10 Prospek Kerja Teknik Informatika sesuai Perkembangan Masa Kini

Prospek Kerja Teknik Informatika – Teknik Informatika (TI) merupakan salah satu program studi yang berkembang dari ilmu komputer. Dalam perkembangannya, jurusan informatika lebih terfokus pada penerapan logika matematika dan pengaplikasiannya di bidang informasi.

Hal itu membuat orang yang bergelut di sektor keterampilan ini lebih terlatih untuk berpikir sistematis, logis dan fleksibel.

Ingin tahu Prospek Kerja Ilmu Komunikasi? Anda bisa menyimaknya di ACADEMIC INDONESIA

jurusan teknik informatika
web.if.unila.ac.id

Berhubungan dengan ilmu komputer, Teknik Informatika cenderung mengarah pada kemampuan pemrograman komputer. Ketrampilan terhadap penguasaan aplikasi lunak (software) komputer, juga merambah pada rekayasa dan analisa informatika.

Itu sebabnya besar harapan bagi lulusan Teknik Informatika akan mampu mengelola sistem dan jaringan komputer. Prospek kerja Teknik Informatika merujuk pada kebutuhan konsumen akan informasi dan teknologi. Selain sebagai penunjang primer untuk dunia modern, Teknik Informatika juga tidak terbatas waktu karena sifatnya yang moving time.

Saat ini, di Indonesia setidaknya ada seratus bahkan lebih universitas, institut maupun sekolah tinggi yang membuka program studi Teknik Informatika. Tujuh di antaranya sudha terakreditasi A, sedangkan yang lain kebanyakan B dan C. Dari sini kita bisa tahu, prospek kerja Teknik Informatika semakin beragam dengan persaingan yang tidak main-main.

Studi ini berawal dari kebutuhan masyarakat akan perkembangan dan pola hidup modern. Awalnya, bidang ini hanya berupa ilmu komputer, di mana berasal dari negara Amerika. Kemudian berkembang sesuai zaman dan menyabang menjadi Teknik Informatika. Kata informatika sendiri asalnya dari kata ‘informatics’ yang digunakan oleh universitas di Eropa.

Meski ada banyak perguruan tinggi yang membuka prodi Teknik Informatika, bukan berarti meminimalkan prospek kerja Teknik Informatika. Sebab, bidang studi ini nyatanya penting dalam perkembangannya sepanjang masa.

Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba memahami Teknik Informatika lebih lanjut supaya tidak rancu di kemudian hari. Tidak sebatas mengenai prospek kerja Teknik Informatika saja yang kadang dipertanyakan banyak orang, proses dan seluk beluknya juga perlu kita ketahui bersama agar tidak gamang menentukan pilihan di masa mendatang.

What’s Inside

prospek kerja teknik informasi buat aplikasi
themenetwork.net

Seperti yang kita tahu, Teknik Informatika memiliki suatu kemiripan dengan beberapa cabang ilmu lain seperti ilmu komputer, sistem informasi, juga teknik komputer.  Nah, untuk membedakan dengan konsen studi lain, Teknik Informatika biasanya lebih condong pada implementasi. Fokusnya lebih pada praktek pembuatan suatu karya, di sini adalah aplikasi.

Meskipun terlihat simpel, namun hal itu kita kembalikan lagi pada universitas di mana progam itu berlaku. Tidak semua perguruan tinggi mempunyai sistem pembelajaran yang sama, oleh sebab itu pembeda di atas hanya sebagian besar saja. Gambaran umum dari beberapa cabang ilmu yang mungkin dipelajari di jurusan Teknik Informatika.

Mereka yang belajar Teknik Informatika memiliki tujuan untuk mengusai dan menciptakan inovasi baru di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Itu sebabnya kebanyakan prospek kerja Teknik Informatika lebih pada pembuatan suatu karya ketimbang mengolahnya saja. Mereka dididik sebagai inovator di bidangnya masing-masing.

Penerapan ini terbagi lagi menjadi sub-sub bidang, sebagian besar berdasarkan universitasnya. Seperti misalnya inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor pada pengembangan teknologi pertanian. Sedangkan untuk perguruan tinggi dengan konsentrasi broadcast akan memilih pembaruan di bidang teknologi penyiaran.

Dalam proses pembelajarannya, kebanyakan pemrograman berlandaskan pada fakta dan perkembangan yang saat itu sedang terjadi. Sebagai contoh, di tahun 2000-an masyarakat sudah mengenal dunia maya/internet. Maka perkembangan teknologi informatika akan merujuk pada basis internet tersebut.

Prospek kerja Teknik Informatika dengan singkat dapat disimpulkan bergantung pada kebutuhan pasar. Di mana ada keinginan dan celah kekurangan, maka Teknik Informatika bisa masuk dengan peawaran teknologinya.

Sedikit lebih jauh, revolusi ini menjadikan prospek kerja Teknik Informatika semakin melebar saja. Di dunia perfilm-an, teknologi animasi yang dibuat dengan aplikasi kompter menjadi semakin marak. Tidak hanya membuka peluang yang lebar bagi lulusan TI, juga semakin memudahkan penelitian di bidan teori maupun keilmuwannya.

Hal itulah yang membuat Teknik Informatika menjadi fleksibel bagi ilmu lain dan terus mengalami perkembangan. Sifat manusia yang selalu ingin tahu dan terus membuat kemudahan-kemudahan proses kinerja, tidak lepas dari teknologi ini. Teknik Informatika dan kebutuhan penduduk adalah dua hal yang saling melengkapi

Untuk saat ini, prospek kerja Teknik Informatika tidak bisa dibilang kecil karena sifat fleksibel dari ilmu itu sendiri. Mereka yang berada di bidang ini sudah terbiasa berpikir secara akurat, terstruktur dan sistematis. Sehingga mudah untuk menyesuaikan diri di bidang komputer dengan pemahaman serta analisa data yang baik.

Cabang Ilmu di Teknik Informatika

Dalam pengaplikasiannya, Teknik Informatika ditunjang oleh beberapa bagian ilmu anatra lain:

masa depan teknik informatika
polibatam.ac.id

1.Sistem Informasi

prospek kerja teknik informasi buat sistem informasi
dzikrisabillah.web.ugm.ac.id

Cabang ilmu ini menggabungkan antara konsep dasar ilmu komputer dengan ilmu bisnis dan manajemen. Hal ini untuk menunjang prospek kerja Teknik Informatika di pasar dunia yang mana harus mampu menguasai bisnis berbasis aplikasi. Di lain sisi, sistem informasi juga memudahkan lulusan untuk mengelola hubungan bisnis dengan client-nya.

2. Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

prospek kerja teknik informasi komunikasi data
sat.uns.ac.id

Jaringan komputer dan komunikasi data yang dimasukkan sebagai salah satu bidang studi ini sebetulnya lebih pada software dan hardware komputer. Dalam pembelajarannya, lulusan dituntut untuk dapat menguasai bagaimana cara kerja sistem komputer. Di mata kuliah inilah mahasiswa dibekali dan dilatih untuk mengoperasikan dan membuat sistem komputer.

Gabungan antara jaringan komputer dan komunikasi data ini sebagai suatu pola untuk menjembatani antara pengoperasian sistematika komputer dengan sistem komunikasi dunia modern. Arah bidang ini adalah untuk menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

3. Komputasi dan Metode Numerik

prospek kerja teknik informasi komputasi dan numerik
123rf.com

Pembekalan komputasi dan metode numerik ini merupakan suatu cara di mana studi informatika akan berkaitan dengan sistem penerjemahan data. Baik itu penerjemahan dengan sistem komputerisasi yang mana menjadi bidang taknik ini, dan numerik. Studi ini merupakan konstruksi keilmuwan yang wajib ada di dunia informatika.

Cabang atau bagian program studi itu tidak sama di semua perguruan tinggi, sekali lagi hal itu tergantung pada sistematika pendidikan yang diterapkan univesitas. Lebih lanjut, cabang ilmu itulah yang kemudian membentuk susunan pola pikir khas Teknik Informatika. Hal itu sekaligus meruntut pada apa saja prospek kerja Teknik Informatika yang bisa didapatkan.

Dalam perkuliahannya, mahasiswa jurusan Teknik Informatika juga tetap mempelajari beberapa ilmu seperti statistika, elektro, kewirausahaan, dan ilmu sosial lain. Selain bertujuan supaya prospek kerja Teknik Informatika luas, diharapkan mereka juga menguasai bidang kelimuwan lainnya. Seperti manajemen bisnis berbasis komputer dan aplikasi/software.

Prospek kerja Teknik Informatika sendiri berkaitan dengan bagaimana para lulusan itu dapat mengaplikasikan ilmu mereka. Sebagai contoh cabang ilmu jaringan komputer dan komuinikasi data akan sangat membantu lulusan dalam membuat aplikasi lunak. Hal itu adalah suatu dasar bagi para lulusan supaya kinerjanya benar-benar nyata di dunia saat ini.

Prospek Kerja Teknik Informatika

Banyak orang bertanya-tanya apa saja sebenarnya prospek kerja Teknik Informatika, selanjutnya ada beberapa peluang kerja bagi lulusan TI ini.

1. Konsultan IT

konsultan it
arrinknight.blogspot.com

Sesuai dengan bidang yang dipelajari, para mahasiswa jebolan TI tentu bisa bekerja dengan basis teknolog yang digelutinya semasa kuliah. Sebagai seorang konsultan atau penasihat di ranah teknologi, tidak ada salahnya bukan? Selain itu, prospek kerja Teknik Informatika sebagai konsultan dapat memberikan ide dan inovasi di bidang IT.

Saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa konsultasi terkait teknologi informatika. Hal ini erat kaitannya dengan manajemen bisnis aplikasi dan sistem modernisasi yang marak diterapkan perusahaan. Tidak hanya sebatas memberikan nasihat tentang jenis aplikasi, penggunaan software atau hardware yang baik. Kadangkala, untuk konsultasi seputar harga pasar juga dibutuhkan.

Maka dari itu, selain dibekali dengan pengetahuan Teknik Informatika, para mahasiswa diajari kewirausahaan dan manajemennya juga. Untuk itu tidak  heran jika lulusan TI menjadi manajer atau pun konsultan di suatu perusahaan.

2. Tenaga Pendidik

tenaga pendidik it
islamicommentary.org

Meskipun terlihat sepele, tenaga pendidik di bidang informatika ini ternyata cukup menjanjikan. Prospek kerja Teknik Informatika yang satu ini selain tidak menuntut full time di depan komputer, juga bermanfaat dalam menyebaran ilmunya. Tenaga pendidik bisa berupa guru di sekolah menengah, atas, atau juga dosen dan guru besar di perguruuan tinggi.

Tidak semua lulusan jurusan Teknik Informatika menyukai kerja lapangan atau praktek langsung pembuatan aplikasi. Sebagian ada yang lebih suka pada penjabaran teorinya saja, sehingga mereka memilih mengajar. Hal itu tidak masalah sebab dengan adanya tenaga pengajar, maka ilmu yang ada tidak berhenti di satu generasi saja.

Bayangkan apabila semua lulusan jurusan Teknik Informatika memilih bekerja langsung dan mengelola pembuatan aplikasi maupun sistem komputer. Sedangkan si sisi lain tidak ada lulusan yang mau meneruskan pembelajaran materinya. Maka Teknik Informatika akan hilang seiring bergantinya zaman.

Maka dari itu tidak ada salahnya menjadi tenaga pengajar di mana materinya tetap sesuai dengan apa yang pernah dipelajari. Hal itu tentu memiliki feedback masing-masing yang tak kalah dengan pekerja langsung.

3. Programmer and Developer

teknik informatika sebagai programmer
business2community.com

Para pembuat program atau biasa disebut programemer ini memang sangat khas sebagai keluaran TI. Kalian bisa membuat suatu program melalui keahlian teknologi yang ada kemudian menjadikannya lahan bisnis yang menjanjikan. Selain itu, progammer juga bisa membangun ranah usahanya sendiri.

Sebagai contoh, lulusan Teknik Informatika dapat membuat suatu software aplikasi tertentu dan mendirikan perusahaan dengan basis yang sama.

Bidang programmer sendiri sangat luas, cabangnya bermacam-macam. Di dalamnya ada spesialisasi atau konsentrasi programming,  selain itu juga memiliki pemetaan tergantung pada aplikasi yang dirancang.

Macamnya antara lain pembuatan program yang nantinya harus di-install (desktop programming). Di ranah internet ada pembuatan laman website (web programming), hingga aplikasi android (mobile programming).

Alasan adanya pemetaan pemrograman ini karena di setiap cabang memiliki sistem yang harus dikuasai. Sehingga apabila tidak dibentuk pengelompokkan ini, akan menjadi rancu dan membingungkan ketika merancangnya. Ambillah contoh, untuk bisa pemrograman web minimal paham HTMLCSSPHPMySQL dan JavaScript.

4. Administrator Web

administrator website
jasawebmasters.com

Bagi sebagian orang, menjadi administrator web atau pengurus laman website tertentu akan sangat melelahkan. Pasalnya mereka harus standby di depan komputer untuk mengawasi moving work website yang dikelola. Namun bagi yang menyukai dunia internet dan pemrograman seperti ini tidak ada salahnya mencoba.

Selain memberikan keuntungan karena pekerjaannya tidak menuntut harus pergi ke suatu tempat, administratos web ini fleksibel. Bisa dilakukan kapan saja, di mana saja—selama ada akses internet, dan tidak menguras banyak tenaga.

5. Pegawai Negeri Sipil

pns lulusan teknik informatika
kerjayuk.com

Sebagai lulusan IT, prospek kerja Teknik Informatika sebetulnya sangat luas. Apalagi zaman serba canggih seperti saat ini. Hampir semua bidang kerja bergantung dan membutuhkan ahli komputer, sehingga tidak ayal jika lulusan TI bisa bekerja sebagai PNS.

6. Security System and Tester

Teknik Informatika security system and tester
cnbc.com

Tidak seru jika dalam dunia komputerisasi macam sekarang tidak terkait dengan cyber crime.  Di sini pulalah, lapangan kerja TI terbuka luas. Mereka yang bisa mengoperasikan komputer dengan baik kadangkala perlu membasmi sistem jahat yang berkembang pesat. Dunia IT bisa mengelola dan menjadi pengaman dengan sistem komputernya.

Istilah cyber crime mulai berkembang sejak teraksesnya sistem internet sebagai upaya mempermudah kinerja manusia. Meski tujuan awalnya adalah untuk kemudahan, namun ada saja beberapa pihak yang memanfaatkannya untuk kejahatan. Akses yang tidak bersifat nyata inilah yang seringkali digunakan untuk meretas suatu data.

Peretasan ini bukan tanpa alasan, bisa saja data yang diretas merupakan informasi penting sehingga akan menguntungkan si pelaku. Itu sebabnya dalam dunia perkomputeran perlu juga security system supaya keamanan pengguna tetap terjaga.

Tidak hanya kejahatan dunia maya, kadangkala rusaknya sistem komputer disebabkan oleh gangguan virus. Dalam hal ini, virus yang dimaksud merupakan suatu sistem aplikasi lunak atau software yang sengaja dirancang untuk meghambat kinerja komputer. Perangkat ini bisa menggandakan diri tanpa diketahui user komputer.

7. Badan Usaha Milik Negara

badan usaha milik negara bumn-kerja-teknik-informatika
ilmu-ekonomi-id.com

Untuk bidang satu ini, tentu tidak asing lagi. Sebab meskipun badan ini milik pemerintahan, pada dasarnya mereka juga memerlukan ahli di banyak bidang. Termasuk urusan teknologi dan komputer. Karena itu, prospek kerja Teknik Informatika juga menjadi mudah di wilayah ini.

8. Developer Game

developer game kerja teknik informatika
bigfishgames.com

Nah, ini dia yang sangat familiar dan menjadi basis utama bagi pemangku dunia teknologi. Selain membuat program pekerja, IT juga membuat aplikasi game yang tidak main-main keuntungannya. Pasalnya manusia seringkali lebih tertarik dengan hiburan dari pada bekerja terus-menerus. Maka di sinilah muncul kesempatan dalam kesempitan di bidang TI.

9. Computer Network and Database

kerja teknik informatika computer network and database
123rf.com

Prospek kerja Teknik Informatika di perusahaan-perusahaan operator juga sangat menggiurkan. Sebab perusahaan ini tentu membutuhkan para ahli IT setiap tahunnya, jadi tidak perlu khawatir mengenai job di masa mendatang.

10. Wiraswasta dan Sektor Swasta

pengusaha teknik informatika
findthedrive.com

Yang terakhir ini adalah pilihan bagi lulusan TI yang ingin mengembangkan sendiri perusahaan atau bisnis aplikasi maupun sistem komputernya. Atau juga bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi, internet dan informatika.

Ada banyak sekali perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi serta informasi. Beberapa yang familiar adalah perusahaan seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa hal terkait prospek kerja Teknik Informatika dan hal-hal yang seyogyanya perlu diketahui mengenai dunia informatika.

One thought on “10 Prospek Kerja Teknik Informatika sesuai Perkembangan Masa Kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *