Pengertian IPK Bagi Mahasiswa Baru

Pengertian IPK

Pendahuluan Pengertian IPK

Pengertian IPK – Memori lalu, tepatnya sewaktu dulu masih berada di tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) mengingatkan kita setiap Sabtu menerima Raport. Di dunia kampus pun demikiAn halnya, istilahnya ada nilai yang buruk (raport merah), ada pula yang menerima nilai baik.

Pengertian IPK Cumlaude
itukah.com

Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini, kita akan membahas mengenai bagaimana sIstem penilaian di dunia perkuliahan. Tentu salah satunya adalah IP dan IPK. Apa itu IP dan IPK? Mari kita bahas lebih dalam mengenai hal itu.

Pengertian IP

Kepanjangan IP adalah Indeks Prestasi. Istilah tersebut digunakan sebagai alat ukur prestasi dalam dunia perkuliahan. Nah, IP tentu saja berbeda dengan IPK. IP lebih pada penilaian yang berlangsung selama satu semester. Ya, satu semester sendiri lamanya kurang lebih 6 bulan selama proses pembelajaran.

Ingin tahu bagaimana cara menghitung IPK? Mari simak di artikel Beginilah Cara Menghitung IPK yang Tepat.

Pengertian IPK

Bila paragraf di atas membahas mengenai pengertian IP, makan adapula pengertian IPK. Inilah yang membedakan antara penilaian di sekolah SD sampai SMA dengan pendidikan perguruan tinggi. Di dalam pergiuruan tinggi, ada yang namanya penggabungan nilai-nilai yang terekap pada semester-semester sebelumnya. Umumnya 8 semester sebab waktu normal jenjang S1 selama 4 tahun.

So, konkritnya, perbedaan mengenai IP dengan IPK terletak pada semester berapa nilai yang ditentukan. IP tentu saja hanya berkutat pada satu semester, sebab IP adalah pengolahan nilai yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan penguasaan keilmuan selama satu semester.

Sedangkan untuk IPK, IPK sendiri adalah pengolahan data yang terdiri dari berbagai mata kuliah selama akhir semester. Bila Anda berada di semester 4, maka nilai-nilai dari semester 1 sampai 4 digabungkan dan dicari rata-rata.

Pengertian IPK Cumlaude

Tahu pengertian IPK Cumlaude? Bila belum, mari kita sekalian bahas mengenai IPK Cumlade. IPK Cumlaude adalah salah satu pengertian predikat prestasi di dalam perguruan tinggi. Cumlaude sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘dengan pujian’.

So, yang dimaksud IPK Cumlaude tentu saja nilai rata-rata dari semua mata kuliah dalam beberapa semester tertentu yang hasilnya sangat memuaskan sehingga patut mendapat penghargaan prestasi cumlade (dengan pujian).

Pengertian IPK Summa Cumlaude

Lalu, apa maksud dari pengertian IPK Summa Cumlaude. Pengertian IPK Summa Cumlaude adalah predikat prestasi yang patut diberikan kepada mahasiswa/i saat kelulusan. Karena saat kelulusan mempunyai banyak prestasi yang patut diapresiasi, maka mahasiswa/i yang bersangkutan layak memperoleh pujian yang banyak.

Lihat Ruhnya Dunia Kampus di Tri Dharma Perguruan Tinggi

Terkait faktor layaknya apresiasi sebagai mahasiswa/i yang layak untuk mendapat gelar atau predikat IPK Summa Cumlaude, faktornya bisa jadi dari nilai yang tinggi, masa kuliah yang cepat dan prestasi-prestasi besar lainnya baik dari karya mnaupun lomba-lomba yang pernah diikuti selama menjadi mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *