Pengertian dan Manfaat Colocation Server

33 views

Perusahaan yang bergerak dalam bidang hosting tentu membutuhkan server dalam jumlah besar untuk pelanggannya.

Namun ternyata tidak hanya perusahaan hosting saja, perusahaan yang bergerak dalam bidang selain IT dan membutuhkan adanya departemen yang khusus menangani tentang IT juga membutuhkan adanya server dalam jumlah yang besar pula. Server ini tentu tidak bisa disimpan di sembarang tempat.

Dibutuhkan ruang khusus dengan standard khusus dan pengamanan yang lebih untuk menjaga keamanan data yang disimpan di dalamnya.

Karena itulah dibutuhkan sebuah colocation server yang biasanya terdapat di data center sebagai tempat untuk menyimpan perangkat server yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan ini dalam menunjang bisnis yang dijalankannya.

Mengapa Menggunakan Colocation Server Itu Penting?

pixabay.com

Bagi Anda yang belum mengenal tentang colocation data center  atau yang lebih dikenal dengan colocation server ini adalah sebuah tempat atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan perangkat server.

Colocation ini biasanya terdapat di sebuah pusat data atau data center dalam bentuk rak penyimpanan atau kabin-kabin penyimpanan. Salah satu data center yang menyediakan layanan penyimpanan server data ini misalnya ada di nexdatacenter.com.

Ruangan yang digunakan untuk menyimpan server data ini juga dibuat dengan standar khusus dan harus memenuhi aksesibilitas hampir 100%.

Karena itu, tidak semua pihak bisa menyediakan ruangan untuk menyimpan perangkat server ini. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pengguna jika menggunakan layanan colocation data center ini.

1. Keamanan Server Data Lebih Terjamin

Manfaat utama ketika menggunakan layanan colocation server adalah keamanan data server yang dijamin lebih terlindungi. Baik dari segi keamanan fisik maupun non fisik sudah dijamin karena sudah memenuhi standard keamanan yang ditetapkan.

Keamanan fisik ini bisa dilihat dari pemilihan lokasi yang tepat, bangunan yang digunakan hingga infrastruktur yang digunakan untuk menjamin keamanan perangkat server yang disimpan di dalamnya.

Sedangkan dari segi non fisik, kemanan ini bisa dilihat dari adanya akses ke server dan storage yang digunakan, termasuk di dalamnya adalah upgrade sistem sehingga data yang disimpan bisa tetap terjaga keamanannya.

2. Lebih Menghemat Budget Perusahaan

Manfaat lain yang bisa didapatkan, terutama untuk perusahaan, yang menggunakan layanan colocation data center adalah bisa menekan biaya pengeluaran perusahannya.

Apabila sebuah perusahaan membutuhkan ruang penyimpanan untuk menempatkan perangkat servernya, tentu dibutuhkan dana yang lebih banyak untuk membuat sendiri ruang penyimpanannya. Dalam hal ini perusahaan harus membuat sebuah data center sendiri.

Daripada mengeluarkan budget yang tidak sedikit, memanfaatkan layanan dari data center yang sudah ada untuk menyimpan server data tentu lebih bijak untuk bisa lebih menekan pengeluaran perusahaan.

3. Skalabilitas yang Lebih Baik dengan Dukungan Teknis 24 Jam

Setiap perusahaan pasti ingin meningkatkan jaringan data yang digunakan. Penambahan jaringan data ataupun server kini tidak lagi menjadi masalah jika Anda memanfaatkan layanan data center sebagai colocation server Anda.

Pihak penyedia pusat data ini juga akan memberikan layanan untuk menambahkan server maupun jaringan data. Selain itu, ketika Anda mengalami masalah saat mengakses server, akan ada dukungan teknis yang selalu siap 24 jam sehari dalam 7 hari.

Teknisi yang handal dan profesional akan membantu Anda menyelesaikan masalah yang terjadi dengan lebih cepat dan efektif.

Bagi sebuah perusahaan yang memilih server dalam jumlah besar, menggunakan layanan colocation server tentu memberikan lebih banyak keuntungan dan manfaat.

Beberapa diantara keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan itu seperti yang dijelaskan di atas. Dengan keuntungan ini, maka perusahaan sudah tidak perlu lagi ketika hendak menggunakan layanan colocation data server ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *