Pengertian SKS dalam Lingkup Perkuliahan

Pengertian SKS

PENGERTIAN SKS– Masih teringat jelas bagaimana dahulu kala merasa tak tahu apa-apa. Ya, kala itu pernah menjadi maasiswa baru tentu saja cukup asing menemui kata-kata atau singkatan di perguruan tinggi. Salah satu istilah tersebut adalah pengertian SKS.

arti SKS
we-are-ad.com

Pengertian SKS sendiri adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Lalu, apa bedanya dengan tingkat sekolah lainnya. Jelas beda, di jalur SMA atau SMP sendiri sudah menggunakan kurikulum. Itu berarti, mahasiswa tidak diberi kesempatan untuk memilih mata pelajaran sendiri. Di SMP atau SMA semua sudah terpaketkan.

Begitu sebaliknya yang terjadi di perguruan tinggi. Di perguruan tinggi, mata kuliah semua yang menentukan adalah mahasiswa itu sendiri. Dengan demikian, mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih mata kuliah yang akan diambilnya, tentu saja sesuai jurusan dan konsentrasinya.

Adapun setiap mata kuliah di perguruan tinggi mempunyai bobot yang berbeda-beda. Bobot-bobot tersebut mulai dari 1, 2, 3 sampai 4. Adapula yang lebih dari angka itu yakni KKN atau skripsi yang biasanya mempunyai bobot 6.

Lalu, berapa SKS yang diperlukan untuk mengambil mata kulia pada semester pertama dan seterusnya? Untuk mengambil mata kuliah pertama, semua bobot bisa diambil antara 16-20 SKS. Di semester selanjutnya, bila IPK Anda baik, Anda bisa mengambil SKS sebanyak 24.

Bobot-bobot itulah yang nantinya akan digunakan sebagai nilai yang harus dipenuhi. Misal, untuk program diploma sendiri jumlah SKS yang harus dihabiskan mencapai 110-120 SKS. Sedangkan untuk S1 bisa mencapai jumlah 144-160. Bila Anda tidak memenuhi angka tersebut, atau kurang, maka Anda tidak bisa melangkah ke jenjang berikutnya.

Meskipun setiap mahasiswa dalam mengambil jumlah SKS berbeda-beda, namun biasanya dalam hal pembayaran uang kuliah per semesternya tetap sama. So, telitilah sebelum benar-benar men submit KRS yang Anda input. Sebab, kekurangan satu bobot saja Anda bisa menunda kelulusan wisuda Anda selama 6 bulan. Itulah pengertian SKS secara singkat.

Manfaat SKS

Setelah mengupas tuntas mengenai pengertian SKS, Barangkali Anda akan bertanya-tanya mengenai manfaat SKS bagi mahasiswa. Bagi mahasiswa, pegertian SKS tentu saja berguna, adapun point-point di bawah ini semoga bisa membantu Anda.

  1. SKS merupakan data yang digunakan untuk mengetahui seberapa besarnya beban studi mahasiswa.
  2. SKS juga digunakan sebagai pengakuan atas keberhasilan mahasiswa selama proses studi selama semester tersebut.
  3. SKS juga digunakan sebagai input mata kuliah dalam proses belajar mengajar baik program semesteran maupun program lengkap.
  4. Terakhir, SKS juga bermanfaat bagi bagi tenaga didik dalam hal ini dosen untuk mengetahui berapa jumlah SKS untuk penyelenggaraan pendidikan.

2 thoughts on “Pengertian SKS dalam Lingkup Perkuliahan

  1. Pertama dengar kata SKS, nggak mudeng sama skali. Pasalnya diucapin temen2 yg mna mereka pda kuliah. Sedangkan aku nggak kuliah. Tapi, sedikit bnyak dikasi tau sama mas, dan baru nggeh detailnyya baca ini. hhee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *