Konten Pilar: Strategi SEO Blog Paling Ampuh Bertengger di Page 1

SEO Blog — Selama beberapa bulan kemarin, kami sempat mengamati apa saja pertanyaan yang sering diajukan teman-teman kepada kami. Kami berpikir bila hanya dijawab seadanya di Facebook tentu akan kurang memuaskan.

So, pada malam yang cerah ini kami akan mengulasnya tuntas tanpa batas. Bersiap-siaplah!

cara agar website di page one
seonorthmelbourne.com

Pada dasarnya, SEO blog itu hanya terdiri dari dua langkah. Langkah yang pertama adalah riset keyword (kata kunci/judul) dan yang kedua adalah produksi konten. Mari kita bahas satu persatu — sedetail-detailnya.

SEO Blog Riset Keyword

cara riset keyword
nurdinnurung.com

Barangkali aktivitas yang banyak memakan waktu adalah riset keyword. Bila ingin mengetahui ilustrasi mengenai keyword, Anda bisa membaca artikel yang bertajuk SEO adalah

Keyword sendiri dibedakan menjadi dua; pertama adalah keyword utama (pilar) dan yang kedua adalah keyword turunan (anak keyword).

Pertanyaannya, bagaimana cara membedakan keyword tersebut sebagai keyword utama dengan keyword turunan?

Agar lebih jelas, kami akan memberikan contoh sederhana berikut ini:

 

Keyword utama

Jual Bakso

Keyword Turunan

Jual Bakso Enak

Jual Bakso Lezat

Jual Bakso Jogja

Jual Bakso Jakarta

 

Nah, intinya keyword utama itu biasanya terdiri dari 2 kata, sedangkan keyword turunan itu 3 sampai 7 kata. Sekarang saatnya praktik, cobalah merenung apa yang sedang akan Anda tulis lalu pastikan mana yang dimaksud sebagai keyword utama mana yang dimaksud keyword turunan.

Cara Riset Keyword SEO Blog

cara riset keyword menggunakan GKP
wawanseo.mywapblog.com

Sudah? Jika sudah, kini saatnya Anda meminta bantuan tools pencari kata kunci (keyword). Teman-taman dan sahabat kami biasa menggunakan GKP.

Apa itu GKP? Kunjungi saja situs ini Google Keyword Planner

Kabar terakhir sih GKP sekarang sudah tidak memunculkan data yang detail lagi. Adapun agar data muncul dengan detail, Anda perlu iklan terlebih dahulu.

Tenang, kalaupun Anda harus iklan terlebih dahulu, itu tidak masalah. Anda cukup memilih salah satu konten Anda yang memiliki biaya iklan (CPC: Cost Per Click) paling rendah versi Google Adword.

Dengan memilih konten (keyword) yang mempunyai CPC kecil, running iklan Anda akan berlangsung lebih lama. Cukup mudahkan?

Sampai mana tadi, sampai kelupaan. Oh iya sampai cara agar tampilan data di GKP lebih detail.

Selanjutnya, mulailah Anda riset keyword. Bila Anda sudah masuk di GKP, klik saja di bagian atas “Tools” dan pilihlah Google Keyword Planner. Untuk pengaturan, Anda bisa memilih negara dan bahasa. Tentu saja dalam study ini adalah Negara Indonesia dan bahasa Indonesia.

Benang Merah Riset Keyword SEO Blog

Cara riset keyword yang benar
maxmanroe.com

Sebenarnya apa sih benang merah riset keyword itu? Pertama saya akan mengulas terlebih dahulu dari sisi SEO blog untuk blog Gado-gado.

Pertama, tentu saja terkait jumlah pencarian. So, bila Anda mencari keyword, carilah keyword-keyword yang mempunyai jumlah pencarian yang banyak. Misal Keyword yang Anda ketik adalah “Jual Bakso” dengan pencarian 12.000 perbulan.

Dengan mengetahui jumlah pencarian, Anda bisa menerka berapa pengunjung per harinya. Hitung saja 12.000/30 maka akan ketemu 400. Itu berarti bila Anda bisa berada di posisi nomer satu atau setidaknya di halaman 1 Anda bisa memperoleh traffick dari Google kurang lebih berjumlah 400.

Setelah mengetahui langkah pertama, yakni melihat berapa jumlah pencarian, langkah kedua adalah melihat kompetitor.

Biasanya, bila Anda menggunakan GKP, di sana sudah tertera berbagai keterangannya. Ada yang memiliki tingkat competitor “Low”, “Medium” sampai “High”.

Untuk lebih jelasnya terkait bagaimana Anda mengetahui tingkat kesulitan kompetitor, Anda bisa membaca artikel berjudul Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Hal ketiga yang bisa Anda pertimbangkan adalah terkait CPC-nya. Di GKP biasanya akan tertera IDR atau harga setiap klik iklan yang dikunjungi. Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu ada yang sama sekali tidak ada CPC-nya ada juga yang CPC-nya sangat tinggi.

Apa gunanya CPC bagi Anda? Bagi Anda yang bermain Adsense tentu sangat berguna sebab besar kecilnya Dolar yang Anda peroleh disebabkan oleh faktor CPC.

***

SEO Blog Gado-gado Vs SEO Blog Spesifik

Blog gado-gado vs blog niche
duniamaska.com

Kita lupakan website atau SEO blog gado-gado. Kini saatnya kita beralih ke SEO blog yang mempunyai niche atau memiliki tema khusus.

Sebenarnya tak beda jauh dengan ketiga hal di atas yang perlu Anda perhatikan. Hanya saja bagi kami ada perbedaan mendasar. Bila Anda benar-benar ingin merintis sebuah blog atau website yang niche, tulis saja semua keyword yang berkaitan dengan niche blog Anda.

Ya, ketika Anda memiliki blog yang niche, Anda tak perlu mempertimbangkan jumlah pencarian, CPC atau kompetitor. Sebab nantinya pasti juga menjadi kewajiban Anda untuk menuliskan semuanya.

Namun bila Anda sedang dalam keadaan ekonomi terpuruk, saran kami bagi Anda untuk mencari keyword-keyword yang jumlah pencariannya banyak, low competitor sekaligus memiliki CPC yang tinggi.

Mengapa kami bilang Anda tak perlu mementingkan jumlah pencarian, CPC ataupun tingkat kompetitor dalam hal prioritas pengerjaan? Sebab nantinya Anda akan memiliki dua kekuatan yakni kekuatan traffick sekaligus kekuatan branding.

Apa yang dimaksud kekuatan branding? Maksud dari kekuatan branding adalah nama website Anda dikenal banyak orang, bahkan terbawa mimpi; seperti ACADEMIC INDONESIA haha juskid.

Ulasan mengenai branding akan kami sampaikan di artikel selanjutnya ya…

Cara Membuat Konten SEO Blog

seo blog gado-gado vs seo blog niche
mas-rizaal.blogspot.co.id

Tak terasa kita sudah menginjak langkah pokok yang kedua. Apa itu?

Tak salah lagi, inti SEO blog ya berkaitan dengan produksi konten.

Pertanyaannya, bagaimana alur memproduksi konten yang tepat jika dihubungkan dengan riset keyword yang barusan kita bahas?

Sekarang kita kembali membahas mengenai jenis keyword. Masih ingatkan, keyword terbagi menjadi dua yakni keyword pilar dan keyword turunan.

Sekarang tugas Anda adalah memilah-milah kedua jenis keyword tersebut dan jadikan keyword-keyword tadi menyatu sesuai jenisnya.  Untuk keyword turunan, jadikan satu dengan keyword turunan yang lain. Adapun keyword utama yang jumlahnya hanya satu juga pisahkan.

Langkah selanjutnya, sekarang buatlah semua keyword turunan yang sudah Anda temukan di GKP. Buat satu persatu barang 500 kata (lebih banyak lebih baik).

Anggap saja keyword turunannya ada 7, berarti Anda harus membuat 7 konten yang membahas sesuai keyword (judul) yang Anda tentukan.

Bila Anda sudah membuatnya, sekarang tinggal Anda posting. Usahakan dalam memposting tulisan, Anda tahu alur tema yang sedang dibahas. Misal Anda akan membahas mengenai pengertian, maka artikel kedua yang sebaiknya Anda posting adalah artikel keyword turunan mengenai tujuan atau manfaat.

Setalah itu, Anda bisa memposting artikel dengan keyword-keyword lainnya seperti “cara membuat”sampai “contoh-contohnya”.

Ketika Anda memposting artikel, buatlah link internal. Link internal adalah link hidup yang mengarah ke artikel Anda selanjutnya. Begitu seterusnya sampai di bagian keyword turunan terakhir.

Adapun terkait berapa link internal yang perlu Anda tautkan, Anda bisa memberinya 2 sampai 3 link internal.

Pilar Konten: Strategi SEO Blog Paling Ampuh

content is king
foxtailmarketing.com

Setelah Anda membuat konten SEO blog keyword turunan, kini waktu Anda untuk membuat konten pilar. Apa yang dimaksud konten pilar?

Konten pilar adalah konten berkualitas yang membahas suatu tema atau masalah secara lengkap, luas dan berbobot.

Timbullah pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memproduksi konten pilar?

Ringkasnya, buatlah judul yang sesuai keyword utama. Setelah itu, jadikan keyword-keyword turunan yang Anda temukan di atas menjadi sub judul. Jangan lupa pula penempatan keyword yang tepat ya.

Adapun cara penempatan keyword yang tepat akan saya bahas di artikel yang akan datang

Setelah itu berilah gambar yang menarik, katakanlah jika konten pilar Anda mempunyai 7 sub bab, maka sebaiknya ada 7 gambar yang perlu Anda sertakan.

Terkait di mana mencari gambar yang berkualitas, fungsi dan cara optimasinya akan kami tulis di artikel mendatang.

Bila hal tersebut sudah Anda lakukan, kini saatnya Anda memposting artikel Anda.

Langkah selanjutnya, editlah postingan-postingan keyword turunan Anda. Tambahkan internal link ke konten pilar. So, bila ada 7 konten keyword turunan, maka link internal yang mengarah ke konten utama juga sebanyak 7 link internal.

Dengan cara tersebut, Anda akan lebih mudah menjaring traffick, bahkan Anda bisa menempati posisi halaman pertama.

Anda tak sempat membuat konten pilar? Serahkan ke Jasa Penulis Artikel Kontenindo

***

Kesimpulan SEO Blog

Kualitas konten berbasis SEO
agcreative.ca

Kesimpulannya, seorang publisher adalah seorang penulis yang ingin sharing terkait pengetahuan yang dimilikinya. Jadi, langkah awal yang perlu Anda lakukan agar artikel Anda bisa berada di halaman 1 adalah memperbanyak latihan bagaimana cara menulis yang baik dan menarik.

Sederhana bukan?

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *