kecil berwarna merah”. Hehehe, biasa kalimat politik.

Terkadang miris juga kalau sudah ujung-ujungnya membandingkan kualitas pendidikan kita dengan negara yang terletak di utara Kepulauan Riau tersebut. Kalimat mantan Presiden kita yang juga ahli konstruksi pesawat terbang itu seakan tidak mujarab di bidang itu.

Setidaknya menurut Webometrics.info, ada dua universitas di Singapura yang masuk jajaran 100 universitas terbaik di dunia. Nggak salah memang kalau anak presiden Joko Widodo nyekolahin anaknya (Kaesang) ke sana.

Ya, saya mencoba berpikir positive thinking saja, kualitas pendidikan di sana memang bagus. Walaupun jika dilihat lebih dalam lagi, peringkat antar universitas di sana punya ketimpangan yang cukup dalam jika dibandingkan perguruan tinggi di tanah air.

Namun kalau dipikir-pikir lagi mereka juga pintar, dalam artian peduli dengan hal itu. Untuk mengimbangi ketimpangan peringkat maupun kualitas pendidikan tersebut, sejumlah perguruan tinggi di sana mempunyai berbagai kerja sama dengan sejumlah universitas terkemuka di dunia. Kerja samanya pun punya berbagai konsep yang unik.

Ada yang mengadopsi konsep universitas lain yang lebih superior, ada yang membentuk sebuah lembaga (aliansi maupun kolaborasi) dan ada juga yang berkolaborasi agar gelarnya diakui oleh universitas terbaik di dunia tersebut. Maka tak heran jika kita hari ini melihat perguruan tinggi di sana kualitasnya meningkat cukup pesat, bahkan salah satu yang terbaik di dunia.

10 Universitas Terbaik di Singapura

Penasaran mana saja perguruan tinggi terbaik di negeri Merlion ini? Berikut 10 universitas terbaik di Singapura yang bisa dijadikan rekomendasi studi Anda dikutip dari berbagai sumber.

1. National University of Singapore (NUS)

universitas terbaik di singapura National University of Singapore (NUS)
yalealumnimagazine.com

Inilah perguruan tinggi terbaik di negeri Merlion. Punya nama Melayu, Universitas Kebangsaan Singapura. Berdiri pada tahun 1905 ketika tanah Melayu termasuk Singapura masih dijajah oleh Inggris. Universitas ini bukan hanya terbaik, namun juga tertua di sana.

Berdiri di barat daya Singapura yang terkenal dengan nama Kent Ridge atau yang lebih dikenal dengan Bukit Timah. Awalnya ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini bernama Institute of Higher Learning in Singapore (IHL).

Universitas ini didirikan berkat petisi yang diajukan oleh Tan Jiak Kim. Seorang pemimpin komunitas China dan Non Eropa di negeri Merlion. Petisi tersebut disetujui oleh Gubernur setempat bernama Sir John Anderson. Nah pada tahun 1913 jadi diresmikan dengan nama King Edward VII College of Medicine. Jadi bisa ditebak jurusan awal perguruan tinggi ini. Yap betul, yaitu kedokteran.

Menariknya pada tahun 1949 sekolah ini dikawinin, eh maksudnya disatukan dengan Raffie ‘s College di Malaysia dan berubah nama menjadi University of Malaya. Hehehe, penggabungan ini  tentu saja karena Singapura waktu itu masuk teritorial Malaysia yang dimerdekakan Inggris.

Baru pada tahun 1962 pasca Singapura memisahkan diri, Universitas ini pecah lagi menjadi dua institusi. University of Malaya di Malaysia dan NUS itu sendiri sampai sekarang. Habis kawin, terbitlah cerai. Wakkk

Universitas ini dihuni sekitar 20.000 mahasiswa yang terdiri dari berbagai negara. Oh ya universitas ini luasnya sekitar 150 hektar, yang berarti lebih luas jika dibandingkan dengan Harvard (hehehe, Harvard luasnya 85 hektar).

Punya 13 school yang di dalamnya terdiri dari beberapa jurusan seperti bisnis, kedokteran, kedokteran gigi, musik, seni dan ilmu sosial, matematika, kebijakan publik, sains, komputer dan lain sebagainya.

Menurut QS World Ranking Academics 2016, universitas ini menempati posisi 12 dari 100 universitas terbaik di dunia dan peringkat 1 di Asia. Wuih, menyaingi universitas di AS nih. Selain itu beberapa alumninya rata-rata berkecimpung di dunia politik dan bisnis. Universitas ini telah melahirkan 2 perdana menteri Malaysia, dan 4 perdana menteri Singapura lengkap dengan presidennya. Widih…

2. Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University (NTU)
i2r.a-star.edu.sg

Saya cukup kaget ketika menulis ulasan perguruan tinggi ini. Ternyata universitas yang banyak menjadi rujukan mahasiswa Indonesia di Singapura ini baru berdiri tahun 1956. Agak beda-beda sedikit dengan perguruan tinggi di tanah air. Saya pikir awalnya ini termasuk universitas tua mengingat namanya cukup terkenal di Asia Tenggara khususnya.

Nah, pada tahun 1980 universitas yang terletak di Nanyang Avenue sebelah Barat pusat kota Singapura ini ceritanya digabung (atau dikawinin ya?, wkwkwk) digabung dengan NUS. Ketika tahun 1981, universitas yang sempat di take over NUS ini berpisah dan berubah menjadi Nanyang Technological Institute (NTI). Ketika itu mereka membuka tiga jurusan beraliran teknik.

Baru pada tahun 1990, universitas ini digabung lagi dengan sebuah institut bernama National Institute of Education (berdiri tahun 1950). Nah ketika digabung inilah NTI berubah menjadi sebuah universitas. Tapi penulis lebih takjub lagi melihat perguruan tinggi di Singapura yang hobi kawin-cerai. Heuheu..

Bisa dikatakan, universitas ini adalah perguruan tinggi terbesar di negeri Merlion. Yap, luasnya mencapai 200 hektar serta sudah termasuk danau Nanyang (Nanyang Lake) itu sendiri. Asyik ya mirip universitas di AS atau Eropa yang ada danaunya. Universitas yang dihuni oleh sekitar 30.000 mahasiswa ini memiliki 3 college dan 6 school dan lembaga lain setara fakultas.

Oh ya walaupun ada embel-embel “Technology or Techonological”, kenyataannya universitas ini malah terkenal karena sekolah bisnisnya yang terbesar di Singapura (Nanyang Business School). Unik atau aneh hayoo?

Berdasarkan QS World Ranking Academics 2016, universitas ini menempati posisi 13 dari 100 universitas terbaik di dunia. Setingkat di bawah NUS kalau begitu, serta universitas terbaik ketiga di Asia. Ini ada lagi anehnya, alumninya lebih banyak berkecimpung di dunia politik ketimbang “Technology”-nya. Bahkan, Edhie Baskoro Yudhoyono yang juga putra presiden SBY, juga merupakan alumni universitas ini.

Saya jadi ingat, salah seorang guru penulis sewaktu di SMK juga lulusan universitas ini. Padahal beliau jurusan teknik, tapi malah ngajar Bahasa Jawa. Hmmm….

3. Singapore Management University (SMU)

Singapore Management University (SMU)
businesstimes.com.sg

Sumpah, ini bukanlah sekolah menengah umum kayak di Indonesia. Ini universitas, hehehe singkatannya memang sama. Universitas ini bertempat di distrik Bugis Bras-Brasah, kalau tidak salah di sini banyak orang suku Bugis yang bermukim di Singapura.

Universitas ini sebenarnya merupakan universitas ketiga yang berdiri di negeri Merlion. Gagasan universitas ketiga ini sudah diwacanakan oleh pemerintah Singapura sendiri sejak tahun 1997. Terlebih waktu itu praktis hanya NUS dan Nanyang saja yang menjadi dua universitas beken di sana.

Barulah universitas ini pada tahun 2000 berdiri dengan meniru model salah satu universitas di AS, The Wharton School of The University of Pennsylvania. Aye, universitasnya Donald Trump ini dijadikan model oleh SMU. Jadi pandangan pendidikannya lebih menekankan sektor bisnis dan ekonomi.

Universitas ini dihuni oleh sekitar 8000 mahasiswa. Terdapat 8 school setara fakultas yang meliputi bidang bisnis, ekonomi, akuntan, sekolah khusus pengembangan eksekutif, hukum, informasi, ilmu sosial dan proffesional studies.

Tidak ada ilmu sains atau teknik di sini. Namun ada sekolah khusus bagi para eksekutif maupun staf yang ingin mengembangkan bakat maupun keilmuannya di universitas ini.

Universitas ini menurut Webometrics berada di peringkat 954 (tuh kan timpang banget sama dua universitas di atas). Meskipun begitu, universitas ini boleh berbangga dengan Lee Kong Chian School of Business-nya. Sekolah bisnisnya tersebut berada di peringkat 1 di dunia dalam bidang Weallth Management.

Selain itu menurut Business School Rankings Based on Research Contributions, sekolah bisnis SMU ini masuk dalam jajaran 100 sekolah bisnis terbaik di dunia pada tahun 2013. Jadi universitas ini pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan jurusan bisnis maupun ekonomi.

4. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

universitas terbaik di singapura Singapore University of Technology and Design (SUTD)
assets.inhabitat.com

Rata-rata usia universitas di Singapura memang masih muda. Termasuk yang satu ini, SUTD baru berdiri pada tahun 2009 silam. Letaknya berada di Changi Business Park, Singapura. Pusat bisnis dan jantung perekonomian negara kota ini.

Jika SMU meniru model salah satu sekolah bisnis di AS, lain halnya dengan perguruan tinggi ini. Universitas ini kurikulumnya mengacu pada model pembelajaran tetangga Universitas Harvard, yaitu Massachussets Institute of Technology (MIT).

Jadi kurikulum yang mereka bawa juga tidak jauh berbeda dengan MIT yang punya spesialisasi di bidang teknologi. Selain itu mereka juga memiliki kerja sama di bidang penelitian dengan beberapa universitas terkemuka dunia seperti Yale University, dan Zhejiang University.

Universitas ini baru saja merampungkan pembangunan salah satu gedungnya pada tahun 2015. Uniknya mereka memiliki sebuah paviliun dengan nuansa Mandarin yang disumbangkan aktor Hong Kong yang terkenal, Jackie Chan.

Oh ya satu lagi, mereka memfokuskan pada empat acuan pendidikan yang disebut Pilar. Antara lain Pengembangan teknik produksi, Sistem teknik dan desain, desain arsitektur, dan informasi.

Meskipun usianya masih muda, mereka sudah memiliki program S3 bertitel Ph.D di empat bidang tersebut. Mereka juga memiliki sebuah laboratorium khusus untuk meneliti teknologi terbarukan dan bersih.

5. Ngee Ann Polytechnic (NAP)

Ngee Ann Polytechnic (NAP)
bmscontractors.sg

Nah kalau yang satu ini bisa dibilang merupakan politeknik terbaik di negeri Merlion. Berdiri pada tahun 1963, politeknik ini berlokasi di Clementi Road, Singapura.

Awalnya ketika berdiri, politeknik ini bernama Nge Ann College. Didirikan oleh sebuah lembaga donasi bernama The Ngee Ann Kongsi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sana. Utamanya sih awalnya untuk kalangan kelompok/garis keturunan Tiochiu.

Mungkin karena untuk ukuran etnis Tionghoa di Asia Tenggara, kelompok/garis keturunan ini sangat kecil jumlahnya (termasuk di Indonesia yang kebanyakan dari komunitas/keturunan Hokchia atau Hakka, Red), Makanya untuk meningkatkan derajat mereka, perguruan tinggi ini didirikan.

Namun lambat laun dampaknya tidak hanya dirasakan kelompok Tiochiu saja, namun juga masyarakat dari etnis lain di Singapura. Terutama untuk mengembangkan bisnis, sehingga tidak heran jurusan awal ketika politeknik ini berdiri adalah jurusan bisnis.

Ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini memiliki sekitar 116 mahasiswa. Perguruan tinggi terbaik kelima di Singapura ini juga memiliki 9 school. Antara lain meliputi bisnis dan akuntansi, desain, informasi, kesehatan, teknik, studi media dan film, kimia dan lain sebagainya.

Mereka juga mengembangkan apa yang disebut dengan The Ngee Ann Learning Model. Ini adalah sebuah model di mana lulusannya diberi kemampuan dasar pelajaran ekonomi. Hampir mirip-mirip dengan SMU yang basisnya adalah bisnis.

Lulusannya banyak berkecimpung di media dan hiburan. Bahkan Tommillusions, seorang ilusionis terkemuka dunia merupakan alumni politeknik ini.

6. Singapore Polytechnic (SP)

universitas terbaik di singapura Singapore Polytechnic (SP)
epigami.sg

Oke, bolehlah Ngee Ann Polytechnic sedikit di atas politeknik yang satu ini. Tapi kalau yang ini bisa dikatakan politeknik tertua di negeri Merlion ini. Berdiri pada tahun 1954 dan berlokasi di Prince Edward Road, sebelah selatan kota Singapura.

Berbeda dengan kebanyakan perguruan tinggi lain di Singapura yang kebanyakan berbasis Bisnis, Ekonomi atau Teknologi. Singapore Polytechnic justru punya orientasi di bidang industri. Mirip dikit kayak Stanford gitu.

Oh ya, karena terletak di sebelah selatan kota Singapura, di sini tidaklah hiruk pikuk kehidupannya tidak sepadat di tengah kota. Pilihan bagus bagi Anda yang menginginkan sedikit ketenangan di tengah hiruk pikuk padatnya aktivitas di negara kota macam Singapura.

Politeknik ini memiliki 10 school setara fakultas dan satu departemen khusus pengajaran. Sekolahnya terdiri dari bidang desain, kemaritiman, seni, kimia, komunikasi media, arsitektur dan lain sebagainya.

Info bagus bagi Anda yang mencari perguruan tinggi yang ada jurusan kemaritimannya, di sini mereka memiliki sekolah akademi maritim. Salah satu yang terbaik di Singapura. Oh ya, perguruan tinggi ini telah melahirkan 150.000 lulusan sejak berdirinya.

Terbukti, mereka di tahun 2010 mendapat penghargaan President Award karena keaktifannya pada sejumlah isu lingkungan dan air bersih. Walaupun begitu, alumninya kebanyakan malah berkecimpung di dunia media dan hiburan. Bahkan seorang juara Singapore Idol, Taufik Batisah lulusan politeknik ini.

7. Singapore-MIT Alliance (SMA)

Nah kalau yang satu ini bukan hanya meniru model MIT seperti halnya SUTD tadi. Namun benar-benar perguruan tinggi ini adalah kolaborasi antara Nanyang Technological University, National University of Singapore, dan Massachussets Institute for Technology.

Kerja sama ini menghasilkan sebuah perguruan tinggi baru berbasis riset. Lokasinya masih satu lokasi dengan Nanyang Technology University.

Jadi ceritanya di tahun 1998 kerja sama keduanya dimulai, terutama untuk mengembangkan ekonomi lokal di Singapura. Pengajarnya sendiri juga berasal dari tiga perguruan tinggi tersebut. Makanya selanjutnya perguruan tinggi ini tidak disebut sebagai Institut ataupun Politeknik. Namun sebuah gabungan (aliansi) bersama untuk mengembangkan tujuan utamanya, yaitu mengembangkan ekonomi lokal.

Cukup unik ya, mengingat di Indonesia kolaborasi macam seperti ini belum pernah terdengar. Kalaupun ada biasanya baru sebatas kerja sama antar jurusan maupun program. Oh ya, di perguruan tinggi ini terdapat beberapa program jurusan seperti teknik komputasi (beda lho ya dengan teknik komputer), komputasi dan sistem biologi, sistem teknologi dan manufaktur, dan lain sebagainya.

Agak rumit ya keilmuannya. Serba berbasis sistem, karena di sini arahnya lebih ke riset dan pengembangan ekonomi lokal yang kompleks. Walaupun mahasiswa yang berkuliah di sini termasuk sedikit (sekitar 100-200 mahasiswa saja), namun seleksinya termasuk ketat lho…

Nah, bisa dikatakan perguruan tinggi hasil kolaborasi tiga universitas terkemuka dunia ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengambil program double degree. Baik untuk tingkat S1, S2 (Dual Master programs) maupun S3 (Ph.D programs). Namun untuk mengambil program tersebut, mahasiswa harus benar-benar lulusan antara NUS ataupun NTU. Jadi lebih tepat sebagai perguruan tinggi lanjutan bagi alumni keduanya ataupun lulusan MIT sendiri.

8. Singapore Institute of Technology (SIT)

Singapore Institute of Technology (SIT)
fgould.com

Hehe… Mungkin karena dari tadi kita membahas perguruan tinggi yang punya kerja sama dan kolaborasi dengan MIT, saya sempat berpikir ini juga tidak jauh beda dengan yang di atas. Ternyata tidak, cuma namanya memang agak mirip. Tapi ini bukan MIT kualitas KW macam barang “Made In China” lho ya. Kyakyakyakya…

Ndak, sama sekali tidak. Perguruan tinggi yang berdiri di bulan Mei 2009 ini malah punya kerja sama dengan sejumlah universitas terkemuka di dunia. Utamanya universitas dari AS, Inggris maupun Jerman. Jadi meskipun usia institut ini masih seumur jagung, namun kualitas pendidikannya terjamin.

Selain itu untuk gelar D3 (Bachelor degree) sendiri dijamin dan diakui oleh universitas yang menjadi partner SIT. Weh, kalau hal ini diaplikasikan di Indonesia, mungkin tidak ada lagi institusi palsu atau penjual ijazah palsu. Wakkk

Misal untuk jurusan keperawatan, gelar bachelor-nya diakui Universitas Glasgow di Skotlandia (Inggris Raya). Untuk jurusan teknik kimia, gelar bachelor-nya diakui Universitas Munich di Jerman dan begitu seterusnya.

Jadi baik dari segi kualitas maupun gelar yang nanti diterima mahasiswanya, bakal terjamin dan berimplikasi pada meningkatnya kualitas institusi, jurusan bahkan lulusannya. Pilihan tepat bagi anda yang menginginkan studi di perguruan tinggi yang tidak jauh dari tanah air, namun kualitasnya tidak kalah dengan perguruan tinggi terbaik di dunia.

Institut yang lokasinya ada di wilayah Drover Drive ini memiliki beberapa jurusan seperti teknik, seni, informasi, kimia dan sebagainya. Semua programnya ditujukan bagi mereka yang mengambil program D3. Terutama jika Anda mengambil jurusan teknik, mereka punya banyak jurusan dari cabang keilmuan ini.

Yah, walaupun mereka baru membuka program S1 (Graduate program) pada tahun 2015, kenyataannya perguruan tinggi ini langsung masuk 10 perguruan tinggi terbaik di Singapura versi Webometrics. Cukup mengejutkan mengingat usia mereka yang baru memasuki umur 7 tahun. Kecil-kecil cabe keriting (bosen cabe rawit terus). Hehehe…

9. Singapore Institute for Management (SIM)

 Singapore Institute for Management (SIM)
seriouslyman.com/

Institut ini sebenarnya sudah berdiri cukup lama. Perguruan tinggi yang berlokasi di Clementi Road, Singapura ini berdiri sejak 1964. Didirikan oleh sebuah lembaga swasta bernama Singapore Economic Development Board.

Seperti halnya SIT, perguruan tinggi ini punya konsep yang sama dengan menggandeng beberapa universitas di AS dan Eropa (utamanya Inggris) untuk menjamin mutu dan kualitasnya. Perbedaannya jika di SIT sampai saat ini masih berkutat pada gelar setara D3 atau S1, di SIM ini anda bisa mengambil gelar S2. Tentunya dengan konsep yang sama halnya dengan SIT.

Beberapa jurusan yang ditawarkan perguruan tinggi ini untuk jenjang Undergraduate antara lain seni, komunikasi, olahraga dan marketing, seni ekonomi dan sebagainya. Karena perguruan tinggi ini berbasis bisnis, maka tidak heran jurusan apa saja selalu ada kaitannya dengan ekonomi atau bisnis. Untuk program S2-nya meliputi Teknik Manajemen Bisnis, Digital Marketing, dan Bisnis Internasional.

Oh ya, untuk kerja samanya perguruan tinggi ini menggandeng seperti University of Manchester, University of Warwick dan University of Birmingham dan lain sebagainya.

10. Temasek Polytechnic (TP)

Temasek Polytechnic (TP)
forum-architects.com/

Sepertinya perguruan tinggi di Singapura ini unik. Lebih banyak didominasi institut dan politeknik. Nah, Temasek Politechnic ini berlokasi di Tampines Avenue, Singapore. Tidak jauh dari Tampines Square yang jadi tempat nongkrong warga Singapura yang cukup terkenal.

Berdiri pada tahun 1990, politeknik ini merupakan politeknik ketiga tertua di negeri Merlion. Politeknik ini bisa dikatakan cukup luas, sekitar 33 hektar. Selain itu mahasiswa yang menghuni politeknik ini ada sekitar 15.000 mahasiswa. Cukup banyak ya, apalagi untuk ukuran politeknik (ingat ini politeknik, bukan universitas).

Meskipun begitu mereka memiliki 6 school setara fakultas dengan berbagai jurusan. Antara lain bisnis, desain, teknik, informatika dan IT, serta ilmu sosial dan humaniora. Karena ini sebuah politeknik, maka orientasi unggulan yang ditawarkan perguruan tinggi ini tentu saja di bidang teknik. Mulai dari teknik elektro, mekatronik sampai aviasi (penerbangan) mereka memilikinya. Oh ya, semua jurusan di sini ditujukan bagi Anda yang ingin mengambil program D3.

Bisnis, desain dan teknologi. Mungkin tiga kata inilah yang cocok untuk menggambarkan perguruan tinggi di Singapura. Walaupun rata-rata usia perguruan tinggi di sini muda-muda, namun mereka memiliki konsep yang jelas dan unik. Terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusannya. Tertarik kuliah di negeri Merlion ini?…

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *