25 Prospek Kerja Agribisnis 5 Tahun Kedepan, Cermati!

Prospek Kerja Agribisnis
Pixabay.com

Prospek Kerja Agribisnis – “Bagaimana masyarakat di seluruh dunia mengenal adanya biskuit, es krim, susu, keju, permen, dan banyak jenis makanan lainnya? Bagaimana cara mereka mendapatkannya setiap hari, sedangkan barang yang mereka butuhkan ternyata barang hasil import?”

Itu semua berkat kekuatan strategi supply chain management and logistics yang diterapkan pada industri agrobisnis di dunia. Strategi manajemen ini mengidentifikasi masalah, menganalisa untuk bisa memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Mari kita mengenal agrobisnis dan food supply chain management and logistics!

Pengertian Agribisnis

Agribisnis (baku menurut KBBI: agrobisnis) adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agrobisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).

Menurut Lambert & Cooper (1998), rantai pasok didefinisikan sebagai integrasi bisnis proses utama dari pengguna akhir melalui pemasok asli yang menyediakan produk, layanan dan informasi yang menambah nilai bagi pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Sederhananya, rantai pasok merupakan rangkaian aliran barang/fisik, informasi dan proses yang digunakan untuk mengirim produk atau jasa dari lokasi sumber (pemasok) ke lokasi tujuan (pelanggan atau pembeli).

Jadi, bisa dipahami bahwa aktifitas bisnis-nya dalam agribisnis sudah pasti memakai jalur food supply chain management (manajemen rantai pasok pangan) yang berjalan dari hulu hingga hilir.

Inti dari tujuan proses food supply chain management adalah :

  1. Memuaskan konsumen sesuai persyaratan; dan
  2. Melakukan semua proses secara efisien, menjadi secara ekonomis dan berkelanjutan.

Contoh Gambaran Aktifitas Supply Chain Industri Minyak Kelapa Sawit

(Sumber : Google)

Perusahaan Lokal yang Sukses Berbisnis di Bid SCM dan Logistik

Prospek Kerja Agribisnis 5 Tahun Kedepan
Pixabay.com
  1. PT. Marcos Trans Indonesia, Raup Ratusan Juta Lewat Jasa Logistik Supermarket

Marcos Nasution, Pria berusia 29 tahun lulusan Magister Ilmu Ekonomi Universitas Krisnadwipayana ini dipercaya sebagai Ketua Bidang III Perhubungan dan Transportasi HIPMI dan Wakil Ketua Transportasi Asosiasi Forwarding dan Logistik Indonesia (ALFI) Jawa Barat tahun 2015 berkat kesuksesannya membesarkan bisnis transportasi. Berikut adalah deretan aktifitas di perusahaan logistik miliknya dimulai dari saat dirinya memulai bisnis hingga menjadi kaya dan sukses :

  • Mampu mencium peluang di bidang logistik yang fokus menggarap jaringan supermarket, mengubah nasib Marcos Nasution. Mendistribusikan barang dari gudang ke gerai, Marcos kini memiliki perusahaan beromzet ratusan juta rupiah.
  • Pria asal Padang Sidempuan ini sukses menjadi pengusaha di bidang jasa transportasi pengiriman barang dari gudang peritel yang tidak memiliki armada logistik untuk dibawa ke gerai-gerai mereka.
  • Marcos membangun usaha jasa logistik yang fokus menyasar jaringan supermarket sejak tahun 2011.
  • Lewat bendera usaha PT. Marcos Trans Indonesia yang terbentuk di tahun 2013, kliennya kini adalah peritel ternama, seperti Hero, Lion Superindo, Farmers Market/ Ranch Market, dan Carrefour.
  • Peluang pasar distribusi barang dari gudang peritel ke jaringan gerai ini ternyata menjanjikan. Sebab, tidak semua supermarket memiliki armada logistik sendiri, sehingga mereka menggunakan jasa pengiriman. Maklum, bisnis peritel fokus pada sektor ritel, bukan di sektor logistiknya. Peluang inilah yang ditangkap oleh Marcos.
  • Pengiriman barang dari gudang peritel ke gerai diwakili oleh atau koordinator supir yang bertugas mengkomunikasikan bongkar muat barang serta administrasi surat jalan dan hal terkait lainnya.
  • Dari bermodal satu unit truk boks roda enam, Marcos bisa menambah hingga tujuh unit truk di tahun 2013. Ini tidak lepas dari perkembangan bisnis ritel di tanah air yang terus bertumbuh. Selama bisnis supermarket berkembang, bisnisnya akan ikut terangkat. Apalagi, pengusaha ritel pasti memiliki target pembukaan gerai baru.
  • Saat ini, dirinya telah memiliki 29 truk boks enam ban sebagai armada utamanya.
  • Perusahaan ini juga menempatkan tim teknikal yang akan memantau kondisi setiap unit armada truk.
  • Jika pengiriman barang sedang ramai, perusahaannya bisa melayani sebanyak 35 pengiriman hingga 40 pengiriman sehari untuk wilayah Jabodetabek.
  • Maka dirinya akan menyewa truk tambahan membantu operasional pengiriman. Omzetnya bisa mencapai Rp 300 juta hingga Rp 400 juta per bulan.
  1.   Linc Group, Raja-nya Industri Jasa di Supply Chain

  • Linc Group berdiri sejak tahun 2001 dengan lini bisnis utama meliputi dry storage (warehouse), liquid storage (liquid terminal), domestic distribution, dan freight forwarding. Sejak Hans Leo menduduki sebagai CEO dan direktur presiden, Keberhasilannya telah menjadikan perusahaan ini merajai industri jasa terbesar di Indonesia sebagai pemain supply chain management papan atas di Indonesia.
  • Di matanya soal Indonesia, ia melihat bahwa ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah kondisi infrastruktur yang masih minim. Infrastruktur yang buruk adalah peluang bisnis dan bukanlah halangan. “Di sini populasinya besar. Banyak raw material yang harus disebarkan, banyak kegiatan industri yang harus diselesaikan. Banyak yang harus diselesaikan dari logistic provider to customer. Jadi di sini peluang itu sangat besar. Karena itu saya fokus di bisnis ini,” ungkapnya.
  • Kini Linc Group berkembang sangat pesat. Pada akhir 2015, Linc Group memperpanjang usaha dengan membuka layanan e-commerce enabler & fulfillment yang diberi nama 8Commerce.

Selain 2 perusahaan besar diatas, terdapat 12 Perusahaan agribisnis yang berhasil sabet penghargaan pemerintah Kadin Indonesia antara lain, PT Bumi Tangerang Mesindotama dengan nilai investasi Rp 800 miliar, PT Karya Indah Alam Sejahtera Rp 360 milliar, dan PT Tiga Pilar Sejahtera Food Rp 2,2 triliun, PT Sukses Mantap Sejahtera Rp 2,7 triliun, PT Nestle Indonesia Rp 1,8 triliun, PT Smart (Sinarmas) Rp 1,47 triliun, PT Great Giant Pineapple Rp 1,9 triliun, PT Agri Makmur Pertiwi Rp 50 miliar, PT Bina Mentari Tunggal Rp 300 miliar, PT Laju Perdana Indah (Indofood Group) Rp 2,5 triliun, PT Tri Putra Agro Persada Rp 100 miliar, dan PT Bakrie Sumatera Plantation Rp 1,8 triliun.

Menurut Suryo Bambang Sulisto selaku Ketua Umum Kadin Indonesia dalam sambutannya pada acara Jakarta Food Security Summit, di JCC, Jakarta, Senayan (7/2/2012), 12 perusahaan tersebut adalah yang telah merealisasikan proyeknya di enam koridor ekonomi.

Peluang Sukses Berkarir & Berbisnis di Bid. Food Supply Chain dan Logistics di Indonesia

Gaji Agribisnis
Pixabay.com
  1. Sukses Berkarir di Bid. Food Supply Chain dan Logistics

Profesi-Prospek Kerja Jurusan Agribisnis dalam Bidang Supply Chain :

  1. Supply Chain Manager

  2. Pengangkutan Manajer

  3. Customer Service Representative

  4. Field Service Representative

  5. Pertama-Line Pengawas

  6. Inventory Manager

  7. Logistik Analis

  8. Pengawas Pemeliharaan

  9. Spesialis Pengadaan

  10. Produksi Kontrol Analyst

  11. Perencana Produksi

  12. Pembelian Analyst

  13. Pengiriman & Menerima Analyst

  14. Storage & Manajer Distribusi

  15. Manajer Rantai Pasokan

  16. Koordinator Lalu lintas

  17. Manajer Gudang

(Sumber : onlinestudies.co.id)

Berkarir Sukses Sebagai Manajer Supply Chain :

Oleh karena Supply chain management adalah aktifitas yang mengelola semua langkah yang diperlukan supaya produk mampu ke tangan konsumen (from farm to fork), yang pada dasarnya adalah sebuah sistem yang di dalamnya meliputi proses  termasuk bahan baku, pengolahan, penyimpanan produk di gudang, bergerak dari pusat distribusi ke toko-toko, dan menawarkan layanan pelanggan, maka peran seseorang yang bertugas sebagai manajer dalam hal ini sangatlah dibutuhkan demi berlangsungnya kelancaran aktifitas rantai pasok untuk memastikan setiap langkah terjadi sempurna pada tempat dan waktu yang tepat.

Sebagai manajer, tugas yang harus dilakukan adalah membeli atau melakukan pengadaan bahan-bahan untuk mendukung produksi. Maka hal yang perlu anda lakukan adalah menganalisis dan mengawasi penyimpanan, menggunakan, dan mengatur bahan dan persediaan. Anda akan menegosiasikan harga dan pengiriman bahan untuk menghasilkan penghematan biaya dan mengurangi lead time (waktu antara inisiasi dan penyelesaian proses produksi). Anda akan menilai seluruh aliran barang dan bahan untuk memastikan pengiriman yang efisien, kualitas barang, dan tepat waktu pengiriman barang-barang.

Beberapa tugas-tugas dari manajer Supply Chain adalah:

  • Perencanaan sumber daya bahan/materi
  • Perencanaan sumber daya perusahaan
  • Audit dan memantau pemasok
  • Sumber komponen di bawah tekanan
  • Menetapkan pemasok baru
  • Memantau dan mengembangkan rantai pasokan yang ada
  • Memprakarsai dan memimpin biaya-inisiatif penghematan
  • Bernegosiasi dan mengelola kontrak

Bekerja sebagai Supply Chain Manager

Pekerjaan manajemen supply chain meliputi:

  • Pembeli
  • Agen pembelian
  • Manajer gudang
  • Persediaan manager
  • Kontrol produksi
  • Bahan / Material
  • Logistik

Jenjang Pendidikan yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang manajer supply chain, ada beberapa tahapan pekerjaan yang dibutuhkan. Tingkat yang paling rendah adalah gelar asosiasi dalam manajemen supply chain dan logistik, yang bertugas mencakup dasar-dasar manajemen rantai pasokan, perencanaan manufaktur dan sistem kontrol, pembelian, dan distribusi fisik barang kepada pelanggan. Dengan hanya mengikuti 61 kredit perkuliahan, dapat memiliki kesempatan berkarir dan berprofesi seperti yang telah disebutkan di atas.

Namun demikian, gelar sarjana yang paling dibutuhkan dalam manajemen rantai suplai adalah gelar dibidang bisnis, teknik, dan manajemen operasi. Sedangkan gelar master-nya adalah MBA.

Kelas perkuliahan di Bidang Supply Chain Management

Berbagai kelas yang bisa diambil dengan gelar di bidang manajemen rantai pasokan:

  • Akuntansi Keuangan
  • Manajerial Akuntansi
  • Software Lembar Kerja
  • Bisnis Manajemen Operasi
  • Menulis Bisnis
  • Manajemen Bisnis
  • Hukum Bisnis
  • Bisnis Matematika
  • Etika Bisnis
  • Supply Chain Management
  • Inventory Control
  • Bahan Persyaratan Perencanaan (MRP)
  • Pembelian
  • Just-in-Time (JIT) Inventarisasi

Skill Tambahan yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Manajer Supply Chain

Lowongan Kerja Jurusan Agribisnis
Pixabay.com

Selain keterampilan manajemen, keterampilan lain yang dibutuhkan seorang manajer supply chain adalah keterampilan menggunakan komputer bersama dengan berbagai jenis perangkat lunak komputer untuk melacak bahan dan barang. Karena dewasa ini teknologi memainkan peran yang begitu besar dalam semua pekerjaan.

Tidak hanya teknologi, dibutuhkan pula keterampilan kepemimpinan yang kuat, kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis, kemampuan komunikasi dan kemampuan untuk membantu melatih dan mengembangkan staf dalam tim kerja. Itulah keterampilan umum yang akan diperoleh melalui pendidikan, pelatihan dan pekerjaan yang berhubungan dengan pengalaman.

Disebabkan prospek pekerjaan ini secara global sangat menjanjikan dan dibutuhkan, keterampilan lain yang akan membantu seseorang menjadi sukses sebagai manajer supply chain meliputi:

  • Pengetahuan tentang bahasa asing
  • Pemahaman standar internasional
  • Latar belakang teknis di bidang teknik atau ilmu komputer
  • Manufaktur pengalaman atau pengetahuan

Career Advancement di Supply Chain Management

Salah satu cara untuk memulai berkarir di manajemen supply chain adalah dengan memiliki gelar sarjana. Gelar sarjana akan memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan manufaktur dan mulai mendapatkan pengalaman di manajemen supply chain.

Posisi entry level dalam manajemen rantai suplai diantaranya adalah manajemen armada, agen pembelian, pengiriman dan penerimaan agen, analis persediaan, routing manager, atau pengalaman kerja di industri tertentu. Semakin banyak pengalaman kerja, akan lebih banyak kesempatan yang tersedia. Selain pengalaman, bisa juga dipertimbangkan untuk mendapatkan gelar master dalam manajemen supply chain atau MBA untuk memajukan karir selanjutnya.

Gaji di posisi sebagai Supply Chain Manager

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Kerja Outlook Handbook, upah tahunan rata-rata manajer pembelian adalah $ 89.160 pada tahun 2008. Tingkah terendah sebesar kurang dari $ 51.490, dan tertinggi lebih dari $ 142.550.

Bekerja Sebagai Konsultan dan Dosen Supply Chain Management

Jurusan Agribisnis Terbaik
Pixabay.com

Prospek karir lain yang bisa ditekuni dibidang supply chain ini adalah sebagai konsultan supply chain, yang mana tidak hanya bekerja untuk beberapa perusahaan sebagai tenaga konsultan saja, tapi juga bisa merangkap menjadi seorang pengajar di universitas sebagai dosen serta aktif bergabung dengan lembaga independen yang bergerak dalam kegiatan pendidikan, pelatihan, konsultasi, penelitian, dan pengembangan bidang logistik dan supply chain di Indonesia.

Peran aktivasi tersebut adalah tiada lain untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja logistik perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN, serta berkontribusi dalam perbaikan dan pengembangan logistik melalui beberapa kementerian dan lembaga pemerintah terkait, seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, dan lain-lain, termasuk dalam implementasi Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional.

Gaji yang ditawarkan kepada seorang konsultan senior sangatlah beragam, namun yang pasti beberapa kali lipat jauh lebih tinggi dibandingkan seorang staf yang bekerja di satu perusahaan saja. Sangat menjanjikan bukan?

  1. Sukses Berbisnis di Bid. Food Supply Chain dan Logistics

Selain menjadi seorang manajer ataupun konsultan, seseorang bisa memulai atau melanjutkan karir hidupnya sebagai seorang pengusaha. Lima orang terkaya di Indonesia yang dikutip majalah Forbes berhasil mengembangkan kekayaannya dibidang pertanian. Mereka berhasil menepis stereotipe negatif tentang pertanian yang sulit membuat kaya, di tengah-tengah krisis kepercayaan masyarakat mengenai kondisi agrobisnis Indonesia. Lima orang konglomerat tersebut adalah Bachtiar Karim, Eddy Kusnadi Sariatmadja, Peter Sondakh, Murdaya Poo dan Chairul Tanjung.

Berkarir bukan hanya mengenai kebutuhan uang, namun juga berbicara mengenai butuhnya kemajuan dan keberlangsungan visi hidup seseorang ke depan. Untuk menjadi sukses berkarir didunia agrobisnis, dibutuhkan pengetahuan kompetensi yang cukup, keinginan berkarir yang bagus dan visi membangun yang tinggi, sehingga keberhasilan berkarir hanyalah perkara menghitung waktu.

Peluang untuk menjadi sukses dibidang agrobisnis sangatlah besar. Mengawali karir menjadi seorang entrepreneur di Indonesia adalah pilihan yang tepat. Maka tepat sekali jika Gubernur Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan bahwa untuk menjadi bangsa yang maju, sedikitnya dibutuhkan 2% penduduk Indonesia yang menjadi entrepreneur.

Data hingga April 2014, data terkini dari Global Entrepreneurship Monitor (GEM) menunjukkan bahwa jumlah entrepreneur di Indonesa hanya sebesar 1,65% dari total jumlah penduduk Indonesia. “Jumlah ini masih jauh dari angka yang ideal, dan masih kalah dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand, Ketiganya mencatatkan angka 7 persen, 5 persen, dan 3 persen dari total jumlah penduduk masing-masing.” kata Sri Sultan, dalam sambutannya di acara Gerakan One in twenty, Business Coach Training (BCT), Yogyakarta.

Berangkat dari data tersebut, maka upaya pemerintah dalam menggenjot jumlah entrepreneur di Indonesia salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan pihak universitas untuk meningkatkan jumlah pelaku wirausaha di Tanah Air. Sebagaimana pandangan Presiden Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa pihaknya punya keinginan yang sama untuk menjadikan para alumni ITB sebagai agen perubahan dengan berkontribusi ke daerah-daerah melalui investasi dan kerja sama usaha maupun meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) daerah, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Rantai pasokan (SCM) merupakan elemen kunci bagi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas di seluruh dunia. SCM dibidang pangan adalah nyawanya kegiatan agrobisnis, sehingga SCM dan logistik tidak bisa dipisahkan dari kegiatan agrobisnis. Karir sebagai manajer rantai pasokan memerlukan visi berorientasi rinci dan pemahaman menyeluruh tentang proses yang membawa produk dari bahan mentah ke produk jadi.

Tantangan terbesar pelaku SCM di Indonesia dipengaruhi oleh lokasi geografis yang terpisah-pisah dan sangat luas, budaya dan akses teknologi informasi, dimana semuanya berfungsi untuk memastikan bahwa ketersediaan dan pengadaan barang agar bisa sampai ke tangan konsumen tepat waktu dan tepat pula lokasinya.

Sementara itu, dikatakan oleh Rocky yang menjadi pemegang salah satu perusahaan logistik Indonesia terbesar dunia, CARAKA GROUP dan DHL, yang mana dirinya sudah 13 tahun bergelut di sektor logistik, menyimpukan bahwa ada 4 hal yang menjadi hambatan dalam bisnis ini di Indonesia, yaitu wilayah yang luas, budaya, infrastruktur, dan birokrasi.

Demikianlah 25 Prospek Kerja Agribisnis 5 tahun kedepan yang barangkali bisa mejadi salternatif masa depan Anda. Salam mahasiswa agribisnis.

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *