Sejarah dan Makna Tunas Kelapa Pramuka

Tunas Kelapa — Jika melihat tunas kelapa, apa yang terbayang di kepala Anda? Ya, pramuka bukan? Tunas kelapa adalah lambang pramuka atau praja muda karana. Lalu mengapa ya yang dipilih sebagai lambang pramuka adalah tunas kelapa?

tunas kelapa
Pramuka

Mengapa tidak tunas-tunas dari tumbuhan yang lain? Bukankah ada banyak tumbuhan di bumi ini bukan? Nah, bagi Anda yang masih penasaran apa sih makna di balik tunas kelapa ini? Anda perlu membaca artikel ini, sebab artikel ini akan membahas tentang sejarah dan makna tunas kelapa pramuka.

Sebagaimana ditetapkan dalam dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48. Juga pada Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII pasal 120. Tentang lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa.

Sejarah dan makna tunas kelapa sebagai lambang pramuka adalah materi wajib yang harus diketahui oleh setiap anggota pramuka. Jangan sampai Anda tidak tahu ya! Sebab makna di balik tunas kelapa sebagai lambang pramuka ini adalah materi pramuka dasar yang harus dihafal oleh anggota pramuka dari Penggalang, Penegak dan Pandega.

Tapi bagi Anda yang masih dalam kelompok pramuka siaga, mengetahui arti tunas kelapa sebagai lambang pramuka juga tidak ada salahnya. Belajar sedari dini justru akan membuat Anda semakin terlihat pandai dan rajin.

Nah, mengetahui sejarah dan makna kiasan tunas kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka adalah materi pramuka yang digunakan sebagai pelengkap pengetahuan umum kepramukaan. Maka sebagai sebuah materi, sejarah dan makna lambang Gerakan Pramuka ini perlu dimengerti, dipahami dan dihayati.

Ya, tentu saja oleh setiap anggota pramuka yang menyadari nilai-nilai kiasan sebagaimana terkandung di dalamnya. Lambang Gerakan Pramuka adalah sebagai tanda pengenal bagi sebuah organisasi di dalamnya.

Gerakan Pramuka itu sifatnya baku. Sebab lambang tunas kelapa mencerminkan nilai, norma, pedoman dan tekad yang dimiliki oleh setiap anggota pramukanya. Jadi memilih tunas kelapa sebagai lambang pramuka ini tidak hanya asal-asalan.

Perlu rundingan dan diskusi yang cukup panjang, mengapa mengambil tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka. Tapi sebelum mengetahui makna di balik tunas kelapa sebagai lambang pramuka ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu sejarah lambang pramuka ini.

Sejarah Lambang Pramuka

Jika Anda sudah tahu kalau tunas kelapa adalah lambang pramuka, maka Anda harus tahu pula sejarahnya. Kok bisa ya tunas kelapa ini digunakan sebagai lambang pramuka? Apa ya arti lambang itu sendiri? Bagaimana sejarahnya hingga bisa tunas kelapa dijaadikan lambang pramuka?

Nah, bagi Anda yang belum tahu sejarah dan makna tunas kelapa sebagai lambang pramuka. Anda harus cari tahu dengan segera. Sebab mengetahui materi tentang lambang pramuka ini dimulai dari  tinggat penggalang, penegak maupun pandega.

Bukan hanya mengerti saja, tetapi setiap anggota pramuka juga harus mengetahui sejarah lambang tunas kelapa dan memahami apa maknanya.

Ya, sebagaimana telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48 dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII Pasal 120. Lambang Gerakan Pramuka Indonesia adalah tunas kelapa. Adapun penjabaran mengenai lambang pramuka ini ditetapkan dalam SK Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang Lambang Gerakan Pramuka.

Lalu siapakah penemu lambang pramuka itu sendiri? Yap, yang menggagas tunas kelapa sebagai lambang pramuka adalah adalah Kak Sunardjo Atmodipuro. Siapa sih kak Sunardjo ini?

Kak Sunardjo adalah seorang Andalan Nasional yang juga menjadi Pembina Pramuka sertab bekerja di Departemen Pertanian. Sunardjo Atmodipuro sendiri lahir pada pada tanggal 29 Pebruari 1909 di Blora dan meninggal pada tanggal 31 Mei 1979.

Pertama kali lambang pramuka ciptaan Kak Sunardjo Atmodipuro ini digunakan sebagai lambang Gerakan Pramuka pada tangal 14 Agustus 1961. Di mana saat itu, Ir. Soekarno sebagai  Presiden Republik Indonesia menganugerahkan Panji Kepramukaan kepada Gerakan Pramuka.

Pengetahuan terkait lambang Gerakan Pramuka juga menjadi salah satu materi dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU). Yaitu dimulai dari SKU Siaga Mula, SKU Siaga Bantu, SKU Siaga Tata serta SKU Penggalang Ramu.

Makna Lambang Pramuka; Tunas Kelapa

Tunas kelapa telah dipilih sebagai lambang Gerakan Pramuka dengan berbagai pertimbangan. Terdapat makna filosofis yang terkandung pada Tunas Kelapa. Arti filosofis tersebut adalah :

  1. Tunas kelapa adalah buah yang nyiur, dalam keadaan tumbuh ia dinamakan ckal. Istila cikal bakal di Indonesia sendiri artinya penduduk asli pertama. Di mana cikal bakallah yang menurunkan generasi baru. Jadi bisa disimpulkan bahwa lambang buah nyiur yang tumbuh itu memberi makna kiasan. Bahwasannya setiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup seluruh bangsa Indonesia.
  2. Buah nyiur adalah buah yang bisa bertahan lama dalam keadaan apapun dan bagaimanapun juga. Jadi tunas kelapa mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah seseorang yang memiliki rohani dan jasmani yang sehat, kuat dan ulet. Ia juga merupakan seseorang yang memiliki tekat yang besar dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Mampu menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Tunas kelapa ini bisa tumbuh di mana saja. Tunas kelapa bisa tubuh dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Jadi bisa dikiaskan bahwasannya seorang anggota pramuka bisa membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dalam masyarakat di mana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimana pun juga.
  4. Pohon kelapa tumbuh menjulang lurus ke atas.  Tunas kelapa juga merupakan salah satu pohon yang tertinggi di negar Indonesia. Maka lambang tunas kelapa tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka memiliki harapan dan cita-cita yang tinggi dan lurus yakni mulia, jujur dan tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan sesuatu.
  5. Pohon  kelapa memiliki akar yang tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang tersebut menggambarkan sebuah  tekad dan keyakinan setiap pramuka. Di mana ia mampu berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat da nyata. Ia memiliki tekad dan keyakinan keyakinan yang digunakan olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai harapan dan cita-citanya
  6. Pohon  kelapa adalah pohon yang serba guna, baik itu dari ujung atas hingga akar pohonnya. Maka lambang tunas kelapa menggambarkan bahwa setiap anggota Pramuka adalah manusia yang berguna. Ia membaktikan dirinya untuk kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta kepada umat manusia.

Wah, sangat filosofis sekali bukan makna tunas kelapa ini? Wajar saja jika tunas kelapa dijadikan lambang dari gerakan pramuka. Pohon kelapa adaah pohon yang dari akar hingga daunnya banyak sekali memberi manfaat.

Sementara pohon kelapa ini tidak akan tumbuh tanpa adanya tunas kelapa. Sama halnya dengan pramuka, diharapkan para anggota pramuka ini adalah cikal bakal generasi bangsa Indonesia yang memberi kebanggaan bagi tanah air.

Ya, jadi seperti itulah sejarah dan makna tunas kelapa sebagai lambang pramuka yang bisa kami ulasSemoga bermanfaat.

 

 

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *