Tanggung Jawab Penuh

21 views
Tanggung Jawab Penuh
Pixabay.com

ACADEMIC INDONESIA — Di umur 24, saya pernah berjanji jika Allah berikan saya umur 25, saya baru akan serius untuk mencari ilmu tentang pernikahan. Sebuah ilmu yang kata Ayahanda M.H. Ainun Najib (Cak Nun) sebenarnya sangat dibutuhkan di dunia akademik maupun sosial; sebut saja Fakultas Rumah Tangga.

Memang bisa dikatakan demikian, mengingat ilmu rumah tangga merupakan ilmu yang sangat vital. Ilmu yang penerapannya dilakukan seumur hidup; dalam istilah orang Jawa “sakjeke urip”.

Bila diibaratkan, rumah tangga adalah bagian dari negara-negara terkecil. Maksudnya, bila ada seribu rumah tangga dan setiap rumah tangga mempunyai pondasi yang kokoh, tentu negara tersebut juga akan kokoh.

Berbicara tentang ilmu rumah tangga, tentu tak terlepas dari peran tanggung jawab. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa lebih bertanggung jawab.

Dua tahun lalu, tepatnya ketika mengikuti panitia Idul Adha di Masjid UIN Sunan Kalijaga, saya ditugasi untuk mencari pembicara. Waktu itu terpilih Prof. Machasin, M.A seorang guru besar Sejarah Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *