19 Prospek Kerja Hubungan Internasional (Linear dan Non-Linear)

Prospek Kerja Hubungan Internasional – Pernahkah Anda mendengar apa saja prospek kerja Hubungan Internasional? Bila belum akan kami bahas di sini, sebelumnya akan kami beri pengantar terlebih dahulu.

Memilih jurusan tentu terdapat harapan tentang menjadi apa setelah lulus nanti. Bekerja setelah lulus dari peguruan tinggi merupakan fase kehidupan yang di tunggu-tunggu oleh kebanyakan mahasiswa.

Baca juga Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, barangkali Anda atau saudara Anda berminat kuliah di jurusan Ilkom?

prospek kerja mahasiswa-mahasiswi hubungan internasional
kompas.com

Tak jarang para siswa yang akan menginjak di bangku perkuliahan sering dilema dalam memilih jurusan. Terlebih tak jarang banyak yang memandang dari aspek prospek lulusannya.

Hubungan Internasional merupakan jurusan yang diminati oleh banyak orang. Daya tawarnya seperti membahas tentang cara menjalin hubungan antar negara dengan baik dan benar dengan harapan mampu bekerjasama.

Prospek kerja Hubungan Internasional juga bisa untuk mengetahui pekembangan yang ada didalam negara lain guna diterapkan di negara sendiri. Baik dalam bidang sosial, hukum, ekonomi, maupun politik.

Seorang mahasiswa Hubungan Internasional tentu mengerti terkait apa-apa prospek kerja Hubungan Internasional.

Mempelajari studi Hubungan Internasional, mampu menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu-isu umum. Isu sosial, ekonomi, hukum dan politik menjadi sebuah isu umum dalam prospek kerja Hubungan Internasional.

Apa-apa yang terkait dengan isu-isu yang sedang berkembang juga dipelajari, tidak hanya sebatas budaya dan nilai-nilai dalam suatu negara.

Prospek Kerja Hubungan Internasional (Linear)

kuliah di jurusan hubungan internasional
sasak.net

Prospek kerja Hubungan Internasional yaitu mampu memahami, menjelaskan dan menganalisa  berbagai fenomena hubungan internasional.

Sektor pemerintahan, riset, pendidikan dan sektor lainnya, tingkat nasional maupun internasional juga membutuhkan prospek kerja Hubungan Internasional.

Cara berdiplomasi dan bernegosiasi dengan baik dan benar sangat diperhatikan, karena dapat membentuk hubungan yang saling menguntungkan antara dua kubu.

Beberapa mata kuliah seperti, bisnis internasional, hukum internasional, politik luar negeri menjadi penunjang prospek kerja Hubungan Internasional. Perlu diketahui bahwa prospek kerja lulusan Hubungan Internasional tidak terbatas menjadi diplomat saja, tapi juga mampu ke berbagai sektor lainnya. Kompetensi beragam yang di bekalkan baik di bidang sosial dan politik bisa diterapkan di berbagai lingkungan kerja.

Berikut prospek kerja Hubungan Internasional yang bisa di ketahui dan tak jarang yang asing dengan sebutannya.

1. Diplomat (Duta Besar)

Alumni Hubungan Internasional prospek kerja Duta Besar
aktual.com

Diplomat merupakan pekerjaan untuk mewakili negara sendiri di negara lain atau pada organisasi Internasional. Pengetahuan tentang konsep-konsep, teori, maupun perspektif HI pasti akan ditemui pada praktiknya.

2. International Officer

prospek kerja HI sebagai international officer
thesimonscenter.org

Seorang International Officer memiliki prospek kerja khusus untuk menangani kasus maupun permasalahan internasional. Bekerja di beberapa instansi semisal Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar ataupun Konsulat.  Posisi yang tepat untuk profesi ini adalah lulusan dari Hubungan Internasional itu sendiri.

3. Negosiator

prospek kerja HI sebagai Negosiator
news.fimadani.com

Seorang negosiator mempunyai prospek kerja hubungan internasional dalam menjalankan peran kepentingan lembaga yang diwakilinya. Negosiator dalam membawa dan mewujudkan kepentingan tidak hanya terbatas pada lingkungan pemerintah, tetapi bersentuhan juga dengan swasta.

4. Jurnalis (Wartawan)

lulusan HI prospek kerja HI sebagai jurnalis
pixabay.com

Kebutuhan manusia akan hausnya informasi baik terkait dengan kenegaraan maupun isu-isu yang berkembang dalam segala ranah. Prospek kerja Hubungan Internasional mampu  menjadikan lulusannya seorang jurnalis atau wartawan.

Membiasakan diri untuk berpikir kritis dalam memandang suatu permasalahan, isu maupun kasus. Hal ini tentu membutuhkan informasi terkait dengan isu-isu kenegaraan yang juga berkembang di ranah internasional.

5. Peneliti

prospek kerja HI sebagai peneliti
pixabay.com

Demi teciptanya kemajuan bangsa yang adil dan beradab, prospek kerja hubungan internasional mampu menjad seorang peneliti yang handal di bidangnya.

Munculnya berbagai isu internasional juga harus di imbangi dengan tumbuhnya sikap kritis untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang lama singgah.

Kemungkinan besar hasil dari penelitian tersebut dapat dipakai di dunia internasional sebagai solusi yang tepat atas isu-isu yang ada.

6. Dosen

lulusan hubungan internasional sebagai dosen
wisegeek.com

Dosen adalah suatu pekerjaan yang mulia dan terhormat. Selain berguna bagi orang lain, juga bisa untuk mengasah ilmu maupun pengalaman yang dimiliki sebagai akademisi yang baik.

Prospek kerjanya juga tak jauh dari hasil studi pada jurusan Hubungan Internasional. Setelah menempuh studi S2, kemampuan yang dimiliki bisa untuk melamar sebagai Dosen dengan segala ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

7. Staf Ahli

prospek kerja hubungan internasional staff ahli
maleindonesia.com

Menjadi staf ahli adalah suatu pekerjaan yang bisa ditemui di lingkungan anggota legislatif, ataupun di kalangan eksekutif baik tingkat daerah maupun pusat. Prospek kerja Hubungan Internasional dalam bidang staf ahli meliputi mengumpulkan informasi, menganalisis, memberikan saran, dan rekomendasi.

8. Konsultan Internasional

lulusan HI kerja sebagai konsultan internasional
muslimgoonline.com

Profesi seorang Konsultan Internasional sangatlah penting dalam menjalin hubungan internasional antar negara, terutama terkait permasalahan. Prospek kerjanya juga bisa dikatakan menjanjikan, terutama bagi para lulusan Sarjana Hubungan Internasional.

 Selain untuk memcegah adanya konflik internasional juga mampu menyelesaikan konflik antar sesama negara. Seorang konsultan juga bisa berperan sebagai pendamping, penasehat dalam menjalin Hubungan Internasional.

9. Pebisnis Internasional

alumni HI sebagai pengusaha internasional
anggihamami.blogspot.com

Bekerja di sektor bisnis sudah menjadi alternatif dari berbagai prospek kerja yang ada, termasuk lulusan Hubungan Internasional. Selain itu, juga bisa menjadi alternatif dari sekian sektor pemerintahan yang ada di sekeliling kehidupan. Mahasiswa lulusan HI  bisa masuk di dunia bisnis Internasional karena telah dibekali pengetahuan Ekonomi Internasional dan Bisnis Internasional.

10. Staf Kedutaan

lulusan HI sebagai staff negara (embassy)
embassyofindonesia.org

           Menjadi staf kedutaan memiliki beragam posisi tersendiri, dimulai dari administratif hingga analisis. Suasana maupun lapisan internasional di lingkungan kerja yang ada akan sangat terasa sebab bekerja di tempat orang asing, walaupun lokasinya masih di Indonesia. Kemampuan berbahasa inggris menjadi tolak ukur yang bersifat mutlak bagi semua pekerja di bidang ini.

11. Analisis

lulusan HI sebagai analisis problem
pixabay.com

            Analisis adalah pola mengidentifikasi dan menguraikan permasalahan guna mencapai solusi. Analisis memiliki beberapa posisi semisal analisis resiko, analisis program.

Tempat prospek kerja Hubungan Internasional di bidang analisis meliputi kementrian luar negeri, perusahaan multinasional,organisasi nasional dan lain-lain. Kemampuan menganalisa yang dimiliki lulusan HI berkaitan dengan mata kuliah mengenai perspektif dan teori HI.

             Mata kuliah tematik seperti Studi Pembangunan, Budaya Strategis, Manajemen Konflik, sangat berguna dalam bidang analisis.

Multidisiplin Hubungan Internasional adalah analisis HI, maka yang salah satu yang diajarkan yaitu mata kuliah tematik. Prospek kerja yang tak jauh dari kemampuan menganalisa permasalahan sosial, politik, maupun ekonomi yang sedang terjadi.

12. Government Relations Officer

Lulusan HI sebagai Government Relations Officer
cfr.org

 Government Relations Officer adalah suatu pekerjaan sebagai penghubung untuk menjalin hubungan antara lembaga yang diwakili dengan pemerintahan daerah.

Perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, serta pemerintahan daerah sendiri merupakan institusi yang membutuhkan posisi ini.  Selain posisinya yang strategis, juga erat kaitannya dengan sistem politik Indonesia. Proses pembuatan kebijakan dan aktor yang ada di dalam HI merupakan institusi yang ada.

Tempat prospek kerja Hubungan Internasional yang satu ini yaitu di pemerintahan daerah, perguruan tinggi, perusahaan nasional atau pun multinasional. Terkait hubungan sosial antara negara, sektor di bidang ini memiliki kapasitas yang cukup dalam urusan sambung-menyambung. Taka ayal jika posisi ini banyak pula yang meminati.

Perlu dipahami baik-baik bahwasanya, prospek kerja hubungan internasional sangatlah luas. Dapat di kategorikan menjadi dua golongan, yaitu prospek linear dan prospek non-linear. Kategorisasi tersebut berdasarkan pada hubungan antara keilmuan Hubungan Internasional dengan seberapa  jauh prospek kerja Hubungan Internasional.

Prospek Kerja Hubungan Internasional (Non-Linear)

prospek kerja hubungan internasional linear
cnnindonesia.com

Prospek linear yaitu yang berkaitan dengan keilmuan Hubungan Internasional. Sementara prospek non-linear yaitu prospek untuk yang di luar bidang keilmuan Hubungan Internasional.

Deres pula Prospek Kerja Teknik Informatika sebelum Anda melanjutkaan pendidikan selanjutnya.

Prospek kerja Hubungan Internasional di bidang lain seperti Birokrat, Bankir, Politisi, Wirausaha, Pegawai Bank atau Konsultan Internasional.  Program studi untuk mencapai prospek kerja hubungan Internasional banyak berada di Universitas baik negeri ataupun swasta.

Lulusan Hubungan Internasional selain di sektor yang sebidang dengan keilmuan HI, tak jarang pula yang berkarir di luar bidang keilmuannya. Artinya, bukan berarti keilmuan yang dipeoleh di jurusan HI tidak terpakai sama sekali.

Melainkan sedikit keluar konteks yang ada, dan selebihnya yang didapatkan selama belajar di HI masih bisa dimanfaatkan. Seperti yang pernah disampaikan bahawa tidak ada ilmu maupun pengetahuan yang sia-sia, pasti akan berguna dimanapun dan kapanpun pada masanya nanti.

Faktor apa yang menyebabkan terjadinya fenomena berkarir di luar sektor bidangnya?. Nah, biasanya kelompok lulusan yang berkarir di luar bidangnya ini, cenderung untuk mengikuti passion- nya atau kapabilitas yang ada. Bisa pula malah keluar jauh atau tidak ada kaitan sama sekali dengan jurusan Hubungan Internasional yang pernah di ambil.

Ada beberapa posisi di luar bidang keilmuan HI yang biasa diambil oleh para lulusan Hubungan Internasional. Beberapa daftar prospek kerja yang umum di lakoni oleh para lulusan HI yaitu seperti:

1. Start Up Bisnis Online

Prospek Kerja Hubungan Internasional Jual Beli Online
firstfortunemarketing.com

Menjadi pekerja yang sifatnya freelance memiliki banyak keuntungan baik dari segi waktu maupun tempat. Terkadang ada pula kendala-kendala yang ada terkait dengan konsumen karena tak ada tansaksi secara langsung.

Bidang ini bisa pula di geluti  oleh penyandang lulusan Hubungan Internasional. Keuletan menjadi momok pokok juga pengetahuan yang diperoleh di bidang HI bisa pula tersalurkan dengan adanya transaksi dengan konsumen dari berbagai negara.

2. Pegawai Bank

prospek kerja hubungan internasional sebagai direktur bank
pixabay.com

Menjadi pegawai bank, biasanya di lakoni oleh para lulusan akuntansi atau yang berbasis ekonomi. Namun tak hanya sebatas itu, bagi lulusan HI juga bisa memasuki sektor dunia perbankan.

Banyak pula lulusan selain dari HI maupun ekonomi atau akuntansi yang banyak mengincar profesi di dunia bank. Banyak yang mengatakan bekerja di bank adalah favorit semua lulusan perguruan tinggi.

Posisi yang menjadi primadona yakni pada program yang menjaring lulusan-lulusan terbaik untuk dikader sebagai menajer bank. Prospek kerja yang menjamin jurusan HI selain itu juga bisa di posisi teller dan marketting.

Bekerja di sektor perbankan bagi lulusan HI bila dikaitkan ada hubungannya dengan materi ekonomi internasional maupun ekonomi. Tempat yang senada dengan prospek kerjanya semisal di bank swasta ataupun bank milik negara.

3. Marketing

prospek kerja hubungan internasional marketing
coloradoboulevard.net

Bekerja sebagai marketing berhubungan pula dengan kemampuan komunikasi, persuasi, dan analisis. Kemampuan tersebut secara tidak langsung kompetensi yang telah diperoleh oleh para lulusan HI selama di bangku perkuliahan.

Kemampuan marketing sangatlah dibutuhkan, hampir semua perusahaan membuka lowongan untuk posisi itu. Umumnya pun  semua jurusan bisa mengakses posisi itu. Tidak ada kualifikasi secara khusus yang disyaratkan. Sehingga nampaklah posisi itu menjadi sasaran utama bagi yang ingin segera memperoleh pekerjaan.

4. Berkarir di Dunia Maya

Prospek Kerja Hubungan Internasional karir di dunia maya
smartinsights.com

Keberadaan dunia maya telah mampu membuka peluang tersendiri bagi lulusan HI yang ingin menekuni profesi sebagai online entrepreneur. Masyarakat sampai di usia produktif pun bisa mengenal dan terhubung ke internet. Peluang besar terbuka bagi siapapun yang mampu mengakses internet, terutama bisnis online.

Jasa sebagai kontributor media online seperti menulis di blog. Terkait pengetahuan tentang HI, membuat tutorial yang ada hubungannya dengan pembelajaran tentang materi HI bisa tersalurkan lewat dunia maya.

Lulusan HI kemungkinan besar memiliki kemampuan tak terbatas, tergantung pada seberapa kreatif masing-masing dalam menyalurkan inspirasinya. Peran aktif pada prospek kerjanya mampu di pegang oleh lulusan ini.

5. Guru

Prospek Kerja Hubungan Internasional sebagai guru
invert.co.za/

Menjadi guru adalah suatu profesi yang memiliki kebanggan tersendiri, karena memiliki posisi terhormat dan muliakan. Profesi guru belum berarti menempati posisi yang sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh pada masa belajar di dunia akademis. Banyak pula yang lulusan berijazah sarjana maupun non sarjana yang bisa menjadi guru. Faktornya tak lain dikarenakan pada aspek kompetensi yang lebih ditekankan.

Lulusan HI juga mampu menempuh dunia mengajar seperti guru, karena masih erat juga pada pendidikan kewarganegaraan, sosiologi, maupun bahasa inggris. Sekolah swasta atau negeri dan lembaga bimbingan belajar bisa menjadi tempat prospek kerjanya.

6. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Prospek Kerja Hubungan Internasional sebagai public relations
erpfm.com

Lulusan Hubungan Internasional bisa ditempatkan sebagai agen Public Relations atau Hubungan Masyarakat di beberapa instansi pemerintah. Perusahaan-perusahaan milik negara maupun swasta juga memerlukan profesi di instansinya.

Komunikasi anak HI yang tergolong baik, serta gaya bahasa yang diplomatis menjadi dasar yang berkaian dengan Hubungan Internasional. Tugasnya yaitu sebagai perwakilan pada lembaga tempat bekerja kepada masyarakat.

7. Instruktur, Juru Bahasa dan Penerjemah Bahasa Inggris

Prospek Kerja Hubungan Internasional juru bahasa
kent.ac.uk

Kemampuan berbahasa inggris memiliki daya jual tersendiri. Mahasiswa yang tekun meningkatkan potensi berbahasaa selama masa pendidikan taakan pernah merugi. Terutama bagi mahasiswa HI, akan merasakan keuntungannya saat lulus nanti. Dengan kecakapn bahasa inggrisnya, lulusan HI bisa masuk instruktur bahasa inggris di lembaga kursus bahasa inggris.

 Terdapat pula peluang menjadi jasa penerjemah secara lisan maupun tulisan. Mahasiswa Hubungan Internasional juga memilki kelebihan di bidang kosa kata dan cakupan tema bahasan yang luas.

Dengan demikian, tidak diragukan lagi karena pengetahuan yang di dapat selama masa belajar membantu sekali untuk memberikan terjemahan yang pas. Prospek kerja di sektor ini agar mampu menjangkau banyak audiens.

Tempat yang pas untuk posisi bidang ini yaitu di lembaga kursus bahasa inggris dan biro jasa penerjemah. Pengetahuan terkait komunikasi lintas budaya juga sangat membantu dalam penerjemahan lisan. Karena pekerjaan ini juga erta hubungannya dengan berbagai macam etnis, budaya maupun beda negara.

Sekian yang dapat penulis paparkan terkait prospek kerja terutama bagi mahasiswa jurusan Hubungan Internasional. Banyak pengalaman yang di dapat dibangku akdemis, maka jangan sampai terlewatkan.

Perjalanan karir setiap individu pastilah berbeda, dengan berbekal usaha, keyakinan, juga tawakkal pastilalah akan tercapai semua angan dan cita. Adapun prospek yang di ambil dan tak sesuai dengan bidang yang berkaitan, pasti juga ada sedikit kaitannya.

Menjadi apapun nanti, yang terpenting yaitu jangan lupa pada lingkungan sekitar. Hubungan dengan sesama manusia yang erat kaitannya pada lingkungan sosial perlu di pupuk dari awal.

Biarpun bagaimana, mahasiswa memiliki beban tanggung jawab kepada masyarakat untuk mensejahterakan kehidupan. Tujuan memperoleh pendidikan di dunia akdemis tak lain untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

Artikel ini kami petik dari Heliscious dengan beberapa gubahan

Founder ACADEMIC INDONESIA — Mahasiswa Program Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *