11 Prospek Kerja Manajemen Terlengkap dan Terupdate

Apa Itu Manajemen

10 Prospek Kerja Manajemen — Sudah tak asing lagi mendengar kata manajemen dalam dunia modern seperti sekarang ini. Bila kita telusuri, ilmu manajeman telah ada sekitar ribuan yang lalu dengan dibuktikan adanya piramida Giza di Mesir. Di mana piramida tersebut tak akan ada tanpa seseorang yang membuatnya. Merencanakan terbentuknya piramida tersebut.

Baca pula mengenai Prospek Kerja Hubungan Luar Negeri. Share bila bermanfaat!

prospek kerja alumni manajemen
pixabay.com

Melihat hal tersebut dapat dikatakan bahwa ilmu manajeman adalah ilmu yang paling tua. Karena sejak dulu orang telah melakukan tindakan manajemen. Manajemen ada sejak adanya seseorang atau perusahaan besar maupun kecil yang melakukan tindakan manajemen.

Pada seperempat abad terakhir di abad ke 18, dengan lahirnya revolusi industri, lambat laun sifat manajemen terus mengalami kemajuan. Pekerjaan yang sifatnya tradisional yang biasanya menggunakan tangan, kini mulai beralih digantikan mesin. Manajemen yang sederhana mulai beralih kepada manajemen yang lebih praktis dan canggih.

Manajemen Adalah…

manajemen adalah
cahayaislam.id

Manajemen sendiri merupakan proses untuk mencapai tujuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Menurut definisi yang lain bahwa manajemen adalah proses di mana pelaksanaan daripada tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Ilmu manajemen biasanya dipelajari di universitas-universitas, yakni di fakultas ekonomi. Merupakan salah satu program studi yang banyak diminati mahasiswa. Dan tentu untuk menjadi salah satu mahasiswa program studi tersebut melalui persaingan yang ketat pula.

Jurusan manajemen dianggap menjadi pilihan aman untuk menyongsong masa depan. Sebab, di jaman pembangunan seperti saat ini, akan banyak membutuhkan tenaga seorang manager. Prospek kerja manajerpun memiliki peluang yang besar.

Sebuah program studi yang dirasa memberikan harapan masa depan yang lebih cerah dan memberikan prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan Manajemen banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, lembaga, organisasi, dan institusi pemerinathan. Sebab lulusan manajemen bersifat luwes dapat ditempatkan di berbagai bidang.

Adapun universitas-universitas yang menyediakan jurusan Manajemen adalah antara lain :

  • Institut Pertaniaan Bogor
  • Institut Teknologi
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • UIN Maulana Malik Ibrahim
  • UIN Syarif Hidayatullah
  • UPN Veteran
  • Universitas Negeri Yogyakarta

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan Manajemen.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen
app.bukapintu.co

Perluas juga wawasan Anda dengan membaca artikel unik mengenai Prospek Kerja Teknik Informasi            

Manajemen memiliki beberapa fungsi. Fungsi utama Manajemen yakni :

1. Planing atau Perencanaan

planning manajemen
entrepreneur.com

Membuat rencana-rencana untuk memulai usaha. Kebijakan-kebijakan ditentukan, menyusun rencana kerja. Membuat strategi yang akan dipakai untuk mencapai tujuan suatu organisasi atau perushaan tersebut.

Dapat dikatakan bahwa dalam perencanaan, persiapan yang perlu dilakukan yakni merencanakan dan menetapkan target bisnis serta stagegi dalam mecapai tujaun tersebut. Menentuka apa saja sumber-sumber daya yang dibutuhkan, serta indikator ayng menyebabkan berhasilnya suatu bisnis.

2. Pengorganisasian (Organizing)

manajemen organisasi
elearningindustry.com

Setelah melakukan perencanaan, maka langkah selanutnya yakni pengorganisasian (organizing). Berbagai rencana dan strategi yang telah dirumuskan untuk mencapai tujuan tersebut, kemudian dikuatkan oleh adanya struktur organisasi. Dengan menciptakan lingkungan organisasi kondusif, sehingga dapat tercapainya tujuan bersama.

Yang dilakukan dalam pengorganisasian diantaranya adalah yakni menetapkan tugas dan kewajiban masing-masing anggota, kegiatan pemilihan posisi masig-masing anggota, serta perekrutan tenaga kerja.

3. Pengarahan dan Implementasi (Actuating/Directing)

manajemen pengarahan
icfheadquarters.blogspot.com

Dalam hal ini adalah melakukan bimbingan kepada anggota tenaga kerja, agar selalu produktif dalam bekerja. Memotivasi dan memeberikan arahan kepada anggota tenaga kerja. Agar semua anggota tersebut dapat bekerja dengan baik dan penuh kesadaran.

Kegiatan yang dilakukan juga antara lain yaitu mengimplementasikan kepemimpinan, selalu rutin  memberikan penjelasan dalam masalah pekerjaan. Serta menjelaskan kebijakan-kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.

4. Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)

fungsi manajemen sebagai pengawasan
yourarticlelibrary.com

Dalam fungsi manajemen yang terakhir ini, maka disini dijelakan bahwa pengawasan dan pengendalian dilakukan mulai dari apa yang sudah direncanakan, dan dilaksanakan. Apakah sudah melampaui tujuan yang sudah ditetapkan. Pengawasan atas seluruh kegiatan perusahaan.

Kegiatan yang dilakuakn dalam pengawasan dan pengendalian juga mengenai apa yang harus diperbaiki untuk mencapai tujuan tersebut. Mencari sebab bila terjadi kemunduran dalam bisnis tersebut. Serta mencari solusi bagaimana untuk mengatasi masalah yang mungkin menjadi penyebab menurunnya kegiatan bisnis tersebut.

Adapun ilmu manajemen memiliki beberapa konsentrasi, kelak dalam konsentrasi inilah karier seseorang ditentukan. Konsentrasi dalam manajemen tersebut adalah :

Apa Saja Konsentrasi Jurusan Manajemen?

konsentrasi manajemen
rocketmanajemen.com

Konsentrasi dalam jurusan Manajemen ini kelak yang akan menentukan karier seseorang lulusan Manajemen. Dalam perkuliahan jurusan manajemen memiliki beberapa konsentrasi. Konsentrasi tersebut yakni :

Manajemen Keuangan

prospek manajemen keuangan
maxmanroe.com

Manajemen keuangan secara singkat yaitu segala bentuk kegiatan pada perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan dana. Yakni mulai dari cara memperolah dana tersebut dan mempergunakannya.

Dalam konsentrasi ini mahasiswa mempelajari keuangan perusahaan. Mulai dari cara mendapatkan dan menggunakan uang tersebut. Manajemen keuangan bertujuan untuk menyehatkan kondisi keuangan perusahaan. Sehingga Manajemen keuangan ini menjadi sangat penting.

Secara garis besar mempelajari bagaimana menganalisa serta bagaimana teknik pengelolaan keuangan perusahaan tersebut. Menganalisa laporan keuangan dengan tujuan agar keuangan perusahaan tersebut dalam keadaan stabil. Dan teknik seperti apa yang menyebabkan peningkatan keuangan perusahaan.

Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran
bigwire.in

Manajemen pemasaran merupakan proses penentuan tujuan-tujuan dari pemasaran suatu perusahaan, dengan memperhatikan peluang pasar. Melakukan perencanaan dan pelaksanaan untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaian yang sudah ditentukan.

Pada konsentrasi ini mahasiswa mempelajari cara apa yang digunakan untuk pemasaran usaha, bagaimana melihat peluang yang ditawarkan pasar untuk dapat dimanfaatkan. Serta mengetahui apa yang mempengaruhi peningkatan pemasaran usaha tersebut. Mengusahakan agar produk yang ada di pasaran tetap eksis.

Manajemen Sumber Daya Manusia

manajemen sumber daya manusia
morethansound.net

Manajemen sumber daya manusia adalah Manajemen yang berkaitan dnengan tenaga kerja. Memaksimalkan kinerja karyawan secara efektif dan efisien. Sehingga antara perusahaan dan karyawan dapat saling bekerja sama  untuk mencapai tujuan bersama.

Manajemen Sumber Daya Manusia memandang bahwa seorang karyawan adalah manusia, dan bukan sebuah mesin yang bisa terus bekerja setiap saat. Dalam kajian  Manajemen Sumber Daya Manusia beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain. Unsur utama Manajemen Sumber Daya Manusia adalah manusia.

Hal penting yang dipelajari dari konsentrasi Sumber Daya Manusia (SDM)  yaitu pada pengelolaan Sumber Daya Manusia itu sendiri dalam perusahaan tersebut. Pengelolaan ini bertujuan agar meningkatnya kinerja atau produktivitas karyawan perusahaan tersebut. Seorang pemimpin harus menegetahui pula apa yang menyebabkan meningkat atau menurunnya kinerja karyawan.

Manajemen Operasional

konsentrasi manajemen operasionalisasi
aryasentraconsulting.com

Manajemen Operasional ialah kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan soal Manajemen terhadap masalah yang mencakup seluruh aspek pada perusahaa. Mulai dari masalah tenaga kerja, mesin, barang, dan sebagainya. Fokus konsentrasi ini yaitu pada produk yang akan dipasarkan. Mulai dari pembuatan sampai pengiriman produk tersebut.

Konsentrasi ini berhubungan pula dengan distribusi produk hingga sampai kepada tangan konsumen. Serta menjamin mutu dan kualitas suatu produk. Sehingga lulusan Manajemen konsentrasi ini banyak dibutuhkan di perusahaan industri.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen
ilmuakuntansi.web.id

Perdalam wawasan lewat Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Mata kuliah manajemen berhubungan erat dengan konsentrasi jurusan yang diambil.

Berikut mata kuliah yang biasanya dipelajari dalam jurusan manajemen :

Mata kuliah Pengembangan Kepribadian)

  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Pancasila
  3. Pendidikan Kewarganegaraan
  4. Bahasa Indonesia
  5. Bahasa Inggris Bisnis
  6. Ilmu Alamiah Dasar
  7. Ilmu Budaya Dasar

Mata kuliah Keahlian dan Keterampilan)

  1. Ekonomi Mikro
  2. Ekonomi Makro
  3. Pengantar Akuntansi
  4. Pengantar Bisnis
  5. Pengantar manajemen
  6. Matematika Ekonomi
  7. Matematika Bisnis
  8. Statistik
  9. Pengantar Aplikasi Komputer
  10. Kewirausahaan
  11. Ekonomi Koperasi
  12. Komputerisasi Statistik Bisnis/Labolatorium Statistik

Mata kuliah Perilaku Berkarya)

  1. Perilaku Organisasi
  2. Metode Penelitian
  3. Manajemen Investasi
  4. Anggaran Perusahaan
  5. Perpajakan
  6. Hukum Bisnis
  7. Ekonomi Manajerial
  8. Ekonomi Internasional
  9. Komunikasi Bisnis
  10. Analisis Kuantitatif
  11. Perekonomian Indonesia
  12. Etika Bisnis

Mata kuliah Keahlian Berkarya)

  1. Manajemen Pemasaran (dipelajari beberapa semester)
  2. Manajemen Keuangan (dipelajari beberapa semester)
  3. Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari beberapa semester)
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia (dipelajari beberapa semester)
  5. Manajemen Strategik
  6. Akuntansi Biaya
  7. Akuntansi Manajemen
  8. E-Commerce
  9. Studi Kelayakan Bisnis
  10. Analisa Laporan Keuangan
  11. Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Pospek Kerja Manajemen

prospek kerja mahasiswa manajemen
mengelolakeuangan.com

Manajemen merupakan jurusan dengan prospek kerja yang fleksibel, artinya lulusan manajemen dapat ditempatkan di berbagai bidang. Sehinnga mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Berikut beberapa prospek kerja manajemen yang bisa diambil seseorang lulusan manajemen. Diantaranya yaitu :

1. Prospek Kerja Manajemen sebagai Tenaga Pengajar

prospek kerja manajemen sebagai dosen
dailytelegraph.com.au

Tidak hanya di bidang bisnis dan wirausaha saja, lulusan Manajemen sangat dibutuhkan untuk tenaga pengajar/ dosen. Ini  merupakan peluang yang cukup menarik untuk seseorang yang selalu ingin berkecimpung dalam dunia pendidikan.

2. Prospek kerja Manajemen di Pertambangan dan Perdagangan

prospek kerja manajemen sebagai staf pertambangan dan perdagangan
stuvia.nl

Perusahaan-perusahaan, lembaga, dan organisasi membuthkan manager. Lulusan manajemen disini dibutuhkan untuk diantaranya sebagai manajer di bidang pemasaran, sumber daya manusia, operasi, dan keuangan. Beberapa sektor yang dapat dimasuki ialah pada sektor asuransi, agrobisnis, perdagangan, perbankan, pertambangan.

3. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf SDM (Sumber Daya Manusia)

prospek kerja manajemen sebagai HRD
mengelolakeuangan.com

Lulusan S1, Tidak langsung dpat menjadi seorang manajer di suatu perushaan, tetapi masih memiliki kesempatan Peluang kerja pada bagaian staf SDM. Staf bagain SDM ini banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan. Yakni untuk mengurusi yang berkaitan dengan maslah pekerja.

Baik itu dalam masalah perekrutan pekerja baru, penilaian terhadap kinerja pekerja, manajemen kinerja, gaji, kesehatan karyawan, pelatihan karyawan, kesejahteraan karyawan, yang berkaitan dengan kinerja karyawan. Staf SDM yang biasa kita kenal dengan sebutan personalia.

4. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf Pemasaran

prospek kerja manajemen staf pemasaran
quietmillionaire.com

Staf pemasaran merupakan salah satu peluang kerja yang dapat diperoleh dari salah satu konsentrasi jurusan Manajemen yaitu konsentrasi Manajemen.

Selain manajemen SDM, marketing juga merupakan unsur penting dari perushaan. Staf pemasaran berhubungan dengan bagaimana sumber daya yang ada menjadi sebuah produk.  Mempelajari apa yang dibutuhkan oleh konsumen, menentukan harga produk, serta membuat desain produk, hingga proses tersebut sampai ke tangan konsumen.

5. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf Keuangan

prospek kerja alumni manajemen sebagai staff keuangan
tsigroups.com

Staf keuangan merupakan unsur ketiga yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Apalagi untuk seseorang yang fashionnya soal hitung-menghitung, bagian ini sangat cocok. Menjamin kelancaran admistrasi perusahaan, mengawasi pemasukan serta pengeluaran admistrasi perusahaan  hingga dibuat laporan.

6. Prospek Kerja Manajemen sebagai Staf Operasional

prospek kerja manajemen sebagai staf operator prospek kerja manajemen sebagai staf operator
processautomationinsights.com

Unsur penting sebuah perusahaan yang keempat adalah staf operasional. Staf operasioal memiliki tugas mengurusi seluruh kegiatan di perusahaan. Misalnya di bidang administrasi, costumer service, dan lain-lain sesuai perusahaan tersebut.

7. Prospek Kerja Manajemen sebagai Manajemen Trainee

prospek kerja manajemen sebagai trainee
bespokelaw.com

Program dari perusahaan dalam rangka mencari SDM untuk ditempatkan pada posisi manajerial. Sebutan lain untuk Manajemen Trainee ialah Officer Development Program, Graduate Trainee, dan Manajement Development Program. Untuk masuk ke bagian Manajemen Trainee, perusahaan menetapkan kriteria yang cukup ketat.

Seserang yang mendaftar alangkah baiknya memiliki kriteria sebagai berikut, yakni IQ yang tinggi, pengalaman organisasi, asih berbahasa Inggris, IPK ynag baik. Hal tersebut perlu diperhatikan agar kita dapat lolos dan dapat menempati posisi Manajemen Trainee.

Manajemen Traine ini disiapkan untuk menjadi kunci perusahaan. Manajer yang mengetahui segala seluk beluk sebuah perusahaan tersebut dan kondisi bisnis di perusahaan tersebut.

8. Prospek Kerja Manajemen Mendirikan Perusahaan

prospek kerja manajemen bisnis
nathantrust.com

Bagi seseorang yang minat dan gemar berwirausaha serta ingin membuat lapangan usaha, hal tersebut bisa saja dilakukan. Akan tetapi hal yang perlu diingat bahwa dalam menjalankan bisnis atau usaha kecil sering yang mengalami kegagalan. Kenapa bisa terjadi? Salah satunya yaitu minim dengan praktek bisnis.

Seseorang lulusan yang berkecimpung di bidang administrasi bisnis akan lebih mudah dalam mendirikan suatu usaha, karena mereka sudah mendapatkan pengalaman dan pemahaman saat di perkuliahan.

9. Prospek Kerja Manajemen sebagai Manajer Sumber Daya Manusia (SDM)

fungsi manajemen sebagai pengawasan
yourarticlelibrary.com

Manajer SDM memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan sering merekrut banyak tenaga kerja, oleh karena itu diperlukan adanya staf yang bekerja dibagian Sumber Daya Manusia. Untuk merencanakan, mengarahkan, serta mengkordinasikan fungsi organisasi perusahaan tersebut.

Di bagian ini staf SDM memiliki wewenang sebagai berikut :

  1. Melakukan perekrutan terhadap karyawan yang berbakat dan sesuai kriteria
  2. Menjadi tali penghubung diantara manajeman dan karyawan.
  3. Memberikan masukan terhadap manager perusahaan tersebut mengenai kebijakan yang ditetapkan.
  4. Mengatasi isu-isu ketenagakerjaan.
  5. Memantau kegiatan perekrutan, seleksi, wawancara kerja, serta penempatan karyawan baru.
  6. Mengawasi pekerjaan para pegawai.

10. Prospek Kerja Manajemen sebagai Konsultan Manajemen

prospek kerja managemen sebagai konsultan
mirror.co.uk

Konsultan Manajemen merupkan perusahaan ataupun seseorang yang memberikan nasehat-nasehat dan solusi kepada seseorang mengenai usaha yang dijalankan perusahaan tersebut. Memberikan saran kepada perusahaa tersebut bagaimna cara terbaik untuk mengoperasikan bisnisnya.

Konsultaan manajemen membantu sebbuah perusahaan mencapai visi dan misinya. Yakni bisa dengan membantu meraancang rencana bisnis, pengembangan sumber daya manusia, serta penentuan indekskinerja.

Seorang konsultan manajemen harus yang memang sudah mempunyai keahlian dalam bidang tersebut. Sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi oleh perusahaan tersebut, ataupun melakukan rencana dan strategi untuk membuat perusahaan tersebut berkembang dan maju.

Konsultan manajemen banyak memiliki prospek kerja, sebab banyak perusahaan yang kini mulai berdiri dan memerlukan jasa konsultan manajemen. Banyak perusahaan yang tengah mengembangkan diri untuk menyambut era persaingan bisnis yang semakin ketat.

Konsultan manajemen tidak beda dengan seorang dokter, yang memberikan takaran berbeda kepada pasien meskipun penyakit pasien tersebut sama. Oleh karena itu, sudah waktunya seorang konsumen mengetahui penyakit dirinya sendiri. Karena dengan begitu konsumen di mata konsultan akan menjadi sejajar atau seimbang.

11. Prospek Kerja Manajemen sebagai Direktur Eksekutif

Direktur Eksekutif merupakan jabatan tertinggi dari sebuah perusahan, mempunyai tugas untuk bertanggung jawab dan mengatur seluruh kegiatan perusahaan. Umumnya seorang Direktur Eksekutif bertugas untuk memimpin, penentu keputusan, pengelola.

Mahasiswa lulusan administrasi dan bsnis berpeluang mendapatkan prospek kerja sebagai Direktur Eksekutif, tentunya dengan didukung oleh Ilmu pengetahuan administrasi bisnis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *