Pengertian Resensi Buku Beserta Unsur-unsurnya

Pengertian Resensi Buku Beserta Unsur — Ketika membaca sebuah buku rasanya belum sempurna jika kita belum mengamalkan isinya. Mengkhatamkan sebuah buku memang lebih mudah daripada mengaplikasikan isinya.

pengertian resensi buku beserta unsur
lovethelibrary.org

Baca juga mengenai Contoh Resensi Novel

Tapi jika ingin membuat resensi, setidaknya kita bisa sedikit berbagi dari apa yang telah kita baca. Artikel tentang pengertian resensi buku beserta unsur-unsurnya akan mengupas tuntas apa itu resensi.

Pengertian resensi buku sendiri adalah mengulas kembali informasi yang ada di dalam buku secara ringkas dan detail. Tidak lupa kita sertakan kelebihan dan kekurangan yang ada dalam buku. Merekomendasikan kepada pembaca mengapa kita harus membeli buku tersebut.

Untuk lebih lanjut simak pengertian resensi buku beserta unsur-unsurnya di bawah ini.

Pengertian Resensi

Resensi adalah adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya tersebut bisa berupa karya apapun, baik itu buku, seni film ataupun drama sendratari dsb. Nah, menulis resensi sendiri bukan hanya menyampaikan informasi saja tapi juga  terdiri dari kelebihan dan  kekurangan dari buku tersebut.

Jenis-jenis Resensi

Adapun resensi sendiri terdiri dari 3 jenis atau kategori. Yaitu :

  1. Resensi informatif, artinya resensi disampaikan secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  2. Resensi deskriptif, artinya resensi yang membahas secara detail pada setiap bagian atau bab bukunya.
  3. Resensi kritis ialah resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Pada umumnya pada resensi kritis, isi resensinya bersifat objektif dan kritis dalam menilai isi buku.

Tujuan Resensi Buku

Perlu diketahui bahwa tujuan seseorang meresensi buku di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi
  2. Memberikan gambaran kepada pembaca dengan memberikan penilaian umum dari sebuah karya secara lebih ringkas.
  3. Memberikan masukan kepada penulis berupa kritis dan saran terhadap substansi dan cara penulis menyampaikan isi buku.
  4. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  5. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas buku untuk kita bandingkan terhadap karya lainnya.

Manfaat dari Meresensi Buku

1. Media Persuasif

Dengan resensi buku, maka seseorang akan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya dan juga akan mempengaruhi mereka untuk mau membaca karya tersebut. Ya, resensi sebagai media persuasif untuk mau ikut membaca buku yang telah diresensi.

Sebelum Anda membaca point-point selanjut, Anda juga bisa membaca bagaimana cara membuat resensi versi Penulis Khairul Arief, Cara Membuat Resensi

2. Sarana Promosi

Pada umumnya buku yang diresensi adalah buku-buku baru yang belum pernah diresensi sebelumnya. Jadi dengan adanya resensi buku bisa menjadi salah satu bentuk promosi buku sehingga terkenal dan laris terjual.

3. Mengasah Kemampuan Seseorang untuk Menulis

Semakin seseorang sering menulis, maka akan semakin terasah kmampuan menulis seseorang. Dengan rajin menulis resensi maka secara tidak langsung bisa mengembangkan kreativitas menulis kita.

4. Mendapat Tambahan Uang Saku

Manfaat yang terakhir adalah yang paling dicari. Ya, dengan meresensi buku kita akan mendapatkan uang imbalan atas tulisan kita. Namun apabila resensi kita dimuat di koran ataupun media cetak lainnya ya.

Pengertian Resensi Buku beserta Unsur-unsurnya

pengertian resensi buku
http://ichef.bbci.co.uk

Ini yang terpenting, ketika kita mau meresensi perhatikan unsur-unsur yang harus ada dalam resnsi buku. Apa saja itu ?

1. Judul Resensi

Judul sebuah resensi harus memiliki kesinambungan dengan isi yang ada di resensi. Selain itu, buatlah judul resensi yang semenarik mungkin akan pembaca menjadi lebih tertarik.

2. Menyusun Data Buku

Setelah menulis judul buku, makaunsur selanjutnya dalam resensi buku adalah :

Judul Buku :

Pengarang :

Penerbit :

Cetakan :

Tebal buku :

Harga buku :

3. Substansi Resensi Buku

Unsur selanjutnya dalam resensi buku adalah bagian isi. Di mana pada bagian ini adalah menuliskan suatu sinopsi, ulasan singkat buku dengan kutipan singkat. Kemudian tulis pula kelebihan dan kekurangan buku dan rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.

4. Penutup Resensi Buku

Nah, pada bagian penutup ini tulis saja kesimpulan ataupun alasan mengapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

Langkah-langkah Membuat Resensi Buku

Jadi bagi yang belum mengetahui apa saja itu langkah-langkah cara meresensi buku. Di bawah ini adalah langkah atau cara bagaimana meresensi buku.

1. Perhatikan jenis buku

Langkah yang harus diperhatikan prtama adalah, termasuk ke jenis atau genre apakah buku yang akan kita resensi. Apakah termasuk karya fiksi seperti novel, antologi cerpen, antologi puisi, roman, kumpulan dongeng.

Ataukah buku yang kita resensi termasuk ke jenis karya non fiksi seperti sejarah, ilmu pengetahuan atau biografi tokoh. Seseorang yang merensi harus mengetahui masuk ke dalam jenis apa buku yang ia resensi.

2. Keaslian Ide Pengarang

Perhatikan ide yang muncul dari buku tersebut. Apakah buku tersebut benar-benar merupakan karya asli dari pengarangnya atau merupakan karya plagiat dari buku lain yang pernah terbit.

3. Perhatikan Format Buku

Langkah selanjutnya adalah perhatikan mengenai bentuk atau format dari buku yang akan kita resensi. Bagaimana bentuknya, kertas, ilustrasi, cover dan jenis huruf yang dipakai.

4. Perhatikan Informasi Buku

Informasi buku juga sangat penting untuk kita tuliskan. Informasi yang harus kita tulis dalam sebuah resensi buku adalah :

Judul Buku :

Pengarang :

Penerbit :

Cetakan :

Tebal buku :

Harga buku :

5. Menuliskan Isi dan Bahasa

Langkah yang dirasa cukup sulit adalah ketika sampai pada menulis isi resensi buku. Dilihat dari segi isi resensi, kita harus memperhatikan unsur-unsrur intrinsiknya. Akni tentang tema buku, alur, perwatakan, sudut pandang dan sebagainya.

Telaah pula artikel berjudul Contoh Resensi Buku Pelajaran

Bahasa yang ada dalam buku itu bisa kita tinjau dari segi struktur kalima, gaya bahasa atau ungkapan dan lain sebagainya. Apakah bahasa yang digunakan si penulis inimemakai bahasa sehari-hari yang mudah untuk pembaca memahami. Mudah dimengerti oleh pembaca.

Atau justru sebaliknya, apakah si penulis buku ini menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca. Menggunakan bahasa yang tinggi hingga sukar dipahami. Apapun itu bahasa yang diungkapkan, bisa menjadi tambahan isi resensi kita.

Kita bisa menuliskannya di kelebihan dan kekurangan buku yang kita resensi. Mengapa kita merekomendasikan buku tersebut untuk dibaca atau tidak hanya direkomendasikan pada kalangan tertentu saja.

6. Menulis Kesimpulan

Langkah yang terakhir adalah menulis sebuah kesimpulan. Seseorang yang menulis resensi harus bisa membuat kesimpulan, apakah buku itu bai untuk dibaca atau tidak?

Jadi secara garis besarnya, langkah yang harus kita tempuh untuk menulis suatu resnsi buku adalah :

  • Menulis data buku yang kita baca
  • Menulis ikhtisar isi buku
  • Menulis poin-poin yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada buku tersebut
  • Menulis pendapat pribadi atau opini sebagai tanggapan pada isi buku
  • Memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh

Seperti itulah yang bisa kami ulas dari pengertian resensi buku beserta unsur dan manfaatnya. Selamat mencoba menulis resensi buku

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *