“UDAH, KITA TEMENAN AJA YA”, Fenomena Cinta Remaja Masa Kini

Masa muda penuh dengan cerita yang berbau melo-melo dan kadang sampai baper. Loh kok bisa? Hal ini karena masa muda adalah saat seseorang menemukan jati dirinya dan  mulai kenal dengan lawan jenisnya. Udah pasti nih, buat kamu yang sekarang udah memasuki masa muda sekitaran umur 17 tahun keatas haruslah bersiap-siap, baik mental atau pun fisik, bahkan kalau perlu siapkan juga tisu serta buku catatan kecil  untuk temen curhatmu.

loop.co.id
loop.co.id

Kecendrungan para remaja menikmati masa muda ini banyak dihiasi dengan warna merah jambu dalam bentuk hati yang bahan obrolan anak remaja bahkan sudah tak terlewatkan dalam setiap detik jarum jam yang berputar. Ini yang disebut fenomena kekinian sebagai wujud dinamisme kehidupan anak Adam dan hawa di dunia yang fana ini.

Bagi seorang perempuan yang memasuki masa muda, ujian yang terberat adalah seorang laki-laki dan sebaliknya seorang perempuan adalah ujian terberat bagi seorang laki-laki. Wah kok bisa gitu, apa sih akar masalahnya? Sebenarnya yang menjadi inti persoalannya adalah sebuah fitrah dari  sang pencipta yang dinamakan cinta.

Fitrah cinnta ini membuahkan banyak fenomena di kalangan anak muda mulai dari yang biasa hingga yang ekstrim seperti dalam sebuah lagu yang liriknya “putus nyambung, putus nyambung, putus nyambung”. Segitu fenomenalnya, cinta ini sangat laku di pasaran hingga banyak film-film, musik-musik bahkan novel-novel yang banyak menceritakan kisah cinta, so sweet banget nih.

Nah, sangking banyaknya fenomena percintaan di kalangan anak remaja nih, ada satu fenomena yang kerap terjadi yaitu fenomena komitmen antar dua orang anak remaja untuk serius mengarahkan hubungan percintaannya ke jenjang pernikahan. Ini yang menarik karna sudah ada niatan untuk serius menuju ikatan suci.

Tentunya bagi anak muda yang baru pertama kali merasakan keberanian ungkapin rasa ke si doi nih, fenomena komitmen ini menjadi tantangan terberat dengan resiko tersulit jika tidak memiliki mental yang kuat karna kegagalan dari sebuah komitmen ini bisa berbuah rasa sakit hingga luka mendalam di hati.

Al kisah, ada seorang pemuda sebut saja Iwan yang menjalin komitmen dengan seorang gadis sebut saja Siti. Iwan adalah seorang pemuda yang baru pertama kali berani ungkapin rasa cinta setelah 3 kali jatuh cinta pada seorang gadis, sedangkan Siti adalah seorang gadis yang 2 kali menjalin hubungan cinta dengan seorang pria bahkan sudah pernah punya mantan, luarbiasa.

Suatu malam, Iwan dibuat tidak bisa tertidur oleh Siti yang telah menjadi temen SMS nya selama bertahun-tahun dengan pesan singkatnya yang isinya meminta kepastian kepada Iwan tentang kode-kode yang diberikannnya pada Siti mengenai rasa cintanya pada gadis itu.

Saat membaca pesan singkat dari siti itu, Iwan sempat bingung, jantungnya berdebar dan sempat keringat dingin karna membaca kalimat “perempuan butuh kepastian” yang ada dalam SMS gadis itu. Singkat cerita Iwan pun ahirnya mengambil keputusan untuk memberanikan diri mengungkapkan perasaan cintanya pada siti yang kemudian perasaan itu berahir pada sebuah komitmen karna Siti juga menyambut perasaan Iwan dengan sebuah rasa cinta juga.

Singkat cerita, 7 bulan berlalu Siti dan Iwan menjalin komitmen untuk menuju pada sebuah pernikahan. Dalam perjuangan mempertahankan komitmen banyak ujian yang dialami oleh 2 insan muda itu. Baik yang menyenangkan hingga yang menyedihkan. Banyak hal-hal yang telah dibahas oleh pasangan muda tersebut baik yang dekat maupun yang jauh.

Hal ini yang menjadi bumbu dalam kisah perjalanan cinta antar anak manusia yang sarat akan peran-peran yang dimainkan ibarat main film sinetron dengan kisah berbeda di setiap episode, wah kayak artis aja nih.

Nah, balik lagi ke Iwan dan Siti nih. Di Bulan ketujuh, tiba-tiba ujian terberat harus dihadapi oleh pasangan ini. Siti yang semula mantap dengan Iwan menyudahi komitmen antara keduanya dengan mengatakan “kita temenan aja ya”. Hal ini serentak membuat Iwan kaget dan merasa gak nyangka banget terhadap kejadian ini.

Pemuda yang baru pertama kali menjalin komitmen ini sempat membujuk pasangannya untuk kembali menjalin komitmen dengan dirinya, namun gadis tersebut mengatakan “Ntar tak piker-pikir dulu ya. Melihat jawaban itu ahirnya Iwan pun bersikap tegas pada Siti untuk kembali membujuknya menjalin komitmen untuk menikah dengannya.

quoteslike.com
quoteslike.com

Ahirnya ketegasan yang dilakukan Iwan terhadap Siti berbuah manis, kemudian mereka pun kembali menjalin komitmen hingga ahirnya berhasil menikah, wah so sweet banget nih. Itulah realita kehidupan anak remaja dengan segudang kisah cinta yang sangat fenomenal.

Kisah di atas tentunya, memberikan hikmah buat kita semua nih, bahwa jika ingin mengambil keputusan haruslah dipikirkan dengan matang-matang nih, apa lagi kalau yang dah menyangkut soal cinta karna cinta itu bisa menjadi racun bila salah menempatkannya dan akan menjadi madu jika tepat menikmatinya.

Jika sudah menemukan pilihan hati, langsung saja diseriusin biar gak diambil orang loh, sebab setan akan selalu menggoda manusia hingga manusia itu jatuh dalam kesesatan. Nah, sebagai orang bijak, hendaknya di masa muda ini di isi dengan hal-hal yang positif. Jika ingin menjalin cinta dengan lawan jenis, cobalah tegas dan serius jangan main-main lagi seperti anak kecil.

Ubahlah kata-kata “Udah kita temenan aja” yang ada dalam fenomena komitmen yang kurang tegas menjadi “ udah kita langsung nikah aja” dalam sebuah komitmen yang tegas dan sungguh-sungguh, niscaya cinta yang tumbuh akan jadi spirit positif untuk masa depan.

Ambil Keilmuan Jurnalistik — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *