10 Universitas Terbaik di Jogja yang Sebaiknya Anda Ketahui (Versi Dikti)

10 Universitas Terbaik di Jogja — Yogyakarta ternyata tak hanya dikenal sebagai tempat wisata dan kota budaya. Provinsi dengan luas 3,133 km² ini juga dikenal dengan istilah “Kota Pelajar” dan “Kota Pendidikan “. Mengapa disebut “Kota Pendidikan”?

Ikuti juga Universitas Terbaik di Indonesia. Mana tujuan kuliah Anda?

universitas terbaik di jogja
wonderfuljogja.tk

Ya, sebab banyaknya tokoh-tokoh pendidikan Indonesia yang lahir dan tumbuh di kota ini sebut saja Ki Hadjar Dewantoro, K.H. Ahmad Dahlan,  Abdul Malik Fadjar, Anies Baswedan, dan masih banyak tokoh-tokoh pendidikan nasional lainnya yang tumbuh di Yogyakarta.

Adapun sebutan “Kota Pelajar”juga bukan tanpa alasan, banyak kampus-kampus berdiri di kota ini. Kualitas kampusnyapun tidak bisa diragukan lagi.

Bahkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan perguruan tinggi tertua di Indonesia.

Adapun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yaitu Universitas Islam Indonesia (UII)  juga perguruan tinggi swasta tertua Indonesia yang berada di kota ini.

Namun bukan hanya karena terdapat kampus tertua di Indonesia, tetapi di Yogyakarta masih banyak perguruan-perguruan tinggi lainnya. Setidaknya, terdapat 110 perguruan tinggi yang tersebar di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Dari 110 perguruan tinggi tersebut, ada 5 universitas negeri di Yogyakarta, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Unversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Institut Seni Indonesia (ISI), dan yang baru dua tahun menjadi perguruan tinggi negeri, Univesitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Selain kelima universitas negeri tersebut, masih ada  17 universitas swasta, 4 institut swasta, 41 sekolah tinggi, 10 politeknik, dan 33 akademi.

Tidak salah jika Yogyakarta mendapat istilah “Kota Pendidikan” dan “Kota Pelajar”? Dilihat dari banyaknya cendekiawan yang lahir di kota ini dan adanya ratusan kampus yang terakreditasi. Selain itu, kualitas pendidikannya yang sudah teruji, fasilitas pendidikan yang sangat mumpuni, serta lulusan dengan berbagai ahli kompetensi.

Bagi kalian yang akan kuliah di Yogyakarta, pilihlah kampus yang paling kalian minati. Banyaknya kampus di Yogyakarta, akan membuat kalian bingung jika tidak ditentukan sejak dini. Di sini saya akan mengulas tentang 10 universitas terbaik di Jogja.

10 Universitas Terbaik di Jogja Versi Dikti

Artikel ini berguna untuk kalian dalam memilih kampus sesuai apa yang kalian minati.  Sesuai Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 492.A/M/Kp/Vii/2015 tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 2015.

Dalam surat keputusan tersebut, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) melakukan pemeringkatan terhadap 3320 perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan kriteria:

  1. Kualitas SDM;
  2. Kualitas Manajemen;
  3. Kualitas Kegiatan Mahasiswa dan;
  4. Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Maka dipilihlah 10 universitas terbaik di Provinsi D.I.Y. sebagai berikut :

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

bulaksumur UGM Universitas Gajah Mada
residence.ugm.ac.id

Inilah Universitas Terbaik di Dunia. Perdalam wawasan cita-cita Anda

Peringkat pertama dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM merupakan Perguruan Tinggi Negara (PTN) tertua di Indonesia.

Didirikan oleh presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno pada tanggal 19 Desember 1949. UGM merupakan universitas yang berperan sebagai pengemban Pancasila dan universitas pembina di Indonesia.  UGM terletak di Jalan Bulaksumur, Yogyakarta.

Terdapat 18 fakultas di universitas ini, yaitu :

  1. Fakultas Biologi
  2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Budaya
  4. Fakultas Farmasi
  5. Fakultas Filsafat
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  7. Fakultas Geografi
  8. Fakultas Hukum
  9. Fakultas Kedokteran
  10. Fakultas Kedokteran Gigi
  11. Fakultas Kedokteran Hewan
  12. Fakultas Psikologi
  13. Fakultas Kehutanan
  14. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  15. Fakultas Pertanian
  16. Fakultas Peternakan
  17. Fakultas Teknik
  18. Fakultas Teknik Pertanian.

Tenaga pengajar UGM sangat berkualitas, bergelar doktor dan profesor dari universitas terkenal di luar negeri. Kurikum yang diajarkan juga selalu mengalami perkembangan. Sarana dan prasarana di UGM pun sangat lengkap dan memadai.

Visi UGM sendiri adalah menjadi  pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif. Mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nila-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta
fila174.blogspot.com

Peringkat kedua dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). UNY didirikan pada tanggal 21 Mei 1964.  UNY merupakan perkembangan dari Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta yang terletak di Jalan Colombo no.1.

Terdapat 7 fakultas di universitas ini, di antara lain :

  1. Fakultas Pendidikan Keolahragaan
  2. Fakultas Ilmu Pendidikan
  3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  4. Fakultas Ilmu Sosial
  5. Fakultas Bahasa dan Seni
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Ekonomi

UNY siap menuju World Class University terbukti dengan hadirnya tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai yang profesional, terdapat pusat komputer, sarana olahraga berstandar internasional, dan laboratorium penelitian yang sudah modern.

Visi UNY sendiri adalah menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendikiaan. UNY mendapat julukan The Green Campus sebab lingkungannya yang begitu asri dan kondusif.

3. Universitas Sanata Dharma (USD)

Kampus Sanata Dharma
usd.ac.id

Peringkat ketiga dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Sanata Dharma (USD). USD adalah universitas Katholik yang terletak di Jalan Mrican Tromolpos no.29 Yogyakarta. USD didirikan oleh Prof. M. Yamin pada tahun 1950. Terdapat 7 Fakultas di universitas ini yaitu :

  1. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Sastra
  4. Fakultas Sains dan Teknologi
  5. Fakultas Farmasi
  6. Fakultas Psikologi
  7. Fakultas Teologi

Saat ini USD telah berkembang menjadi universitas yang berusaha untuk memajukan sistem pendidikan guru. Selain itu, USD juga ingin berpartisipasi dalam memperlus wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. USD memiliki visi menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

kampus UMY
umy.ac.id

Peringkat ke-empat dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). UMY berada di Jalan Lingkar Selatan , Kasihan, Bantul.  UMY didirikan oleh Profesor Dr.Kahar Muzaki pada tanggal 1 Maret 1981. Terdapat 6 fakultas di universitas ini di antaranya :

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Agama Islam
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

UMY ingin menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang Islami dalam konteks kehidupan individual maupun sosial.  Adapun visi UMY sendiri adalah menjadi universitas yang unggul dalam hal pengembangan ilmu dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan ummat.

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)

Kampus ISI Yogyakarta
alifahaiyatama.blogspot.com

Peringkat ke-lima dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Institut Seni Indonesia atau lebih dikenal dengan ISI didirikan pada tanggal 30 Mei 1984.

ISI diresmikan oleh Prof.Dr. Nugroho Notosusanto yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.  ISI terletak di Jl. Parangtritis Km.6, kel.Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Terdapat 3 fakultas di ISI, yaitu :

  1. Fakultas Seni Pertunjukan
  2. Fakultas Seni Rupa
  3. Fakultas Seni Media Rekam.

Tujuan didirikannya ISI adalah ingin menyelenggarakan bidang pengkajian, penciptaan, dan penyajian seni yang unggul. Berwawasan kebangsaan, untuk memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan falsafah Pancasila.

Tidak  jauh dari tujuan didirikannya, ISI Yogyakarta sendiri memiliki visi menjadi pelopor perguruan tinggi seni nasional yang unggul, kreatif, dan inovatif berdasar Pancasila.

6. Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus UII Jogja
widhiyanovatiar.blogspot.com

Peringkat ke-enam dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Islam Indonesia (UII).  UII ini adalah perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. UII didirikan pada tanggal 8 Juli 1945. Dahulunya UII bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) hingga tiga tahun berselang, nama STI ini berubah menjadi Universitas Islam Indonesia.

UII terletak di berbagai tempat di Yogyakarta. Namun kampus utama UII berada di Jl. Kaliurang KM 14,5 kabupaten Sleman, Yogyakarta. Fakultas Ekonomi berada di Jl.Ringroad Utara, Condongcatur. Fakultas Hukum di Jl.Taman Siswa, dan kampus lainnya tersebar di Jl. Demangan, Sleman dan Jl. Teuku Cik Dik Tiro.

Terdapat   9 fakultas di universitas ini yaitu :

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ilmu Agama Islam
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya
  5. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  6. Fakultas Teknologi Industri
  7. Fakultas Ekonomi
  8. Fakultas International Program
  9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

UII memiliki pondok pesantren, masjid, perpustakaan, gelanggang, dan masih banyak sarana serta prasarana yang menunjang mahasiswa. Visi dari UII sendiri adalah terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai rahmatan lil alamin.

Memiliki komitmen pada kesempurnaan dan risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah.

7. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND

kampus akprind Jogja
infoterbaru-pts.blogspot.com

Peringkat ke-tujuh dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. AKPRIND berdiri pada tanggal 12 Mei 1972 yang diresmikan oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII.

Sama halnya UII, kampus AKPRIND tersebar di berbagai wilayah Yogyakarta. Ada yang di Klitren, Gondokusuman, ada yang di Jl. Kalisahak No. 28 komplek Balapan Tromol dan ada yang di Jl. Dewa Nyoman Oka No.32, Kotabaru.

Terdapat 3 fakultas di AKPRIND yaitu :

  1. Fakultas Teknologi Industri
  2. Fakultas Sains Terapan
  3. Fakultas Mineral

AKPRIND mengupayakan lulusan sesuai dengan kebutuhan tenaga sains dan teknologi yang profesional untuk menunjang industrialisasi dan rekayasa industri di masyarakat. Sesuai dengan visi AKPRIND sendiri yakni menjadi institut yang favorit dan unggul di bidang sains dan teknologi secara nasional.

8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

kampus atma jaya jogja
uajy.ac.id

Peringkat ke-delapan dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). UAJY didirikan pada tanggal 27 September 1965.

UAJY merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katholik.  UAJY memiliki kampus empat gedung yang letaknya saling terpisah di Jl. Babarsari, kecuali kampus I, letaknya di Jl.Mrican Baru No.28 Yogyakarta.

UAJY memiliki 6 fakultas di antaranya :

  1. Fakultas Teknobiologi
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Hukum,
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Teknologi Industri

UAJY bertujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global. Sesuai visinya, UAJY berupaya menjadi Komunitas Atma Jaya Yogyakarta yang berjiwa unggul, inklusif, dan humanis.

Selain itu, UAJY ingin untuk mampu turut serta memberi sumbangan pada kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran.

9. Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA)

kampus unisa jogja
kabar-rumah-sakit.com

Peringkat ke-sembilan dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Universitas Aisyiyah. Sebelum menjadi Universitas Aisyiyah dahulunya univesitas ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Aisyiyah.  Pada tanggal 10 Maret 2016 mulai berubah bentuk menjadi universitas.

Universitas Aisyiyah Yogyakarta atau disingkat UNISA ini mulai berdiri pada tanggal 10 Juli 1963. UNISA berada di Jalan Ringroad Barat No.63, Nogotirto, Gamping, Sleman. Didirikannya UNISA diawali dari berdirinya Sekolah Bidan Aisyiyah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Terdapat 14 program pendidikan di UNISA yaitu :

  1. Pendidikan bidan
  2. Ilmu keperawaan
  3. Profesi keperawatan
  4. Ilmu komunikasi
  5. Psikologi
  6. Administrasi publik
  7. Bioteknologi
  8. Arsitektur
  9. Akuntansi
  10. Manajemen
  11. D4 Analisis Kesehatan
  12. D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi
  13. D3 Kebidanan,
  14. Fisioterapi

Universitas Aisyiyah sendiri memiliki visi untuk menjadi universitas berwawasan kesehatan, pilihan dan unggul berdasarkan nilai-nilai Islam. Selain itu, Aisyiyah memiliki tujuan untuk berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam rangka mencapai cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.

Cita-cita itu dilandasi dengan niat luhur dan atas dorongan serta motivasi Allah yang termuat dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11. Artinya “Allah akan meninggikan derajat orang-orang mukmin dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan.”

10. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM

Kampus Stimik Amikom Jogja
jaixray.blogspot.com

Peringkat ke-sepuluh dari 10 universitas terbaik di Jogja versi DIKTI adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM. AMIKOM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang bediri pada tanggal 29 Desember 1992.

AMIKOM merupakan perpaduan dari akademi manajemen informatika dan komputer. Kampus terpadu AMIKOM terletak di Jl. Ring Road Utara, Condongcatur, Sleman.

Saat ini AMIKOM memiliki 5 program studi yaitu :

  1. D3 Manajemen Informatika
  2. D3 Teknik Informatika
  3. S1 Teknik Informatika
  4. S1 Sistem Informasi
  5. S2 Magister Teknik Informatika.

Tujuan berdirinya AMIKOM adalah ingin membentuk tenaga ahli siap pakai yang menguasai teknologi informasi, berakhlak mulia, mampu bersikap dan bekerja secara profesional, berguna bagi masyarakat.

Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, mencetak tenaga terampil yang siap menerapkan kemampuan dalam penguasaan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

Visi AMIKOM sendiri adalah menjadi sekolah tinggi kelas dunia yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis entrepreneursip.

10 daftar perguruan tinggi terbaik yang ditulis di atas adalah menurut versi DIKTI tahun 2015 yang coba dikembangkan oleh penulis. Adapun versi 4ICU tahun 2013, 10 universitas terbaik di Jogja adalah :

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Islam Indonesia (UII)
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  5. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
  6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
  7. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
  8. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
  9. Universitas Sanatha Dharma (USD)
  10. Intitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Tidak ada maksud apapun yang sifatnya mengkomparasikan perguruan tinggi satu dengan lainnya. Semua memiliki keunggulan masing-masing di bidangnya. Selain DIKTI, masih ada banyak lembaga penelitian yang memiliki penilaian berbeda dari DIKTI.

Bagi kalian yang bingung ingin meneruskan pendidikan di perguruan tinggi mana, semoga artikel ini bisa menjadi jawaban Anda.

Saya, manusia dengan mimpi sejuta karya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *