10 Universitas Terbaik di Malaysia; Rekomendasi yang Tepat Kuliah ke Negeri Tetangga

Universitas Terbaik di Malaysia — Malaysia merupakan salah satu negara yang terletak di benua Asia. Tepatnya di wilayah asia tenggara. Sebagai salah satu negara maju dan modern, Malaysia memiliki berbagai keunikan. Seperti keunikan budaya, sistem pemerintahan hingga bahasa.

wisata pendidikan ke Malaysia
penulispro.com

Malaysia kental dengan budaya melayu. Namun jika dilihat dari bahasa percakapan sehari-hari, mereka terbilang cukup unik. Warga Malaysia sering mencampurkan bahasa  Melayu dengan bahasa Inggris.

Penggunaan bahasa Inggris di Malaysia sendiri menjadi bahasa pengantar kedua setelah Melayu. Apalagi jika kita masuk pada lingkungan kampus, ada beberapa universitas terbaik di Malaysia yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mereka.

Sejak dini, bahasa Inggris telah diajarkan kepada anak-anak baik dalam lingkungan keluarga hingga sekolah. Itulah alasan, warga malaysia dari golongan bawah hingga atas begitu fasih berbahasa Inggris.

Jika kita berkunjung ke Malaysia maka kita akan melihat berbagai suku dan ras. Menurut Wikipedia, Suku Melayu menjadi bagian terbesar dari populasi Malaysia. Terdapat pula komunitas Tionghoa-Malaysia dan India-Malaysia yang cukup besar.

10 Universitas Terbaik di Malaysia

Negeri jiran ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia serta Malaysia yang berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan. Jika  dilihat dari geografisnya sendiri Malaysia merupakan tetangga Indonesia. Maka tidak heran banyak sekali mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di negeri ini, terutama di universitas terbaik di Malaysia.

Biaya hidup di Malaysia juga dijadikan alasan mahasiswa untuk melanjutkan studi, karena biaya hidup yang sangat terjangkau dan tidak jauh berbeda dengan standar di Indonesia. Selain itu,  jarak yang dekat dengan Indonesia menjadi alasan mereka untuk kuliah di Malaysia.

Mutu pendidikan di Malaysia terbilang cukup baik dan diakui secara internasional. Dengan lebih dari 135.000 pelajar dari 160 negara dan universitas-universitas yang merupakan cabang dari universitas terkenal di Inggris.

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan studi terbaik di Asia Tenggara dan tentunya ada beberapa universitas yang bisa dijadikan rujukan untuk kuliah di luar negeri. Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di negara Malaysia versi Webometrics  2016:

1. Universitas Malaya (UM)

universitas terbaik di malaysia universitas malaya
etawau.com

Inilah peringkat pertama universitas terbaik di Malaysia menurut versi Webometrics tahun 2016. Sedangkan berdasarkan QS Work Ranking University, Universitas Malaya berada diperingkat 27 dengan score 84.9 di Asia.

Kampus kebanggaan orang Malaysia ini adalah institusi pendidikan yang pertama kali didirikan di Malaysia. Universitas negeri terbaik di Malaysia ini pun terletak di lingkungan budi, Kuala Lumpur.

UM merupakan sebuah universitas riset publik yaitu universitas penelitian utama dan terdepan di Malaysia, menyambut mahasiswa internasional dari seluruh dunia. Sebuah prestasi yang membanggakan tentunya, oleh karena itu Universitas ini patut dijadikan rujukan pertama bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.

Berdiri di sahkan pada tahun 1949 dan merupakan universitas tertua yang paling terhormat  di Malaysia. Nama universitas ini disingkat Malaya selama periode pra- kemerdekaan. Kampus Universitas terbaik di negeri jiran ini meliputi kawasan seluas 309 hektare.

Universitas Malaya ini merupakan pilihan pertama bagi mahasiswa top Malaysia dan populasi mahasiswa internasional Universitas Malaya datang dari lebih dari 80 mancanegara.

Universitas Malaya memiliki 12 fakultas:

  1. Fakultas Bahasa dan Linguistik
  2. Fakultas Bisnis dan Akuntansi
  3. Fakultas Ekonomi dan Administrasi
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Kedokteran
  6. Fakultas Kedokteran Gigi
  7. Fakultas Pembangunan Lingkungan (Built Environment)
  8. Fakultas Pendidikan
  9. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  10. Fakultas IPA
  11. Fakultas Sastra dan Ilmu Sosial
  12. Fakultas Teknik

Universitas ini memiliki 5 pusat:

  1. Pusat Dialog Peradaban
  2. Pusat Kebudayaan
  3. Pusat Olahraga
  4. Pusat Pembelajaran Dasar IPA (Foundation)
  5. Pusat Pendidikan Berterusan

Universitas Malaya memiliki 2 akademi:

  1. Akademi Pembelajaran Islam
  2. Akademi Pembelajaran Melayu

Terdapat 6 institut di Universitas ini:

  1. Institut Asia-Eropa
  2. Institut Kebijakan Umum dan Manajemen
  3. Institut Konsultasi Penyelidikan dan Manajemen
  4. Institut Pembelajaran Cina
  5. Institut Pembelajaran Kepala Sekolah
  6. Institut Pendidikan Pasca-sarjana

Visi dari universitas terbaik di Malaysia ini adalah memajukan pengetahuan melalui perbaikan secara terus menerus untuk semua orang, khususnya mahasiswa Universitas Malaya. Tenaga pengajar di Universitas ini tentunya sangat berkualitas, bergelar doktor dan profesor.

Sarana dan prasarana di Universitas Malaya sangat lengkap dan memadai. Fasilitas yang terkenal di kampus terbaik ini seperti, Museum of Asian Art dan Botanical Garden.

Kampus yang terletak di negeri menara petronas tersebut selalu berusaha memberikan kenyamanan untuk para mahasiswanya, karena dengan nyaman belajar maka para mahasiswa akan giat dan fokus. Hal ini sama dengan moto Universitas Malaya yaitu “Ilmu Punca Kemajuan” (Ilmu Sumber Kemajuan).

Universitas Malaya hingga saat ini telah memiliki lebih dari 100,000 alumni, yang telah menjadi para personel dan pemimpin terkemuka dan tersohor di berbagai bidang. Hal Ini menjadi suatu kebanggaan bagi universitas terbaik di Malaysia.

Kebanyakan alumni Universitas Malaya ini adalah politisi, sejarawan, artis dan sebagainya. Tun Abdul Razak dan Mahathir Mohamad adalah mantan perdana menteri Malaysia yang pernah berkuliah di sini. Juri Ardiantoro, ketua Komisi Pemilihan Umum RI tahun 2016 adalah lulusan universitas terbaik ini.

2. Universitas Sains Malaysia (USM)

universitas terbaik di malaysia Universitas Sains Malaysia (USM)
usm.my

Selanjutnya di peringkat kedua universitas terbaik di Malaysia jatuh pada Universitas Sains Malaysia. Didirikan tahun 1969 dan merupakan universitas kedua yang didirikan di Malaysia yang dikenal sebagai Universitas Pulau Pinang. Kenapa di sebut universitas Pulau Pinang? Karena kampusnya memang terletak di George Town, Pulau Pinang.

Universitas ini mempunyai 24 Fakultas. USM merupakan salah satu dari tiga universitas terbaik di Malaysia yang bertaraf universitas riset. Pada tahun 2006, USM mempunyai sekitar 30.000 mahasiswa termasuk 7.000 orang dalam tahap sarjana. Ini menjadikannya universitas tebesar di Malaysia dari segi jumlah pelajar.

Kampus yang tersebar selain di Pulau Pinang ini, ada juga yang terletak di kawasan Seri Ampangan, Nibong Tebal, Seberang Perai dan di Kelantan. USM ini menawarkan kemudahan yang cemerlang bagi kemajuan riset dan pendidikan baik itu riset lokal maupun riset luar negeri.

USM juga menawarkan tiga jenis cara belajar melalui program kelulusan, melalui penyelidikan, ataupun kombinasi antara kerja khusus dan riset, ataupun kerja khusus. Salah satu universitas terbaik di Malaysia ini memberi penekanan kepada pembangunan sumber daya manusia dan kemajuan pembangunan, pengetahuan dan industri yang kompetitif.

Kawasan riset sangat diunggulkan di USM, yang melibatkan ilmu pengkajian otak, saraf (neurosains), sains, budaya, kedokteran dan farmasi, pemprosesan bahasa asli dan bantuan terjemahan komputer, teknologi maklumat (informasi), teknologi makanan, sains polimer dan teknologi, bioteknologi, pendidikan jarak jauh, sistem informasi geografikal, struktur analisis, bahan sains, teknik, permukaan kimia, dan visi robotik.

3. Universitas Teknologi Malaysia (UTM)

universitas terbaik di malaysia Universitas Teknologi Malaysia (UTM)
nadicergas.com

Anda juga bisa terbang untuk melihat-lihat universitas di Australia, Simak Universitas Terbaik di Australia

Peringkat ketiga adalah Universitas Teknologi Malaysia. Kampus yang pada awalnya didirikan hanya khusus fakultas teknik pada tahun 1904, yang pada akhirnya tahun 1975 menjadi sebuah universitas. UTM merupakan universitas penelitian yang berfokus pada alumni dan mengedepankan inovasi.

Salah satu universitas terbaik di Malaysia ini memiliki dua kampus. Kampus UTM Kuala Lumpur dan kampus utamanya berada di Johor Bahru, terletak di lokasi yang strategis yaitu Iskandar Malaysia, merupakan pusat ekonomi yang berkembang pesat di selatan Semenanjung Malaysia.

Sejak diresmikan menjadi universitas pada tahun 1975, UTM telah memainkan peran penting sebagai kontribusi terbesar di Malaysia dalam penyediaan tenaga kerja teknikal dan profesional bagi industri-industri lokal, agen-agen pemerintahan serta perusahaan-perusahaan multinasional.

Universitas terbaik ketiga di Malaysia ini menjalankan visi untuk menjadi Universitas Penelitian Wirausaha yang terkenal di dunia, UTM dibentuk menjadi pusat keunggulan akademis dan teknologi. Sedangkan Misinya adalah menjadi pemimpin dalam pengembangan sumber daya manusia dan teknologi-teknologi kreatif yang dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan negara.

Saat ini UTM menjadi institusi utama di Malaysia untuk bidang teknik, sains dan teknologi. UTM juga terlibat secara akttif dalam kolaborasi penelitian dalam minat yang serupa dengan berbagai institusi ternama seperti Harvard University, MIT, University of Oxford dan sebagainya.

Annuar Musa, Presiden Kelantan FA sejak 2009 adalah lulusan dari Universitas Teknologi Malaysia. Selain itu, alumni dari salah satu universitas terbaik di Malaysia ialah We Ka Siong, seorang politikus Malaysia yang menjabat sebagai Anggota Parlemen Ayer Hitam, Johor sejak 2004 juga pernah berkuliah di kampus UTM ini.

4. Universitas Putera Malaysia (UPM)

Universitas Putera Malaysia (UPM) universitas terbaik malaysia
costadamalfi.com.my

Universitas terbaik di Malaysia versi Webmetrics berikutnya adalah Universitas Putra Malaysia yang biasa di singkat UPM. Universitas ini menyediakan pendidikan yang berkualitas dan lingkungan belajar yang dinamis.

Kampus ini didirikan pada tahun 1971 sebagai Universitas Pertanian Malaysia, menggabungkan antara Fakultas Pertanian Universitas Malaya dan Kolej Pertanian Malaya Serdang. Universitas ini bermula dengan tiga buah fakultas yaitu Pertanian, Perhutanan dan Kedokteran Hewan dan Sains Perternakan .

Pada awal tahu 80-an, UPM telah memperluas bidang studinya, hal ini dibuktikan dengan adanya bidang studi Sains dan Teknologi. Pada tahun 1997 Universitas terbaik di Malaysia ini berganti nama menjadi Universitas Putra Malaysia.

Kampusnya terletak di Serdang, Selangor, Malaysia. Saat ini UPM menawarkan 59 gelar sarjana, 13 diploma dan 50 program pascasarjana untuk tingkat master dan PhD. Di kampus ini terdapat lebih dari 250 bidang studi secara keseluruhan.

Visi UPM sebagai sebuah pusat perguruan tinggi yang berupaya menawarkan berbagai program studi untuk menghadapi pembangunan masa depan negara. Salah satu universitas terbaik di Malaysia ini banyak yang menjadi politisi, diantaranya Salahudin Ayub, mantan anggota Parlemen Malaysia dan Ahmad Razif Abdul Rahman.

5. Universitas Kebangsaan Malaysia

universitas terbaik malaysia Universitas Kebangsaan
streetdirectory.com.my/

Universitas yang mempunyai panggilan Universitas Nasional Malaysia ini berada di peringkat kelima universitas terbaik di Malaysia versi Webmetrics. Kampusnya terletak di Jalan Reko, Bangi, Selangor, Kuala Lumpur.

Sejak didirikan pada 18 Mei 1970, Universitas Kebangsaan malaysia (UKM) tidak hanya berhasil memenuhi visinya sebagai pendiri bangsa untuk menyesuaikan Bahasa Melayu sebagai bahasa pendidikan, tetapi juga telah menghasilkan para intelek dan ilmuan yang menjadi salah satu kebanggaan bangsa Malaysia.

Pada awalnya kampus UKM hanya terdiri dari tiga fakultas namun saat ini telah berkembang menjadi 13 fakultas, 13 institut penelitian unggul dan 2 badan komersil. Universitas tidak hanya bertambah besar tetapi juga semakin tinggi statusnya, yakni menjadi institut penelitian dalam berbagai bidang studi, termasuk menjalankan beragam pusat penelitian.

Sheikh Muszaphar Shukor, seorang pakar kesehatan Malaysia dan orang Malaysia pertama yang pergi keluar angkasa adalah lulusan Universitas Kebangsaan Malaysia. Hal inilah yang mempengaruhi bahwa UKM memang salah satu universitas terbaik di Malaysia

6. Universitas Teknologi MARA

Universitas Teknologi MARA universitas terbaik di malaysia
medicine.uitm.edu.my

Anda juga boleh berlayar ke Negara Inggris untuk menyimak pendidikan di sana. 10 Universitas Terbaik di Inggris

Peringkat keenam ialah Universitas Teknologi MARA. Didirikan pada tahun 1956, merupakan universitas terbaik di Malaysia. Pada awalnya Universitas ini bermula sebagai Dewan Latehan RIDA yang beroperasi dari tahun 1956 hingga 1965.

Dewan ini didirikan dengan tujuan sebagai pusat percobaan yang menawarkan kursus persediaan untuk remaja luar kota aliran Inggris. RIDA merupakan singkatan dari Rural and Industrial Development Authority, dibentuk pada tahun 1950 untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi penduduk bumiputera (pribumi di Malaysia).

Universitas Teknologi MARA ini terletak di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Universitas terbaik di Malaysia ini telah memiliki 3 kampus satelit, 15 kampus cabang, 9 kampus kota, dan 19 afiliansi sekolah tinggi. Saat ini ada 120.000 mahasiswa terdaftar di sini.

Semua program yang di tawarkan oleh universitas bertujuan untuk membantu mahasiswa mencapai tingkat ilmiah tertinggi dan menjadikan mereka ahli dan profesional diberbagai bidang.  Universitas terbaik di Malaysia, Universitas Teknologi MARA ini tentunya telah mendapat akreditasi dari Agensi Kelayakan Malaysia (MQA).

Terdapat 24 Fakultas di Universitas Teknologi MARA :

  1. Fakultas Ilmu Terapan
    2. Fakultas Komputer dan Ilmu Matematika
    3. Fakultas Arsitektur, Perencanaan dan Survei
    4. Fakultas Ilmu Olahraga dan Rekreasi
    5. Fakultas Kedokteran
    6. Fakultas Ilmu Kesehatan
    7. Fakultas Farmasi
    8. Fakultas Kedokteran Gigi
    9. Fakultas Teknik Kimia
    10. Fakultas Teknik Sipil
    11. Fakultas Teknik Elektro
    12. Fakultas Teknik Mesin
    13. Fakultas Hukum
    14. Fakultas Ilmu Administrasi dan Kebijakan
    15. Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media
    16. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    17. Fakultas Pendidikan
    18. Fakultas Teknologi Artistics dan Kreatif
    19. Fakultas Musik
    20. Fakultas Akuntansi
    21. Fakultas Bisnis Manajemen
    22. Fakultas Manajemen Hotel dan Pariwisata
    23. Fakultas Manajemen Informasi
    24. Fakultas Kantor Manajemen dan Teknologi

Pusat pembelajaran :

1. Akademi Studi Bahasa
2. Pusat Pikiran Islam & Memahami
3. International Education Centre
4. Institut Studi Kelulusan
5. Institut Pengembangan Pendidikan

Zaid Ibrahim adalah seorang politikus Malaysia alumni Universitas Teknologi MARA. Farid Kamil aktor dari Malaysia pernah berkuliah di sini.

7. Universitas Tenaga Nasional (UNITEN)

Universitas Tenaga Nasional (UNITEN) universitas terbaik di malaysia
10nners.blogspot.co.id

Universitas terbaik di Malaysia ke tujuh versi Webmetrics tahun 2016 yakni Universitas Tenaga Nasional. Universitas yang biasa di singkat UNITEN ini didirikan tahun 1976, merupakan salah satu universitas swasta pertama di Malaysia dan universitas ini sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan publik Tenaga Nasional berhad (TNB).

Pada awal berdiri namanya adalah Institut Latihan Sultan Ahmad Shah (ILSAS), yang merupakan sebuah pusat latihan korporat untuk Tenaga Nasional Berhad (TNB). Kemudian pada tahun 1994, ILSAS di ubah menjadi Institusi untuk perguruan tinggi yang dinamakan Institut Kejuruteraan Teknologi Tenaga Nasional (IKATAN).

Universitas terbaik di Malaysia ini memiliki dua kampus, Putra Jaya Selangor dan satu kampus tambahan di Bandar Muadzam Shah Pahang. Institusi ini menawarkan program akademik dan pelatihan keterampilan teknik.

UNITEN memiliki 4 fakultas yaitu fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas bisnis dan administrasi dan juga fakultas pascasarjana. Semua program akademiknya telah diakui oleh lembaga Akreditasi Negara Malaysia.

8. Universitas Islam Antarbangsa Malaysia

universitas terbaik di malaysia Internasional Islamic University Malaysia
drscdn.500px.org/

Universitas Islam Antarbangsa Malaysia atau lebih dikenal dengan nama Internasional Islamic University Malaysia (IIUM) berada di urutan ke delapan universitas terbaik di Malaysia versi Webmetrics 2016.

Universitas ini pertama kali didirikan tahun 1983 oleh kerajaan Malaysia yang di sponsori oleh delapan pemerintah negara yang tergabung di Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Kampus yang termasuk kedalam universitas terbaik di Malaysia ini berlokasi di Gombak, Selangor. Walaupun Universitas ini berasaskan kepada ajaran islam, namun mahasiswa non-muslim juga diterima sebagai mahasiswa di universitas ini.

IIUM menawarkan beragam program studi pada berbagai fakultas antara lain :

  1. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan
    • Kedokteran Umum
    • Keperawatan
    • Farmasi
  2. Fakultas Sains
    • Ilmu Biomedika
    • Bioteknologi
    • Matematika
    • Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Hukum
    • Hukum
    • Syariah
  4. Fakultas Ekonomika dan Ilmu Manajemen
    • Ekonomika
    • Administrasi Bisnis
    • Akuntansi
  5. Fakultas Teknik
    • Teknik Komunikasi
    • Teknik Informatika dan Komputer
    • Teknik Mekatronika
    • Teknik Penerbangan
    • Teknik Mesin
    • Teknik Bioteknologi
    • Teknik Material
  6. Fakultas Arsitektur dan Rancang Bangun
  7. Fakultas Teknologi Infomrasi dan Komunikasi
    • Teknologi Informasi
    • Ilmu Komputer
  8. Fakultas Ilmu Wahyu dan Ilmu Sosial
  9. Institut Kependidikan (INSTED)
  10. Institut Internasional Pemikiran dan Peradaban Islam (ISTAC)
  11. Institut Internasional Perbankan dan Keuangan Islam (IIiBF)

Visi dari Universitas Islam Antarbangsa Malaysia yaitu untuk menjadi pusat internasional terkemuka yang unggul di bidang pendidikan yang berusaha untuk mengembalikan peran dinamis dan progresif umat islam dalam sebuah cabang pengetahuan dan wacana intelektual.

Lulusannya kebanyakan adalah politikus, akademisi bahkan ulama. Alumni universitas islam terbaik di Malaysia ini  yang paling terkenal di Indonesia adalah Muhammad Rizieq Shihab atau lebih dikenal dengan panggilan Habib Rizieq, pimpinan organisasi Front Pembela Islam.

9. Universitas Tun Hussein Onn Malaysia

universitas terbaik di malaysia Universiti Tun Hussein Onn Malaysia
static.panoramio.com

Penasaran dengan rangking universitas di seluruh dunia? Baca juga 10 Universitas Terbaik di Dunia

Peringkat ke sembilan universitas terbaik di Malaysia versi Webmetrics adalah Universitas Tun Hussein Onn Malaysia yang biasa disingkat menjadi UTHM. Universitas ini merupakan universitas publik yang terletak di Batu Pahat, Johor, Malaysia.

Pada awalnya universitas ini mengalami perubahan nama. Pada tahun 1993 namanya adalah Pusat Latihan Staf Politeknik (PLSP). Tiga tahun kemudian berubah menjadi Institut Teknologi Tun Hussein Onn (ITTHO). Sedangkan pada tahun 2001 berubah nama menjadi Kolej Universitas Teknologi Tun Hussein Onn (KUiTTHO).

Pada tahun 2007 hingga sekarang institusi ini menjadi universitas yakni Universitas Tun Hussein Malaysia. UTHM ini termasuk dalam universitas terbaik di Malaysia.

Universitas Tun Hussein Malaysia memiliki 9 fakultas dan 3 pusat pembelajaran :

  1. Fakultas Kejuruteraan Awam dan Alam Sekitar(FKAAS)
  2. Fakultas Kejuruteraan Elektrik dan Elektronik (FKEE)
  3. Fakultas Kejuruteraan Mekanikal dan Pembuatan(FKMP)
  4. Fakultas Pegurusan Teknologi dan Perniagaan(FPTP)
  5. Fakultas Pendidikan Teknik dan Vokasional(FPTV)
  6. Fakultas Sains Komputer dan Teknologi Maklumat(FSKTM)
  7. Fakultas Sains,Teknologi dan Pembangunan Insan(FSTPI)
  8. Fakultas Teknologi Kejuruteraan(FTK)
  9. Pusat Pengajian Siswazah
  10. Pusat Pengajian Diploma
  11. Pusat Pendidikan Berterusan

10. Universitas Malaysia Pahang

Universiti Malaysia Pahang universitas terbaik di malaysia
sankus.dia.kansai-u.ac.jp

Peringkat ke sepuluh universitas terbaik di Malaysia versi Webmetrics tahun 2016 adalah Universitas Malaysia Pahang. Universitas ini merupakan universitas teknik berbasis riset dan teknologi terkemuka di Malaysia.

Universitas yang terletak di kampus Cawangan Pahang-Darul Makmur ini, pada awalnya dikenal sebagai Kolej Universitas Kejuruteraan dan Teknologi Malaysia (KUKTEM).

Pada tahun 2007, pihak kerajaan Malaysia mengubah nama KUKTEM menjadi Universitas Malaysia Pahang. Universitas terbaik di Malaysia ini disahkan menjadi universitas kejuruan diantara 19 universitas negeri lainnya di Malaysia.

Universitas ini khusus menyediakan jurusan-jurusan di bidang teknik, teknologi dan sains industri. Universitas Malaysia Pahang ini memiliki dua kampus, yaitu Pekan dan Gambang.  Kampus yang terletak kira-kira 30 kilometer dari pusat Bandar Kuantan ini mempunyai luas 65.000 m².

Jurusan-jurusan yang ditawarkan tersebar di tujuh fakultas, yaitu Teknik Mesin, Kelistrikan dan Teknik Elektro, Teknik Sipil & Sumber Daya Bumi, Kimia & Teknik Sumber Daya Alam, Sains Industri & Teknologi, Sistem Komputer & Teknik Software, Teknik Manufaktur & Manajemen Teknologi.

***

Nah itulah 10 Universitas Terbaik di Malaysia tahun 2016 versi Webmetrics. Tidak ada maksud untuk menghasut ataupun membanding-bandingkan perguruan tinggi satu dengan lainnya, karena setiap universitas memiliki keunggulan masing-masing di bidangnya.

Terlepas dari keunggulan masing-masing universitas tetaplah semua tergantung pada keinginan Anda. Artikel ini hanyalah satu dari jutaan artikel yang memuat referensi tentang universitas terbaik khususnya di negara Malaysia.

Semoga Anda tidak puas dengan artikel ini sehingga memacu anda untuk mencari referensi lain, bahkan boleh jadi Anda survey langsung ke Malaysia. Hehe Aamiin. Terimakasih banyak atas waktunya untuk membaca artikel sederhana ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *