Inilah 11 Pengertian Asuransi yang Belum Banyak Anda Ketahui

 

Pengertian Asuransi
Pixabay.com

Pengertian Asuransi — Eh tahukah Anda bahwa di negara yang maju dalam hal ekonominya, mereka mewajibkan semua warga negaranya untuk mempunyai asuransi.

Bukan hanya untuk kepentingan jangka pendek saja, namun juga untuk kepentingan jangka panjang setelah pensiun dari bekerja ataupun pensiun dalam menjalankan bisnis.

Tak heran bukan bila ada beberapa dari kita kadang melihat para turis aktivitasnya hanya jalan-jalan. Mereka sudah tidak lagi memikirkan biaya untuk anaknya, biaya untuk ini itu dan sebagainya.

Nah, ada baiknya Anda pun memikirkan masa depan Anda nantinya sebelum membaca artikel ini hehe…

Adapun sebelum Anda memilih paket asuransi yang cocok untuk Anda gunakan, ataupun untuk keluarga Anda. Ada baiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari asuransi agar Anda tidak salah dalam memilih asuransi yang Anda gunakan nanti.

Pengertian Asuransi

Pengertian Asuransi Syariah
Pixabay.com

Mungkin Anda selalu bertanya-tanya apa saja sih jenis-jenis dari asuransi dan apa saja manfaat dari asuransi yang Anda gunakan nanti. Dari sini saya akan membahas satu persatu mengenai jenis-jenis asuransi dan juga manfaatnya.

Pada hakikatnya, asuransi dapat dibedakan menjadi tiga kategori yaitu asuransi kerugian, asuransi jiwa, dan juga asuransi kehilangan. Namun, dari ketiga jenis asuransi tersebut masih ada jenis asuransi turunan yang tentunya sangat membantu Anda dan pihak perusahaan dalam memilih paket asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi merupakan suatu perjanjian antara dua orang atau lebih yang dalam hal ini pihak penanggung mengikat diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi atau suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Cara kerjanya asuransi itu sendiri adalah Anda membuat kesepakatan dengan bank atau lembaga keuangan yang Anda pilih. Biasanya, Anda akan ditawari pembayaran per bulan sesuai kesanggupan Anda dengan jarak waktu yang Anda inginkan.

Artinya, bila Anda sudah menetapkan misalnya dalam jangka 5 tahun, maka save money yang merupakan pembayaran bulanan Anda tidak bisa diambil. Namun demikian, apabila nantinya Anda akan memperpanjang asuransi Anda pun bisa-bisa saja.

Berikut ini Jenis-jenis Asuransi

Pihak Perusahaan Asuransi telah membuat kebijakan untuk mengelompokan asuransi sesuai dengan fokus dan resiko untuk mereka. Dengan ini tentunya dapat menutupi  kemungkinan mengantisipasi segala kerugian yang nanti akan terjadi dan menetapkan premi yang sesuai.

Bentuk paling umum dari kebijakan jenis-jenis asuransi diantaranya yaitu :

1. Asuransi Jiwa

Pengertian asuransi jiwa
Pixabay.com

Asuransi ini memberikan keuntungan kepada orang yang ditunjuk atas kematian yang tertanggung. Ada berbagai bentuk asuransi yang nantinya akan dikeluarkan. Seseorang melakukan asuransi jiwa kepada kehidupan dirinya untuk kepentingan orang lain atau bisa dibilang sebagai orang ketiga.

Misalnya saja seorang suami melakukan asuransi jiwa terhadap dirinya yang tentunya akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian dari istrinya. Kemudian orang tua yang mengasuransikan dirinya terhadap kematian anaknya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan
Pixabay.com

Asuransi ini biasanya cukup terkenal di kalangan masyarakat luas dan tentunya semua pasti paham dengan asuransi kesehatan ini. Asuransi kesehatan merupakan suatu asuransi yang menangani masalah kesehatan yang sering terjadi di kalangan masyarakat pada umumnya.

Hal ini disebabkan karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses selama perawatan berlangsung. Penyebab sakit yang tertanggung mendapat biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi seperti misalnya cidera, cacat, sakit hingga kematian akibat kecelakaan.

Perusahaan kesehatan asuransi seperti Prudential, Allianz dan juga Manulife ; itu adalah salah satu bentuk perusahaan asuransi kesehatan yang sering kita dengar pada umumnya. Dengan adanya asuransi kesehatan ini dapat membantu Anda dalam melakukan pengobatan yang tentunya sedikit meringkankan biaya yang akan Anda keluarkan.

3. Asuransi Pendidikan

Pengertian Asuransi Pendidikan
Pixabay.com

Asuransi Pendidikan ini merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup popular di kalangan masyarakat luas. Mengingat bahwa pendidikan itu baik bagi setiap manusia, maka asuransi pendidikan ini sering digunakan oleh seseorang atau instansi pendidikan lainnya.

Asuransi Pendidikan merupakan suatu solusi yang cerdas untuk menjamin  kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lagi. Dengan adanya asuransi pendidikan ini, maka para pendidik bangsa mampu melanjutkan pendidikan mereka kejenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Contohnya saja orang tua yang mengasuransikan pendidikan anaknya. Biaya yang harus dibayar oleh peserta yang melakukan asuransi pendidikan tergantung dari jenis asuransi pendidikan yang ingin didapatkan nanti.

Jangan sampai Anda salah pilih dalam memilih asuransi yang akan Anda gunakan nanti. Pastikan dulu bahwa asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda agar  Anda juga dapat keuntungan dari asuransi yang Anda gunakan.

4. Asuransi Bisnis

Pengertian Asuransi Bisnis
Pixabay.com

Memiliki suatu bisnis ataupun usaha memang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Anda. Apalagi jika bisnis yang sedang Anda jalankan berkembang dengan pesat. Namun, terkadang mungkin akan ada beberapa resiko yang akan terjadi dalam usaha Anda.

Menghadapi resiko memanglah sangatlah sulit dan ini merupakan seperti makanan yang harus Anda hadapi bagi para pengusaha. Karena mau atau tidak mau, pasti Anda tentunya akan mendapati resiko yang akan terjadi pada usaha atau bisnis Anda.

Asuransi Bisnis ini juga sering digunakan oleh para pebisnis pemula ataupun pebisnis yang telah lama bergulat dengan bisnis yang dijalaninya. Asuransi Bisnis juga dapat menjamin terhadap kerusakan, kehilangan dan juga kerugian dalam jumlah yang cukup besar.

Maka dari itu asuransi bisnis ini sangat penting untuk Anda gunakan, sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi mengenai bisnis yang sedang kita jalani. Salah satu jenis Perusahaan Asuransi Bisnis adalah AXA Mandiri yang memberikan solusi asuransi yang tepat untuk mengelola resiko yang akan terjadi.

AXA Mandiri merupakan solusi yang tepat bagi usaha Anda yang menyediakan produk asuransi secara fleksibel dan juga hemat biaya. Sehingga memberikan Anda perlindungan keuangan yang selalu bisa Anda andalkan oleh bisnis Anda.

5. Asuransi Kecelakaan Diri

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri
Pixabay.com

Mungkin kita selalu bertanya apa sih Asuransi Kecelakaan diri? Asuransi Kecelakaan Diri merupakan suatu asuransi pertanggungan yang memberikan jaminan atas kematian, cacat, dan akan menanggung perawatan ataupun pengobatan yang terjadi akibat dari kecelakaan yang dialami.

Kelebihan dari asuransi kecelakaan diri ini adalah memberikan perlindungan dan juga jaminan terhadap dirinya sendiri, maka dari itu asuransi kecelakaan diri ini memiliki cangkupan yang lebih luas daripada kecelakaan kerja ataupun kecelakaan lalu lintas.

6. Asuransi Kendaraan

Pengertian Asuransi Kendaraan
Pixabay.com

Asuransi kendaraan yang paling sering digunakan adalah jenis asuransi mobil. Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asuransi yang sering digunakan oleh masyarakat luas. Asuransi kendaraan ini sebelumnya sempat booming akibat terjadinya kerusuhan yang diakibatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Asuransi kendaraan adalah salah satu jenis asuransi khusus untuk kendaraan yang mana resiko yang akan ditanggung dialihkan kepada perusahaan asuransi. Sebelum Anda memilih asuransi kendaraan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti kekuatan keuangan, jasa dan biaya atau beban.

7. Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Pengertian Asuransi Property
Pixabay.com

Rumah merupakan suatu asset yang paling berharga untuk setiap manusia lainnya, oleh sebab itu kebanyakan orang melakukan Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti sebagai suatu perlindungan agar tidak terjadi sesuatu kerusakan atau kehilangan terhadap rumah Anda.

Asuransi ini memberikan proteksi atas kehilangan atau mungkin kerusakan yang bisa saja terjadi kapan saja, asuransi ini juga memberikan perlindungan dan juga keringanan bilamana rumah Anda mengalami musibah seperti kebakaran, kebanjiran dan juga tanah longor.

Dengan memiliki asuransi kepemilikan rumah dan property, maka segala bentuk resiko yang terjadi akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Dengan begitu, Anda bisa merasa aman dan nyaman sebab aset yang berharga Anda telah terlindungi oleh Perusahaan.

Amankan rumah dan property Anda dari segala macam kerusakan yang akan terjadi dengan mengasuransikan rumah dan barang Anda ke Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti agar terhindari dari hal-hal yang tidak di inginkan.

8. Asuransi Kredit

Pengertian asuransi kredit
Pixabay.com

Mungkin kita berpikir bahwa lembaga keuangan hanya terdapat pada Bank. Namun, sebenarnya bukan hanya Bank yang memiliki lembaga keuangan, tetapi ada namanya lembaga keuangan asuransi yang tentunya akan memberikan pinjaman kepada Anda sesuai dengan permintaan Anda.

Asuransi Kredit merupakan proteksi yang diberikan oleh pihak asuransi kepada bank atas resiko kegagalan debitur dalam melunasi pinjaman seperti pinjaman berdagang ataupun pinjaman dalam berkendaraan.

9. Asuransi Umum

Pengertian Asuransi Umum
Pixabay.com

Asuransi umum merupakan suatu asuransi yang berproteksi terhadap resiko atas kerugian yang dilakukan oleh pihak ketiga. Asuransi umum ini memiliki jaminan yang relatif pendek dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya,

Asuransi umum memberikan perlindungan terhadap kerugian ekonomi yang sedang terjadi akibat kerusakan atau bisa jadi  karena kehilangan asset. Ada beberapa perusahaan yang memberikan asuransi umum kepada Anda.

Oleh karena itu, Anda tak perlu khawatir lagi mengenai kerugian yang akan Anda alami, di Indonesia telah banyak menyediakan berbagai macam jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah asuransi yang cocok untuk Anda gunakan saat itu. Karena kesejahteraan tercipta karna diri kita yang menciptakannya.

10. Asuransi Perjalanan

Pengertian Asuransi Perjalanan
Pixabay.com

Seperti fungsi yang lainnya asuransi perjalanan tak jauh beda dengan fungsi asuransi yang lainnya. Salah satu bentuk proteksi terhadap nasabah dengan jangka waktu pendek selama orang tersebut masih dalam perjalanan dan belum pulang ke rumah.

Asuransi Perjalanan memberikan kemudahan dan keuntungan untuk Anda seperti jika Anda terjadi kehilangan tas, dompet atau koper, sakit di tempat wisata yang Anda kunjungi, keberangkatan perjalanan akibat kesalahan dari pihak travel, tindakan terorisme yang terjadi di dalam pesawat.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika Anda menggunakan asuransi perjalanan. Perjalanan Anda akan semakin lebih aman, nyaman dan juga terjamin dengan perlindungan yang diberikan oleh Asuransi Perjalanan.

11. Asuransi Kelautan

Pengertian Asuransi Kelautan
Pixabay.com

Asuransi kelautan merupakan salah satu jenis asuransi yang khusus untuk bidang kelautan, fungsi dari asuransi kelautan ini adalah memastikan pengangkutan barang yang akan dikirim sesuatu dengan tempat yang akan dituju serta pemilik cargo.

Biasanya Asuransi Kelautan ini dipakai ketika terjadi resiko yang mungkin terjadi sehingga terbentuk asuransi ini, resiko yang terjadi seperti kerusakan yang terjadi pada kapal yang ditumpangi, melukai penumpang, kerusakan yang terjadi pada kargo pada kapal, dan lain-lain.

Asuransi Kelautan merupakan suatu pengalihan resiko yang terjadi pada diri sendiri ataupun bawaan yang menggunakan jasa angkutan laut. Dengan demikian, hal ini sangat menguntungkan untuk Anda. Dan juga sangat memudahkan serta membantu Anda dalam masalah yang terjadi dalam angkatan laut.

Macam-macam Manfaat Asuransi yang Ada di Indonesia

Manfaat Asuransi
Pixabay.com

Kita telah tahu bersama mengenai pengertian dari Asuransi dan beserta jenis-jenisnya. Sekarang dalam pembahasan lain saya akan memberikan beberapa manfaat asuransi yang telah kita bahas bersama di atas. Sebelum kita mulai pembahasan kali ini. Maka saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai manfaat asuransi itu sendiri.

Manfaat asuransi sangatlah penting bagi kehidupan kita dengan tidak adanya asuransi maka kehidupan kita tidak akan terjamin, dan tentunya keselamatan dan kesehatan manusia akan terganggu.

Inilah beberapa manfaat asuransi yang ada di Indonesia diantaranya:

Manfaat Asuransi Jiwa

1. Menetramkan Pikiran

Kehilangan orang yang dekat dengan kita tentunya sangat memberikan duka yang paling dalam untuk kita. Namun, hal tersebut juga dapat membawa dampak yang sangat buruk didalam hal keuangan keluarga akibat dari hilangnya penghasilan yang biasanya sering dilakukan oleh oerang terdekat kita.

2. Menjamin Kehidupan Anak

Dalam hal ini asuransi jiwa mampu membantu Anda dalam membiayai sekolah anak Anda, di mana jalur pendidikan yang harus mereka tempuh masih cukup panjang.Dan tentunya hal ini membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pendidikan anak Anda.

Maka dari itu Asuransi Jiwa dapat membantu Anda dalam hal perekonomian. Pendidikan anak Anda akan terjamin dan Anda pun juga tak akan khawatir lagi mengenai biaya yang harus Anda keluarkan untuk biaya sekolah anak Anda.

3. Menabung

Asuransi Jiwa juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk tabungan dan sebagai jaga-jaga jika ada kejadian yang buruk menimpa diri Anda dan juga keluarga Anda. Maka hal itu harus diperhatikan agar Anda beserta keluarga Anda tetap masih bisa memiliki bekal untuk kehidupan kalian yang akan datang.

Manfaat Asuransi Kesehatan

1. Manfaat Rawat Inap

Ketika Anda berada di rumah sakit, maka asuransi kesehatan dapat membantu Anda untuk membiayai segala hal keperluan yang ada dirumah sakit, hingga Anda tak perlu lagi bingung untuk mengeluarkan biaya lagi. Manfaat ini bisa berupa biaya rumah sakit, biayai melahirkan, biaya laboratorium, biaya UGD dan lain-lainnya.

2. Manfaat Rawat Jalan

Selain manfaat rawat inap tadi, ternyata dalam asuransi kesehatan juga membantu Anda dalam keadaan rawat jalan. Biasanya asuransi kesehatan ini berupa perlindungan terhadap biaya rawat jalan.

Manfaat ini meliputi konsultasi dokter, obat yang digunakan, biaya atas pencegahan penyakit, serta biaya alat-alat bantu yang diperlukan pasien. Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan.

3. Manfaat Nilai Tunai

Perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang jika ada orang yang sakit dan harus melakukan rawat inap ataupun rawat jalan. Uang ini sebagai dedikasi untuk menggantikan biaya transportasi atau pendapatan kita yang telah hilang akibat dari terlalu lama kita dirawat dirumah sakit

Manfaat asuransi bisa Anda rasakan ketika Anda mengalami sakit ataupun ketika Anda harus dibawa kerumah sakit dan tentunya Anda harus mnegeluarkan biaya yang cukup besar. Namun, setelah Anda memakai asuransi kesehatan, maka Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab pengobatan Anda telah terjamin oleh suatu perusahaan asuransi.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Manfaat Investasi

Ketika Anda membayarkan premi kepada perusahaan asuransi, maka sebagian premi yang telah Anda bayarkan, akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi, biasanya investasi tersebut akan berbentuk saham. Kemudian Anda akan menerima sejumlah uang dari perusahaan asuransi untuk membiayai kehidupan pendidikan anak Anda.

1. Manfaat Perlindungan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa asuransi tidak hanya melindungi Anda ketika mengalami kesulitan dalam hal ekonomi ataupun biaya hidup. Namun, juga dapat membantu anda ketika Anda meninggal, maka pendidikan anak Anda akan terjamin sehingga Anda tak perlu khawatir lagi dengan pendidikan Anak anda.

2. Fungsi Bekerlanjutan

Ketika Anda masih hidup dan tidak mengalami cacat total, selain uang yang telah di investasikan tadi mampu untuk membiayai pendidikan anak Anda. Dana tersebut juga mampu bisa Anda jadikan sebagai modal pensiun dan bahkan sebagai modal warisan Anda.

Manfaat Asuransi Bisnis

1. Jaminan pengiriman darat laut, dan juga udara

2. Memberikan harga yang relative lebih rendah

3. Memberikan perlindungan terhadap bisnis yang Anda jalankan

4. Perlindungan tuntutan hukun dari pihak ketiga.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan diri dapat memberikan jamina untuk masa depan Anda dan bukan hanya itu saja, tapi juga membiayai hidup keluarga A Banyak penyedia asuransi yang menawarkan kelebihan dan juga keuntungannya secara beda-beda.

Kehidupan Anda dan juga keluarga Anda akan lebih terjamin dengan asuransi kecelakaan diri tersebut. Anda tak perlu khawatir ketika Anda meninggal, lalu anda tak mampu memberikan warisan terhadap diri A Sebab perusahaan telah menanggung kehidupan keluarga Anda nantinya.

Manfaaat Asuransi Kendaraan

1. Melindungi dari Resiko Pencurian Kendaraan

Mungkin kita telah tahu bersama bahwasanya harga dari kendaraan sangatlah mahal. Oleh sebab itu tentunya kita selalu menjaga dengan baik kendaraan yang kita miliki supaya tidak diambil atau dicuri oleh orang yang tidak dikenal.

Maka asuransi kendaraan ini mampu dapat membantu Anda untuk melindungi kendaraan Anda dari orang yang ingin mencuri kendaraan Anda. Jika kendaraan Anda diculik, maka pihak dari perusahaan akan memberikan sejumlah dana yang besarnya sesuai dengan ketentuan dari pihak perusahaan asuransi.

2. Melindungi dari Resiko Kerusakan Kendaraan

Terkadang meskipun kita sudah berhati-hati, tapi kadang kita tidak pernah tahu musibah yang akan terjadi nantinya. Sekalipun kita sudah berhati-hati, tapi kadang orang lain yang kurang hati-hati hingga terjadilah kecelakaan.

Dengan begitu tentunya Anda akan megeluarkan biaya yang cukup banyak untuk memperbaiki kondisi kendaraan Anda. Namun, dengan adanya asuransi kendaraan beban Anda akan berkurang.

Manfaat Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Melindungi rumah dan barang-barang Anda jika sewaktu-waktu terjadi bencana seperti kebanjiran, kebakaran dan juga tanah longsir, maka dengan asuransi kepemilikian rumah dan property ini mampu memberikan bantuan kepada Anda,

Kehidupan Anda menjadi lebih terjamin karena Anda tak akan takut jika terjadi musibah yang menimpa A Sebab Anda telah terlindungi oleh perusahaan asuransi yang akan memberikan dana kepada Anda sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

Manfaat Asuransi Kredit

Memberikan kehidupan yang baik untuk Anda dan juga keluarga A Jadi Anda tak perlu khawatir perihal biayai kehidupan Anda, sebab asuransi kredit telah menjamin Anda untuk memberikan pinjaman kepada Anda sesuai dengan kesepakatan yang telah dibicarakan.

Manfaat Asuransi Umum

Dapat membantu Anda untuk menyelsaikan masalah yang sedang hadapi. Dengan adanya asuransi, maka tentunya hidup anda akan terjamin, dan terlindungi oleh perusahaan asuransi.

Banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi umum, sekarang telah banyak sekali asuransi yang ada di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jadi manfaatlah fasilitas itu dengan baik.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Anda tidak akan takut lagi ketika Anda harus berpergian yang jauh, sebab perlindungan telah dilakukan oleh asuransi perjalanan ketika ada masalah atau kendala dalam perjalanan A Asuransi perjalanan akan membantu Anda dalam perjalanan menuju tempat atau wisata yang Anda tuju.

Manfaat Asuransi Kelautan

Membantu Anda dalam hal masalah yang ada di dalam kapal, misalnya kebocoran yang terjadi di dalam kapal, terjadinya peristiwa yang tidak menyenang di dalam kapal, lalu juga dapat memudahkan Anda untuk mengirimkan barang ketempat yang dituju.

Kesimpulan

Inilah 11 Pengertian Asuransi yang Belum Banyak Anda Ketahui
Pixabay.com

Asuransi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya asuransi, maka kehidupan kita akan lebih terjamin dan terlindungi.

Coba kita bayangkan jika kita tidak memiliki asuransi, maka tentunya hidup kita akan terbebani dengan biaya hidup yang semakin mahal dan pengobatan yang semakin tinggi. Asuransi adalah jalan atau solusi yang tepat untuk segala masalah kebutuhan Anda.

Meskipun demikian, kiranya Anda jangan merasa aman 100% sehingga hidup Anda tidak terkontrol dan menjadi tidak teratur karena ada asuransi yang sudah menjamin kesehatan Anda ketika sakit.

Justru Anda harus hidup semakin baik, misalnya bila Anda mengambil asuransi kesehatan, jangan biarkan gaya hidup Anda seperti jenis makanan, jadwal makan dan lain sebagainya menjadi hedonis dan tidak terkontrol.

Asuransi adalah salah satu cara kita untuk menciptakan masa depan yang lebih baik agar tidak terlalu merepotkan orang di sekeliling kita. Dengan demikian, penting kiranya tetap diteguhkan  bahwa penjamin “asuransi” sebenarnya bukanlah bank ataupun lembaga keuangan, melainkan tetap Yang Di Atas. Tuhan Allah SWT.

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *