10 Universitas Terbaik di Inggris hingga Saat Ini

10 Universitas Terbaik di Inggris — Siapa sih yang tidak ingin menempuh pendidikannya ke luar negeri? Tentunya bisa kuliah dan belajar di luar negeri menjadi impian banyak orang. Bukan hanya karena ilmu dan pengalaman baru yang berbeda tetapi juga ada kebanggaan tersendiri bagi setiap orang yang belajar di luar negeri.

Selain itu bisa kuliah di luar negeri berarti berkesempatan mendapatkan fasilitas yang lebih bagus dan koneksi yang lebih luas. Tidak heran, banyak pelajar di Indonesia yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri meski harus bersaing secara ketat.

10 Universitas Terbaik di Inggris

Inggris menjadi salah satu destinasi favorit pelajar di Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya. Banyak universitas di Inggris yang menjadi bagian dari universitas top di dunia.

Menurut Times Higher Education (THE) terdapat 10 universitas di Inggris yang menjadi universitas top dunia. Perlu diketahui bahwa THE merupakan sebuah publikasi tahunan yang setiap terbitannya mengangkat isu-isu dunia pendidikan tinggi di dunia.

Hal yang dilaporkan di dalamnya, termasuk peringkat universitas-universitas terbaik yang ada di dunia. Peringkat-peringkat tersebut selalu dperbaharui setiap tahunnya.

Hal ini menjadikan THE sebagai salah satu publikasi dunia pendidikan yang dapat dipercaya. Terlebih lagi THE merupakan suplemen dari majalah TIMES yang basisnya terdapat di London.

Nah, apa saja universitas di inggris yang masuk kategori tersebut? Siapa tahu bisa menjadi referensi untuk melanjutkan pendidikan di negeri yang terrkenal dengan revolusi industrinya. Berikut 10 universitas terbaik tersebut versi THE.

Baca juga mengenai 10 Universitas Terbaik di Dunia

1. University of Warwick

logo University of Warwick
coventryobserver.co.uk

Universitas ini menduduki peringkat ke-10 dari 10 universitas terbaik di Inggris menurut majalah THE. Didirikan pada tahun 1965, University of Warwick dibangun di lahan seluas 700 hektar.

Di dunia sendiri University of  Warwick menduduki peringkat ke-48 untuk tahun 2015/2016 menurut QS University Rankings. Kemudian peringkat ke-7 dalam kulaitas penelitan menurut REF dan 20 besar dalam hal pemekerjaan.

university of warwick
klc.edu.sg

Universitas ini terdiri dari 4 fakultas, yaitu seni, kedokteran, sains dan studi sosial. Terdapat 29 jurusan serta 50 pusat studi dan institusi, yang menawarkan program sarjana, pascasarjana dan riset di keempat fakultas tersebut. Sekitar 37 %  dari total populasi siswa di univesitas ini merupakan mahasiswa internasional.

Universitas ini juga menyediakan akomodasi bagi semua mahasiswa tahun pertama. Rata-rata biaya kuliah per tahun untuk program prasarjana adalah sekitar £17.390. Sedangkan untuk program pascasarjana biaya kuliah per tahun sekitar £20.640. Biaya tersebut belum termasuk biaya hidup dan biaya akomodasi kampus.

Tapi untuk bisa menempuh pendidikan di universitas ini juga disediakan beberapa beasiswa.Sebagai catatan universitas ini terletak berdekatan dengan kota-kota utama Inggris seperti Brimingham, Conventry dan London.

2. University of Bristol

logo University of Bristol
scienceblogs.com.br

Posisi terbaik kesembilan ditempati oleh University of Bristol. Universitas ini terletak di Bristol, Britania Raya. Didirikan pada tahun 1909 melalui Royal Charter.

Sementara institusi pendahulunya yakni, University College, Bristol telah didirikan sejak tahun 1876.

Anda juga dapat menyimak 10 Universitas Terbaik di Indonesia

University of Bristol
summerschools.suttontrust.com

Universitas ini memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Kesenian, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

Sepanjang sejarahnya University of Bristol telah melahirkan 11 peraih penghargaan Nobel. Tidak heran universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik di Inggris. Hal ini pula lah yang menjadikan University of Bristol mendapat gelar kehormatan sebagai salah satu dari 10 universitas terbaik di Inggris.

3. London School of Economics and Political Science (LSE)

Logo London School of Economics and Political Science (LSE)
m.neogaf.com

LSE adalah universitas mampu meraih posisi ke-8 dari 10 universitas terbaik di Inggris versi THE  dan ke-35 di dunia menurut QS. Universitas ini didirikan tahun 1895 oleh Beatrice dan Sidney Webb.

Kampus LSE terletak di Clare Market dan Houghton Street di Central London. Universitas ini merupakan pusat studi dan penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial, politik dan ekonomi.

London School of Economics and Political Science (LSE)
gettyimages.com

Mahasiswa di LSE sendiri terbagi dalam 2 kategori yaitu mahasiswa penuh waktu dan mahasswa paruh waktu. Sedangakan rata-rata biaya kuliah per tahun di LSE baik untuk program sarjana maupun pascasarjana berkisar antara £18.000.

Sementara untuk biaya hidup secara keseluruhan mencapai lebih dari £14.000 dan £2.929 untuk biaya akomodasi kampus. Meskipun demikian, Sebagai kampus dunia ekonomi, LSE pernah pernah dinobatkan sebagai universitas termahal di Inggris.

4. The University of Manchester

Logo The University of Manchester
maths.manchester.ac.uk

The University of Manchester merupakan gabungan dari dua universitas besar pada masanya. Kedua universitas tersebut ialah University of Manchester Institute of Science dan Technology (UMIST) dan Victoria University of Manchester.

Awalnya didirikan tahun 1824 dengan nama UMIST dan kemudian bergabung dengan Victoria University of Manchester pada tahun 2004. Universitas ini merupakan universitas yang fokus dalam melakukan penelitian-peneliatian di setiap jurusannya.

Terdapat 4 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kemanusiaan, Fakultas Teknik dan Ilmu Fisika, Fakulas Humaniora, dan Fakultas Ilmu Alam. Keempat fakultas ini kemudian dibagi lagi menjadi 13 pilihan program studi atau jurusan.

The University of Manchester
commons.wikimedia.org

Lebih dari itu, universitas ini juga memegang kepemilikan aset budaya besar di  Inggris. Aset-aset tersebut seperti: Museum Manchester, Whitworth Art Gallery, John Rylands Library dan Jodrell Bank Observatory.

Di dunia, menurut QS University Rankings, universitas ini mampu menempati peringkat ke-33. Biaya kuliah rata-rata yang harus dikeluakan mahasiswanya untuk dapat menempuh pendidikan di universitas ini sekitar £17.000 – £20.000. biaya tersebut belum temasuk biaya hidup dan biaya akomodasi.

5. The University of Edinburgh

logo The University of Edinburgh
ed.ac.uk

Sesuai dengan namanya, Universitas Edinburgh terletak di Edinburgh, Skotlandia. Didirikan pada tahun 1583 menjadikan universitas ini universitas tertua keenam di dunia. Lebih dari itu, universitas ini berhasil meraih peringkat ke-24 di dunia versi THE.

Adapun fakultas yang ada meliputi: Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, dan Fakultas Sains dan Teknik. Ada banyak jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Edinburgh baik untuk program sarjana dan pascasarjana.

The University of Edinburgh
gofossilfree.org

Selain itu, universitas ini juga menyelenggarakan program persiapan sarjana, kursus singkat, dan pelatiahan untuk profesional.

Biaya kuliah per tahun di universitas ini berkisar antara £17.000 – £20. 000. Dari biaya kuliah tersebut, biaya kuliah untuk program sarjana lebih mahal dibandingkan biaya kuliah untuk program pascasarjana.

Sementara untuk biaya akomodasi kampus, The University of Edinburgh tergolong rendah dibandingkan kampus-kampus sebelumnya. Meskipun tidak demikian dengan biaya hidup keseluruhan yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa universitas tersebut.

6. King’s College London

logo King’s College London
alumni.kcl.ac.uk

King’s atau KCL adalah universitas yang didirikan pada tahun 1829 oleh Raja George IV dan Duke of Wellington. KCL merupakan universitas penelitian negeri yang terletak di pusat kota London yaitu terletak di sepanjang sungai Thames atau River Thames.

Tersedia sekitar 200 program sarjana, lebih dari 230 program pascasarjana dan beragam kesempatan penelitian yang ditawarkan KCL. King’s juga merupakan salah satu pusat studi terbesar untuk sarjana dan pascasarjana kedokteran serta pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa.

King’s College London
kcl.ac.uk

Selain itu, di bidang akademis KCL memiliki banyak keunggulan yang dibanding universitas lain. KCL juga memiliki akses dan jaringan luas sehingga mampu mengantarkan mahasiswanya ke dunia kerja dan magang.Tidak heran jika lulusan KCL dikategorikan sebagai lulusan dengan prospek kerja dan gaji awal tertinggi di Inggris.

Dua belas alumni dan staff King’s pernah tercatat sebagai peraih Penghargaan Nobel. Selain itu King’s merupakan kampus dimana DNA, X-ray, elektromagnetisme, dan telegraf radio pertama ditemukan.

King’s sendiri berhasil meraih posisi ke-19 di peringkat dunia pada tahun 2015/2016 menurut kategori QS. Dalam hal biaya kuliah King’s Sama halnya dengan Universitas Manchester dan Universitas Edinburgh.

Biaya kuliah di King’s per tahun rata-rata £18.000 – £19.000 dengan biaya kuliah program sarjana lebih mahal dibandingkan program pascasarjana. Biaya tersebut belum termasuk biaya hidup dan biaya akomodasi yang disediakan kampus.

7. Imperial College London

Logo Imperial College London
hays.co.uk

Imperial College London merupakan universitas berbasis riset dengan fokus pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Universitas ini dibangun pada tahun 1907 oleh Pangeran Albert untuk menggiatkan pendidikan di bidang sains.

Kampus utamanya terletak di Kensingtonn Selatan. Sementara kampus lainnya tersebar di kawasan Hammersmith, Silwood Park, Royal Brompton, Nortwick Park, Charing Cross, St Marys, Wye, Chelsea, dan Westminster.

Imperial College London
imperial.ac.uk

Sebagai universitas berbasis riset, Imperial College London menawarkan berbagai fasilitas riset yang memadai bagi mahasiswanya.

Adapun alumni dan stafnya berhasil meraih berbagai penghargaan diantaranya 15 Penghargaan Nobel dan bidang-bidang lain seperti teknik, medis dan sosial. Dalam sistem perankingan yang dilakukan oleh QS, universitas ini menempati posisi terbaik ke-8 di dunia.

Lebih dari 26% mahasiswa yang tercatat sebagai mahasiswa universitas ini merupakan mahasiswa internasional. Untuk biaya kuliah yang harus dikeluarkan di universitas ini lebih dari £26.000 – £27.000 setiap tahunnya. Sementara untuk biaya hidup dibutuhkan sekitar £ 14. 838 dan biaya akomodasi sebesar £3.708.

8. University College London

logo University College London
alliance4tech.eu

UCL berhasil menempati peringkat ketiga dari 10 universitas terbaik di Inggris. UCL didirikan pada tahun 1826,  merupakan universitas riset publik di London.

Terdapat 10 fakultas di universitas ini yang menyelenggarakan 3700 perkuliahan setiap tahunnya. Melalui semua Institut dan Fakultasnya, UCL mampu mencakup semua jurusan yang ada di dalam  kurikulum universitas-universitas lain di Inggris.

UCL merupakan institusi pascasarjana terbesar sekaligus universitas federasi terbesar di Inggris dengan 31 afiliasi. Universitas ini memiliki 10 Fakultas dalam menyelenggarakan proses perkuliahan dan pendidikannya.

university college london
independent.co.uk

Sepuluh fakultas tersebut ialah Fakultas Seni dan Humaniora, Fakultas Ilmu Pemikiran, Fakultas Pemberdayaan Lingkungan, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Fisik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Kedokteran.

Sekitar dua puluh delapan persen dari total keseluruhan mahasiswa UCL merupakan mahasiswa internasional. UCL merupakan kampus yang menduduki peringkat ke-7 di dunia versi QS.

Biaya kuliah rata-rata yang dihabiskan dalam satu tahun berkisar antara £19.000 – £20.000. Biaya hidup dan biaya akomodasi kampus belum termasuk dalam biaya tersebut.

9. University of Oxford

Logo University of Oxford
seek.com.au

Peringkat terbaik kedua diduduki oleh oleh Universitas Oxford, tentunya nama universitas ini sudah tidak asing lagi di telinga.

University of Oxford adalah universitas tertua di Britania yang dibangun sejak abad ke-11. Universitas ini juga menempati posisi ke-6 di dunia sebagai universitas terbaik menurut QS University Rankings pada tahun 2015/2016.

Empat puluh satu persen dari seluruh mahasiswa University of Oxford merupakan mahasiswa internasional.

Biaya kuliah di universitas ini berkisar antara £16.000 – £18.000 untuk setiap tahunnya. Di University of Oxford hanya ada satu beasiswa yang disediakan oleh pihak kampus. Beasiswa tersebut adalah beasiswa Clarendon Scholarship.

University of Oxford
sheknows.com

Universitas ini merupakan universitas kota yang tidak memiliki kampus utama. Mulai dari kampus, departemen, penginapan, dan fasilitas lainnya tersebar di seluruh pusat kota. Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolase konstituen, berbagai departemen akademik yang terbagi dalam 4 devisi.

Perpustakaan Universitas Oxford merupakan perpustakaan dengan sistem perpustakaan universitas terbesar di Britania.

Perpustakaan tersebut juga merupakan perpustakaan terbesar kedua dengan koleksi lebih dari 11 juta buku, setelah Perpustakaan Britania. Banyak nama-nama besar lahir dari universitas ini, termasuk 58 pemenang Hadiah Nobel pernah belajar dan berafiliasi dengan universitas ini.

10. University of Cambridge

logo University of Cambridge
pinterest.com

Inilah universitas paling top untuk kategori 10 universitas terbaik di Inggris versi THE. University of Cambridge secara rutin bersaing dengan University of Oxford untuk meraih gelar sebagai universitas peringkat pertama di Britania Raya.

Suasana belajar dengan persaingan yang ketat akan sangat terasa di lingkungan University of Cambridge. Tidak heran jika universitas ini menempati posisi ke-3 di dunia. Universitas Cambridge didirikan pada tahun 1209 dan konon didirikan oleh perhimpunan sarjana yang kabur dari universitas Oxford.

Terdapat enam sekolah di universitas ini, yaitu Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi, Klinik Kedokteran, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Fisika, dan Teknologi. Dengan masing-masing jurusan mencakup kelompok fakultas tertentu.

Bidang matematika merupakan bidang yang paling menonjol di universitas ini.  Sedangkan jurusan andalannya adalah Jurusan Seni, setiap mahasiswa harus mengikuti ujian masuk jika ingin mengambil jurusan Seni.

University of Cambridge
easyuni.com

Selain itu, universitas cambridge adalah universitas dengan persyaratan masuk paling ketat di Britania Raya. Dalam sejarahnya, Universitas Cambridge telah melahirkan sejumlah besar ilmuwan, politisi, dan penulis Britania yang terkenal. Alumni dan afiliasi Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel.

Penerimaan Penghargaan Nobel Universitas Cambridge merupakan penghargaan terbanyak dibandingkan universitas lain di dunia. Hebatnya, dari  80 pemenang Penghargaan Nobel tersebut, 70 diantaranya merupakan murid prasarjana dan pascasarjana asli universitas ini.

Biaya kuliah yang harus dikeluarkan selama menempuh pendidikan di universitas ini rata-rata sama seperti universitas-universitas sebelumnya. Biaya tersebut diperkirakan sebesar £19.000 – £22.000 per tahunnya.

Penutup

Nah, itulah universitas-universitas yang menyandang gelar 10 universitas terbaik di Inggris yang juga menjadi bagian dari universitas terbaik di dunia. Tentunya berkesempatan mengenyam pendidikan dan menjadi bagian dari universitas-universitas tersebut menjadi impian hampir semua orang.

Tapi tentu saja kesempatan itu didapatkan dengan pengorbanan yang tidak kalah besar sebanding dengan hasil yang didapatkan.  Apalagi peringkat terbaik menurut Times Higher Education (THE) didasarkan pada keriteria yang tidak main-main.

Keriteria-keriteria tersebut mencakup pengajaran universitas, penelitian, jumlah mahasiswa internasional, tenaga pengajar, serta rasioperbandingan antara jumlah mahasiswa dan pengajar per kelas.

Hal ini membuat universitas-univesitas tersebut menjadi universitas dengan persyaratan masuk paling ketat di Britania bahkan di duinia. Oleh karena itu, kesempatan belajar di universitas-universitas top tersebut harus ditebus dengan kerja keras dan perorbanan yang sebanding.

Sebagai catatan, keberhasilan dalam menempuh pendidikan di sebuah institusi bukan bergantung pada alamamaternya tapi terletak pada diri kita sendiri. Karena meskipun mampu kuliah di kampus terbaik tapi lalai untuk terus belajar dan memperbaiki diri maka hasilnya pun tidak sebaik almameternya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *