Alhamdulillah Serentak! Rabu, 6 Juli 2016 Umat Islam di Indonesia akan Rayakan Hari Raya Lebaran Idul Fitri

Ilustrasi by republika.co.id
Ilustrasi by republika.co.id

Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 1437 H

Hasil Sidang Isbat Hari Raya Idul Fitri 1437 H-Lukman Hakim selaku Menteri Agama Republik Indonesia (RI) menegaskan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H akan jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

“Kami bersepakat berdasarkan laporan dalam siding Isbat, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H akan jatuh pada lusa, tepatnya Rabu 6 Juli 2016,” Ucap Menag Lukman Hakim di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin Jakarta Pusat (Detik, Senin/7/2016)

Pada hari itu pula, bersamaan diselenggarakannya sidang Isbat, juga terdapat 90 titik pemantauan hilal yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan laporan dari 90 titik itu pula keputusan penentuan 1 Syawal 1437 H diputuskan.

Dari 90 titik tersebut, ada dua titik yang belum melaporkan sebab posisi wilayah berada di ujung paling Barat. Perkembangannya hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai kabar apakah hilal sudah tampak.

Melalui dua metode hilal dan rukyat di atas, penentuan awal Syawal telah ditetapkan. Hal tersebut juga sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 yang menjelaskan mengenai aturan bagaimana penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah.

Ummat Islam Serentak Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H

Berdasarkan kabar ditetapkannya 1 Syawal 1437 H di atas, ummat Islam di seluruh Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri secara serentak pada 6 Juli 2016.

Dengan demikian, semoga dengan adanya kebersamaan dalam berhari raya pada tahun ini akan menjadi syiar yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

 

Baca juga contoh teks Idul Fitri 

Artikel Spesial Idul Fitri Masjid Para Pencari Tuhan

Sungkem dan Revolusi Mental

dan Sunnah-sunnah Nabi Mulia di hari raya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *