Sarah Eden Suryanto, Lulusan Termuda Wisuda Program Pascasarjana Berumur 21 Tahun

465 views
Sarah Eden Suryanto, lulusan termuda Wisuda Program Pascasarjana

Rabu (23/1), UGM melaksanakan upacara wisuda pascasarjana periode II TA 2018/2019. Total wisudawan ada 790 magister, 80 spesialis, dan 48 doktor. Masa studi program S2 diselesaikan rata-rata dalam 2 tahun 1 bulan, sementara untuk S3 dalam 3 tahun 10 bulan. Sampai dengan wisuda kali ini, UGM telah meluluskan 82.126 master, 3.552 spesialis, 4.320 doktor.

Fakultas Teknik UGM mencatatkan beberapa rekor pada wisuda periode ini. Rekor pertama untuk wisudawan termuda atas nama Sarah Eden Suryanto dari program studi Magister Teknik Sipil dengan usia 21 tahun 10 bulan 27 hari. Sarah menulis tesis berjudul “Performance Based Seismic Design: Pendekatan Lebih Terukur dan Ekonomis untuk Perencanaan Bangunan Tingkat Tinggi Beton Bertulang (Case Study: Evaluasi Bangunan Apartemen 39 Lantai)”.

Sementara itu, S2 tercepat diraih 2 mahasiswa MSTT (Magister Sistem dan Teknik Transportasi ). Muballigh dengan tesis berjudul “Penerapan Sistem Manajemen Mutu Pelaksanaan Pekerjaan Perkerasan Berbutir (Studi Kasus Jalan Provinsi di Provinsi Jawa Tengah)” dan Nur Yuni Andriyanti dengan tesis berjudul “Analisis Tingkat Kepentingan dan Tingkat Penerapan Pelaksanaan RMK, PCM dan Mobilisasi (Studi Kasus Jalan Provinsi di Provinsi Jawa Timur)” keduanya menyelesakan studi dalam 1 tahun 19 hari. Lulusan terbaik FT UGM untuk magister diraih oleh Dwi Wahyuningrum dari Magister Teknik Geomatika, dengan lama studi 2 tahun 2 bulan dan IPK 3.98.

Dari program doktor, lululusan tercepat periode ini juga dari FT UGM. Anak Agung Putu Susastriawan dari Teknik Mesin menjadi mahasiswa S3 lulus tercepat dengan masa studi 3 tahun 3 bulan. Putu Susastriawan menyusun disertasi berjudul “Kompatibilitas Gasifier Model Downdraft Terhadap Feedstock Sekam Padi dan Serbuk Gergajian Kayu”. Doktor terbaik Fakultas Teknik diraih oleh Priambudi Pujihatma dari Teknik Elektro, yang mengajukan disertasi berjudul “Optimisasi Aliran Daya Kombinasi Tenaga Listrik dan Panas Berbasis Persamaan Termodinamika Pembangkit dengan Sumber Bahan bakar Gas Asosiasi dan Gas Basah”. Putu Susastriawan dan Priambudi Pujihatma meraih IPK sempurna 4,00.

Dekan FT UGM sangat mengapresiasi capaian ini. “Semoga semua sukses berkarya di masyarakat, membawa spirit UGM”, demikian pesan Dekan FT UGM.

Sumber: ft.ugm.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *