Inilah 5 Tips Rahasia Cara Masuk STAN 2017

Tips Masuk STAN — STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan perguruan tinggi yang bersifat ikatan dinas. Karena prospek kerjanya jelas dan gaji serta tunjangan besar, perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan Kementerian Keuangan ini menjadi salah satu yang favorit diantara yang lainnya.

tips masuk stan
arifprasetyo.com

Baca prospek kerja salah satu jurusan di PK STAN. Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Pastinya, prospek kerja aman dan gaji besar akan membuatnya diperebutkan pula oleh seluruh calon mahasiswa di seluruh Indonesia. USM atau Ujian Saringan Masuk STAN adalah salah satu yang paling ketat dan paling sengit di seluruh negeri.

Untuk itu, bagi Anda yang berniat masuk STAN, artikel ini bertujuan membagikan tips agar Anda dapat lulus masuk STAN melewati pesaing-pesaing Anda.

Sebelumnya, ada baiknya jika Anda memperhatikan rasio kelulusan di STAN dari tahun ke tahun. Rasio kelulusan disini maksudnya adalah perbandingan antara kapasitas penerimaan mahasiswa STAN dengan calon mahasiswa pelamarnya, atau dengan kata lain, angka kemungkinan kelulusan Anda.

Tips Masuk STAN

Pendaftar sekolah tinggi dengan ikatan dinas tentunya merupakan orang-orang terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terkhusus STAN, jumlah pendaftar ini dapat mencapai 85 ribu orang, tak jarang tembus sampai 100 ribu orang.

Umumnya, STAN hanya membuka kuota 3000 orang. Artinya, masing-masing Anda harus ‘menyingkirkan’ minimal 30 orang untuk mendapatkan kursi di STAN. Dan pesaing Anda pasti sedang memikirkan hal yang sama!

Tips Masuk STAN; Persiapakan Mental Anda

tips masuk stan bintaro
static.oprah.com

Untuk itu, persiapan fisik dan mental serta kegigihan yang mumpuni merupakan syarat penting untuk dapat lulus masuk STAN. Dalam USM STAN, terdapat tiga tahap pengujian, yaitu ujian tertulis, tes kesehatan fisik, wawancara, dan tes kemampuan dasar. Tes kemampuan dasar ini baru saja dijalankan sejak tahun 2016.

Sebelumnya, pos terakhir ini diisi oleh interview atau wawancara yang bertujuan untuk mengetahui pola pikir sang calon mahasiswa. Tes tertulis berbentuk pilihan ganda, berisi tes potensi akademik dan bahasa inggris.

Dari tiga tahap pengujian, semuanya memiliki bobot yang sama. Akan tetapi, tes tertulis perlu diberi perhatian khusus karena dilaksanakan secara kolektif dan berpotensi menyingkirkan banyak pesaing Anda di tahap ini.

Tips Masuk STAN; Pertimbangkan Jurusan yang Akan Anda Ambil

tips masuk stan malang
jalanpendaki.com

Selain itu, untuk bisa masuk STAN Anda perlu memperhitungkan jurusan yang Anda pilih untuk masuki. Jurusan yang favorit berarti jumlah saingan yang lebih banyak dan persaingan yang lebih ketat untuk memasukinya.

Dari tahun ke tahun, jurusan perpajakan adalah primadona jurusan di STAN karena dapat mencakup kuota terbesar dari mahasiswa yang diterima di kampus ini. Sistemnya, jika di pilihan jurusan pertama Anda tidak diterima, maka Anda akan dialihkan ke pilihan jurusan kedua, dan begitu seterusnya.

Perlu diingat, setiap jurusan akan memprioritaskan calon mahasiswa yang memilih jurusan tersebut sebagai pilihan pertamanya (dengan minat dan komitmen di awal yang menjadi pertimbangan), jadi penting bagi Anda untuk mempertimbangkan masak-masak jurusan yang akan Anda pilih.

D1 atau D3?

cara masuk stan jakarta
loti.jewelry

Baca juga 10 Universitas Terbaik di Indonesia versi Dikti

Di samping mempertimbangkan jurusan, pemilihan antara D1 dan D3 juga penting. Tentu saja, pemilihan ini perlu Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Misalnya, jika Anda cukup yakin dengan kemampuan Anda, boleh saja Anda ambil jurusan D3 perpajakan yang merupakan jurusan paling sengit penerimaannya di USM STAN.

Tetapi jika tidak, Anda boleh mempertimbangkan memilih D1 perpajakan, atau bahkan jurusan yang lain sebagai prioritas. Tentunya, hal ini akan menekankan Anda untuk mengenali minat dan bakat untuk dipersiapkan sebelum menempuh USM STAN, disamping juga untuk mempersiapkan sebaik mungkin kemampuan akademik dalam menghadapi tes.

Mempertimbangkan semua itu, tentunya ada kiat-kiat atau tips untuk lulus masuk STAN. Pada dasarnya, kelulusan akan ditentukan oleh dua hal: seberapa baik Anda mengerjakan tes, dan bagaimana strategi Anda memilih jurusan.

Tentunya, kebanyakan orang akan berfokus pada faktor pertama dan cenderung mengabaikan faktor kedua. Hal ini yang menyebabkan sejumlah besar calon mahasiswa dengan kemampuan akademik mumpuni justru tereliminasi dalam proses seleksinya.

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk menaruh perhatian pada keduanya. Kemampuan Anda untuk melakukan survey atau pengumpulan informasi di ‘medan perang’ Anda ini akan sangat membantu bagi Anda untuk lulus dengan sesuai harapan.

Tips Masuk STAN; Persiapkan dengan Matang

cara masuk STAN
blog.umy.ac.id

Faktor pertama, untuk menjamin seberapa baik Anda akan mengerjakan tes, penting bagi Anda untuk melakukan persiapan yang matang. Anda dapat mulai dengan membuat program belajar, dengan terlebih dahulu memperhatikan jadwal pelaksanaan USM STAN.

Penting bagi Anda untuk belajar setiap hari agar dapat membiasakan diri dengan konsep-konsep maupun rumus yang akan diujikan. Juga tak kalah pentng, Anda dapat mulai mengumpulkan soal-soal USM STAN tahun lalu. Kumpulan soal seperti ini biasanya akan banyak beredar menjelang dimulainya USM.

Anda dapat mulai mengerjakan soal seolah-olah sedang try out sebelum ujian. Anda juga bisa menganalisis soal-soal tahun sebelumya untuk mendapatkan gambaran tentang model soal apa yang paling sering muncul.

Dengan memiliki gambaran seperti ini, Anda dapat berlatih pada soal-soal tersebut, termasuk meningkatkan bagian yang Anda rasa penguasaannya masih lemah.

Khusus untuk soal-soal matematika, penguasaan matematika tingkat SMP akan cukup mumpuni untuk menyelesaikan soal-soal USM STAN. Tetapi, beberapa sumber mengatakan bahwa sejak 2015 pelajaran matematika tingkat SMA juga sudah dimasukkan ke dalam soal USM STAN.

Tentunya, standar belajar Anda perlu ditingkatkan pula. Juga perlu diingat adanya soal-soal bahasa inggris. Usahakan Anda sudah membiasakan diri dengan berlatih membaca artikel bahasa inggris maupun mengerjakan soal-soal di kursus bahasa inggris.

Terakhir, selalu ingat bahwa pengerjaan soal dilakukan dalam waktu yang terbatas. Gunakan teknik ‘kerjakan yang mudah dulu’ untuk efisiensi waktu.

Faktor kedua, yaitu pemilihan jurusan, juga tak kalah penting dengan tes. Sebagaimana dijelaskan diatas, tanpa strategi pemilihan jurusan yang baik, kemampuan akademik semata akan menemukan jalan buntu di STAN.

Dalam pemilihan jurusan, penting bagi Anda untuk melakukan pengamatan terhada jurusan yang paling diminati, berikut jumlah pendaftarnya. Ini penting untuk mengetahui sejauh mana peluang Anda untuk tembus ke jurusan di STAN.

Strata D3 umumnya lebih populer dibandngkan D1, dan jurusan perpajakan dari tahun ke tahun merupakan yang paling diminati. Pihak kampus biasanya tidak akan memberikan informasi terkait hal tersebut secara resmi, jadi Anda dapat mulai pasang telinga dengan kabar-kabar yang beredar seputar STAN.

Bijak Memilih Buku Latihan Soal-soal Masuk STAN

Buku Kunci Masuk STAN
Academic Indonesia Support

Anda juga harus mampu menyadari kemampuan pribadi Anda. Umumnya akan ada lembaga yang memunculkan try out untuk Ujian Saringan Masuk STAN. Gunakan kesempatan tersebut untuk mengukur kemampuan diri Anda.

Dengan melihat hasil dari tes-tes persiapan seperti ini, Anda dapat menggunakan gambaran skornya untuk melihat jurusan yang tepat untuk Anda. Tentu Anda harus selektif untuk memilih lembaga yang menyediakan jasa try out demi melihat hasil yang akurat dan optimal.

Jika Anda sudah mengamankan kedua faktor tersebut (seberapa baik Anda mengerjakan soal dan strategi Anda dalam memilih jurusan), kemungkinan Anda diterima di STAN juga makin besar.

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

5 thoughts on “Inilah 5 Tips Rahasia Cara Masuk STAN 2017

  1. Wah ternyata tidak mudah juga yah untuk masuk STAN, selain harus mengerjakan tes dengan sebaik-baiknya, strategi pemilihan jurusan juga harus diperhatikan…

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat.

  2. Segala sesuatu yg favorit tentu sulit utk meraihnya…. Karnanya melalui perjuangan strategi. Dan berdo,a merupakan upaya yg jituuuuu

  3. Terima kasih atas rekomendasinya, buku KUNCI STAN aku juga sudah beli, dan memang rekomendasi banget.. aku juga belajar Bimbel Online PKN STAN di soalstan.com disini juga sangat rekomendasi dan bagus.. menurut ku lho..

    Semoga aku masuk dan lulus pkn stan,, amiin

  4. sangat bermanfaat..

    terima kasih info dan cara jitunya.
    doain moga bisa lulus masuk PKN STAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *