Pengertian Akademik beserta Contoh-contoh Prestasinya

Pengertian Akademik

PENGERTIAN AKADEMIK– Tahukah Anda pengertian akademik? Lantas apa pengetian antara akademik, akademisi dan non-akademis? Pada tulisan kali ini, kami akan menyajikan ulasan singkat mengenai hal tersebut.

Kata akademis sebenarnya berasal dari kata akademi. Akademi sendiri berarti lembaga pendidikan tinggi yakni setingkat universitas, institute atau sekolah tinggi. Lalu, apa pengertian akademis?

akademik adalah
emeksoft.com

Akademis adalah kata yang mengacu kata sifat. Kata sifat ini cenderung menunjukkan kearah yang bersifat ilmiah. Maksud ilmiah tentu saja berkaitan erat dengan ilmu pengertahuan yang didasarkan dari teori-teori yang telah diuji kebenarannya secara objektif.

Karena pengertian akademis adalah pengertian mengenai berbagai hal yang menyangkut ilmu pengetahuan, maka tak heran terdapat beberapa sapan akrab seperti “insan akademis”. Ya, maksud dari sapaan tersebut tidak lain mengindikasikan bahwa ia adalah seorang yang telah atau sedang menguasai ilmu pengetahuan.

Maka dari itu, pengertian akademis adalah sebuah kemampuan menguasai ilmu pengetahuan yang telah diuji kepastian kebenarannya sehingga bisa bisa diukur baik berupa nilai maupun yang biasanya disebut dengan prestasi akademik.

Pengertian Prestasi Akademik

Berbicara mengenai akademik, tentu saja juga tidak akan lengkap bila tidak membahas mengenai pengertian prestasi akademik. Pengertian prestasi akademik itu sendiri adalahkemampuan, kecakapan atau sebuah hasil usaha yang semakin bertambah dari waktu ke waktu karena proses pembelajaran. Artinya, pengetahuan tersebut bertambah karena adanya pembelajaran di kelas, bukan karena pertumbuhan.

Selain artikel mengenai Pengertian Akademik, Anda juga bisa membaca artikel terkait Cara Menghitung IPK. Selamat menjadi pembelajar!

Pengertian di atas dijelaskan oleh Sobur (2006). Lebih lanjut, Sobur juga menjelaskan bahwa prestasi akademik tersebut dapat dinilai ataupun diukur dengan menggunakan tes baku atau yang telah terstandar.

Contoh-contoh Prestasi Non Akademik

Prestasi akademik adalah
necipdemir.meb.k12.tr

Contoh Prestasi akademik seperti Nilai IPK Camlaude, ranking 1 di kelas, menguasai teori mata kuliah dan lain sebagainya.

Lihat Pengertian Prestasi selengkapnya

Pengertian non Akademik

Pengertian non akademik adalah kebalikan dari pengertian akademik. Pengertian non akademik adalah kemampuan yang tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Sederhananya, pengertian akademik adalah kemampuan yang diperoleh dari hal-hal yang bersifat di luar ilmiah dan jauh dari teori-teori.

Dalam kecapakan non akademis ini, pengukurannya bukan melalui salah benar. Sebab, pengetahuan non akademik sendiri adalah karakter sehingga ukurannya bisa bergantung pada subjek yang menilainya. Misal bila Anda melihat sebuah lukisan, apa yang ada di benak setiap orang mungkin saja berbeda sesuai pespektif masing-masing.

Contoh-contoh Prestasi Non Akademik

Adapun contoh-contoh prestasi non akademik seperti halya juara 1 sepakbola, menjadi pemimpin di organisasi mahasiswa atau hafal banyak hadits.

Antara Akademik dan Non Akademik

Sudah jelas ya? Bila belum kiranya inilah kesimpulan dari akademik dan non akademik. Jadi begini, hemat kata pengertian akademik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan peraturan perguruan tinggi. Maka jika ada pengertian prestasi akademik tentu saja sebuah hasil seseorang yang telah dicapainya melalui proses kegiatan pembelajaran sesuai kurikulum universitas.

Sedangkan pengertian non akademik adalah hal-hal yang kaitannya di luar proses yang menjadi peraturan perguruan tinggi. Dengan demikian, bila ada pengertian prestasi non akademik tentu saja prestasi ini di luar kurikulum baku sebuah universitas. Non akademik bisa melalui ekstrakulikuler seperti organisasi-organisasi, komunitas, lembaga atau yang lainnya.

Mana yang Lebih Penting Antara Prestasi Akademik dan Prestasi Non-Akademik?

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *