Inilah 10 Universitas Terbaik di Australia yang Harus Anda Jelajahi

Universitas Terbaik di Australia — Negeri yang satu ini bisa dikatakan mempunyai kualitas pendidikan terbaik di dunia. Dekat dengan tanah air kita, dan banyak binatang melompat di sana.

Hehehe, Kangguru maksudnya. Saya sendiri lebih suka menyebut Australia sebagai rumahnya “Tasmanian Devil”. Hewan kecil nan imut yang saya sukai, meski suka menggigit siapa saja yang lewat rumah bawah tanah mereka. Hihihi….

Namun meski begitu, ternyata usia perguruan tinggi di sana bisa dikatakan hampir mirip di Indonesia lho. Rata-rata perguruan tinggi mereka baru berdiri di kisaran tahun 1870-an ke atas. Ya, mungkin karena di sana waktu itu notabene masih negara persemakmuran Inggris baru, jadi rata-rata usia universitas di sana tidaklah setua universitas di Eropa.

Selain itu, karena yang dijadikan referensi pendidikan Australia adalah Kerajaan Britania Raya, otomatis sistemnya juga tidak jauh beda dengan Inggris. Ini juga menjadi faktor kenapa sistem pendidikan mereka unggul, lha wong referensinya sama juga!.

Meski secara politik kita sering ribut dengan mereka, namun kedekatan ini juga jadi faktor lain kenapa mahasiswa Indonesia banyak yang ingin kuliah di sana; lebih tepatnya memilih kuliah di universitas terbaik di Australia.

Namanya juga negeri tetangga pastinya lebih dekat dan lebih terjangkau ongkos pulang perginya. Tidak seperti mahasiswa Indonesia yang berada di Mesir, Eropa atau Amerika yang ongkos pulang perginya bisa sampai 9-10 jutaan sekali naik pesawat.

Universitas Terbaik di Australia

Nah, jadi penasaran kan perguruan tinggi mana saja di sana yang terbaik dan berkualitas? Di bawah ini saya rangkum 10 Universitas Terbaik di Australia versi Webometrics dan sejumlah sumber lain yang mendukung.

1. University of Melbourne

University of Melbourne
wikimedia.org

Inilah perguruan terbaik di Australia atau yang sering disebut negeri Tasmanian Devil. Universitas terbaik Australia yang pertama ini juga memiliki nama Latin seperti pada perguruan tinggi tua di daratan Eropa, namanya Universitas Melburnsiensis.

Berdiri pada tahun 1853 di Melbourne, Victoria. Merupakan universitas kedua tertua di Australia dan tertua di wilayah Victoria. Jadi kalau dihitung-hitung usianya sudah 160 tahun lebih. Itu saja sudah termasuk tertua di sana.

Universitas terbaik di Australia ini didirikan oleh Hugh Childers, seorang Menteri Keuangan di Australia pada masanya. Awalnya, perguruan tinggi ini hanya memiliki empat jurusan saja. Seni, kedokteran, hukum dan musik.

Seiring berjalannya waktu, universitas ini mengembangkan berbagai jurusan yang sekarang terdiri dari 15 graduate school setingkat fakultas. Meliputi hukum, teknik, humaniora, sains dan lain sebagainya.

Oh ya, asal tahu saja universitas terbaik di Australia ini cukup unik mengingat mereka punya kurikulum yang berbeda dengan universitas lain di Australia.

Mereka mengembangkan kurikulum bernama “Melbourne Model“, di mana ada beberapa jurusan D3 di sana ditawari untuk melanjutkan langsung ke jenjang lebih tinggi (S1) tanpa harus berganti universitas.

Kalau di sini prakteknya kebanyakan bagi yang mengambil program D3, kalau mau lanjut S1 harus berganti universitas. Kurang lebih seperti itu.

Universitas terbaik di Australia ini bersama alumninya telah berhasil menggondol 9 gelar Nobel di berbagai bidang. Empat perdana menteri Australia juga berasal dari Universitas ini.

Kebanyakan lulusannya adalah politisi, sejarawan dan sebagainya. Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa (Metro TV) dan James Riady (pendiri Lippo Grup) adalah dua nama Indonesia yang pernah berkuliah di sini.

2. University of Queensland

University of Queensland Australia
universitiesaustralia.edu.au

Universitas terbaik Australia yang kedua adalah University of Queensland. Perguruan tinggi ini berdiri di salah satu kota yang terkenal di Australia. Berdiri di kota besar Brisbane, sebelah utara Melbourne.

Memulai perkuliahannya pada tahun 1909, namun sebenarnya proposal pendirian universitas ini sudah ada sejak tahun 1870. Lah kok bisa lama banget prosesnya?

Jadi begini kisahnya. Ketua Komisi pendirian universitas ini yaitu Sir Charles Lilley sebenarnya sudah mengajukan permohonan pada pemerintah setempat.

Hanya saja, budget yang harus dikeluarkan untuk mendirikan universitas ini berbenturan dengan proyek pemerintah bagian Queensland waktu itu.

Itu belum ditambah mengenai kebutuhan lulusan, antara yang berargumen bahwa universitas ini lebih baik berkonsentrasi pada teknik, konsentrasi pada kebutuhan industri, atau meniru model Oxford-Cambridge di Inggris. Akhirnya setelah semua itu dirampungkan, pada tahun 1909 dan hasilnya universitas ini disetujui parlemen disana.

Saat ini, universitas terbaik di Australia ini memiliki sekitar 50.000 mahasiswa. Perguruan tinggi ini juga memiliki 6 fakultas meliputi ekonomi-bisnis, hukum, ilmu sosial humaniora, teknik arsitektur dan teknologi informasi, kedokteran dan ilmu alam.

Oh ya, universitas ini justru dikenal akan keilmuan bisnisnya. Mungkin karena universitas ini berdiri di salah satu jantung bisnis Australia, jadi tidak heran mereka punya spesialisasi di bidang ini. Kabar baik juga bagi Anda yang ingin kuliah ekonomi maupun bisnis.

Selain itu Universitas ini juga menjadi tempat penelitian Nano Technology dan Vaksin HPV sebagai obat penyakit kanker. Hmmm… hebat juga ya?….

Alumni salah satu universitas terbaik di Australia ini telah melahirkan setidaknya satu gelar Nobel yang didapat Peter C. Doherty, dari bidang Fisiologi dan Kedokteran.

Selain itu ada tiga penghargaan Grammy Award yang didapat alumni perguruan tinggi. Menarik ya? Mengingat gelar seperti Grammy Award lebih banyak didapatkan lulusan Amerika atau Eropa.

3. Australia Nasional University (ANU)

Jika dibandingkan dengan Melbourne atau Queensland, universitas terbaik di Australia ini malah jauh lebih muda. Baru berdiri pada tahun 1946, atau setahun setelah kemerdekaan Indonesia.

Namun, walaupun usianya masih muda, perguruan tinggi ini berada di urutan 22 universitas terbaik di dunia menurut QS World Ranking pada tahun 2016. Istilahnya bukan lagi kecil-kecil cabe rawit, tapi muda dan mendunia. Hihihi….

Berdiri di kota Canberra, universitas ini sebenarnya letaknya di kaki pegunungan Black Mountain. Universitas terbaik di Australia ini didirikan juga sebagai respons atas berakhirnya Perang Dunia II.

Karena sebenarnya proposal pendirian universitas ini sudah ada sejak tahun 1908. Namun di tahun 1942, pembangunannya ditunda akibat perang tersebut. Jadi mereka baru diresmikan pada 1 Agustus 1946.

Universitas terbaik di Australia ini luasnya sekitar 345 hektar dan mahasiswa yang berkuliah di sini mencapai 20.000 mahasiswa. Memiliki enam school dan tujuh college yang terdiri dari Seni, Hukum, Musik, Kedokteran, Teknik, Ilmu Sosial dan sebagainya.

Uniknya, mereka memiliki college khusus bagi yang berminat studi bahasa maupun budaya Asia Pasifik. Berbeda dengan Indonesia yang pendidikan kulturnya didasarkan dengan universitas di wilayahnya (misal: Bahasa Jawa di UGM, atau studi Sastra Bali di Universitas Udayana). Kalau di sana jadi satu jurusan yang umum. Cukup menarik ya?

Alumni dan universitas terbaik di Australia ini sukses menggondol enam gelar Nobel dari berbagai bidang. Kebanyakan lulusannya adalah orang yang berkecimpung di politik, diplomat maupun pemerintahan.

Contohnya Kevin Rudd, Perdana Menteri Australia. Indonesia kebagian salah satu lulusan terbaiknya nih, ada nama Pak Marty Natalegawa yang pernah jadi Menteri Luar Negeri di era Presiden SBY.

4. University of New South Wales (UNSW)

University of New South Wales (UNSW) Australia
edge.alluremedia.com.au

Kalau universitas yang satu ini mengingatkan penulis akan buku catatan atau binder yang sering dijual di toko-toko buku. Hehehe,,, memang iya kok.

Warna sampul bindernya kombinasi hitam-merah kotak-kotak. Walaupun penulis juga sampai sekarang gagal paham, kenapa lambang universitas ini jadi sampul binder di tanah air? Gimana ceritanya itu ya?

Universitas terbaik di Australia ini berdiri tegak di pinggiran kota Kensington, Sydney. Usianya hanya terpaut tiga tahun dari ANU. Yap, universitas ini berdiri pada tahun 1949. Awalnya universitas ini lebih mengkhususkan diri pada perkembangan teknologi saja.

Tidak heran jika di awal berdirinya universitas ini bernama New South Wales University of Technology. Baru pada tahun 1958, nama universitas ini berubah seperti yang sekarang kita bahas. Dari yang tadinya berbasis teknologi, menjadi perguruan tinggi yang bersifat umum.

Universitas terbaik di Australia ini memiliki luas sekitar 35 hektar. Namun mahasiswa yang berkuliah di sini terbilang banyak, yaitu sekitar 50.000 mahasiswa. Perguruan tinggi ini memiliki 9 fakultas meliputi hukum, bisnis, seni, ilmu sosial, ilmu lingkungan, ilmu alam, kedokteran, teknik dan satu fakultas umum yang letaknya ada di Canberra.

Universitas terbaik di Australia ini menurut QS World University Rankings, menempati posisi ke 46 terbaik di dunia. Bagi kawan-kawan yang ingin melanjutkan studi di bidang hukum, universitas ini pilihan tepat.

Karena jurusan hukum di universitas ini menempati ranking 13 terbaik di dunia, menurut lembaga survey yang tadi saya sebutkan. Kebanyakan lulusannya adalah miliuner Australia di berbagai bidang, terutama teknologi. Aktris Hollywood sekelas Rebel Wilson pun pernah lho kuliah di sini. Wahh…

5. University of Sydney

University of Sydney AustraliaUniversity of Sydney AustraliaUniversity of Sydney Australia
newmatilda.com

Nah kalau yang ini bisa dikatakan universitas tertua di Aussie. Berdiri pada tahun 1850, universitas ini didirikan oleh William Wentworth  dan Charles Nicholson. Keduanya merupakan lulusan Cambridge dan Edinburgh.

Awalnya mereka berdua ingin mendirikan semacam college besar di Sydney. Akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1850, universitas ini berdiri dan diresmikan oleh Sir Charles Fritzory.

Menariknya, jurusan yang pertama kali berdiri di perguruan tinggi ini adalah tata bahasa (grammar). Berbeda dengan universitas lain yang biasanya ketika awal berdiri menyasar bidang ilmu sosial, seni atau teknologi.

Selain bisa dikatakan tertua, universitas ini bisa dikatakan juga yang paling banyak program studinya di sana. Universitas ini memiliki 16 school dan fakultas berbeda. Semua jurusan mulai dari teknik, hukum, ilmu alam, ilmu sosial, humaniora, kedokteran dan lain sebagainya ada di sini.

Oh ya, kabar baik bagi kalian yang ingin jadi dokter hewan. Universitas terbaik di Australia ini adalah salah satu dari 10 universitas yang terbaik dunia, di bidang Veteriner alias kedokteran hewan menurut QS World University Rankings.

Alumni universitas terbaik di Australia ini telah menggondol 5 gelar Nobel dari berbagai bidang. Selain itu perguruan tinggi ini telah melahirkan enam perdana menteri Australia. Termasuk yang sekarang ini menjabat, yaitu Malcolm Turnbull.

6. University of Adelaide

Universitas Terbaik di Australia University of Adelaide
drjonathanmmhallfrsa..wordpress.com

Universitas terbaik di Australia ini letaknya ada di sebelah selatan Australia. Tepatnya di kota Adelaide, merupakan universitas ketiga tertua di benua Kangguru. Berdiri pada tanggal 6 November 1874, dan baru memulai pengajarannya pada bulan Maret tahun 1876.

Menariknya, universitas ini berdiri berkat sumbangan dana 20.000 dollar Australia dari seorang peternak dan pemilik tambang bernama Walter Watson Hughes.

Wuih dermawan sekali ya? Seorang peternak dan pengusaha tambang saja peduli pada pendidikan tinggi di sana. Nah dana tersebut lalu masih ditambah dan pengerjaan universitas ini dilanjutkan oleh Thomas Elder.

Ketika pertama kali berdiri, universitas ini membuka jurusan seni saja. Sedangkan saat ini, universitas ini memiliki lima fakultas yang membidangi hukum, seni, ilmu alam, kesehatan dan teknik.

Itu masih dibagi di dalam beberapa school berbeda yang jumlahnya sekitar 40 jurusan berbeda. Untuk jumlah mahasiswa yang berkuliah di sini hampir mirip dengan yang ada di ANU, sekitar 20.000 mahasiswa.

Alumni dari universitas ini sudah berhasil meraih 5 gelar Nobel di bidang yang berbeda. Perdana Menteri perempuan pertama di Australia, Julia Gillard merupakan salah satu alumninya yang terkenal.

Selain itu ada ahli fisiologi-antropologis (dokter antropologi) Maciej Henneberg, dan ahli patologi peraih Nobel, Robert Warrin juga merupakan alumni universitas ini.

7. University of Western Australia

universitas terbaik di Australia University of Western Australia
clemkuek.com

Perguruan tinggi ini berdiri di kota Perth. Berdiri tahun 1911, dan memulai aktivitas perkuliahannya pada tahun 1913. Merupakan universitas tertua di Australia bagian Barat.

Meskipun universitas terbaik di Australia ini bisa dibilang lebih “terpencil” dari segi tempatnya, namun tempat penelitian di universitas ini cukup menarik. Mereka punya laboratorium khusus untuk mempelajari Karbon dan CO2.

Selain itu, karena letaknya yang jauh dari kota-kota besar di Australia, justru menjadikan universitas ini mungkin paling “tenang”. Terutama apabila Anda menginginkan sebuah universitas berkelas dan ketenangan dalam belajar, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan yang padat.

Mahasiswa yang berkuliah di sini juga tidak terlalu banyak. Hanya sekitar 20.000 mahasiswa. Namun begitu universitas ini masuk 100 universitas terbaik di dunia versi QS World Academic Rankings (tepatnya di peringkat 98).

Ada berbagai jurusan di universitas ini, seperti universitas lain di Australia pada umumnya. Namun mereka punya spesialisasi di bidang Arsitektur. Jadi bagi teman-teman yang ingin mendalami ilmu arsitektur, universitas ini bisa dijadikan pilihan.

Oh ya satu lagi, bagi Anda yang ingin belajar astronomi, universitas ini bisa menjadi rekomendasi karena mereka memiliki teleskop bernama Zadko telescope.

Alumninya telah meraih 1 gelar Nobel, yaitu Berry Marshall dari bidang ilmu alam dan kedokteran. Kebanyakan lulusannya berkecimpung di dunia teknik dan bisnis. Perdana Menteri ke 23 Australia, Bob Hawke juga merupakan alumni perguruan tinggi ini.

8. Monash University

universitas terbaik di Australia Monash University
universitiesaustralia.edu.au

Inilah satu-satunya universitas terbaik di Australia yang namanya diambil dari nama orang. Hehehe, habis dari tadi saya amati nama universitas di Australia, lebih banyak mengambil nama wilayah dan kota. N

ama universitas ini diambil dari komAndan Australia Perang Dunia I yang terkenal, yaitu Sir John Monash. Universitas ini didirikan tahun 1958 oleh Perdana Menteri Australia kala itu, Robert Menzies. Jadi nama perguruan tinggi ini bisa ditebak tujuannya, untuk menghormati Sir John Monash.

Oh ya hampir lupa, universitas terbaik di Australia ini berdiri di kota Melbourne. Jadi mereka cuma “tetangga sebelah” dengan University of Melbourne. Universitas ini juga memiliki sebuah danau bernama Clayton.

Jadi kalau Anda kuliah di sana, Anda bisa belajar sekaligus menikmati pemAndangan danau. Asyik ya? Selain itu mereka juga memiliki sejumlah kampus di beberapa negara seperti Italia, Malaysia, Afrika Selatan dan China.

Universitas ini dihuni sekitar 70.000 mahasiswa. Kalau tidak salah jumlah mahasiswa yang kuliah di sini adalah yang terbesar di Australia.

Memiliki 10 fakultas seperti Seni Arsitektur, Ilmu Seni, Bisnis dan Ekonomi, Edukasi, Teknologi Informasi, Hukum, Kedokteran, Farmasi, Teknik dan Ilmu Alam. Mereka juga memiliki beberapa college, satu di antaranya ada di Jakarta.

Universitas ini pernah dinobatkan sebagai universitas terbaik dunia di jurusan bisnis versi The Economist Intelligent Unit (kategori pengembangan personal dan pengalaman pengajaran).

Alumninya kebanyakan berkecimpung di dunia bisnis dan keuangan. Tidak heran ya, jurusan bisnis mereka adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Bicara soal alumni dari jurusan ini, ada satu nama Indonesia yang patut kita angkat topi. Mantan Gubernur Bank Indonesia dan mantan wakil presiden Republik Indonesia, Pak Budiono merupakan salah satu alumni kebanggan universitas ini. Wawww….

9. Macquarie University

universitas terbaik di australia Macquarie University
universitiesaustralia.edu.au

Ini masih tetangganya University of Sydney dan UNSW. Tapi bisa dibilang perguruan tinggi ini merupakan saudaranya UNSW. Universitas terbaik di Australia ini baru berdiri tahun 1946, mirip-mirip sedikit dengan pendirian UNSW.

Perbedaannya tentu saja pada nama dan letak universitas ini. Nama universitas ini diambil dari nama gubernur New South Wales kala itu, Lachlan Macquarie. Sedangkan letaknya ada di pinggiran kota Sydney bernama Macquarie Park.

Ada yang menarik mengenai konsep kampus universitas terbaik di Australia ini. Berbeda dengan kebanyakan universitas di Aussie pada umumnya yang mengacu sistem universitas di Inggris, Macquarie malah mencontoh sistem kampus mirip Stanford University.

Tahu kan Stanford? Yap universitas yang letaknya ada di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Tidak heran universitas ini ketularan konsep pendidikan yang didasarkan pada kebutuhan industri sebagaimana di Stanford.

Universitas ini punya luas sekitar 126 hektar. Itu sudah termasuk sebuah danau bernama University Lake. Perguruan tinggi ini juga memiliki 35 departemen setara jurusan yang terbagi atas 5 fakultas berbeda.

Fakultasnya meliputi seni, bisnis-ekonomi, humaniora, teknik dan sains, dan kedokteran. Hebatnya lagi, universitas ini juga merumuskan stAndar bagi Bahasa Inggris logat Australia. Kita semua tahu bahwa Australia punya bahasa Inggris yang logatnya cukup berbeda.

Jadi jika kalian tertarik untuk belajar bahasa atau linguistik khususnya bahasa Inggris, universitas ini adalah pilihan tepat.

Alumninya paling banyak berada di bidang sains dan sastra. Selain itu banyak juga penulis dunia yang pernah kuliah di sini. Satu nama yang dikenal penulis adalah Ian Thorpe, perenang Australia yang pernah jadi saingannya Michel Pelps dari Amerika Serikat. Dia juga alumni universitas ini.

10. Curtin University

universitas terbaik di australia Curtin University
universitiesaustralia.edu.au

Universitas terbaik di Australia yang satu ini masih satu wilayah dengan University of Western Australia. Cuma beda kota, yaitu bertempat di kota Bentley (jadi ingat merek mobil mewah di Inggris,,, Wakkkss).

Namanya diambil dari Perdana Menteri Australia ke 14, John Curtin. Universitas ini sendiri berdiri pada tahun 1966. Ternyata, ada yang lebih muda lagi daripada Monash atau UNSW. Hmmm…

Awalnya, universitas ini bernama Western Australian Institute of Technology (WAIT). Jadi bisa ditebak arah filosofi pembangunan perguruan tinggi ini. Mengedepankan perkembangan teknologi, utamanya yang berkaitan dengan teknik.

Baru pada tahun 1986, namanya berubah menjadi Curtin University of Technology. Mungkin kadung nggak bisa move on, jadi sisipan kata “Technology” tetap menjadi trade mark universitas ini. Baru pada tahun 2010, namanya berubah menjadi yang sekarang kita lihat.

Mahasiswa yang berkuliah di sini juga lumayan banyak. Ada sekitar 40.000 mahasiswa. Universitas ini memiliki 5 fakultas dengan puluhan jurusan. Meliputi studi Aborigin, bisnis, kesehatan, humaniora dan saintek.

Menarik ya, universitas yang konon rahimnya adalah teknologi ini punya studi khusus untuk mempelajari kebudayaan Suku Aborigin.

Karena dekat dengan teknologi, tidak heran kalau lulusannya banyak berkecimpung di bidang Media, baik aktris, pemeran film dan sebagainya. Selain itu banyak juga penulis novel dan puisi yang pernah berkuliah di sini. Jadi bisa dikatakan ini adalah universitas yang tepat bagi kalian yang ingin belajar soal komunikasi dan media.

Nah itulah 10 universitas terbaik di Australia. Kalau dilihat secara kasat mata, mungkin lebih cocok bagi Anda yang ingin bergelut di bidang ekonomi-bisnis atau politisi. Namun mereka juga punya kualitas keilmuan, yang jurusannya sendiri terbilang langka di Indonesia, seperti ilmu Veteriner (kedokteran hewan) dan ilmu fisiologi.

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *