Narasi 10 Universitas Terbaik di Jepang

Kuliah di Jepang
blog.reservasi.com

UNIVERSITAS TERBAIK DI JEPANG — Percaya atau tidak, ketika penulis disuruh menulis artikel yang satu ini jadi kebawa ke zaman SMP dulu. Hehehe, penulis sendiri ketika SMP suka sekali mendengarkan lagu-lagu Jepang yang ada dalam anime atau manga dari sana. Jadi baper gimana gitu,,, huhuhu

Bicara soal kualitas pendidikan di Jepang, jangan ditanya. Salah satu yang terbaik di dunia setelah Finlandia dan Israel. Banyak juga lho mahasiswa kita yang kuliah di sana melalui jalur beasiswa maupun perseorangan. Selain itu banyak beasiswa yang ditawarkan bagi pemerintah Jepang maupun swasta yang berminat melanjutkan studi di sana.

Tapi ya itu, kalau kamu memang niat kuliah di sana sebaiknya harus bisa beradaptasi dengan kata satu ini: disiplin. Yap, negeri ini bisa dikatakan sangat disiplin terutama soal waktu. Ibarat pekerja yang selalu ngejar deadline, tidak ada istilah malas apalagi ngaret. Hehehe, tuntutan perguruan tinggi di sana termasuk tinggi untuk soal itu. Sayangkan kalau ke sana cuma main dan jalan-jalan tanpa belajar banyak dari sana?

Untuk sistem perguruan tingginya sendiri hampir mirip di Amerika Serikat. Istilah sekolah di sini merujuk pada pendidikan dibawah sarjana atau setara D3. Sedangkan istilah fakultas dan graduate school  merujuk pada tingkat sarjana dan pascasarjana (S1/S2/S3). So, jangan bingung dengan istilah tersebut di artikel ini. Hehehe…

10 Universitas Terbaik di Jepang

Penasaran mana saja 10 universitas terbaik di Jepang? Di bawah ini saya sarikan dari data Webometrics bulan Juni 2017.

1. University of Tokyo (Todai)

Universitas terbaik di Jepan Tokyo
http://asia.nikkei.com

Langsung melangkah ke ibukota negeri Matahari terbit, kita bertemu dengan universitas terbaik dan tertua di sana. Sekaligus salah satu yang terbaik di dunia karena menempati peringkat 48 dunia versi Webometrics. Yup, universitas ini berdiri di ibukota Jepang, yaitu kota Tokyo.

Awalnya universitas ini merupakan penggabungan dari sekolah kedokteran milik pemerintah dengan pembelajaran ala Barat. Pada tahun 1877, Jepang yang diperintah oleh dinasti Meiji kala itu lalu mendirikan universitas ini dengan nama “The Imperial University” atau dalam bahasa Jepang dinamakan Teikoku Daigoku.

Dari namanya sudah terlihat bahwa universitas ini adalah universitas milik kekaisaran Jepang. Sampai sekarang universitas ini bersifat publik, atau milik nasional pemerintah. Disamping itu, universitas ini merupakan salah satu dari tujuh universitas awal yang didirikan di negeri bunga Sakura tersebut.

Saat ini, perguruan tinggi ini memiliki sekitar 30.000 mahasiswa. Memiliki juga 10 fakultas berbeda meliputi sains, matematika, kedokteran, farmasi, teknik, hukum, sastra, seni, dan ekonomi.

Menariknya universitas ini memiliki fakultas farmasi yang dibedakan dengan keilmuan sains maupun kedokteran. Kabar baik bagi teman-teman yang ingin belajar bagaimana membuat obat-obatan.

Oh ya, universitas ini untuk ukuran Asia adalah salah satu yang terbaik. Bahkan menurut Academic Ranking of World Universities (ARWU) di tahun 2012, menempatkan universitas ini di peringkat pertama di Asia. Wow!.

Alumni dari universitas ini setidaknya telah meraih 20 gelar Nobel berbeda. Kebanyakan dari keilmuan farmasi dan fisika, serta uniknya kesemuanya notabene adalah orang Jepang sendiri. Tertarik belajar di sini?

2. University of Kyoto (Kyodai)

Universitas terbaik di Jepang Kyoto
www.opir.kyoto-u.ac.

Habis dari Tokyo, kita pergi ke kota kembarnya Yogyakarta dari Jepang. Hehehe, kebetulan kota Kyoto ini dulunya merupakan pusat ibukota kekaisaran Jepang pada masa Edo sebelum dipindahkan ke Kyoto. Kota kuno ini pada masa sekarang adalah pusat kebudayaan dan pendidikan.

Karena riwayatnya yang hampir mirip-mirip kota Yogyakarta itulah kedua kota ini menjalin kerja sama sister province. Bahkan, kata orang Jepang di sana kota ini merupakan kampung halamannya semua orang Jepang. Widih…

Universitas ini merupakan adaptasi dari sekolah tinggi kimia yang sebelumnya sudah didirikan pada tahun 1869 dengan nama Seimi Kyoku. Nah pada tahun 1897, universitas ini digabung dengan sekolah lain dan berubah nama menjadi Kyoto Imperial University (Kyoto Teikoku Daigaku).

Universitas kedua tertua di Jepang dan berstatus milik kekaisaran Jepang pada awalnya  serta  termasuk dalam sebuah sistem tiga universitas lama yang dikenal dengan nama Daisan Koto Gakko. Singkat cerita universitas ini kini tetap menyAndang sebagai perguruan tinggi nasional di bawah kementrian pendidikan di negeri matahari terbit itu.

Universitas yang berdiri di kota pendidikan dan kebudayaan ini menempati tanah seluas 135 hektar. Memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa, serta memiliki sejumlah fakultas yang terdiri atas 19 sekolah tingkat sarjana (graduate) dan 10 fakultas pascasarjana (post graduate).

Kabar baik bagi teman-teman yang berminat di bidang sains, di sini fakultas yang membidangi ilmu alam seperti kimia, biologi, fisika dan matematika dipisahkan ke dalam sekolah yang berbeda. Tentunya lebih spesifik dari segi keilmuannya.

Bagi teman-teman yang ingin belajar ilmu hukum di sini juga oke, sangat oke malahan. Karena menurut Japanese Bar Examination di tahun 2009 dan 2010 menempatkan universitas ini sebagai yang terbaik untuk sekolah ilmu hukum di Jepang.

Oh ya, peringkatnya sendiri termasuk ngeri-ngeri sedap sama Tokyo. Untuk peringkat dunia menurut Academic Ranking of World Universities (ARWU) di tahun 2012, menempatkan universitas ini di peringkat kedua di Asia setelah Universitas Tokyo. Ngeri ya?.. hehehe..

Alumninya sendiri telah berhasil menggondol 10 gelar Nobel dari berbagai bidang yang juga kesemuanya adalah orang Jepang sendiri. Lagi-lagi universitas di Jepang ini termasuk sukses mencetak alumni lokal yang berkualitas Internasional!

3. Osaka University (HAndai)

Universitas Terbaik di Jepang Osaka University (HAndai)
www.osaka-u.ac.jp

Kita sekarang menuju prefektur Osaka yang sebenarnya kalau teman-teman lihat di peta tidak jauh dari Kyoto. Masih sama-sama kota budaya, namun kalau tidak salah kota ini juga merupakan markas besar salah satu perusahaan otomotif terkemuka dunia, yaitu Suzuki. Hmm menarik ya?,

Awalnya universitas ini merupakan sekolah tinggi humaniora yang berbasis sistem pendidikan ala samurai bernama Kaitokudo. Berdiri pada tahun 1724 pada masa Edo, lalu berdiri lagi sebuah sekolah Samurai bernama Tekijuku pada tahun 1838. Pengembangan sekolah ini lalu mencampurkan berbagai keilmuan sains, kedokteran dan keilmuan lainnya, namun tetap berbasis sekolah ala samurai.

Jadi bisa dibayangkan sekolah ini hampir mirip dengan yang ada di film serial Naruto begitu. Tapi bukan buat belajar jurus apalagi jadi ninja ya, jadinya ya akademisi. Hehehe, singkat cerita sesudah Perang Dunia II, perguruan tinggi ini berubah nama menjadi seperti yang sekarang kita lihat. Basis kedokterannya masih begitu terasa sampai sekarang. Jadi yang tertarik untuk jadi dokter, universitas ini layak jadi pilihan.

Terdapat lebih dari 25.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Terdapat 11 fakultas setara pendidikan D3 dan 16 sekolah setara S1/S2/S3. Perguruan tertua keenam di negeri Matahari Terbit ini juga memiliki dua rumah sakit universitas.

Dari segi peringkat, universitas ini menurut Academic Ranking of World Universities (ARWU) ada di ranking 96 dunia dan keempat terbaik di Jepang. Wuss, selain itu universitas ini juga unggul di bidang ilmunology, atau keilmuan yang mempelajari tentang daya tahan tubuh manusia. Satu lagi keilmuan unik yang masih jarang terdengar di tanah air.

Alumninya telah meraih satu gelar Nobel di bidang Fisika atas nama Hideki Yukawa. Selain itu ada nama alumni populer di dunia seperti Toru Kumon (pengembang cara belajar Kumon), Akira Yoshino (penemu baterai Lithium-Ion yang sering digunakan di berbagai perangkat gadget) dan Akio Morita (pendiri perusahaan Sony).

4. Tohoku University (Tohokudai)

Universitas terbaik di Jepang Tohoku University (Tohokudai)
http://japanest-nippon.com

Sekarang kita melangkah di prefektur Miyagi, tepatnya di kota Sendai. Kota ini terkenal akan legenda samurai dengan julukan “Naga bermata satu” yang bernama Date Masamune. Hehehe, satu lagi kota tua di Jepang yang lekat dengan kebudayaan Jepang.

Sebenarnya perguruan tinggi ini adalah perguruan tinggi ketiga tertua di Jepang yang didirikan pada era Meiji. Meskipun begitu akar perguruan tinggi satu ini dimulai ketika berdirinya sekolah kedokteran bernama Meirin Yokendo pada tahun 1736. Lalu pada tahun 1907 universitas ini berubah nama menjadi Tohoku teikoku daigoku alias Universitas Imperial Tohoku dengan sistem yang sama dengan Universitas Tokyo dan Kyoto.

Universitas ini jika dibandingkan dengan universitas lain di Jepang termasuk yang paling sedikit jumlah mahasiswanya, yaitu sekitar 18.000 mahasiswa. Walaupun begitu universitas ini cukup lengkap kok dengan 10 fakultas dan 15 sekolah setara S1 yang meliputi keilmuan sastra-seni, ekonomi, sains, kedokteran-kedokteran gigi, edukasi dan teknik.

Universitas ini unggul pada keilmuan yang disebut sebagai ilmu material, sebuah keilmuan yang mempelajari materi pembuatan benda sampai bangunan. Ilmu yang terdengar jarang sekali dan dibutuhkan di tanah air.

Khusus keilmuan tersebut universitas ini adalah salah satu yang terbaik di dunia menurut lembaga Internasional Thomson-Reuters. Sedangkan untuk peringkat dunianya, universitas ini menempati ranking 70 dunia menurut QS World University Rankings di tahun 2012.

Alumninya telah berhasil mendapatkan satu gelar Nobel di bidang Kimia atas nama Koichi Tanaka. Satu alumni yang penulis kenal adalah Kazumasa Oda, seorang musisi yang terkenal di negeri Sakura ini.

5. Nagoya University (Meidai)

Universitas terbaik di Jepang Nagoya University
http://www.engg.nagoya-u.ac.jp

Yuk kita melangkah jauh ke daerah Nagoya, yang ada di prefektur Aichi. Ada universitas yang tua juga di sana. Bahkan universitas ini tercatat sebagai universitas terakhir yang didirikan kekaisaran Jepang selama periode Meiji. Wih gimana ceritanya itu ya?

Sama dengan universitas yang pertama kali berdiri di Jepang, akar pendirian perguruan tinggi ini juga awalnya adalah sebuah sekolah tinggi ilmu kedokteran. Lah, kedokteran lagi, hehehe. Universitas ini juga berdiri pada tahun 1871. Sepertinya keilmuan kedokteran di Jepang maju ya, sampai akar universitasnya banyak mengacu pada sekolah kedokteran.

Namanya lalu berubah menjadi Nagoya teikoku daigoku atau Universitas Kekaisaran Nagoya pada tahun 1939. Praktis dengan perubahan nama tersebut, semakin menguatkan bahwa universitas tersebut adalah milik kekaisaran Jepang kala itu. Barulah di tahun 1947 atau sesudah Perang Dunia II, universitas ini namanya berubah seperti yang kita lihat sekarang.

Universitas ini ternyata jauh memiliki jumlah mahasiswa yang lebih sedikit. Bahkan jika dibandingkan Tohoku, perguruan tinggi ini masih lebih kecil lagi dengan 14.000 mahasiswa. Namun jumlah fakultas dan sekolahnya masih banyak pilihan kok dengan 9 fakultas serta 13 sekolah setara S1 yang meliputi keilmuan ekonomi, hukum, sains, sastra, ilmu lingkungan, pengembangan Internasional, ilmu informasi, kedokteran, agrikultur dan lain sebagainya.

Namun dengan jumlah mahasiswa yang “minimalis” tersebut, ternyata menjadikan universitas ini sebagai universitas yang memiliki reputasi terbaik di Jepang versi lembaga NBP. Widih, (((reputasi))) hehehe.

Ow ya bagi kawan-kawan yang tertarik terhadap keilmuan kegunung-apian atau vulkanolog dan irigasi bencana universitas ini bisa jadi pilihan tepat. Karena mereka memiliki laboratorium khusus mengenai hal tersebut. Satu lagi jurusan langka namun dibutuhkan di tanah air.

Alumninya sendiri telah meraih gelar 6 Nobel dari bidang kimia, fisiologi dan fisika. Bahkan penemu layar Blue-LED yaitu Hiroshi Amano dan Isamu Akasaki merupakan alumni universitas ini. Alumninya kebanyakan adalah ilmuwan di bidang kimia, fisiologi dan matematikawan terkemuka.

6. Hokkaido University (Hokudai)

Universitas terbaik di Jepang Hokkaido University
https://stbooking.co

Sekarang kita melangkah ke utara Jepang, tepatnya di pulau Hokkaido yang salah satu penghuninya adalah suku asli Jepang yaitu suku Ainu. Yap pulau yang lautnya berseberangan dengan pulau Sakhalin (Rusia) ini punya universitas yang masih satu akar dengan Universitas Tohoku. Loh kok bisa?

Berbeda dengan kebanyakan universitas di Jepang yang akar keilmuan awalnya adalah kedokteran, perguruan tinggi ini awalnya adalah sebuah sekolah agrikultur alias pertanian. Sapporo Nogaku adalah nama awal perguruan tinggi yang berdiri pada tahun 1876.

Uniknya, perguruan tinggi ini didirikan oleh William S. Clark, seorang ilmuwan botani dan kolonel tentara utara pada Perang Saudara di Amerika Serikat kala itu. Ketika itu ia diminta oleh pemerintah Jepang untuk memimpin universitas ini. Sampai sekarang ia dikenang rakyat Hokkaido karena jasa-jasa dan keilmuan yang ia wariskan.

Nah Sapporo Nogaku ini adalah sekolah yang merupakan cabang fakultas Universitas Tohoku dan resmi berpisah pada tahun 1918 dengan membentuk Universitas Kekaisaran yang baru bernama Hokkaido Teikoku Daigoku. Praktis sejak saat itu universitas ini mengembangkan diri sebagai institusi pendidikan utama di Pulau Hokkaido.

Saat ini jumlah mahasiswa yang berkuliah di sini ada sekitar 20.000. Seperti universitas di Jepang lainnya, universitas ini memiliki 14 fakultas dan 17 sekolah yang meliputi keilmuan agrikultur, sains, matematika, kebijakan publik, veteriner, ilmu perikanan, farmasi, ekonomi dan lain sebagainya.

Selain agrikultur yang memang menjadi magnet tersendiri di sini, terdapat jurusan ekonomi yang merupakan salah satu yang terbaik di Jepang. Selain itu jangan lupakan ilmu perikanan, satu jurusan yang tidak lengkap rasanya jika belajar ke Jepang tapi tidak menyelami ilmu ini. Bisa jadi salah satu pilihan kawan-kawan yang hendak belajar mengenai perikanan.

Alumninya telah meraih satu gelar Nobel atas nama Akira Suzuki pada keilmuan kimia. Lulusannya kebanyakan adalah ilmuwan sains dan penulis.

7. Kyushu University (Kyudai)

Universitas terbaik di Jepang Kyushu University
http://www.share.kyushu-u.ac.jp

Nah kali ini kita melenggang pulau paling selatan negeri Sakura, tepatnya di prefektur Fukuoka di Pulau Kyushu. Kota industri berat sekaligus pelabuhan yang menggerakkan hampir separuh ekonomi Jepang. Juga merupakan salah satu pintu masuk ke negeri Ginseng alias Korea.

Universitas Kyushu ini merupakan universitas tertua keempat di Jepang yang berdiri di era pemerintahan Meiji. Akar perguruan tinggi ini juga sama dengan universitas kekaisaran lainnya yang mengadopsi sekolah kedokteran pada tahun 1867. Pada tahun 1911 barulah namanya berubah menjadi Kyushu Teikoku Daigoku.

Satu hal yang membedakan universitas ini dengan perguruan tinggi lain di Jepang adalah program Internasionalnya yang begitu banyak. Mulai dari kerja sama teknologi, institusi sampai pengembangan perguruan tinggi baru menjadi konsen utama universitas ini.

Terdapat lebih dari 18.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Terdapat 13 sekolah setara D3, 15 fakultas setara S1/S2/S3 yang meliputi keilmuan bisnis, sains, matematika, farmasi, teknik, desain, teknologi informasi, kedokteran-kedokteran gigi, ekonomi, hukum dan sebagainya.

Bagi kawan-kawan yang ingin belajar keilmuan biologi dan farmasi, universitas ini termasuk yang terbaik di Jepang. Selain itu banyak program beasiswa baik dalam dan luar negeri yang diselenggarakan universitas ini dengan berbagai lembaga yang menaunginya.

Alumninya kebanyakan berprofesi sebagai ilmuwan di bidang saintis. Beberapa diantaranya juga terdapat politisi terkemuka di negeri Sakura ini.

8. Keio University (Keidai)

Universitas Terbaik di Jepang Keio University (Keidai)
http://www.cems.org

Kembali lagi ke Tokyo, ada perguruan tinggi swasta terbaik di negeri Sakura ini. Bahkan bisa dibilang universitas ini adalah kembarannya Brown University (salah satu universitas anggota Ivy  League, kumpulan universitas elit di Pantai Timur Amerika, Red). Kok bisa gitu?

Berdiri pada tahun 1858 di distrik Minato prefektur Tokyo, universitas ini didirikan oleh Fukuzawa Yukichi. Ia sendiri pernah belajar mengenai sistem pendidikan di Universitas Brown sebelum akhirnya mendirikan universitas ini.

Praktis sistem yang dipakai universitas ini sendiri diadaptasi dari salah satu universitas kondang di negeri Paman Sam tersebut. Sedangkan jurusan dan keilmuan yang diajarkan awalnya oleh Yukichi Sensei sendiri adalah studi Barat/Eropa. Bisa dikatakan dari segi sistemnya, universitas ini adalah yang paling kelihatan “Barat” ketimbang universitas di Jepang lainnya yang memadukan unsur pendidikan Barat dan Timur.

Jika dibandingkan dengan universitas lain di Jepang, jumlah mahasiswa yang berkuliah di sini sangat banyak. Ada sekitar 30.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Terdiri atas 10 fakultas dan 13 sekolah yang tersedia mulai dari keilmuan sastra, ekonomi, bisnis, hukum, sains, kedokteran, studi kebijakan dan lain sebagainya.

Universitas ini unggul pada keilmuan bisnisnya yang termasuk paling bagus di negeri Sakura versi lembaga Eduni MBA. Jadi bagi yang berminat belajar bisnis di Jepang, universitas ini bisa dijadikan pilihan utama.

Menariknya, kebanyakan alumninya adalah politisi baik di negeri Sakura sendiri maupun luar negeri. Junichiro Koizumi, mantan PM Jepang adalah salah satu alumninya yang terkenal. Pebisnis dan aktor Jepang banyak juga lho yang kuliah di universitas ini.

9. Tokyo Institute of Technology (Tokodai)

Universitas terbaik di Jepang Tokyo Institute of Technology (Tokodai)
https://ploybites.wordpress.com

Tokyo lagi, Tokyo lagi. Sepertinya sekalipun Kyoto adalah kota pendidikan, nyatanya universitas beken di Jepang kebanyakan berada di Tokyo. Sampai-sampai penulis hampir terbalik menulis kedua kota itu lantaran namanya hampir sama, bahkan tinggal dibalik udah ganti kota (Kata Tokyo-Kyoto, hampir sama kan?). Tapi yang satu ini agak beda dengan universitas lain di Jepang karena berbasis Institut.

Jika di Amerika Serikat, institut ini bisa dikatakan sebanding dengan Massachussets Intitute of Technology alias MIT yang kondang itu. Perguruan tinggi yang nama aslinya adalah Tokyo Kogyo Daigaku ini berdiri 1881 atau beberapa tahun pasca Restorasi Meiji. Institut terbaik di negeri Sakura ini. Institut yang basisnya adalah keilmuan teknik ini juga sama dengan Keio, mengadopsi gaya pendidikan Barat.

Mahasiswa yang berkuliah di sini sekitar 10.000 mahasiswa saja. Lebih sedikit namun wajar mengingat ini adalah sebuah institut. Memiliki 3 sekolah setara D3 dan 6 sekolah setara pendidikan sarjana dan pasca sarjana yang meliputi keilmuan teknik, biologi, astronomi, manajemen inovasi dan lain-lain.

Institut ini nyatanya merupakan salah satu perguruan tinggi di Jepang yang penerimaan mahasiswanya sangat selektif. Untuk bidang tekniknya sendiri menurut QS World Academic Rankings, menempatkan perguruan tinggi ini pada peringkat 20 besar dunia. Jadi sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin belajar teknik dan macam keilmuannya.

Alumninya sendiri kebanyakan juga bergerak sebagai ilmuwan saintis atau teknisi di berbagai bidang. Namun tingkat penerimaan alumninya salah satu yang terbaik di Jepang dan masuk 100 besar dunia pada list alumni dan CEO yang bekerja pada perusahaan seluruh dunia versi lembaga asal Perancis, Ecole des Mines de Paris. Wuih, mau jadi teknisi sekaligus CEO berkelas dunia?

10. Tsukuba University (Tsukuba Daigaku)

Universitas Terbaik di Jepang Tsukuba University
https://thecartersinjapan.com

Nah kita sekarang kita ke bagian tenggara Jepang, tepatnya di kota Tsukuba, prefektur Ibaraki. Kota ini bisa dikatakan Silicon Valley-nya negeri Sakura karena penggerak utama kota ini adalah perusahaan yang bergerak di bisnis ritel atau komunikasi dan informasi. Jadi inget Stanford, hehehe…

Universitas ini jika dibandingkan dengan universitas lain di Jepang justru paling muda dari segi umurnya. Baru berdiri pada bulan Oktober 1973, bahkan masih kalah tua ketimbang universitas di Indonesia macam UGM, UI atau ITB.

Tapi meskipun begitu sebenarnya perguruan tinggi ini merupakan pecahan Universitas Tokyo yang awalnya berdiri pada tahun 1872. Bisa dikatakan universitas ini merupakan “saudara kandung” dari Universitas Tokyo. Yah, otak boleh tua tapi jiwa tetap muda, hehehe…

Mahasiswa yang berkuliah di sini ada sekitar 16.000 mahasiswa. Memiliki 9 sekolah dan 9 graduate school yang meliputi keilmuan humaniora, kebudayaan, sains, kedokteran, lingkungan, sosial, teknik, edukasi, ilmu murni (matematika) dan lain sebagainya.

Kabar gembira buat Anda yang ingin belajar bisnis, karena perguruan tinggi ini sekolah bisnisnya merupakan salah satu yang terbaik di negeri Sakura versi lembaga Eduniversal. Universitas ini juga memiliki beberapa kerja sama Internasional, salah satunya dengan Indonesia.

Uniknya, alumninya kebanyakan adalah para olahragawan di negeri Sakura ini. Lah, selain itu alumninya juga bergerak di bidang bisnis dan politik.


Itulah 10 universitas terbaik di negeri Sakura ini. Jika melihat data di atas sebenarnya lebih banyak direkomendasikan bagi kawan-kawan yang ingin mengambil ilmu sains atau teknik. Walaupun begitu, keilmuan bisnis juga jadi pembeda di sini, tertarik?

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *