5 Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum

Mudik Lebaran
play.google.com

ACADEMIC INDONESIA — Salah satu tradisi yang tentu saja sangat dirindukan ketika menjelang lebaran tiba adalah mudik— yaitu pulang ke kampung halaman. Tradisi mudik tersebut dilakukan tidak bukan dan tidak lain  agar bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga tercinta di rumah.

Oleh karena mudik ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Muslim di Indonesia, tak heran jika menjelang lebaran yang hanya tinggal hitungan hari, para pemudik sudah mulai beranjak menuju ke kampung halaman mereka masing-masing.

Selain itu juga, rute perjalanan baik itu yang melalui darat, laut maupun udara pun akan macet dan sibuk ketika melayani para pemudik. Dengan satu tujuan dan harapan, tentu saja mereka inginkan pulang ke kampung halaman mereka masing-masing.

Untuk menuju ke kampung halaman, ada berbagai alternative kendaraan yang bisa kita gunakan. Salah satunya menggunakan transportasi umum.

Beberapa macam transportasi umum yang sering dijumpai mulai dari kereta api, pesawat, kapal laut atau bisa juga dengan menggunakan transportasi bus umum.

Akan tetapi, saat perjalanan mudik tentu saja Anda harus tetap waspada lantaran hari-hari menjelang lebaran memang rawan meningkatnya kriminalitas.

Nah, agar perjalanan mudik Anda berjalan nyaman dan aman, kami akan menyajikan beberapa tips mudik dengan transportasi umum.

Tips Mudik Menggunakan Transportasi Umum:

Tentu penasaran bukan apa saja tips mudik menggunakan transportasi umum. Secepatnya akan kami ulas selengkapnya di bawah ini:

  • Hindari Banyak Barang Bawaan

Tips mudik pertama bila Anda menginginkan mudik dengan transportasi umum adalah mengenai barang bawaan. Bawa dan pilihlah barang yang penting saat mudik. Tujuannya agar nantinya Anda juga tidak mengalami kerepotan selama perjalanan akibat banyaknya barang bawaan tersebut.

  • Hindari Perhiasan yang Mencolok

Namannya kejahatan biasanya akan terjadi karena ada kesempatan atau peluang. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kejahatan yang menimpa Anda selama mudik menggunakan transportasi umum, sebaiknya Anda menghindari perhiasan yang mencolok.

Sebab, tak jarang adanya perhiasan mencolok yang kita kenakan kerap mengundang para pelaku kejahatan untuk melakukan tindakan yang tidak terpuji.

  • Hindari Uang Tunai

Saat ingin mudik menggunakan transportasi umum, ada baiknya Anda juga menghindari pembawaan uang tunai yang terlalu banyak.

Bawa saja uang secukupnya untuk perjalanan mudik dan selebihnya bisa Anda manfaatkan ATM yang saat ini sudah tersebar di banyak lokasi.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman

Supaya selama perjalanan mudik terasa nyaman dan aman, coba perhatikan pakaian yang akan Anda kenakan. Sebaiknya kenakan saja pakaian yang nyaman dan tidak terlalu mencolok.

  • Membawa Hiburan

Hiburan memang menjadi salah satu asyiknya perjalanan Anda. Bagi Anda yang kerap melakukan aktivitas mudik, pastinya Anda tak jarang menemui kemacetan di jalanan.

Oleh sebab itu, daripada Anda “mengutuk” jalanan, ada baiknya Anda membawa hiburan-hiburan baik yang bersifat spiritual seperti Al Quran, shalawat ataupun hiburan lainnya seperti buku, game dan lain sebagainya.

***

Demikianlah sedikit pemaparan mengenai tips mudik menggunakan transportasi umum. Semoga dengan adanya tips ini bisa sedikit membantu khususnya bagi Anda yang akan mudik.

Jaga kesehatan dan juga keselamatan, perhatikan kanan kiri Anda. Bila Anda bersama keluarga kecil Anda, maka perhatikan juga buah hati sekaligus apa yang dibawa. Jangan lupa sampaikan salam untuk keluarga besar Anda yah.

Bila Anda sudah membeli tiket mudik lebaran dan mendapatkannya, maka dari kami selaku Blogger Indonesia setulusnya memberikan ucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017.

Pastinya, kami mempunyai banyak salah. Seperti halnya kekurangtepatan kepenulisan, kalimat yang kurang berkenan maupun hal-hal lain yang kami tidak mengetahuinya.

Kami, seluruh jajaran admin blog mohon maaf atas kekurangan di atas. Di hari suci nan mulia ini mari kita saling memaafkan. Cukup sekian, Ingat selalu tips dari kami ya. Salam hormat untuk keluarga tercinta di sana.

 

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *