Salah Jurusan Kuliah, Bagaimana Solusi yang Tepat?

salah jurusan kuliah
Dedy Dahlan

Pertanyaan

Assalamualaikum,

Saya mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Saya ingin menanyakan bagaimana solusi yang tepat bila saya merasa salah memilih jurusan kuliah.

Saya merasa ingin melanjutkan, namun saya tidak menyukai bidang tersebut. Ingin berhenti, namun sudah terlanjur masuk kuliah. Terima kasih.

Anonim

 

Jawaban

Waalaikumsalam warohmatullah.

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertama, hal yang perlu Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri adalah terkait jurusan yang Anda pilih; apakah Anda benar-benar memilih atau ada faktor lain dari luar, misal Anda hanya ikut-ikutan teman, ingin mempunyai gaji besar dan lain sebagainya.

Kedua, fenomena semacam ini memang kerap terjadi. Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari passion Anda sendiri. Carilah apa yang bisa membuat Anda bahagia meskipun Anda bersusah payah.

Carilah keilmuan atau bidang yang sedikit pun tidak akan membuat Anda menyerah untuk mempertahankan dan memperjuangkannya. Tanyakan terus kepada diri Anda sendiri apakah itu memang passion Anda.

Keputusan yang bisa Anda ambil, kami menyarankan jika Anda masih semester awal, katakanlah semester 1, ada baiknya Anda pindah jurusan.

Sebelum pindah jurusan, pastikan jurusan yang akan Anda ambil memang mengerti dan mengetahui seluk beluk dari jurusan yang akan Anda ambil. Seperti halnya terkait apa saja mata kuliahnya, kemudian prospek kerjanya dan mungkin terkait visi dari masa depan Anda sendiri.

Keputusan tersebut bisa Anda ambil salah satunya karena pertimbangan visi Anda. Misalnya Anda ingin menjadi dosen, ada baiknya Anda memilih jurusan yang nantinya ketika S2 Anda bisa mengambil jurusan kuliah linear.

Alasan demikian cukup penting mengingat peraturan saat ini ketika seorang akademisi ingin menjadi dosen disyaratkan mengambil studi yang linear.

Keputusan kedua yang bisa ambil, Anda bisa bertahan sampai Anda lulus. Kondisi semacam ini bisa Anda ambil manakala Ada sudah berada di penghujung semester. Selesaikan saja, kedepannya Anda bisa menata hidup Anda kembali dan bekerja sesuai passion Anda.

Intinya, kuliah adalah jejang pendidikan yang digunakan untuk memperdalam ilmu yang Anda minati. Di dunia perkuliahan, Anda bebas berpikir mengenai karya apapun di bidangnya masing-masing. Semua tidak ada sekat, batas dan hambatan.

Oleh karena itu, penting kiranya setiap mahasiswa mempunyai master plan kehidupannya masing-masing. Dengan adanya master plan, target Anda bisa terukur jelas. Tahun ini apa yang dicapai, tahun besok dan tahun-tahu selanjutnya.

Bersabarlah menuntut ilmu. Bila Anda menekuni satu bidang saja sampai Anda benar-benar paham dan menguasai, pasti rejeki tidak akan ke mana.

Di dunia akademisi, semakin spesifik keilmuan akan semakin baik. Dan kespesifikan itulah yang nantinya akan menetaskan karya-karya besar yang baru; lakukan saja yag terbaik sesuai bidangnya masing-masing.

Bila Anda siswa SMA yang baru mau masuk kuliah, Anda jangan sungkan-sungkan untuk bertanya; apa saja hal-hal terkait perkuliahan. Semoga jawaban ini bisa membantu.

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

One thought on “Salah Jurusan Kuliah, Bagaimana Solusi yang Tepat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *