Pengertian Internet Secara Umum, Sejarah Internet & Manfaat Internet

Pengertian Internet
Pixabay.com

PENGERTIAN INTERNET — Dunia seakan-akan dilipat. Barangkali itulah maksud tersirat keberadaan pengertian internet. Ya, semua hal yang kita lakukan saat ini akan terasa ringan dan begitu cepat. Bahkan, dengan jarak ribuan kilometer pun manusia bisa berkomunikasi hanya dengan alat komunikasi yang terhubung dengan jaringan internet.

Pengertian Internet

Pengertian internet atau Interconnection-networking Internet adalah sebuah jaringan berbasis komputer dengan menggunakan sistem Internet Protcol atau Transmission Control Protocol (IP/TCP). Sistem ini yang akan menjadi paket Swiching Communication Protocol ke seluruh pengguna internet di dunia,

Sejarah Singkat Internet Secara Umum

Internet pertama kali ada pada tahun 1969, ketika departemen pertahanan Amerika Serikat membentuk  Advance Research Project Agency (ARPA). Salah satu proyek ARPA adalah ARPANetwork disingkat ARPANET.

Pada awalnya, ARPA melakukan demonstrasi ARPANET menggunakan software dan hardware komputer berbasis UNIX. Hal tersebut membantu kita  melakukan komunikasi tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Hal yang mendasari proyek ARPANET, adalah kehandalan sebuah jaringan untuk memindahkan informasi dengan cepat. Fakta tersebut juga yang menjadi dasar proses terbentuknya internet dengan basis IP/TCP.

Proyek ARPANET yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika merupakan cara menghindari informasi terpusat. Sehingga tidak hanya daerah tertentu, namun juga daerah vital bisa mendapat informasi dengan cepat mengenai serangan nuklir.

Pada awalnya ARPA hanya menggunakan empat situs yaitu milik Stanford University of California, Research Institute, Santa Barbara dan University of Utah. Empat situs tersebut yang digunakan untuk mengirim informasi jarak jauh dengan cepat.

Pada tahun 1969 mereka membuat jaringan terpadu, pada tahun 1972 ARPANET mereka memperkenalkan sistem terpadu ini. Seiring berjalannya waktu proyek ini terus berkembang hingga menimbulkan keinginan memiliki dari berbagai universitas di Amerika.

Karena banyaknya permintaan, Departemen Pertahanan Amerika memecah ARPANET menjadi 2 bagian yang lebih kecil, yaitu ARPANET dan MILNET. ARPANET baru sebagai pengatur jaringan non-militer.

Sementara Militer Networking (MILNET) sebagai pengatur jaringan untuk Department Pertahanan Amerika Serikat. MILNET disebut juga sebagai Defense Advance Reasearh Project Agency (DARPA), kemudian disederhanakan menjadi internet yang kita kenal sekarang.

Perkembangan Internet

Sekarang internet diatur dalam perjanjian Multilateral atau Bilateral, hal yang diatur adalah protocol perpindahan data melalui IETF (Internet Engineering Task Force) yang terbuka untuk umum.

Mereka membuat dokumen yang bernama RFC (Request for Comment).Badan arsitektur internet menjadikan beberapa dokumen RFC sebagai pedoman dasar mereka atau standard internet. Beberapa protocol yang mereka gunakan adalah IP, TCP, UDP, DNS, SLIP, PPP, ICMP, POP3, SMTP, IMAP, HTTP, SSH, HTTPS, Telnet, LDAP,FTP dan SSL.

Protocol di atas banyak digunakan oleh email, Newsgroup, Usenet, World Wide Web(WWW), Filing Sharing, WAIS, IRC, MUSH, MUD dan finger. Email dan WWW sekarang lebih banyak digunakan masyarakat karena lebih banyak servis yang disediakan.

Jaringan internet memungkinkan setiap orang bisa mendapat Real-time Service seperti webcast dan web radio di seluruh dunia. Dua orang atau lebih pengguna internet juga bisa berkomunikasi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Seperti Pidgin (Gaim), Camfrog, Kopete, Trilian, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Gamail, Whatsapp, BBM, Friendster, Twitter dan Facebook. Ada juga situs yang menggunakan sistem tertutup seperti IRC, ICQ, CDDB, AIM dan Gnutella.

Peraturan Internet

Setiap ada orang yang berkumpul dalam jumlah besar, dibutuhkan sebuah peraturan untuk menjaga ketertiban. Peraturan ini dikenal dengan nama Nettiquette, di Indonesia biasa di kenal dengan nama Netiket. Pemerintah Indonesia mengatur penggunaan internet dalam ‘UU ITE’.

Akses Internet

Beberapa Negara yang memiliki akses internet terbaik seperti Korea Selatan dengan 50% penduduknya mengakses internet jalur terbuka, Swedia memiliki 2 akses internet jalur lebar dan dial-up.

Sementara Indonesia didukung oleh biaya akses internet yang murah. Selain itu ada 42% masyarakat Indonesia yang menggunakan akses internet publik seperti cayvercafe, hotspot dan warnet.

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, kita bisa mengakses internet bukan hanya dengan PC. Kita bisa menggunakan gadget atau smartphone untuk mengakses internet, dengan memanfaatkan servis General Packet Radio Service (GPRS).

Sebagai salah satu standar komunikasi nirkabel (wireless), GPRS memiliki kecepatan koneksi mencapai 115 kbps dan bisa mendukung aplikasi yang lebih luas. Sementara pengaturan GPRS bergantung pada gadget dari operator dan biaya di hitung berdasarkan kapasitas per-kilobyte data yang diunduh.

Pengertian Internet dan Manfaat Internet di Berbagai Bidang

Manfaat Internet di berbagai bidang
Pixabay.com

Penggunaan internet yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, menimbulkan munculnya budaya internet. Dimana segala sesuatunya kini bisa dijangkau melalui internet, masyarakat juga cenderung bergantung pada kehadiran internet.

Pengguna internet dapat mengakses informasi dengan mudah dan cepat, dibandingkan datang ke perpustakaan atau membaca buku. Internet sendiri identik dengan Knowledge (pengetahuan) atau Decentralization (penyebaran) informasi secara ekstrem.

Internet juga sudah memengaruhi bidang ekonomi, dulu transaksi dilakukan secara tatap muka sekarang bisa dilakukan melalui jaringan internettanpa. Perdagangan yang dilakukan melalu internet di kenal dengan nama e-commerce.

Penggunaan internet dalam sektor pemerintah berhasil menimbulkan transparansi dalam pemerintahan yaitu e-government. Misalnya Kabupaten Sragen yang memanfaatkan internet sebagai transparasi pengelolaan dana daerah, sehingga berhasil meningkatkan pemasukan daerah.

Keberhasilan yang ada di Kabupaten Sragen memberikan keuntungan kepada warga dalam membangun usaha. Selain itu pegawai negeri di sana juga akan mendapat peningkatan pendapatan, sebab pemasukan daerah meningkat tinggi.

Manfaat Internet dalam Bidang Ekonomi

Berkembangnya teknologi internet memberi pengaruh besar terhadap beberapa bidang, terutama dalam perkembangan dan pembangunan ekonomi sebuah Negara. Bahkan sekarang ini internet sudah menjadi sarana utama bagi pengusaha, konsumen, dan pemerintah dalam aktivitas pembangunan ekonomi.

Kita bisa melihat dari bermunculannya toko online. Sekarang ini masyarakat lebih suka berbelanja secara online, sebab mereka tidak perlu keluar rumah. Oleh karena itu banyak pelaku usaha yang memaksimalkan penggunaan internet, sehingga berdampak pada perkembangan ekonomi dengan beberapa manfaat seperti berikut:

– Komunikasi Bisnis Lebih Mudah

Sebelumnya komunikasi bisnis harus dilakukan secara tatap muka, setelah hadirnya internet mereka bisa berkomunikasi melalu chatting, dan interaksi di media sosial. Bahkan pelaku usaha sekarang lebih bersikap terbuka melalui mailing list, sosmed, blog dan web.

Baik mereka yang memiliki kedudukan yang penting dalam kelangsungan bisnis tersebut dan orang yang tidak memiliki pengaruh besar terhadap bisnis, bisa saling melakukan komunikasi secara langsung.

Jadi seorang karyawan biasa disebuah perusahaan bisa berkomunikasi dengan direktur, manajer, investor, pelaku bisnis dan konsultan bisnis. Hal ini menimbulkan relasi baru untuk meningkatkan profit yang berujung pada ekonomi yang meningkat.

– Lapangan Kerja Baru

Hadirnya Internet dan munculnya toko-toko online memberi lapangan kerja baru yang berkaitan dengan internet. Beberapa pekerjaan baru bermunculan seperti penulis untuk media online, web desain, wirausaha online, pengembang media social dan pengelola website.

– Penyebaran Informasi

Mengingat pengertian internet bisa di akses dari mana saja, memungkinkan semua informasi dapat sampai dengan cepat dan tepat. Salah satunya informasi mengenai bisnis seperti penawaran kerja sama antar pengusaha, hukum berbisnis, lowongan pekerjaan, peluang usaha, dan seminar bisnis.

Jadi pengunaan internet dalam dunia bisnis, bisa mempermudah urusan perusahaan dalam menyebarkan informasi. Sehingga perusahaan akan mendapat hasil yang lebih maksimal. Oleh karena itu internet dalam dunia bisnis menjadi sangat penting.

– Menekan Cost Bisnis (biaya operasional)

Sudah ada beberapa media internet yang menyediakan beragam fasilitas gratis. Contohnya mailist, facebook, twitter, whatsaap, BBM, website, blog dan media online lainnya. Jadi untuk strategi marketing dan memasang iklan tidak memerlukan biaya besar.

Selain bisa membantu strategi marketing, jaringan internet bisa juga digunakan untuk riset pasar dan konsumen. Internet juga bisa dimanfaatkan untuk mencari Sumber Daya Manusia atau membuka lowongan pekerjaan.

– Sebagai Media Iklan

Internet memang memiliki peran penting dalam strategi marketing, bagi perusahaan besar maupun wirausaha online. Mereka melakukan proses pemasaran dengan memasang iklan melalui internet, sehingga biaya iklan menjadi lebih murah dan iklan tersebar ke berbagai wilayah tanpa batasan ruang dan waktu.

Beberapa media yang bisa digunakan untuk memasang iklan yaitu website, blog, forum online dan grup sosial media. Hal ini bertujuan untuk membuat target pasar sebuah produk bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

– Pangkas Jalur Distribusi

Pada umumnya penyebaran produk melalui beberapa tahap mulai dari produsen, lalu distributor, sampai ke pedagang besar, kemudian agen-agen atau grosir, baru ke pengecer atau pedagang kecil dan akhirnya sampai kepada pembeli atau konsumen.

Sekarang dengan hadirnya jaringan internet, konsumen bisa langsung berinteraksi dengan produsen. Seketika konsumen menginginkan sebuah produk bisa langsung terhubung ke produsen melalui jaringan internet. Sangat mudah, cepat, dan hemat. Itulah luar biasanya pengertian internet.

– Fasilitas Transaksi

Sebelumnya transaksi baru bisa dilakukan setelah pembeli dan penjual saling bertemu, Setelah adanya internet transaksi bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu. Mereka cukup saling tukar informasi melalui chatting, forum, website, mailist dan blog.

– Mempermudah Proses Transaksi

Proses transaksi bisnis bisa dilakukan di tempat yang berbeda dalam satu waktu. Dengan internet kita bisa mengirim uang memakai aplikasi Mobile Banking atau fasilitas lainnya. Jadi kita bisa melakukan setiap transaksi tanpa harus keluar dari rumah.

Seperti pembayaran kartu kredit, telepon, listrik, air dan pulsa handphone. Hal ini membuat setiap transaksi menjadi lebih praktis dan efisien tanpa menghabiskan banyak waktu. Internet hadir sebagai jembatan yang memudahkan berbagai aspek kehidupan manusia.

– Memberi Informasi Keuangan

Segala informasi mengenai keuangan dunia bisa di akses secara langsung seperti perubahan harga emas, nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, harga saham dan hal-hal yang tengah diminati masyarakat.

Hal ini akan membantu pemilik perusahaan dalam membuat keputusan besar dengan data yang selalu diperbarui setiap saat. Sebagai seorang pengusaha, sangat penting untuk selalu meperbaharui informasi keuangan yang ada di dunia.

– Peluang Usaha di Kancah Internasional

Seperti yang kita tahu jaringan internet bisa di akses ke seluruh dunia. Fakta tersebut memunculkan kemungkinan besar akan terjadi transaksi antar negara. Ada peluang seorang pengusaha bisa melakukan kerja sama dengan pengusaha di negara lain.

Beberapa penjualan produk dan jasa antar negara saat ini sudah berjalan seperti ekspor, impor, jasa konsultan, menulis dan jasa translator. Semua bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka, cukup berkomunikasi melalui jaringn internet.

Manfaat Intenet Bagi Pelajar

Jaringan internet berperan sangat penting dalam kemajuan dunia penididkan. Banyak kemudahan pelajar dalam mendapat informasi. Sayangnya kemudahan ini banyak di salah gunakan, seperti penggunaan internet untuk hal-hal negatif dan tidak bijak.

Sebaliknya bila digunakan dengan bijak, internet memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari mencari informasi dengan mudah dan proses belajar mengajar yang lebih inovatif. Berikut ini beberapa manfaat internet dalam bidang pendidikan.

-Sebagai Sumber Belajar

Pada sistem belajar konvensional proses belajar mengajar harus dilakukan dengan tatap muka dan media yang digunakan berupa buku. Semenjak hadirnya jaringan internet proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

Pasalnya internet menyediakan media pembelajaran yang tidak terbatas, sehingga pelajar lebih mudah mendapatkan ilmu pengetahuan. Informasi yang disediakan internet jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan buku atau majalah, maka pelajar menjadi lebih kaya informasi.

Mengakses internet bisa dilakukan dimana saja dan tidak terpaku pada satu perangkat. Fasilitas internet seperti search engine memanjakan kita mencari data, cukup mengetik keyword yang diinginkan semua informasi terkait akan langsung muncul.

– Media Belajar

Bukan hanya sebagai sumber belajar untuk anak-anak, namun juga media belajar untuk guru dalam memberikan cara mengajar yang lebih inovatif. Sebelumnya guru hanya bisa menyampaikan materi dengan teori di dalam kelas, sekarang guru bisa menyampaikan pembelajaran dengan video yang di unggah ke internet.

Jadi proses pembelajaran tidak terlihat seperti konsep, proses pembelajaran bisa lebih konkret. Selain itu pembelajaran akan menjadi lebih berkesan, sehingga pelajar bisa lebih semangat saat belajar dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.

– Pelajar Tidak Gagap Teknologi (Gaptek)

Sebagai bukti kemajuan umat manusia kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Begitu juga dengan pelajar, harus mengerti dan mengikuti perkembangan teknologi. Mengenalkan pelajar pada teknologi akan menghindari terjadinya Gaptek. Sehingga pelajar akna lebih siap menghadapi masa depan dengan berbagai inovasi dan cara berfikir kreatif.

Meski begitu proses pembelajaran via internet harus tetap berada di bawah pengawasan orang tua dan guru. Hal ini bertujuan untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan internet yang tidak bijaksana, jadi sebagai orang dewasa harus lebih cerdas dalam melakukan pengawasan penggunaan internet.

– Kelas dan Ujian Online

Dulu proses belajar mengajar hanya bisa dilakukan dalam satu ruangan dan satu waktu yang sama antara murid dan guru. Sekarang pembelajaran bisa dilakukan jarak jauh, melalui jaringan internet atau yang dikenal dengan kelas online.

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sekarang sudah berbasis komputer dengan memanfaatkan jaringan internet. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk ujian nasional seperti kertas, keamanan, distribusi soal dan biaya pengawas bisa di minimalisir. Selain itu ujian seperti ini bisa mengurangi tingkat kecurangan dalam ujian.

Sementara guru juga mendapat keuntungan dalam ujian nasional online. Pada pemeriksaan ujian sebelumnya guru harus mengeceknya satu persatu dengan bantuan internet pemeriksaan bisa lebih cepat. Selain itu kemungkinan human erorr lebih kecil.

– Belajar Bahasa Asing

Data yang ada di internet berasal dari seluruh dunia, sehingga terdapat banyak bahasa yang ada dalam jaringan internet. Mau tak mau membuat pelajar belajar bahasa asing untuk mendapat informasi dari negara lain.

Selain itu belajar bahasa asing melalui internet terbilang efektif dan tidak memakan biaya besar seperti les bahas asing. Pelajar juga bisa belajar lewat media lain,tidak hanya memalui video materi tapi bisa juga melalui film dan musik.

– Permudah Pendataan Siswa

Pemberlakuan Penomoran Ijazah Nasional (PIN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) akan menjadi sulit tanpa adanya peran dari internet.

Kehadiran internet membantu pengguna dalam mengelola data pelajar nasional dengan satu database, sehingga bisa lebih mudah dalam pencarian dan praktis. Tidak hanya data pelajar, data mengenai guru dan sekolah juga bisa dikelola melalui jaringan internet.

– Pendaftaran Universitas dan Perguruan Tinggi

Pada umumnya universitas dan perguruan tinggi memiliki situs atau website tersendiri. Hal ini mempermudah informasi penerimaan mahasiswa baru, salah satunya jadwal Ujian Saringan Masuk (USM) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sekarang sudah banyak universitas yang melakukan pendaftaran via online. Selain itu hasil ujian calon mahasiswa bisa langsung di lihat pada situs resmi universitas, sehingga penerimaan mahasiswa menjadi lebih praktis dan transparan.

– Perpustakaan Digital

Beberapa akademisi besar lebih memilih menggunakan perpustakaan digital dan format dokumen Pdf. Fasilitas ini bisa digunakan oleh universitas yang memang memiliki akses dengan melakukan kerja sama.

Manfaat Internet dalam Bidang Politik

Pelaku politik banyak menggunakan internet seperti media sosial untuk merebut simpati masyarakat. Selain itu melalui internet masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi secara langsung dalam bidang politik. Bukan itu saja, alasan lain pemanfaatan internet dalam bidang politik adalah:

-Menguatkan

Langkah awal dalam bidang politik adalah melakukan identifikasi pesan yang disampaikan dalam kampanye. Pesan ini yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat secara offline (doo to door, town hall meetings dan media cetak) ataupun online (website, blog, iklan dan sosial media).

Langkah di atas akan menimbulkan kesadaran kepada pemilih, tetapi jika pesan ini hanya dibiarkan berlalu. Maka peran internet menjadi sangat penting, salah satunya sebagai sarana dokumentasi, mengingatkan dan menguatkan masyarakat terhadap pesan kampanye.

– Koneksi Pribadi

Seorang walikota Newmark, New Jersy, Cory Booker, memiliki 1,1 juta follower di akun twitter miliknya. Sebagai walikota Booker terkenal sangat ambisius dalam berpolitik via internet. Keberhasilan Booker dalam berpolitik via internet, menjadi contoh peran internet dalam dunia politik.

Terlebih setiap orang tentu ingin di dengar permasalahan mereka dan internet bisa menjadi media pengaduan masalah. Hal ini menjadi lebih efektif jika dibandingkan dnegan berjabat tangan saat kampanye konvensional.

– Penyampaian Pesan

Penggunaan internet yang sekarang bisa di akses melalui smartphone, memudahkan kita dalam menyampaikan pesan. Hal ini juga dimanfaatkan oleh aktor politik dalam kampanye dengan menyampaikan pesan secara masal. Selain itu strategi kampanye seperti ini bisa disesuaikan dengan budget yang ada, sehingga tidak ada lagi istilah kembalikan modal.

– Kemampuan untuk Merespon

Persaingan dalam dunia politik memang sangat keras, salah satunya membuat berita hoax yang menjatuhkan lawan. Maka peran internet menjadi penting dengan memberikan respon kepada publik secara efisien.

Aktor politik bisa membangun hubungan dekat terlebih dahulu melalui media sosial. Memiliki hubungan dekat terlebih dahulu dapat menanggunlangi krisis kepercayaan yang biasa terjadi saat pemilihan. Oleh karena itu kampanye melalui internet lebih efektif untuk antisipasi krisis kepercayaan saat masa pemilihan.

Kita tahu sendiri bahwa dalam hidup pasti ada kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan pemnafaatan internet dalam bidang politik. Selain berbagai manfaat yang telah diuraikan. Ada beberapa kerugian penggunaan internet dalam bidang politik, diantaranya:

– Jangkauan Kampanye

Internet memang sudah bisa menjangkau setiap orang secara langsung di kota-kota besar, namun akan menjadi kendala saat kampanye daerah di Indonesia. Pasalnya banyak daerah yang belum terjangkau oleh jaringan internet seperti Kalimantan dan daerah pegunungan Indonesia.

Black Campaings (Kampanye Hitam)

Kemudahan mengakses informasi melalui internet sering disalah gunakan dengan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Mereka menggunakan jaringan internet untuk menyampaikan informasi yang diagendakan untuk terbit. Hal seperti ini sering disebut dengan Black Campaigns atau kampenye hitam.

Kampanye hitam biasanya dilakukan dengan menyebarkan berita bohong mengenai lawan. Hadirnya internet kini justru menjadi media yang mempermudah penyebaran berita bohong secara masal.

Manfaat Internet dalam  Bidang Agama

Jaringan internet memang memengaruhi berbagai bidang, termasuk dalam perkembangan agama. Berikut beberapa manfaat dari internet untuk agama.

– Media Syiar Agama

Biasanya syiar agama dilakukan melalui sebuah pertemuan, antara pemuka agama dengan pemeluknya. Tetapi dengan adanya internet, ulama dan pendeta bisa melakukan syiar dengan membuat video dan mengunggahnya ke internet. Salah satu situs yang memfasilitasi pengunggahan video adalah YouTube.

– Pemeluk Mudah Mencari Referensi Agama

Ketika pemeluk agama ingin mengetahui informasi sebuah agama, mereka tidak lagi perlu membaca banyak buku. Jaringan internet akan mempermudah pencarian informasi seperti tafsiran Al-Qur’an dan injil yang sudah di unggah di intenet.

– Forum Diskusi Pemeluk Agama

Setiap pemeluk agama bisa melakukan interaksi melalui jaringan internet, meski berada di tempat yang sangat jauh. Internet memungkinkan setiap pemeluk agama bertukar informasi, belajar bersama dan bekerjasama dalam sebuah forum online.

Antar pemeluk agama bisa saling berbagi informasi mengenai peristiwa keagamaan yang berlangsung di daerah masing-masing. Hal ini akan menimbulkan sikap saling menghargai antara umat beragama.

– Membuat Arsip Naskah Agama

Naskah agama yang sebelumnya berbentuk tulisan, sekarang bisa diunggah dan setiap orang dapat mengakses melalui jaringan internet. Jadi setiap umat beragama bisa melihat secara langsung arsip naskah agama masing-masing.

Salah satu media yang mengarsipkan naskah agama yaitu Internet Sacred Text Archive (ISTA) yang berada di Santa Cruz – California. Yayasan yang ada di Amerika Serikat ini membuat arsip-arsip religious seperti Al-Qur’an, Alkitab, Veda, Avestas dan I Ching.

Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari
Pixabay.com

Selain berpengaruh dalam beberapa aspek di atas, internet juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa di dapat dari internet untuk kehidupan sehari-hari.

– Ide

Berbagai informasi yang berkeliaran di internet, membuat kreativitas kita semakin berkembang dan memberi ide-ide baru yang inovatif. Mulai dari ide memasak, nama anak, ide liburan dan ide membuat home industry.

– Kesehatan

Sekarang sudah banyak website yang memiliki kredibilitas dalam memberi informasi tentang kesehatan, sehingga dapat memandu penderita mengatasi keluhan. Beberapa informasi seperti penyebab penyakit, gejala penyakit sampai cara menangani penyakit tersedia di internet.

– Sosialisasi

Internet memungkinkan kita untuk bersosialisasi dengan semua orang yang ada di dunia. Beberapa sosial media banyak digunakan untuk proses sosialisasi seperti facebook dan twitter. Dengan mengikuti akun milik orang-orang di luar negeri, kita secara langsung bisa terhubung dengan mereka dan bisa juga berkomunikasi secara langsung.

Semua penggunaan internet bisa memberi dampak yang baik untuk peradaban manusia, namun bisa juga menghancurkan manusia itu sendiri. Oleh karena itu dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kita juga harus bisa menggunakannya dengan lebih bijaksana.

Demikian beberapa informasi mengenai pengertian internet dalam berbagai sendi kehidupan manusia. Semoga pembaca menjadi lebih sadar akan banyaknya manfaat yang diberikan dari pengertian internet dan mampu menggunakannya secara bijak.

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *