Macam-macam Pengertian Prestasi menurut Para Ahli

Apa itu Prestasi?

PENGERTIAN PRESTASI– Segala puji bagi Tuhan, pada kesempatan kali ini kita berjumpa kembali dalam tema yang berbeda. InsyaAllah, kita akan membahas sebuah tema yang seharusnya setiap orang memilikinya. Ya, tema pada kali ini adalah pengertian prestasi.

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai pengertian prestasi, alangkah lebih baiknya kita berbincang terlebih dahulu mengenai prestasi dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah,apakah Anda bersedia akan memaparkan terlebih dahulu penjelasan mengenai prestasi?

Kita sering mendengar bahwa prestasi biasa disematkan kepada orang yang menggeluti dunia pendidikan. Misal, si A juara 1 di kelasnya, si B IPK-nya tinggi, atau si C yang di rumahnya berjajar banyak piala. Anggapan tersebut tentu saja tidak salah, namun juga tidak benar 100%.

pengertian prestasi
thebluediamondgallery.com

Karena seringnya kita memandang lingkup prestasi itu hanya ada di dunia pendidikan, terkadang kita mengabaikan prestasi-prestasi lainnya. Padahal, prestasi bukan hanya dalam bidang pendidikan, lebih luas dari itu ada prestasi seni, prestasi lingkungan kerja, bahkan prestasi seorang cleaning service!

Di dalam artikel ini, insyaAllah kita akan membahasnya secara gamblang. Adapun hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah mengenai pengertian prestasi menurut para ahli pendidikan.

Macam-macam Pengertian Prestasi

Pengertian Prestasi menurut KBBI

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari yang telah dikerjakan. Misal, prestasi akademik adalah prestasi dari hasil pelajarann yang di dapat dari kegiatan belajar di bangku perguruan tinggi. Sifat dari prestasi di dunia akademis adalah kognitif dan biasanya yang disebut prestasi sengaja ditentukan dengan pengukuran dan penilaian.

Pengertian Prestasi menurut Sumadi Suryabrata

Pengertian prestasi menurut Sumadi Suryabrata merupakan sebuah rumus yang diberikan guru mata pelajaran mengenai kemajuan atau prestasi belajar selama periode tertentu. (Lihat selengkapnya dalam Suryabrata, 1998)

Pengertian Prestasi menurut Siti Pratini

Pengertian prestasi menurut Siti Pratini adalah mengenai preastai belajar. Prestasi belajar adalah hasil seseorang dalam melakukan aktivitas pembelajaran. (Siti Pratini, 2005)

Prestasi menurut Bukhari M.Ed

Prestasi menurut Bukhari M.Ed adalah hasil yang dicapai atau diperoleh (Bukhari M, 1983)

Pengertian Prestasi menurut WS. Winkel

Pengertian prestasi menurut Winkel adalah sebuah hasil dari pembelajaran yang ditampilkan oleh siswa berdasarkan kemampuan internal. Kemampuan internal tersebut diperoleh sesuai dengan tujuan instruksional. (WS. Winkel, 1989)

Macam-macam Prestasi

Sebagaimana umumnya, prestasi itu sangat luas. Bukan hanya meliputi nilai, namun juga prestasi-prestasi yang jauh dari nilai. Kata orang, prestasi ditentukan karena tingginya nilai sekolah, padahal belum tentu sebab prestasi itu tidak hanya berkaitan dengan nilai raport saja.

Karena setiap manusia mempunyai keunikan yang beragam, maka tak heran Tuhan pun mengaruniakan sebuah bakat yang berbeda pula. Namun ada pula yang sukses bukan karena bakat, yakni dengan bekerja keras karena hakikatnya prestasi itu 99 persen kerja keras sedangkan bakat hanya berpersan 1% saja.  Berikut ini beberapa macam prestasi;

Prestasi dalam Dunia Pendidikan

Orang yang berprestasi di dalam dunia pendidikan adalah orang yang sanggup membawa kontribusi bagi berjalannya pendidikan. Karena keterbatasan pemerintah juga, maka prestasi bukan hanya mereka yang menjabat lalu diberi penghargaan dari presiden, lebih dari itu prestasi adalah bermanfaat bagi orang lain meski tak banyak diketahui banyak orang.

Prestasi dalam Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, seseorang pun bisa dikatakan berprestasi. Tentu saja prestasi yang dimaksud adalah prestasi yang diperoleh dari adanya kerja keras dalam mengelola perekonomian. Bagi mereka yang bergelut di dlam dunia pemerintahan, prestasi terbesar di dalam dunia ekonomi tentu saja mengentaskan kemiskinan.

Prestasi dalam Bidang Olah Raga

Anda mengerti Susi Susanti? Ya, dialah peraih Piala Thomas Bulutangkis. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam kancah bulutangkis tingkat internasional. Tentu saja hal ini merupakan prestasi yang patut diapresiasi karena bulutangkis merupakan olahraga yang telah membumi bagi rakyat Indonesia.

Adapun macam-macam prestasi bisa Anda cari dan eksplor sendiri dalam berbagai bidang. Anda bisa menerka sendiri bagaimana manusia dapat dikatakan berprestasi dalam bidangnya baik dari bidang seni, politik, kewirausahaan, kesehatan dan lain sebagainya.

Bahkan, contoh terkecil adalah profesi tukang sappu di pinggir jalan. Mereka pun berkesempatan untuk bisa meraih gelar prestasi. Misal bila pengabdiannya untuk membersihkan jalan membuat orang lain nyaman atau membuat suasana menjadi asri bisa dikatakan bahwa tukang sapu tersebut bisa sukses.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Seseorang Mempunyai Prestasi

arti prestasi
upgrade.im

Kerja Keras

Jika berbicara mengenai prestasi, tentu saja dalam meraihnya tidak terlepas dari yang namanya kerja keras. Adapun seseorang yang ingin menambah dengan kerja cerdas itu tak msalah, karena kerja cerdas juga membutuhkan kerja keras dalam mengawalinya.

Intinya begini, sebenarnya prestasi itu kan sama maknanya dengan sukses atau berhasil. Bagi penulis, sebenarnya faktor yang terpenting adalah terkait kerja keras. Bagi mereka yang lebih kerja keras, ia akan lebih bisa, terampil dan menguasai. Ya, prestasi itu banyak-banyakan kerja keras.

Terkenang sebuah petuah dari negeri Barat, mereka yang telah sukses menciptakan hal-hal besar adalah mereka yang bekerja keras. Teorinya dinamakan sebagai teori 10.000 praktik. So, bila Anda belum praktik sebanyak 10.000 kali jangan merasa lemah dan menangis, sebab di luar sana banyak orang yang juga menangis untuk mendapatkan senyum.

Fokus

Selain kerja keras, seseorang harus focus dalam mewujudkan prestasinya. Bagi orang Jawa, salah satu kegagalan dalam hal prestasi adalah adanya watak kemaruk. Tahu kemaruk? Kemaruk itu tamak. Apa-apa ingin diraih sendiri.

So, fokuslah. Kerjakan saja yang terbaik sesuai bidang Anda masing-masing. Bila sudah demikian, pikiran Anda akan merasa ringan dan bekerja sama dengan orang lain merupakan suatu kebutuhan. Anda tak bisa hidup sendiri, maka fokuslah perdalam keahlian Anda. Hingga suatu saat nanti Anda akan mendapat julukan sebagai pakar, ahli dalam suatu bidang tertentu.

Yen wes oleh jeneng, bakal entuk jenang

Teratur

Ada lagi hal yang penting selain kedua hal di atas. Ya, namanya keteraturan dalam berlatih. Itulah yang dinamakan sebagai pola hidup yang teratur. Bila hidup Anda teratur, Anda akan bisa menerka dengan pasti kapan sebuah target akan tercapai. Tentu saja semuanya akan membutuhkan kekonsistenan.

Arti Penting Prestasi

Lalu, apa arti penting sebuah prestasi?

Semakin Tinggi Prestasi, Semakin Tinggi Pula sebuah Peradaban

Prestasi adalah mengeluarkan gagasan besar. Bila Anda cermati, mereka yang bverprestasi tentu saja turut menggiring dan membentuk dunia sesuai pandangannya. Berbeda dengan orang tidak berprestasi, brangkalai merea adalah pengkt setia kebijakan-kebijakan.

Prestasi adalah Wujud Nyata Kualitas

Semakin berprestasi, semkain berkualitas pula seseorang. Sebab yang dikatakan berprestasi ia akan banyak menginspirasi orang lain, minimal kepada orang-orang terdekatnya. Di sinilah yang membedakan orang yang berprestasi ataupun tidak, dari watak, sikap ataupun kebiasan pun akan berbeda.

Proses Menuju Prestasi

Habbits

Dalam kesempatan kali ini, penulis akan menyebutkan satu ciri khas seseorang yang pantas untuk mendapatkan prestasi. Ya, namanya habbits. Semakin berkualitas kebiasaan dalam hidupnya, maka akan semakin berkualitas pula hasilnya. Ini adalah sebab akibat. So, orang yang berprestasi tentu mempunyai habbits yang positif seperti integritas, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan lain sebagainya.

Hakikat Prestasi

Hakikat prestasi? Sepertinya tinggi. Ya, namanya juga prestasi. Adapun hakikat prestasi itu sendiri tidak lain adalah prestasi di dunia maupun di akhirat. Prestasi di dunia ditandai dengan taat dan keindahan akhlaknya, sedangkan prestasi di akhirat adalah terhindarnya dari siksa api neraka. So, jadikan prestasi dunia untuk prestasi akhirat. Dua-duanya prestasi namun keabadiannya berbeda.

3 thoughts on “Macam-macam Pengertian Prestasi menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *