Tentang UNDIP (Universitas Diponegoro); 9 Hal yang Seharusnya Anda Ketahui Sejak SMA

UNDIP Universitas Diponegoro
UNDIP Universitas Diponegoro

ACADEMIC INDONESIA — Universitas Diponegoro atau akrab disebut UNDIP merupakan sebuah kampus Negeri terbesar di Jawa Tengah. Terletak di kota Semarang, kampus ini menjadi salah satu kampus kebanggaan kota Semarang.

Kata Diponegoro sendiri diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18.

Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP. UNDIP didirikan pada tahun 1957, yang pada awalnya merupakan kampus swasta bernama Universitas Semarang. Pada tanggal 15 Oktober 1960, Universitas Diponegoro ditetapkan menjadi universitas negeri. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan menjadi hari jadi Universitas Diponegoro. Yuk intip apa aja yang wajib kamu tau tentang UNDIP!

9 Hal yang Seharusnya Anda Ketahui Sejak SMA

1. Memiliki 2 Kampus Utama

UNDIP sendiri memiliki dua kampus utama, yakni kampus Pleburan (sering disebut Kampus Bawah) dan kampus Tembalang (Kampus Atas). Sebelum kampus Tembalang dibangun, kegiatan belajar mengajar baik untuk jenjang S-1 maupun D-3 dipusatkan di kampus Pleburan.

Namun, setelah kampus tembalang selesai dibangun (sekitar tahun 2007), kegiatan belajar untuk jenjang S-1 dan segala urusan administratif  dipindahkan ke Kampus Tembalang.

Tak heran ketika kita berkunjung ke kampus Undip Tembalang, bisa kita jumpai banyak bangunan bergaya baru dan modern. Kini, Kampus Pleburan yang terletak di pusat kota, hanya digunakan untuk  kegiatan belajar mengajar jenjang D-3, S-2, dan S-3.

2. Memiliki 11 Fakultas

Sampai saat ini, UNDIP memiliki 11 fakultas, diantaranya : Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu dan Budaya, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Peternakkan dan Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, serta Fakultas Sains dan Matematika.

3. Widya Puraya dan Gedung Prof. Soedarto, SH

Widya Puraya merupakan salah satu ikon yang dimiliki Undip. Tempat ini sering dijadikan sebagai latar foto bagi mahasiswa-mahasiswa Undip. Widya Puraya saat ini beralih fungsi sebagai tempat kerja Rektorat Undip dan menjadi salah satu pusat administrasi untuk mahasiswa Undip.

Sementara, Gedung Prof. Soedarto, SH merupakan tempat yang sering dijadikan pusat kegiatan dari warga Undip. Mulai dari tempat verifikasi mahasiswa baru sampai dengan acara wisuda baik mahasiswa Undip maupun dari luar Undip.

4. Taman Inspirasi

Taman yang baru dibangun dan terselesaikan tahun ini menjadi salah satu tempat dari Undip yang ingin memfasilitasi mahasiswanya untuk sekedar berkumpul, berdiskusi, mengemukakan pikiran, dan membuat karya. Taman ini diharapkan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya oleh  seluruh warga Undip.

5. Masjid Kampus

Masjid Kampus Undip merupakan salah satu tempat yang memfasilitasi mahasiswa dan umum yang beragama islam untuk melakukan ibadah. Namun, tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah.

Masjid ini telah meluaskan fungsinya sebagai tempat berkumpul, berdiskusi dan berbagi ilmu serta tempat kegiatan keagamaan lainnya. Masjid ini sering dipergunakan sebagai tempat istirahat dan menginap sejenak bagi para calon mahasiswa baru yang hendak melakukan ujian SBMPTN maupun UM di Undip.

6. Taman Rusa

Taman Rusa merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki Undip. Taman ini memiliki beberapa rusa yang dipelihara. Rusa- rusa tersebut tetap mendapatkan perlindungan dan perawatan yang baik pada umumnya. Meskipun dibuka untuk umum, tidak sembarang pengunjung diperbolehkan memberi makanan. Mereka yang hendak memberikan rusa-rusa tersebut makanan diwajibkan melapor kepada petugas yang menjaga.

7. Gedung Kembar

Saat memasuki Kampus Undip pertama kali, kita akan disuguhi dua gedung kembar yang menjadi salah satu ikon Undip. Gedung tersebut dianggap kembar karena memiliki bentuk dan warna yang sengaja dibuat mirip.

Meskipun demikian, kedua gedung ini memiliki fungsi yang berbeda. Gedung yang pertama sebagai tempat administrasi dan pusat Sekretariat PMB Undip, sedangkan yang satunya sebagai Laboratorium terpadu milik Undip.

8. Waduk UNDIP dan Hutan Kampus

Waduk Undip dan Hutan Kampus merupakan tempat yang dibuat Undip sebagai tempat untuk memfasilitasi praktikum terkhusus mahasiswa FPIK dan FPP. Selain itu, Hutan Kampus dibuat sebagai tempat budidya beberapa tanaman langka.

9. Rusunawa

Rusun Mahasiswa atau yang akrab dengan nama Rusunawa, merupakan tempat asrama mahasiswa Undip. Tempat ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan tempat kos-kosan sekitar Kampus Undip. Tempat ini mampu menampung lebih dari 400 mahasiswa Undip. Tahun ini Undip telah meresmikan gedung rusun baru yang berskala internasional.

Demikian sekilas profil UNDIP yang wajib kamu tau, tunggu info menarik selanjutnya!

 

Penulis

Yunia Rahma

Mahasiswi Universitas Diponegoro

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *