10 Universitas Terbaik di Dunia (Versi QS World University Rankings)

Sistematika Penilaian Pendidikan Dunia Saat Ini

10 Universitas Terbaik di Dunia — Bagi para pencari ilmu, tidak asing kiranya jika seseorang bermimpi melanjutkan studinya di tingkat yang lebih baik. Dunia pendidikan lokal kadangkala tidak cukup memuaskan rasa haus ilmu para pelajar. Tidak jarang ketika seseorang mahasiswa telah lulus, mereka akan mencari wadah lain yang dirasa lebih luas.

Baca juga 10 Universitas Terbaik di Jogja, apakah Anda akan tertarik kuliah di Jogja?

campus yale
ymun.yira.org

Tolok ukur kepuasan dan kriteria bagus tidaknya suatu lembaga pendidikan jelas beragam. Ada banyak standar pendidikan yang kemudian  melabelkan diri sebagai institut terbaik. Tidak hanya dari segi kurikulum saja, dilakukannya riset juga  mempengaruhi tingkat baik-buruknya mereka.

Ada juga pengklasifikasian yang value-nya berdasarkan sistematika pengajaran. Di lain sisi, tingkat minat, pengembangan bakat hingga pengelolaan tenaga pendidik sangat perlu dinilai. Sebab hal tersebut terlibat dan dilibatkan langsung dalam proses studi para pelajar.

Pada dasarnya, kualitas tiap institusi pendidikan memiliki nilai jual masing-masing. Hal-hal yang berkaitan dengan peringkat universitas tidak selamanya subyektif, ada juga yang objektif. Data akhir suatu survey ditentukan dari pola pengambilan atau metode yang digunakan dalam prosesnya.

Selain berdasarkan metode pengambilan data, latar belakang tim atau individu yang melakukannya juga perlu diperhatikan. Kepentingan atau tujuan penelitian itu bisa jadi mempengaruhi hasil yang ada.

Pada tahap peninjauan pendidikan, biasanya para peneliti mengumpulkan data berdasarkan riset yang tidak tersentralisasi. Itu dilakukan supaya data memiliki kualitas yang menyeluruh dan tidak hanya terpusat pada satu kepentingan saja. Faktor seperti kultur, agama, etnis, bahkan sistem pemerintahan tidak jarang menjadi pertimbangannya.

Ketika kita merambah pada pendidikan di tingkat dunia, bagi sebagian orang akan merasa tabu bila tak punya basic informasi. Landasan inilah yang seringkali menjadi pisau bermata dua. Dengan rasa ingin tahu yang besar, kadang orang mencari informasi secara serampangan dan asal dapat.

Sama halnya ketika mencari daftar universitas terbaik dunia. Bagi para calon mahasiswa, apalagi yang mendapat beasiswa. Biasanya basic pengetahuan mengenai institut atau lembaga pendidikan mungkin sudah dijelaskan dari awal. Mereka dibekali oleh form atau lembaga pemberi beasiswa itu.

Namun lain cerita dengan para calon pelajar yang independen. Mereka yang melanjutkan studi berdasarkan ‘kenekatan’ tentu butuh informasi lebih banyak. Secara acak, mereka mengumpulkan data dari berbagai source. Baik itu resmi maupun nonresmi. Secara online maupun offline.

Nah, untuk membantu kejelasan mengenai prioritas pendidikan terbaik, berikut ada 10 universitas terbaik di dunia. Sekiranya akan memberikan sedikit bantuan pada para calon mahasiswa dunia.

10 Universitas Terbaik di Dunia

QS World University Rankings
uc3m.es

Merambah pada wilayah studi internasional, ada banyak sekali intitusi, universitas dan lembaga pendidikan. Baik swasta maupun negeri. Dari semua itu, tentu ada beberapa yang digolongkan menjadi universitas terbaik. Entah dari segi kurikulum, sistematika ilmu yang diajarkan, sampai individu-individu yang terlibat di dalamnya.

Lebih dekat, merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan oleh QS World University Rankings, ada sepuluh univesitas terbaik di dunia. Ke sepuluh univesitas itu dinilai berdasarkan kualifikasinya dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nah, di bawah ini ada 10 universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings tahun 2015.

1. Institut Teknologi Massachusetts

institut teknologi massachusetts
energymagazine.com.ua

Wikipedia memberikan deskripsi singkat mengenai Massachusetts Institute of Technology atau MIT. MIT ini merupakan lembaga riset swasta juga universitas di kota Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Di dalamnya ada lima sekolah dan satu akademi.

Dari semua itu, terdapat setidaknya 32 departemen yang terfokus pada sains serta riset teknologi. Institusi ini berdiri pada 1861 sebagai tanggapan atas perkembangan teknologi serta industri di Amerika.

Pola yang dibentuk universitas Teknologi Massachusetts ini mengadopsi dari gaya universitas penelitian ala Eropa. Sepanjang kiprahnya dalam mendidik mahasiswa, MIT telah banyak menuai prestasi.

Sedikitnya ada 59 orang anggota dari komunitas MIT yang telah memenangkan Penghargaan Nobel. Dari sini, bisa kita simpulkan sendiri mengapa MIT menjadi universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings.

So, bagaimana para calon mahasiswa? Tertarik menantang diri terjun di MIT?

Posisi Kedua Universitas Terbaik di Dunia

Ada dua universitas yang oleh QS World University Rankings dinyatakan menempati posisi ke dua. Keduanya yaitu Imperial College London dan Universitas Cambridge.

Masih dari sumber yang sama, Wikipedia, berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya.

2. Imperial College London

Imperial College London
fcbstudios.com

ICL bernama lain The Imperial College of Science, Technology and Medicine. Perguruan tinggi ini berstatus negeri, dan merupakan universitas penelitian di Inggris. Dulu, ICL didirikan oleh Pangeran Albert. Tujuannya adalah supaya dapat  mengembangkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni.

Imperial sendiri terbagi menjadi empat fakultas, yaitu sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Letak kampus pusat ICL ada di Kensington Selatan. Universitas ini menjadi pusat sains kesehatan akademis dan pusat riset biomedis pertama di Britania Raya.

Secara mengejutkan, Imperial merupakan universitas yang konsisten berada di peringkat teratas di dunia. Selain itu, di tahun 2015, Imperial ada di peringkat ke-9 Times Higher Education World Universuty Rankings.

Nah, itu profil seingkatnya terkait Imperial College London. Selanjutnya adalah deskripsi ringkas mengenai Univesitas Cambridge.

3. Universitas Cambridge

universitas cambridge
fakta-sepuluh.blogspot.com

Dalam situs ensiklopedia bebas, Wikipedia, nama Cambridge University dinyatakan berasal dari bahasa Inggris. Sedangkan bahasa Latinya adalah Universitas Cantabrigientis. Keduanya punya satu deskripsi, yaitu perguruan tinggi kedua-tertua di Inggris.

Cambridge disebut sebagai institusi pendidikan dengan persyaratan masuk terketat di Britania Raya. Tidak hanya pada level itu, di tingkat dunia juga dinyatakan sebagai salah satu yang paling susah ditembusi.

Mengenai cerita berdirinya universitas ini, ada persepsi yang menyatakan hal tak terduga. Pasalnya catatan terdahulu mengenai perguruan tinggi ini sudah tidak terdokumentasi lagi.

Namun begitu, Cambridge University didirikan dari suatu perkumpulan sarjana di kota Cambridge, Inggris. Tahun perkiraan pembentukan universitas ini sekitar 1209. Pendirinya diprediksi merupakan sarjana yang kabur dari Universitas Oxford pasca bertengkar dengan masyarakat domestik.

Sebagai informasi tambahan, Universitas Cambridge dan Oxford, sering dinamai Oxbridge. Keduanya mempunyai sejarah kompetisi sejak lama. Hal tersebut justru menjadikannya dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya.

4. Harvard University

universitas Harvard
cruisebe.com

Universitas terkemuka Harvard dalam Wikipedia dijelaskan sebagai universitas swasta di Cambridge. Anggota Ivy League ini menjadi satu dari sekian banyak universitas terbaik dunia.

Dalam sejarahnya, di tahun 1636 Harvard University didirikan tepat pada tanggal 8 September. Hal ini membuatnya menjadi perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Di masa-masa awal, universitas ini bernama New College. Kemudian ada pembaruan nama menjadi Harvard College. Penamaan itu dilakukan pada 13 Maret 1639 dalam rangka menghormati John Harvard. John ini merupakan penyumbang terbesar sekaligus mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Sebutan “Universitas” bagi Harvard, dalam referensi terawalnya dinyatakan terjadi pada 1780. Harvard yang awalnya disebut sebagai college kemudian beralih sebutan sebagai Universitas, sampai sekarang.

Dilihat dari tingkat popularitas, Universitas Harvard termasuk salah satu yang paling bergengsi di dunia. Pada perangkingan universitas Amerika Serikat tahun 2005, Harvard university menempati peringkat pertama. Posisi itu secara bersamaan juga ditempati oleh Princeton.

Selain itu, Harvard juga pernah di posisi pertama berdasarkan Times Higher Education Supplement World University Rankings.  

Peringkat Lima dari 10 Universitas Terbaik di Dunia

Peringkat lima dari 10 universitas terbaik di dunia ini juga ditempati oleh dua universitas.

Berikut adalah ulasan pendek terkait dua universitas dengan peringkat dunia berada di posisi lima.

5. University College London

University College London
blog.uniplaces.com

University College London (UCL) dinyatakan, dalam situs Wikipedia, sebagai universitas riset publik di London, Inggris. Dalam kiprahnya, perguruan tinggi ini juga merupakan bagian dari konstituen federasi Universitas London.

Soal tingkat kelas sosial, UCL menjadi perguruan tinggi palig bergengsi di dunia. Selain juga menyabet gelar sebagai lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. Tidak cukup di situ, UCL juga menjadi institusi pascasarjana terbesar di Inggris.

Selanjutnya ada universitas yang oleh QS World University Rankings dinobatkan ada di posisi yang sama dengan UCL.

6. University of Oxford

University of Oxford
cosmopolitan.co.uk

Sebagai perguruan berbahasa Inggris tinggi tertua, Oxford University pantas disebut universitas bergengsi di dunia. Meski begitu, ternyata sejarah gagal mendeteksi kapan tepatnya tanggal pendiriannya. Yang sampai saat ini diketahui, hanya perkiraan kasar berdirinya yaitu akhir abad ke-11.

Lokasinya sendiri ada di Oxford, Inggris. Sampai saat ini ada banyak sekali insitusi yang terbentuk di dalamnya. Secara menyeluruh mencakup 38 kolese konstituen. Macam-macam departemen akademik yang mana terkotak lagi menjadi empat divisi.

Hingga sekarang ada sekitar 58 penerima hadiah Nobel dengan latar belakang yang terkait dengan Oxford University. Baik itu sarjana, atau hanya pemilik afiliasi dengan universitas ini.

Secara konsisten, lembaga pendidikan ini bersaing menduduki kursi pertama dalam persaingannya di Britania Raya. Bisa kita tebak, saingannya tak lain adalah Universitas Cambridge. Oxford sendiri menjadi salah satu dari dua universitas pascasarjana bergengsi di dunia.

6. Stanford University

Stanford University
cardinalhotel.com

Leland Stanford Junior University merupakan nama lain dari Stanford University. Perguruan tinggi swasta ini ada di dekat Palo Alto, California. Sekitar 60 kilometer di tenggara San Frasisco, tepatnya ada di jantung lembah Silikon, Amerika.

Sebagai kampus universitas terbesar kedua di dunia, Stanford memiliki banyak bidang kajian perkuliahan. Beberapa di antaranya adalah Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Bisnis, Ilmu Bumi dan Humaniora serta Sains.

Ada juga di dalamnya beberapa program dan sebuah rumah sakit pendidikan. Di samping juga melakukan kegiatan yang menjangkau masyarakat berupa inisiatif relawan.

Untuk prestasi dan posisinya dalam perangkingan dunia, Stanford bisa dibilang cukup konstan kedudukannya. Itu sebabnya mereka selalu masuk dalam sepuluh universitas terbaik di dunia. Entah itu dari segi kompeten pendidikan, pengajaran hingga bidang penelitiannya.

Dalam suatu majalah di Amerika, U.S News and World Report (USNWR). Pada tahun 2009 Stanford University pernah ditempatkan di urutan ke lima dunia untuk sebuah program sarjana.

Selain itu, masih di tahun itu pula oleh Academis Ranking of World Universities (ARWU). Lagi-lagi Standford masuk dalam jajaran sepuluh universitas terbaik di dunia dengan posisi ke tiga. Penilaian ini didasarkan pada aspek penelitian terbaik sedunia.

Di tahun selanjutnya, 2010, Stanford ada di posisi ke empat dunia. Pendataan ini dilakukan oleh Times Higher Education World University Rankings.

8. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology (Caltech)
glassdoor.com

Caltech merupakan sebutan yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan California Institute of Technology. Lembaga pendidikan swasta ini ada di Amerika. Tepatnya di Pasadena, California, yang mana menjadi universitas terkemuka dalam bidang risetnya.

Pola yang diterapkan di universitas ini adalah dengan tetap menggunakan penekanan kuat terhadap ilmu alam dan teknik. Dalam kiprahnya, Caltech mempunyai sekaligus mengoperasikan autonomous. Ini merupakan kompleks penerbangan luar angkasa.

Pengoperasian auotonomous ini terdepan di dunia dengan Jet Propulsion Laboratory. Fungsi atau tugas JPS ini sendiri adalah untuk mengamati desain dan operasi dari berbagai penjajakan angkasa NASA. Namun fasilitas JPS ini hanya ada dalam kontrak ke pemerintah sehingga tidak begitu bebas.  Prospek teknologi inilah yang menjadi nilai jualnya.

9. Princeton

Princeton University
colleges.startclass.com

Dalam penjelasan dari situs Wikipedia, Universitas terletak di Princeton, New Jersey. Catatan sejarah dunia mendatanya sebagai perguruan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat.

Princeton university memiliki keunggulan di bidang arsitektur, teknik serta urusan internasional dan publik. Sisi terkenal mereka ada dalam prasarjana juga sarjananya. Mereka juga melakukan riset dalam banyak bidang. Di dalamnya mencakup fisika plasma dan pembuatan jet.

Dalam perjalanan karirnya, Universitas Princeton memiliki kaitan dengan Brookhaven National Laboratories. History Princeton mengungkapkan bahwa dulunya mereka adalah institusi Presbyterian. Yang mana jelas erat kaitannya dengan para imam agama.

Lambat laun, karena perkembangan, universitas ini tidak lagi berdiri dengan basic agama. Selain itu juga tidak membiaskan suatu agama tertentu untuk bisa masuk dan berproses di dalamnya.

Princeton sendiri merupakan salah satu sekolah tinggi yang tergabung dalam Ivy League. Peringkat dunia universitas ini juga lumayan stabil dengan terus berada di peringkat atas dunia.

10. Yale

 Yale university
www.ymun.yira.org

Yale menjadi universitas terakhir dari sepuluh universitas terbaik di dunia. Meskipun begitu bukan berarti Yale menjadi universitas yang buruk. Perguruan tinggi swasta di New Haven ini disebut-sebut sebagai perguruan tinggi tertua ketiga se Amerika Serikat.

Sejak berdiri tahun 1701, Yale sudah banyak mempunyai ‘anak’ yang menerima penghargaan Nobel. Di samping juga mempunyai lulusan terkenal seperti William Howard Taft, Gerald Ford, juga Bill Clinton. Tokoh lainnya adalah George H.W. Bush.

Sistematika pengajaran prasarjana yang diterapkan mereka lebih pada pengajaran khusus. Hal ini membedakannya dengan universitas penelitian lain. Perguruan tinggi Prasarjana di Yale adalah salah satu yang terbilang sangat selektif di Amerika Serikat.

Hal itu disebabkan mereka hanya menerima kurang dari 10 %  pendaftar. Hal lainnya adalah Yale telah melahirkan banyak penerima beasiswa Rhodes. Pengecualian hanya berlaku pada Harvard, selain itu Yale tergolong lebih baik dari institusi lainnya.

Di Yale, ada sistem asrama yang lumayan berbeda. Ada program drama, musik, arsitektur dan kedokteran yang masuk dalam sekolah sarjana Yale. Salah satu sekolah yang amat selektif dari Yale adalah sekolah Hukumnya. Di dalamnya, Sekolah hukum Yale memiliki sekitar 3000 anggota fakultas.

Dari delapan anggota Liga Ivy, Yale adalah bagian yang terlibat di dalamnya. Ada kisah panjang mengenai persaingan antara Yale dan Harvard University.

Nah, itulah ke sepuluh universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings. Semoga informasi di atas membantu. Anda tertarik salah satunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *